Materi 14

Sebelum membaca Materi 14, isilah soal-soal Pre Test terlebih dahulu, lalu baca materi secara baik, dan dilanjutkan dengan mengerjakan soal Post Test. Data berapa lama membaca, dan waktu membaca tersimpan dengan lengkap, ikuti dengan benar.

12

para panelis yang ahli dalam bidang yang didiskusikan, mode­rator (pengarah), expert (tenaga ahli= manusia sumber), penyangga/penanya, dan pendengar. Tujuarnya adalah:

1)   Untuk menjajaki suatu masalah secara terbuka agar supaya dapat memperoleh lebih banyak pengetahuan dan pengertian tentang masalah tersebut dari berbagai sudut pandangan.

2)   Untuk menstimulir para pendengar (partisipan) agar mengarahkan perhatiannya terhadap masalah yang dibahas, melalui dinamika kelompok sebagai hasil interaksi daripada pena‑list.

  1. a.    Seminar

Seminar adalah suatu bentuk pertemuan kelompok dimana sejumlah kecil (10 - 15) orang mengadakan pendalaman/penyelidikan, terhadap berbagai masalah dengan bimbingan secara cermat oleh seorang/beberapa orang pengajar (fasilitator) pada waktu tertentu. Hasil penyelidikan selanjutnya dilaporkan untuk didengar dan didiskusikan untuk ditetapkan suatu kesimpulan bersama sebagai pegangan.

Tujuan daripada seminar ini adalah intensifikasi, integrasi serta aplikasi pengetahuan dan ketrampilan para anggota kelompok dalam suatu latihan yang intensif dengan bimbingan yang cermat dan intensif pula. Maksudnya untuk memanfaatkan sebaik mungkin produktivitas (potensi) berpikir secara kelompok berupa saling tukar-menukar pengalaman dan saling koreksi (menilai) diantara para anggota kelompok lainnya.

  1. b.   Simposium

Simposium (Yunani Purba) syn (dengan) dan posis (minum), yaitu kebiasaan zaman itu setelah suatu pertemuan berakhir semua peserta tidak segera pulang, akan tetapi dipersilahkan duduk santai sambil minum, mendengarkan lagu-lagu dan bertukar pikiran sebagai hiburan intelektual. Simposium dalam arti yang lebih mutakhir dapat dilihat dari dua pengertian:

1)   Kumpulan karangan pendek yang menyangkut sesuatu masalah yang ditulis oleh beberapa ahli, dikumpulkan dan diterbitkan menjadi sebuah buku surnber rujukan.

2)   Suatu pertemuan untuk neninjau aspek-aspek dari suatu pokok masalah dari berbagai sudut pandangan  tentang masalah tersebut di depan sejumlah pendengar.