Diskusi Tentang Prinsip Arah Datang Cahaya dalam Fotografi

Prinsip Arah Datang Cahaya dalam Fotografi

Prinsip Arah Datang Cahaya dalam Fotografi

by 22010024029 RAHMATUL HIDAYAH -
Number of replies: 0

Perbedaan arah datang cahaya:
1. Cahaya Depan, memberikan efek iluminasi langsung ke subjek dari arah depan, dengan meminimalkan bayangan, memberikan detail dengan jelas, dan juga memberikan tampilan yang terang dan juga terbuka. Jenis cahaya ini, biasanya menghasilkan foto potret yang jelas dengan detail yang baik. Sehingga, dapat mengungkapkan tekstur dan fitur wajah dengan jelas, menciptakan tampilan yang natural dan terbuka.
Situasi yang cocok untuk cahaya depan adalah Potret formal seperti potret keluarga atau potret pasangan dengan tujuan untuk menyoroti detail wajah dan ekspresi tanpa bayangan yang terlalu dramatis. Menciptakan tampilan yang terang, terbuka, dan ramah.
2. Cahaya Samping, cahaya jenis ini menciptakan bayangan yang dramatis dan juga memberikan efek dimensi. Cahaya dari samping ini menciptakan bayangan yang dramatis dan memberikan efek dimensi pada objek yang di foto. cahaya jenis ini memberikan efek yang menarik, dengan menyoroti bagian-bagian terntentu dari wajah sehingga menciptakan suasana yang lebih misterius atau lebih dramatis.
Situasi yang cocok untuk cahaya samping adalah Potret karakter atau potret individu untuk ekspresi yang dramatis dengan tujuan untuk menciptakan bayangan yang dramatis, menyoroti tekstur dan kontur wajah untuk memberikan dimensi. Cocok untuk menekankan karakter dan kepribadian.
3. Cahaya Belakang, cahaya jenis ini seringkali menciptakan siluet atau aura yang menarik, dengan memisahkan objek dari latar belakang, menciptakan efek rim light, serta memberikan sentuhan artistik yang unik. Cahaya jenis ini dikenal sebagai backlit, sehingga dapat menciptakan siluet yang menarik atau aura yang menawan di sekitar objek foto. Namun, perlu berhati-hati agar objek tidak menjadi terlalu gelap. pengaturan cahaya belakang juga dapat menghasilkan efek halo di sekitar objek, dan juga dapat menambah elemen artistik yang menarik.
Situasi yang cocok untuk cahaya belakang adalahPotret artistik atau potret yang menekankan bentuk fisik subjek dengan tujuan untuk menciptakan efek siluet atau aura di sekitar subjek. Menekankan bentuk fisik dan memberikan sentuhan artistik yang unik. Cocok untuk subjek dengan bentuk tubuh yang menarik atau latar belakang yang menarik.