SESI 1. Bahan Diskusi

Perkembangan IOT

Perkembangan IOT

by MUHAMMAD DIKA FEBRIANTO -
Number of replies: 0

IOT dalam hal positif dapat mempengaruhi kita seperti 

1. Pekerjaan lebih efisien

2. dapat melahirkan bisnis baru

3. melahirkan pengetahuan baru yang tidak kita bayangkan sebelumnya

lalu ada juga dampak negatifnya seperti

1. Pekerja banyak yang di PHK

2. pencurian dan pembobolan data

3. bisnis dapat berubah total

Selain itu dalam beberapa bidang IOT memiliki manfaat serta tantangannya tersendiri seperti

1. Dalam bidang pertanian memiliki manfaat seperti Sensor yang terpasang pada tanaman, tanah, dan hewan memungkinkan pemantauan dan pengendalian yang presisi terhadap kelembaban, pH tanah, suhu, nutrisi, dan kebutuhan air, sedangkan kekurangannya seperti perangkat yang digunakan harus tahan dengan cuaca ekstrem, serta biaya yang ekstrem

2. Dalam bidang transportasi Sensor IoT yang terpasang pada kendaraan, kemasan, dan infrastruktur logistik memungkinkan pelacakan akurat terhadap lokasi, kondisi, dan status barang,sedangkan kekurangannya seperti  Perangkat IoT tidak selalu memberikan data yang akurat. Kesalahan pengukuran atau interpretasi data dapat menyebabkan masalah serius dalam operasi transportasi, serta Membujuk perusahaan dan organisasi untuk mengadopsi teknologi IoT dalam transportasi mungkin memerlukan perubahan budaya dan investasi yang signifikan.

3. Dalam bidang kesehatan Sensor IoT yang terpasang pada perangkat medis dan pasien memungkinkan pemantauan real-time terhadap parameter vital, tingkat kegiatan, atau penggunaan obat. Hal ini memungkinkan diagnosis dini, perawatan personalisasi, dan pemantauan jarak jauh yang membantu meningkatkan kualitas hidup pasien, sedangkan tantangannya yaitu melindungi data kesehatan pasien dari ancaman siber, pelanggaran privasi, dan akses yang tidak sah serta  Data yang diberikan oleh perangkat IoT harus akurat dan andal. Kesalahan dalam pengukuran atau pelaporan dapat mengarah pada diagnosis yang salah.