Tugas Team Based Project: Latihan menyajikan portofolo

Para mahasiswa yang budiman

Latihan penyajian setiap kelompok portofolio direkam, misalnya menggunakan zoom meeting atau dengan cara lain. Proses penyajian portofolo tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Presentasi Awal: Moderator mempersilakan juru bicara kelompok portofolio 1 untuk menjelaskan portofolionya selama empat menit. Pada empat menit ini juru bicara kelompok portofolio satu  mempresentasikan informasi-informasi penting dari portofolio satu. [Mengapa hanya empat menit? Ini adalah latihan berbicara efektif. Oleh karena itu walaupun dalam portofolio diuraaikan banyak hal, namun juru bicara harus dapat memilihnya mana informasi terpenting yang perlu disampaikan selama 4 menit, namun harus jelas sesuai dengan apa yang diminta dari portofolio 1. Moderator harus mengingatkan juru bicara pada menit keeempat dimulai bahwa waktu tersisa 1 menit lagi. Jika waktu 4 menit sudah habis, moderator menghentikan presentasi juru bicara].
  2. Forum tanya jawab: Enam menit berikutnya akan menjadi forum tanya-jawab dimana dewan juri akan mengajukan beberapa pertanyaan berdasarkan presentasi dan tampilan portofolio kelompok portofolio satu. Kemungkinan para juri akan meminta untuk: (1) Menjelaskan lebih jauh atau mengklarifikasi pokok-pokok utama yang telah kelompok portofolo satu kerjakan. (2) Memberikan contoh-contoh yang jelas tentang pokok-pokok utama yang telah kelompok portofolio satu  selesaikan. (3) Mempertahankan beberapa pernyataan dan/atau langkah yang telah kelompok portofolio satu  ambil. (4) Menjawab pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan apa yang telah kelompok portofolio satu  pelajari dari pengalaman membuat portofolio kelas. Masalah-masalah apa yang telah skelompok portofolo satu hadapi? Hal-hal terpenting apakah yang kelompok portofolio satu  pelajari dalam melakukan penelitian masalah kemasyarakatan? Yang merespons pertanyaan dewan juri tidak harus oleh juru bicara kelompok, boleh dijawab anggota kelompok. Lagi-lagi moderator harus memastikan bahwa forum tanya jawab kelompok prtofolio satu hanya disediakan waktu 6 menit saja. Penggunaan waktu harus ketat, pertanyaan harus to the point dan respons kelompok portofolo satu juga harus singkat. [Oleh karena sifatnya latihan penampilan, maka dewan juri dipilih saja dari mahasiswa. Pada saat penyajian portofolio sebenarnya (pada pertemuan ke-14) dewan juri akan ditentukan oleh dosen pengampu mata kuliah yang berasal dosen atau pakar lain yang sesuai dengan masalah yang dikaji]. 
  3. Setelaah forum tanya jawab kelompok portofolio satu selesai, dilanjutkan penampilan dari kelompok portofolo 2,3, dan 4.
  4. Setelah forum tanya jawab kelas selesai (kelompok portofolio 1,2,3,4) kelas diminta menyampaikan nyel-nyel selama 1-2 menit.
  5. Moderator menutup acara dengan ucapan terima kasih kepada para hadirin/penonton dan dewan juri.

Jadi jika dihitung secara keseluruhan durasi video itu sekira 50 menit saja.