Materi 6

Sebelum membaca Materi 6, isilah soal-soal Pre Test terlebih dahulu, lalu baca materi secara baik, dan dilanjutkan dengan mengerjakan soal Post Test. Data berapa lama membaca, dan waktu membaca tersimpan dengan lengkap, ikuti dengan benar.

2

Pengembangan mempunyai jangkauan yang lebih luas dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan kompetensi yang dimiliki tenaga pendidik dan kependidikan. Pengembangan lebih dititik beratkan pada peningkatan kemampuan (ability) melalui jalur formal dengan jangka waktu yang panjang,  pemberian kesempatan-kesempatan belajar yang didesain guna membantu  pengembangan diri para tenaga pendidik dan kependidikan dimana  pengembangan diarahkan untuk menyiapkan tenaga pendidik/kependidikan guna memegang tanggung jawab atas suatu jabatan atau pekerjaan di masa yang akan datang.berikut ini adalah strategi pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan.

Strategi pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan meliputi  proses dan langkah-langkah yang cukup kompleks meliputi:

a.  Analisis kinerja

Analisis dilakukan dengan prosedur analisis kinerja yang dapat dimulai dengan melihat dan membandingkan antara kinerja rill tenaga  pendidik/kependidikan dengan standar kinerja yang sudah ditetapkan, apakah sudah sesuai atau tidak dengan standar kinerja yang telah dipatok. Apabila terjadi ketidaksusuaian maka selanjutnya dilakukan proses investigasi terhadap masalah atau kendala-kendala yang mempengaruhi kinerja tenaga pendidik/kependidikan. Dan proses yang terakhir adalah problem solving yaitu bagaimana solusi untuk memecahkan permasalahan atau kendala-kendala yang dihadapi.  

b.  Analisis kebutuhan

Analisis kebutuhan pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan didasarkan pada hasil analisis kinerja. Beberapa langkah yang perlu dilakukan yaitu :

  • Ø Mengidentifikasi standar kinerja tenaga pendidik dan kependidikan.
  • Ø Mengidentifikasi kinerja tenaga pendidik dan kependidikan.
  • Ø Mengidentifikasi kebutuhan pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan

c.  Analisis sumber daya

Ada beberapa macam sumber daya yang diperlukan dalam  pengembangan SDM tenaga pendidik/kependidikan, yaitu:

  • Ø Sumber daya manusia

Kajian mengenai SDM ini meliputi jumlah (jumlah tenaga  pendidik/kependidikan serta pihak-pihak yang terkait didalamnya).

  • Ø Biaya

Pengembangan tenaga pendidik/kependidikan dipengaruhi oleh factor  biaya. Betapapun idealnya tujuan pngembangan, jumlah biaya yang tersedia selalu menuntut para perencana penyesuaian yang perlu agar  program-program yang ditawarkan tetap terjangkau (fisibel dan realistis).

  • Ø Fasilitas

Selain biaya, fasilitas merupakan aspek yang turut berpengaruh dalam proses perencanaan dan pelaksanaan pengembangan tenaga  pendidik dan kependidikan. Yang dimaksud dengan fasilitas adalah:

-    Fasilitas belajar (perpustakaan, laboratorium, media, alat-alat  praktek, buku-buku, dll).

-    Fasilitas pendukung (sarana transportasi, alat-alat percetakan, dll).

Semakin lengkap fasilitas yang dimiliki maka akan semakin mudah  proses perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pengembangan tenaga  pendidik dan kependidikan.