Materi 14

Sebelum membaca Materi 14, isilah soal-soal Pre Test terlebih dahulu, lalu baca materi secara baik, dan dilanjutkan dengan mengerjakan soal Post Test. Data berapa lama membaca, dan waktu membaca tersimpan dengan lengkap, ikuti dengan benar.

6

tugas guru dan mencari-cari kesalahan saja, menimbulkan hubungan yang kurang baik sehingga guru-guru tidak merasa senang dikunjungi.

1)   Kunjungan dengan pemberitahuan sebelumnya

Sebelum suatu kunjungan dimulai, supervisor telah menyam-paikan langsung maupun tidak langsung, atau berdasarkan jadwal kunjungan yang telah direncanakan tentang waktu kunjungannya berbagai kelas atau sekolah disampaikan kepada gu­ru-guru atau sekolah yang, akan dikunjunginya.

Keuntungannya:

Guru-guru telah siap menunggu waktu pelaksanaan supervisi, adanya pembagian waktu yang merata bagi semua guru-guru yang memerlukan bantuan supervisor, tercapainya efisiensi kerja dan meningkatkan PBM.

Kelemahannya:

Guru-guru merasa tertekan menunggu gilirannya disupervisi, kemungkinan adanya guru yang disupervisi terlalu lama sehingga  guru lainnya kurang mendapat kesempatan yang cukup, kemungkinan lainnya kurang mendapat kesempatan yang cukup, sebagian guru akan membuat persiapan yang memungkinkan supervisor sulit menemukan kelemahan mereka yang tentunya akan merugikan guru itu sendiri.

2)   Kunjungan atas dasar undangan guru

Kebanyakan guru-guru merasa enggan mengundang supervisor untuk mengamatinya pada saat ia melakukan tugas mengajar. Guru-guru masih belum terbuka menerima kunjungan semacam ini, apalagi yang namanya supervisor umumnya guru merasa tidak senang untuk disupervisinya jika hanya menilai kemampuannya.

Keuntungannya:

Supervisor akan dapat memperoleh pengalaman belajar mengajar yang ia sendiri belum memilikinya, guru yang kurang mampu akan memperoleh tambahan pengalaman jabatan yang lebih banyak sehingga dapat menilai cara mengajarnya sendiri, memungkinkan terciptanya hubungan yang harmonis antara guru-guru dengan supervisor.

Kelemahannya:

Ada kemungkinan terjadi manipulasi tingkah laku dari pihak guru-guru dengan membuat suasana yang tidak wajar, dibuat-buat, misalnya pada saat itu segala sesuatu dipersiapkan secara mantap, padahal di lain waktu keadaanya tidak