Diskusi Tentang Prinsip Arah Datang Cahaya dalam Fotografi

Pengaruh Arah Datang Cahaya Terhadap Foto.

Pengaruh Arah Datang Cahaya Terhadap Foto.

by 22010024045 SALSABILA WULAN MAHARANI -
Number of replies: 0

Arah datang cahaya memiliki pengaruh terhadap hasil foto. Seorang fotografer perlu menyesuaikan arah datang cahaya untuk menciptakan mood dan menunjukkan detail pada hasil karyanya. Berikut ini perbedaan hasil foto dari 3 arah datang cahaya:

1. Front Lighting merupakan cahaya yang datang dari arah depan. Foto yang dihasilkan dengan menggunakan Front Lighting adalah subjek menjadi terang, memperlihatkan detail, efek bayangan minimal. Kelemahan dari Front Lighting adalah foto yang dihasilkan cenderung datar atau tidak memiliki dimensi. Situasi fotografi yang cocok menggunakan Front Lighting adalah fotografi potret keluarga, fotografi arsitektur, dan fotografi makro. Tujuannya adalah memperjelas detail pada foto.

2. Side Lighting merupakan cahaya yang datang dari arah samping. Foto yang dihasilkan dengan menggunakan Side Lighting menciptakan dimensi pada subjek. Situasi fotografi yang cocok menggunakan Side Lighting adalah fotografi makanan. Karena pada fotografi makanan memerlukan dimensi agar orang lebih tertarik untuk melihat.

3. Backlighting merupakan cahaya yang datang dari arah belakang subjek. Subjek akan terlihat gelap dan background akan terlihat terang. Foto yang dihasilkan dengan menggunakan Backlighting akan memiliki kesan dramatis. Backlighting cocok digunakan pada situasi fotografi siluet. Karena fotografi siluet manusia dapat menciptakan keindahan menkipun subjek terlihat gelap dan latar belakang terlihat terang. Dengan menggunakan Backlighting pada fotografi siluet, maka foto yang dihasilkan akan lebih dramatis.