Manajemen pelayanan publik merupakan upaya pengelolaan sejumlah aspek dalam manajemen dalam upayan merancang, mempersiapkan atau mempersembahkan barang dan jasa kepada masyarakat serta dilakukan evaluasi dan penilaian atas kegiatan-kegiatan tersebut.
Tujuan utama pelayanan publik adalah memenuhi kebutuhan masyarakat terkait pelayanan administrasi, barang dan jasa
Prinsip-Prinsip Pelayanan Publik
1.Kejelasan Kejelasan tentang Persyaratan teknis dan administratif.
2.Keamanan, Produkpelayanandapatmemberikan rasa aman dan kepastian hukum
3.Kepastian waktu Kejelasan tentang jangka waktu dalam penyelesaian pelayanan publik.
4.Kepastian waktu Kejelasan tentang jangka waktu dalam penyelesaian pelayanan publik.
5.Tanggung jawab Pimpinan atau pejabat pelaksanaan pelayanan dan penyelesaian masalah-masalah yang timbul dalam pelaksanaan pelayan.
Aspek Pelayanan Publik yang Penting
A.) Kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat
B.) Aksesibilitas dan kesetaraan dalam pelayanan publik
C.) Partisipasi masyarakat dalam proses pelayanan publik