Tugas 1

PROJECT BASED LEARNING

MATA KULIAH LANDASAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN

IDENTIFIKASI DAN ANALISIS  PELATIHAN YANG SUDAH DILAKUKAN.

 

Ambillah satu video clip tentang Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran yang sudah Anda berdasarkan prinsip pemanfaatam yang benar (Old Technology new way or new technology way). Berdasarkan video tsb kajilah pemanfaatan teknologi tersebut dari sudut pandang Teknologi Pembelajaran (Instructional Technology)

Tugas ini berupa suatu penugasan proyek  (project based learning) yang akan dilaksanakan oleh kelompok kecil (yang sudah terbentuk) dan mengikuti langkah-langkah penyelesaian suatu proyek sebagai berikut:

1.Mulailah dengan pertanyaan penting yang akan menjadi tema proyek anda

2.Rencanakan proyek yang akan anda lakukan

3.Menyusun jadwal aktivitas penyelesaian proyek

4.Memonitor kemajuan proyek

5.Evaluasi

Lakukan analisis video dan identifikasi hal-hal berikut:

1.      Kesenjangan kinerja apakah yang terjadi sehingga diperlukan  upaya peningkatan pembelajaran? (Kemukakan masalah yang solusinya memerlukan pemanfaatan teknologi)

2.      Rumuskan Tujuan Pembelajaranan dalam pemanfaatan media/telnologi yang Anda kaji tersebut, sehingga jelas outcome/hasil belajar apa yang diharapkan tercapai dengan penggunaan teknologi tersebut.

3.      Jelaskan metode/ strategi khusus yang digunakan untuk mencapai tujuan, deskripsikan urutan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran secara rinci.

4.      Buatlah instrument evaluasi untuk mengukur tercapainya tujuan pembelajaran (bisa dengan objective test atau instrument hasil belajar lainnya)

5.      Identifikasi keuntungan & keterbatasan (jika ada) dalam pemanfaatan teknologi tersebut.