Diskusi Tentang Komposisi dan Estetika Fotografi

Komposisi dan Estetika Fotografi

Komposisi dan Estetika Fotografi

by 22010024112 PRADANA BINTANG TETUKO -
Number of replies: 0

- Rule of Thirds: Prinsip ini mengharuskan Anda untuk membagi bingkai Anda menjadi sembilan bagian dengan dua garis horizontal dan dua garis vertikal. Tempatkan elemen penting di salah satu titik potensi pertemuan garis-garis ini. Misalnya, gunung atau matahari terbenam bisa ditempatkan di salah satu dari dua titik potensi pertemuan di sekitar area atas dan kiri atau kanan bingkai.

 

- Leading Lines: Cari garis-garis alami atau elemen seperti tepian danau, jalan setapak, atau pohon yang dapat membimbing mata pemirsa menuju elemen utama di foto Anda, seperti matahari terbenam atau gunung. Ini akan memberikan kedalaman dan arah pada komposisi Anda.

 

- Penempatan Elemen Utama: Pastikan elemen utama dalam komposisi Anda, seperti gunung atau matahari terbenam, menjadi pusat perhatian. Gunakan elemen-elemen di sekitarnya, seperti pepohonan atau bebatuan, untuk memberikan konteks dan skala.

 

- Ruang Negatif: Biarkan ada cukup ruang kosong di sekitar elemen utama untuk memberikan perasaan luas dan ruang dalam foto Anda. Ini bisa meningkatkan dramatisasi dan estetika keseluruhan.

 

- Penekanan Terhadap Cahaya: Manfaatkan cahaya matahari terbenam dengan baik. Anda dapat menggunakan teknik eksposur yang tepat untuk menjaga warna emas dan tekstur yang indah. Juga, perhatikan kontras dan bayangan yang diciptakan oleh cahaya matahari terbenam, yang dapat menambah dimensi ke dalam foto Anda.