Materi 14

Sebelum membaca Materi 14, isilah soal-soal Pre Test terlebih dahulu, lalu baca materi secara baik, dan dilanjutkan dengan mengerjakan soal Post Test. Data berapa lama membaca, dan waktu membaca tersimpan dengan lengkap, ikuti dengan benar.

11

berpartisipasi dalam kelompok, adanya interaksi antar guru, serta kontrol yang teliti dan mantap dalam mengemukakan pen­dapat mereka masing-masing. Dengan diskusi ini pula guru-gu­ru dapat memperoleh informasi dan banyak pengalaman dari peserta diskusi yang besar manfaatnya untuk pengembangan profesinya.

  1. a.    Studi kelompok antar guru

Kelompok guru (guru bidang studi) yang mengajarkan mata pelajaran yang sejenis dapat mengadakan studi bersama untuk mempelajari dan membahas atau mendalami bahan pelajaran yang mereka ajarkan. Perencanaan studi ini harus dipersiapkan secara matang dan terperinci mengenai berbagai masalah yang akan dibicarakan, garis-garis besar materi pembahasan sehingga studi ini lebih lancar dan tepat pada sasaran yang mereka inginkan bersama.

  1. b.   Tukar-menukar Pengalaman (Sharing of experience)

Asumsi yang melatar belakangi  teknik ini ialah bahwa guru-guru, pada umumnya adalah orang yang berpengalaman dalam bidangnya masing-masing, sehingga memungkinkan diadakan tukar menukar pengalaman diantara mereka, saling memberi dan menerima dan saling, belajar diantara mereka untuk memperoleh pengalaman-pengalaman, baru yang bermanfaat dalam tugas mereka. Tukar-menukar pengalaman semacam ini lebih bermanfaat jika dibanding dengan penataran yang sering merupakan sesuatu pemborosan, baik waktu, tenaga, biaya dan pikiran para pesertanya.

  1. c.    Lokakarya (Workshop)

Workshop ditafsirkan orang sebagai suatu tempat kerja dimana orang menggunakan macam-macam cara alat untuk suatu; suatu kegiatan belajar kelompok untuk memecahkan suatu problem tertentu; suatu usaha mengembangkan kesanggupan berpikir dan bekerja bersama-sama untuk menyelesaikan sesuatu masalah; suatu situasi          yang didalamnya orang bekerja dan belajar secara bersama atas tanggung jawab bersama; suatu inservice training education untuk           saling mendengarkan pendapat, member dan menerima pendapat bekerjasama mencari jalan untuk menyelesaikan suatu problem tertentu yang berhubungan dengan tugas jabatannya.

  1. d.   Diskusi panel

Panel diskusi (panel discussion) biasa juga disebut dengan istilah "forum discussion" adalah suatu bentuk diskusi yang dipentaskan dihadapan sejumlah partisipan untuk memecahkan suatu problem. Peserta diskusi ini biasanya terdiri dari