Tugas 14. DINAMIKA DAN TANTANGAN PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA (Kelas BC 21.1, BC 21.2, BC 21.3, BC 21.4, M 21.1, M 21.2)

Cermati fenomena berikut 

VIRUS corona baru atau Covid-19 telah merambat hampir di seluruh dunia, sehingga organisasi kesehatan dunia (WHO) menetapkannya sebagai pandemi. 

Data terbaru yang dilansir dari Worldometers per 28 April 2020 mengemukakan bahwa virus corona telah menjangkiti 3.080.101 orang di seluruh dunia dengan kematian mencapai 212.265 orang dan yang dinyatakan sembuh 929.077 orang. 

Dalam perhitungan global, Indonesia menduduki urutan 36 dari 210 negara dengan 9.511 kasus di mana 773 meninggal dan 1.254 orang sembuh. 

Berdasarkan data itu virus corona telah menjadi ancaman serius bagi penduduk dunia. Tidak heran berbagai upaya telah dilakukan untuk menanggulangi wabah ini. Dampak yang ditimbulkan juga kena langsung ke masalah sosial, politis, ekonomis, dan psikologis. 

Pemerintah melalui berbagai kebijakan ekonomi dan politis berusaha mengatasi. Para peneliti bidang kesehatan bekerja keras di laboratorium mencari vaksin yang bisa meminimalisir, mencegah atau bahkan mengobati penyakit ini. Sementara itu, para dokter dan tenaga medis berjuang di garda terdepan menyelamatkan jiwa para pasien yang terpapar virus corona mematikan itu. 

Dengan situasi yang demikian banyak memunculkan persoalan etis dalam penanganan virus covid seperti:

  1. penerapan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang saat ini telah berjalan diperpanjang lagi. Physical distancing guna memutus rantai penyebaran virus telah berdampak pada persoalan ekonomis, di mana banyak perusahaan tidak beroperasi, sehingga terpaksa karyawannya di-PHK. Akibatnya, angka pengangguran melonjak dan pekerja sektor informal kesulitan mendapatkan nafkah.
  2. ditengah sulitnya perekonomian rakyat dimasa pandemi, masih ada saja oknum pejabat yang tega melakukan tindakan korupsi, seperti Juliari Batubara kasus korupsi bansos covid-19 dan Edy Prabowo terlibat kasus suap perizinan lobster
  3. Kebijakan pemerintah untuk mencegah mobilitas masyarakat dan memutus rantai penyebaran covid-19. memunculkan polemik dimasyarakat, misalnya 
    • pemilukada serentak 2020 tetap dilakukan ditengah pandemi covid-19
    • tempat wisata dibuka, (alasan pemulihan ekonomi)
    • tempat perbelanjaan dibuka (alasan pemulihan ekonomi) tetapi ternyata terjadi lonjakan kerumunan masyarakat yang semakin bertambah menjelang hari raya Idul Fitri), 
    • warga asing bisa masuk ke Indonesia (Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Soekarno-Hatta mencatat ada 454 warga negara (WN) India yang masuk ke Indonesia pada 11-22 April 2021) 
    • larangan mudik (sopir daerah protes, karena tidak ada penumpang sehingga pendapatan mereka berkurang)


Pertanyaan:

Analisislah kelima poin permasalahan yang ada di nomor soal 3 tersebut diatas dengan menggunakan sudut pandang Etika Pancasila (masing-masing poin dianalisis) ,  bagaimana seharusnya tindakan yang tepat diambil pemerintah dan bagaimana seharusnya tindakan yang dilakukan masyarakat untuk menghadapi situasi dan kondisi pandemi saat ini? berikan penjelasan secara ilmiah

Petunjuk kerja:

  1. dikerjakan di MS Word, Times New Roman, 12 pt, spasi 1,15, A4, margin top dan left 4 cm, bottom dan right 3 cm
  2. format file tugas yang dikumpulkan "PDF"
  3. tuliskan daftar pustaka (referensi) yang digunakan untuk menjawab pertanyaan 

--selamat bekerja--