Tugas Pertemuan 11

Kerjakan Tugas berikut:


AQUA Didenda 13 M, Dinyatakan KPPU Melakukan Praktik Monopoli

TEMPO.CO, Jakarta - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyatakan produsen AQUA, PT Tirta Investama, dan distributornya, PT Balina Agung Perkasa, bersalah dalam kasus praktik monopoli dan persaingan tidak sehat. AQUA dihukum dengan Rp 13 miliar dan Balina dihukum Rp 6 miliar.

Dengan terhalangnya akses distribusi produk, majelis komisi juga menilai adanya keterbatasan akses konsumen untuk memilih produk air minum dalam kemasan.

"Berdasarkan fakta-fakta yang ada, terlapor I dan II terbukti secara sah melakukan pelanggaran Pasal 15 ayat (3) huruf b dan Pasal 19 huruf a dan b," tuturnya dalam amar putusan. Atas putusan tersebut, Komisi juga menjatuhkan denda administrasi kepada kedua terlapor. Untuk PT Tirta Investama diwajibkan membayar denda Rp13,84 miliar, sementara PT Balina Agung membayar Rp6,29 miliar kepada kas negara.

Perkara ini berawal dari larangan oleh karyawan distributor Aqua, PT Balina Agung kepada para pedagang ritel menjual produk merek Le Minerale besutan PT Tirta Fresindo Jaya. Salah satu klasul perjanjian ritel menyebutkan, apabila pedagang menjual produk Le Minerale maka statusnya akan diturunkan dari star outlet (SO) menjadi whole seller (eceran).

(Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1043621/aqua-didenda-13-m-dinyatakan-kppu-melakukan-praktik-monopoli)

  1. Secara teori, sebutkan 3 (tiga) penyebab terjadinya praktek monopoli dalam dunia usaha?
  2. Buatlah kurva yang menunjukan bahwa didalam stuktur monopoli menyebabkan deadweight loss! Serta jelaskan secara singkat, mengapa deadweight loss dapat terjadi pada pasar monopoli.
  3. Denda yang diterapkan seringkali tidak membuat para pelaku praktek monopoli menjadi jera. Selain denda sejumlah uang yang dikenakan terhadap produsen AQUA, apa saja kebijakan yang dapat dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk mendorong persaingan usaha yang sehat pada industry Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dan industry-industri lain yang ada di Indonesia?

Ketentuan:
  • Pengumpulan tugas melalui e-learning (sesuai batas waktu yang ditentukan).
  • Kumpulkan dalam bentuk pdf yang diberi nama "NamaMahasiswa_NIM_Kelas_week11.pdf" 
  • Upload file .pdf tersebut untuk mengumpulkan