Diskusi Sejarah Fotografi

Sejarah Fotografi

Sejarah Fotografi

by 22010024056 THRILIA RACHIANINGRUM -
Number of replies: 0

 Perang Dunia sangat berdampak besar pada perkembangan teknologi dan seni fotografi, dampak dari perang dunia sangat mempengaruhi bagaimana cara kita untuk memahami dan mengapresiasi gambar fotografi.

Pada perang dunia I,

- Perkembangan Teknologi fotografi, muncul sebuah inovasi besar , dimana kamera yang digunakan yaitu kamera portabel yang mudah digunakan seperti leica sehingga lebih fleksibel dalam memotret medan perang. Selain itu pada masa ini juga perkembangan teknologi pemrosesan film yang lebih cepat sehingga memungkinkan berita dan dokumentasi perang dapat dipublikasikan lebih cepat.

- Perkembangan seni fotografi, pada perang dunia I terdapat fotografer yang menjelajahi ekspresi seni melalui fotografi. para fotografer ini mencoba mengabdikan emosi dan realitas konflik dalam karya seni mereka. Dan juga fotografi dokumenter lebih tajam dan fokus kepada detail, sehingga menciptakan narasi yang kuat dalam foto-foto perang.

Pada perang Dunia II ,

- Pada perkembangan teknologi fotografi kamera yang digunakan dapat memungkinkan  fotografer untuk lebih mengendalikan komposisi dan fokus. kamera yang digunakan yaitu lebih maju yaitu kamera rangefinder seperti Leica M dan kamera SLR seperti Asahi Pentax. Pada masa ini berkembang pemrosesan warna yang kemudian memengaruhi perkembangan fotografi berwarna.

- Perkembangan seni fotografi. Pada masa ini seni fotografi berkembang untuk mengabadikan momen-momen perang yang dramatis dan berdampak emosional dan juga sebagai sumber penting dalam dokumentasi sejarah dan memiliki pengaruh besar pada fotografi konflik modern.

Perang dunia dapat mengubah bagaimana cara kita memahami dan mengapresiasi gambar fotografi dengan memperluas kemungkinan teknis dalam mengambil gambar dan juga memberikan landasan untuk terus menggunakan fotografi sebagai alat penting dalam dokumentasi sejarah dan media berita, yang membentuk cara kita memahami peristiwa-peristiwa besar dalam sejarah dunia. Fotografi tidak hanya merekam peristiwa, tetapi juga memengaruhi perasaan, empati, dan pemahaman kita tentang dunia di sekitar kita.