Diskusi Tentang Komposisi dan Estetika Fotografi

Komposisi dan Estetika Fotografi

Komposisi dan Estetika Fotografi

by 22010024031 NOVA FITRIANA -
Number of replies: 0

Mengatur elemen-elemen dalam bingkai Anda untuk menciptakan komposisi yang memukau dan memanfaatkan cahaya matahari terbenam dengan baik

1.  Eksposure Yang Tepat Setiap Saat Paparan

Pengaturan pertama yang perlu dipertimbangkan adalah eksposur. Segitiga eksposur—yang mencakup pengaturan ISO, kecepatan rana, dan apertur—harus seimbang untuk mencegah foto terlalu terang atau kurang terang. Misalnya, saat menggunakan aperture kecil, seperti f/16, ISO mungkin perlu dinaikkan agar sensitivitas cahaya lebih tinggi, atau kecepatan rana mungkin perlu diperpanjang untuk meningkatkan eksposur.

Namun, ekspresi kreatif terkadang mendahului kesempurnaan teknis , dan pencahayaan yang kurang atau pencahayaan yang berlebihan dapat digunakan untuk menambah drama atau tampilan dan nuansa yang lebih lembut. Misalnya, Anda mungkin memutuskan untuk mengurangi pencahayaan sehingga Anda mendapatkan pencahayaan yang lebih terang (dengan matahari sebagai sorotan paling terang yang dapat Anda bayangkan). Melakukan hal ini akan menambah kontras dan menonjolkan bayangan, menciptakan kesan dramatis pada komposisi.

2. ISO

ISO umumnya harus disetel serendah mungkin selama fotografi matahari terbenam untuk mencegah foto terlalu terang dan gambar berbintik. Saat matahari terbenam di bawah cakrawala dan jumlah cahaya dalam komposisi berkurang, ISO dapat ditingkatkan untuk mengimbanginya. Namun, gambar Anda akan memiliki lebih banyak noise yang terlihat saat Anda meningkatkan ISO karena sensitivitas sensor kamera yang ditambahkan. Untungnya, beberapa alat yang mumpuni, seperti Topaz Photo AI , dapat dengan cerdas menghilangkan noise tanpa kehilangan detail.

Alternatifnya, tripod dapat menjaga ISO tetap rendah, dan kecepatan rana dapat diperlambat untuk memungkinkan lebih banyak cahaya masuk ke sensor. Kita akan membahas tripod secara lebih mendalam nanti dalam panduan ini.

3. Bukaan

Bukaan lensa adalah pengaturan penting lainnya yang perlu dipertimbangkan saat memotret foto matahari terbenam. Nilai aperture menentukan eksposur, kedalaman bidang, dan ketajaman gambar. Apertur yang besar mengurangi kedalaman bidang dan menjadikan latar belakang lebih lembut (bokeh), sedangkan apertur yang lebih kecil menghadirkan fokus yang tajam pada latar depan dan latar belakang. Secara umum, untuk fotografi matahari terbenam, aperture harus diatur pada kisaran tengah, antara f/8 dan f/16. Rentang ini memberikan kedalaman bidang terbaik dan menjaga gambar tetap tajam.

Bukaan juga memainkan peran penting dalam keberadaan dan definisi semburan sinar matahari. Beberapa faktor akan menentukan definisi sengatan matahari, termasuk kualitas kaca lensa, jumlah dan bahan bilah aperture, serta kejernihan komposisi matahari itu sendiri. Sunburst menjadi lebih jelas dengan "kaki" yang lebih panjang dan jelas saat Anda menggunakan aperture yang lebih kecil. Saya menemukan hasil luar biasa antara f/13 - f/18. Anda juga harus memastikan bahwa lensa Anda bersih dan bebas dari debu atau penghalang lainnya karena hal tersebut mungkin muncul sebagai sorotan spekuler yang tidak disengaja dan mengganggu. Terakhir, sunburst paling jelas terlihat saat matahari menyatu dengan tepi kontras tinggi, seperti cakrawala atau elemen lainnya.

