Diskusi Tentang Komposisi dan Estetika Fotografi

Komposisi dan Estetika Fotografi

Komposisi dan Estetika Fotografi

by 22010024107 DEWI FITRIYATUR ROHMAH -
Number of replies: 0

Sebagai seorang fotografer yang ingin mengambil sebuah foto pemandangan alam yang menakjubkan, maka sangat beruntung apabila berada di lokasi dengan matahari terbenam yang memancarkan cahaya yang indah di sekitar gunung dan danau. Adapun beberapa prinsip komposisi dan elemen estetika yang perlu kita pertimbangkan:

1. Rule of thirds : petunjuk bagaimana caranya memosisikan objek di sepertiga bagian dalam foto agar lebih enak dilihat. Teknik ini juga termasuk dalam mengkomposisikan objek ke dalam satu bingkai, dengan posisi yang tepat mengikuti acuan aturan sepertiga itu.

2. Leading lines : merupakan teknik memakai garis yang bisa membuat pandangan terarah ke dalam objek foto tersebut. Teknik ini cukup banyak digunakan oleh fotografer yang sedang mengambil objek gambar.

3. Penempatan elemen utama: pastikan elemen utamanya seperti matahari terbenam atau gunung ditempatkan dengan tepat didalam bingkai. Eksperimen dengan komposisi dan jarak untuk menciptakan perasaan proporsi dan skala yang menarik.