TUGAS 14. BUDAYA ORGANISASI DAN MANAJEMEN PERUBAHAN

MODUL 14 BUDAYA ORGANISASI DAN MANAJEMEN PERUBAHAN 
 
TUJUAN: Setelah mengikuti praktek mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu memahami tentang Budaya Organisasi dan Manajemen Perubahan pada suatu perusahaan.
 
ALAT DAN BAHAN: Alat & Bahan yang digunakan adalah hardware berupa laptop/ mobile phone/ tablet dan koneksi internet yang akan digunakan untuk observasi secara daring.
 
DASAR TEORI: Budaya Organisasi Budaya Organisasi adalah suatu karakteristik yang ada pada sebuah organisasi dan menjadi pedoman organisasi tersebut sehingga membedakannya dengan organisasi lainnya. Dengan kata lain, budaya organisasi adalah norma perilaku dan nilai-nilai yang dipahami dan diterima oleh semua anggota organisasi dan digunakan sebagai dasar dalam aturan perilaku dalam organisasi tersebut. Dalam bukunya, Noe dan Mondy (1996:237) mengatakan ada dua tipe Budaya Organisasi, yaitu: 1. Open and Participative Culture, budaya organisasi ini ditandai dengan pencapaian tujuan output yang tinggi dengan didukung adanya rasa percaya pada bawahan, komunikasi yang terbuka, kepemimpinan yang supportif dan penuh perhatian, penyelesaian masalah secara tim, adanya otonomi pekerja, dan berbagi informasi. 2. Closed and Autocratic Culture, budaya organisasi ini ditandai dengan pencapaian tujuan output yang tinggi, namun pencapaian tersebut mungkin lebih dinyatakan dan dipaksakan organisasi dengan pemimpin yang otokrasi dan kuat.
 
Manajemen Perubahan Change management merupakan proses yang berlangsung secara terus menerus untuk memperbaharui sebuah organisasi. Perubahan ini berhubungan dengan arah, struktur, dan kemampuan untuk melayani permintaan pasar, pelanggan, dan pekerja, yang selalu berubah. Setidaknya ada tiga tujuan manajemen perubahan yang menjadi dasar dari perubahan di dalam organisasi/ perusahaan, diantaranya adalah: 1. Untuk mempertahankan kerberlangsungan hidup perusahaan, baik itu jangkan pendek maupun jangka panjang. 2. Untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi di lingkungan eksternal (sikap tenaga kerja, perubahan strategi korporasi, perubahan teknologi dan peralatan, dan lainnya), serta di lingkungan eksternal (perubahan pasar, peraturan, hukum, kebijakan pemerintah, teknologi, dan lainnya). 3. Untuk memperbaiki efektivitas perusahaan agar dapat bersaing di pasar ekonomi modern. Upaya ini termasuk perbaikan efektivitas tenaga kerja, perbaikan sistem dan struktur organisasi, dan implementasi strategi perusahaan.