Diskusi Tentang Prinsip Arah Datang Cahaya dalam Fotografi

Prinsip Arah Datang Cahaya dalam Fotografi

Prinsip Arah Datang Cahaya dalam Fotografi

by 22010024044 ASYAHRA CHAIRUNISA -
Number of replies: 0

Arah datang cahaya dalam dunia fotografi mengacu pada arah dari mana cahaya datang dan memengaruhi objek yang difoto. Cahaya merupakan suatu unsur yang penting dalam komposisi fotografi, karena cahaya berperan besar untuk memengaruhi persepsi penonton nantinya. Arah datangnya cahaya dapat memengaruhi bayangan, tekstur, dan warna pada objek foto. Ada beberapa arah dari datangnya cahaya yakni : 

- Cahaya dari depan (Front Lighting) : Cahaya ini datang langsung ke arah subjek dari depan. Cahaya ini akan memberikan yang merata pada objek, sehingga akan mengurangi besarnya bayangan dan memberikan detail dari objek karena akan tampak lebih tajam. Biasanya front lighting ini digunakan untuk memotret wajah yang nantinya bisa digunakan untuk keperluan formal seperti kartu identitas, SIM, paspor, dan lain - lain. Karena dengan front lighting wajah yang difoto akan tampak lebih detail, jelas, dan tajam tanpa adanya bayangan.

- Cahaya dari samping (Side Lighting) : Cahaya ini datang dari arah samping objek yang akan difoto, sehingga akan menciptakan bayangan dan juga sorotan pada satu sisi objek. Cahaya dari samping cocok digunakan ketika akan memotret produk tekstil, makanan, ataupun bangunan arsitektur, cahaya dari samping dapat membantu menyorot detail dan tekstur dari objek tersebut.

- Cahaya dari belakang (Backlighting) : Cahaya ini berasal dari arah belakang objek yang akan difoto. Sehinga hal ini akan menyebabkan objek yang akan difoto tampak lebih gelap daripada background atau latar belakang. Cahaya dari belakang ini cocok untuk digunakan ketika kita ingin menghasilkan foto dengan efek siluet, karena subjek menjadi gelap dan latar belakang lebih terang.