BAHAN BACAAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME

Mahasiswa sekalian, kita barus saja melakukan apresepsi, dan seperti saya katakan tadi, dua capaian pembelajaran kita hari ini akan dipelajari secara mandiri dengan menggunakan ruang belajar asinkronous mandiri (ruang belajar 3).

Sebagai pengantar singkat sekarang kita akan mengkaji tentang teori belajar konstruktivistik, Teori belajar konstruktivistik memahami belajar sebagai proses pembentukan (kontruksi) pengetahuan oleh peserta didik itu sendiri. Pengetahuan ada di dalam diri seseorang yang sedang mengetahui (Schunk, 1986). Dengan kata lain, karena pembentukan pengetahuan adalah peserta didik itu sendiri, peserta didik harus aktif selama kegiatan pembelajaran, aktif berpikir, menyusun kosep, dan memberi makna tentang hal-hal yang sedang dipelajari, tetapi yang paling menentukan terwujudnya gejala belajar adalah niat belajar peserta didik itu sendiri. Sementara peranan guru dalam belajar konstruktivistik adalah membantu agar proses pengkonstruksian pengetahuan oleh peserta didik berjalan lancar. Menggunakan cara belajar inkuiri, berlangsung secara kooperatif, dan memungkinkan terjadinya interkasi antara peserta didik, secara persoanal maupun kelompok. Dalam gambar menunjukkan bagaimana konstruktivisme terbangun.

https://1.bp.blogspot.com/-YyYQjdSQ8ss/VpLiQp-KPjI/AAAAAAAAAVQ/AXhrPU8mCos/s1600/Model%2Bpembelajaran%2Bkonstruktivisme%2B78u5.jpg


Mahasiswa sekalian, silahkan membaca lebij lanjut penjelasan terkait teori belajar konstruktivistik pada modul halaman 108-117.

Selamat belajar...