Arah datang cahaya adalah salah satu elemen kunci dalam menciptakan potret yang dramatis. Perbedaan dampak arah datang cahaya dari sumber cahaya depan, samping, dan belakang pada subjek berdasarkan situasinya:
1. Cahaya depan:
- Arah cahaya depan adalah ketika sumber cahaya berada di depan subjek, mengarah langsung ke subjek.
- Dalam cahaya depan, subjek akan diterangi dengan jelas dan detailnya terlihat dengan baik.
- Cocok untuk menghasilkan potret yang terang dan memiliki sedikit bayangan, cocok untuk memotret orang dengan wajah yang jelas terlihat.
- Situasi ideal: Potret wajah dengan tujuan menyoroti ekspresi dan detail wajah.
2. Cahaya samping:
- Cahaya samping adalah ketika sumber cahaya berada di samping subjek, menciptakan bayangan yang tegas di sebelah samping subjek.
- Ini menciptakan dimensi dan tekstur yang dramatis pada subjek dan latar belakang.
- Cocok untuk mempertegas bentuk, tekstur, dan memberikan dimensi pada subjek.
- Situasi ideal: Potret karakter dengan elemen dramatis, seperti potret seniman atau potret tubuh.
3. Cahaya belakang:
- Cahaya belakang adalah ketika sumber cahaya berada di belakang subjek, menjadikan subjek sebagai siluet.
- Ini menciptakan efek dramatis dan kontras tinggi antara subjek dan latar belakang.
- Cocok untuk menciptakan aura misterius atau kontur yang kuat pada subjek.
- Situasi ideal: Potret yang menginginkan kesan artistik, seperti potret dalam konteks seni atau potret pada saat matahari terbenam.
Pemilihan arah cahaya harus selalu bergantung pada tujuan artistik dan jenis subjek yang kita potret. Selain itu, kita juga dapat bereksperimen dengan campuran cahaya dari berbagai arah untuk menciptakan efek yang unik dan menyesuaikan pencahayaan sesuai keinginan.