Pengantar Kuliah
Mata Kuliah: Psikologi Pendidikan (18B01C303)
Mata Kuliah: Psikologi Pendidikan (18B01C303)
Selamat datang di Mata Kuliah Psikologi Pendidikan semester ganjil Tahun Ajaran 2021-2022. Kuliah daring kita akan disajikan secara full sampai kebijakan belajar di kampus kembali dibuka. Dengan demikian, kita akan belajar selama satu semester full 16 kali pertemuan termasuk didalamnya adalah 2 pertemuan (UTS dan UAS). Selama pembelajaran daring kita akan sajikan dalam 3 ruang belajar, yaitu: 1) sinkronous virtual (tatap maya), 2) asinkronous mandiri, dan 3) asinkronous kolaboratif. Pada ruang belajar tatap maya, kita akan melakukan web meeting melalui google meet atau zoom meet. Pada ruang belajar asinkronous mandiri kita akan belajar melalui sumber bacaan dalam bentuk teks, gambar, video yang terhubung langsung di youtube, ataupun multimedia lainnya seperti augmented virtual. Pada ruang belajar asinkronous kolaboratif, kita akan belajar berdiskusi (forum), chatting, dan mengerjakan tugas (assigment). Untuk itu, dimohon kesiapannya mengikuti setiap tahapan dalam pembelajaran dan menyiapkan perangkat belajar seperti seperti HP android, laptop, dan jaringan internet.
Selamat Belajar
Psikologi Pendidikan termasuk salah satu Mata Kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa, termasuk mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknologi Pertanian. Dengan Mata Kuliah ini mahasiswa akan memperoleh bekal untuk menjadi seorang guru yang profesional, karena di dalamnya akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan belajar dalam pendekatan psikologis. Hal itu sangat penting bagi calon guru, bahkan bagi guru yang belum pernah mempelajarinya, karena tugas utama seorang guru adalah membuat peserta didik dapat belajar atau mengikuti proses pembelajaran, sehingga perlu mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan psikologi belajar. Untuk memberikan pengalaman bermakna dalam belajar, mahasiswa diberikan kuliah dengan startegi problem based learning dengan pendekatan inquiry terbimbing dengan pendekatan TPACK (tecnho-pedagogical content knowledge) yang akan digunakan untuk menganalisis berbagai masalah-masalah yang dapat dijadikan sebagai ide awal lahirnya gapping antara harapan dengan kenyataan dalam bidang Pendidikan Teknologi Pertanian sesuai dengan minat keahlian masing-masing mahasiswa.
Output kuliah diperoleh video psikologi pembelajaran yang dibuat secara perkelompok, direview dan dipresentasikan secara perkelompok.
1. Memahami pengertian Psikologi Pembelajaran, sejarah, cakupan serta metodenya
2. Mendeskripsikan teori-teori belajar dan implikasinya
3. Mendeskripsikan aktivitas belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar
4. Memahami ciri -ciri kematangan dan pengaruhnya terhadap readiness
5. Mendeskripsikan karakteristik pebelajar dan lingkungan serta pengaruhnya terhadap prestasi belajar
6. Mendeskripsikan model-model pembelajaran aktif dan penerapannya di Sekolah/PT
7. Mendeskripsikan profil guru yang ideal dengan pendekatan psikologis
1. Ausubel. David. 1998. Psikologi of Learning
2. Gagne, Robert. 1997. Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran Terjemahan Munandir. Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi
3. Winkel. 2010. Psikologi Pengajaran. Gramedia: Jakarta Santrok, W John. 2009. Psikologi Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta
4. Muhibbin. Syah. 2004. Psikologi Pembelajaran dengan Pendekatan Baru