4. Kecepatan Rana

Kecepatan rana juga penting saat mengambil foto matahari terbenam. Seperti halnya aperture, kecepatan rana menentukan ketajaman dan eksposur gambar. Mengingat kecerahan matahari, kecepatan rana yang cepat meminimalkan waktu pemaparan dan mencegah gambar yang pecah-pecah. Jika kecepatan rana terlalu lambat, gambar mungkin buram karena gerakan dalam komposisi—misalnya awan yang bergerak atau dahan pohon yang bergoyang—atau gerakan kamera saat Anda memegangnya. Jika kecepatan rana terlalu cepat, gambar mungkin menjadi lebih gelap karena lebih sedikit cahaya yang mencapai sensor.

Itulah mengapa mengambil foto matahari terbenam menggunakan pengaturan RAW kamera Anda adalah hal yang penting. Saat mengambil foto RAW, kamera Anda menggunakan semua data sensornya untuk menulis gambar, dan banyak kamera dapat menyimpan file yang tidak dikompresi sepenuhnya. Mengedit file RAW menggunakan aplikasi kompeten seperti Adobe Lightroom memberi Anda fleksibilitas lebih besar untuk menyesuaikan nada dan rentang dinamis foto matahari terbenam. Kami akan membahas proses pengeditan foto matahari terbenam nanti di panduan ini.

5. Keseimbangan Putih

Mendapatkan white balance yang akurat dalam fotografi matahari terbenam dapat meningkatkan realisme gambar secara signifikan. Namun, Anda juga dapat menggunakan berbagai pengaturan white balance untuk mendapatkan efek nada dan rona yang berbeda. Menggunakan pengaturan white balance "otomatis" adalah titik awal yang baik bagi mereka yang baru mengenal fotografi. Namun, penting untuk dicatat bahwa pengaturan otomatis mungkin tidak selalu menghasilkan warna-warna cerah dan hangat yang umumnya diasosiasikan dengan bidikan matahari terbenam. Dalam kasus ini, penyesuaian white balance secara manual menggunakan pengaturan suhu Kelvin (K) bisa lebih efektif.

Untuk menyesuaikan white balance menggunakan suhu Kelvin, temukan pengaturan White Balance kamera Anda dan temukan opsi suhu Kelvin (K). Skala untuk pengaturan ini berkisar dari 1000K hingga 10000K. Yang terbaik adalah memulai pada nilai netral 5500K, yang memperkirakan rata-rata sinar matahari, dan menyesuaikannya dari sana. Memindahkan suhu ke arah 1000K akan menghangatkan gambar, menyimulasikan cahaya lilin, dan memindahkannya ke 10000K akan mendinginkannya, menyimulasikan langit biru.

Saat Anda memotret RAW, Anda dapat mengatur White Balance secara khusus atau menggunakan preset White Balance kamera Anda selama pasca-pemrosesan. Ini menambah lapisan fleksibilitas yang tidak tersedia dengan file JPEG. Dengan menyesuaikan suhu dan warna White Balance, Anda dapat membuat penyesuaian halus pada keseimbangan warna keseluruhan gambar Anda, memastikan foto matahari terbenam Anda terlihat senyata mungkin.

6. Braket

Bracketing adalah teknik yang berguna untuk digunakan saat mengambil foto matahari terbenam. Bracketing melibatkan pengambilan beberapa foto pada eksposur berbeda, yang dapat digabungkan menggunakan pemetaan nada untuk membuat gambar dengan rentang dinamis lebih tinggi dari aslinya.

Hal ini khususnya berguna untuk foto matahari terbenam, karena rentang dinamis pemandangan seringkali sangat tinggi dan tidak dapat ditangkap sepenuhnya dalam satu gambar. Ukuran dan kualitas sensor kamera penting dalam menentukan seberapa besar rentang dinamis yang dapat ditangkap. Dengan memberi tanda kurung dan memetakan warna pada foto-foto ini, Anda dapat memastikan bahwa seluruh bagian gambar terekspos dengan benar, dari bagian paling terang dari matahari hingga bagian paling gelap di langit.

 - rule of thirds, yaitu untuk memposisikan objek foto yang telah di ambil yaitu dengan  sepertiga bagian dalam foto agar gambar terlihat lebih estetik.

- Leading lines, dalam foto yang di ambil,teknik ini akan memakai garis yang bisa membuat pandangan terarah ke dalam objek foto yang di ambil tersebut.

- Penempatan elemen pada fotto yang telah di ambil akan memengaruhi hasil akhir pada foto tersebut.