Tugas Mandiri 1. Essay tes Kelas PGSD BONE

Tugas Mandiri
Petunjuk kerja:
Tugasnya bisa ditulis tangan, gunakan kertas HVS A4, Jika sudah selesai ditulis tangan, tugasnya discan dan dikirimkan ke aplikasi syam-ok dalam bentuk file format pdf,  atau
Bisa juga diketik di Microsoft Word dengan format spasi 1,5 cm; jenis kertas A4; jenis tulisan Times New Roman, Margin Top : 4 cm, left; Left: 3cm; Bottom: 3 cm; Right:  3 cm, dan dikirimkan ke aplikasi syam-ok dalam bentuk file format pdf.
Jika ditemukan ada tugas yang persis sama (menyalin, copy paste), maka tugas yang bersangkutan tidak akan diberi nilai. 
Batas waktu kumpul tugas: 14 February 2020, jam 10.00 WITA
Soal:
Jawablah pertanyaan dibawah ini secara tepat dan jelas!
1.       Mengapa pendidikan Pancasila itu penting untuk dipelajari pada semua jenjang pendidikan formal (sekolah dasar dan menengah serta pendidikan tinggi)? Dan apa akibatnya jika pendidikan Pancasila ini tidak diajarkan pada pendidikan formal?
2.       Bagaimana relevansi pendidikan Pancasila dengan jurusan/program studi anda? Dan apa pentingnya bagi anda sebagai mahasiswa PGSD belajar Pancasila?
3.       Menurut UNESCO, ada 4 pilar pendidikan yakni learning to know, learning to be, learning to do, learning to live together. Jelaskan relevansi keempat pilar pendidikan tersebut dengan penyelenggaraan pendidikan Pancasila di Indonesia!
4.       Carilah 1 (satu) tokoh yang menginspirasi, bisa dari kalangan Pejabat atau Penggiat Antikorupsi (KPK, Polisi, Jaksa, LSM, dan sebagainya) atau Tokoh Pecinta Lingkungan atauTokoh Pejuang Integrasi Bangsa dalam era globalisasi, atau Tokoh Penggiat Moral Karakter Bangsa atau Tokoh Penggiat Anti narkoba atau Tokoh Penegak Hukum yang adil atau Tokoh Anti Terorisme. Lalu Kemukakan bagaimana kepribadian (Karakter) tokoh tersebut sehingga dapat menginspirasi orang lain!
5.       Carilah 1 (satu) peristiwa atau kasus yang terjadi di Indonesia, yang mencerminkan penyimpangan terhadap nilai-nilai Pancasila, lalu apa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi peristiwa atau kasus tersebut.
---selamat bekerja---