SELF REGULATED LEARNING

Self-regulated learning atau pembelajaran pengelolaan diri adalah proses pembelajaran seseorang mampu menetapkan tujuan belajarnya dan kemudian berusaha memonitor, mengatur, mengontrol kognisi, motivasi dan tingkah lakunya agar sesuai dengan tujuan dan kondisi konstektual dari lingkungannya. Self-regulated learning merupakan kombinasi keterampilan belajar akademik dan pengendalian diri yang membuat pembelajaran terasa lebih mudah, sehingga para peserta didik lebih termotivasi. Self-regulated learning merupakan perpaduan dari kemampuan dan keinginan. Self regulated learning dapat berlangsung apabila peserta didik secara sistematis mengarahkan perilakunya dan kognisinya dengan cara memberi perhatian pada instruksi-instruksi, tugas-tugas, melakukan proses dan menginterpretasikan pengetahuan, mengulang-mengulang informasi untuk mengingatnya serta mengembangkan dan memelihara keyakinan positifnya tentang kemampuan belajar dan mampu mengantisipasi hasil belajarnya.

Perhatikan video di bawah ini tentang SELF REGULATED LEARNING, dimana merupakan usaha aktif dan mandiri dari teman-teman dalam proses belajarnya dengan cara memantau, mengatur dan mengontrol, motivasi, maupun perilaku yang diarahkan pada tujuan belajar, serta mampu mengembangkan kemampuan mengatur sendiri dalam belajarnya secara baik, terutama pada Pembelajaran IPA Terpadu.