Diskusi Tentang Jenis Foto Berdasarkan Objeknya

Jenis Foto Berdasarkan Objeknya

Jenis Foto Berdasarkan Objeknya

by 22010024061 AINUN MUSLIMATIN -
Number of replies: 0

 

1. Foto landscape ini merupakan fotografi dimana alam yang jadi objek utamanya. Untuk masing-masing fotografer, mengambil gambar dengan tema pemandangan alam.

Foto landscape yang menarik dapat dihasilkan melalui memerlukan timing dan lokasi yang tepat. Memotret menggunakan teknik landscape ini pun harus banyak bersabar supaya hasilnya maksimal.

2. Potrait portrait adalah gaya fotografi yang berfokus pada manusia sebagai subjek yang difoto.Tantangan dalam membuat foto portrait adalah dapat menangkap ekspresi obyek (mimic, tatapan, kerut wajah) yang mampu memberikan kesan emosional dan menciptakan karakter seseorang.

3. Fotografi arsitektur adalah aktivitas mengabadikan gambar bangunan dari setiap sudut dan detail dari bangunan itu sendiri

* Posisi, Cara paling sederhana untuk mendapatkan foto yang memukau adalah dengan memposisikan kamera tegak lurus dengan garis vertikal bangunan.

* Perhatikan bentuk dinamis.

* Temukan cahaya yang tepat

* Mainkan dengan pengaturan kamera Anda

4. Fotografi makro adalah fotografi dengan jarak sangat dekat untuk mendapatkan detail yang tinggi namun tidak memerlukan bantuan alat pembesar optik seperti mikroskop.

Tantangan 

• menggunakan lensa makro

• Tidak menggunakan ISO tinggi

* Menggunakan Aperture Sempit

* Pastikan kamera tidak shake/goyang

* Cobalah untuk selalu menggunakan manual fokus

5. foto produk adalah suatu metode tentang bagaimana kita mengambil gambar dari sebuah produk. Hal ini dilakukan agar kita bisa menjelaskan bentuk fisik dan juga fungsi dari produk itu sendiri.

Tantangannya adalah Fotografer harus mewakili produk tanpa menyajikan hasil yang salah, dengan pencahayaan yang baik, bayangan tanpa refleksi, dan cahaya konsisten satu sama lain.

6. Fotografi Jalanan atau Street Photography adalah salah satu aliran dalam photography yang mengambil lokasi di berbagai ruang publik seperti jalanan, pasar, mal, tempat ibadah, stasiun atau terminal. Foto-foto ini diambil tanpa pengarahan atau objeknya natural.

 

Street Photography memang sangat menantang, namun jika terasa natural menjadi lebih menyenangkan.

Agar lebih nyaman dengan kamera Anda, Anda harus mengalungkannya di leher Anda selama minggu depan di mana pun di tempat umum. Bukan untuk mengambil gambar, tapi untuk membiasakan diri sepenuhnya dengan tampilan baru.

7. Wildlife Photography, bidang fotografi ini berfokus untuk mengabadikan kehidupan satwa liar di alam bebas. Tidak seperti memotret hewan di kebun binatang, atau di penangkaran. Wildlife photography menuntut fotografer tidak hanya memotret, namun juga bisa menceritakan apa dan mengapa satwa liar tersebut berperilaku seperti ini sehingga nantinya pesan atau isi dari foto tersebut dapat tersampaikan dengan baik kepada para pembaca maupun penikmat. Dalam menghasilkan foto wildlife, seorang fotografer bisa menghabiskan waktu berbulan-bulan hidup di alam liar baik untuk sekadar mengamati pola dan perilaku target, hingga bersiap mencari posisi dan waktu terbaik untuk memotret.

8. food photography adalah jenis fotografi yang lebih condong memotret sebuah makanan agar terlihat lebih menarik dan hidup.Tantangan utama dalam food photography adalah bagaimana membuat makanan tampak menarik dalam foto, sehingga membuat orang menjadi laper dan ingin mencicipi makanan tersebut.Untuk membuat sebuah foto makanan tampak lebih menarik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti angle, pencahayaan, tema foto, komposisi dan properti pendukung.

9. fotografi perjalanan (traveling photography), yaitu aktivitas memotret yang dilakukan saat melakukan perjalanan termasuk perjalanan saat liburan. Foto yang sering kali dihasilkan dalam fotografi perjalanan secara umum adalah pemandangan alam, aktivitas dari komunitas lokal di daerah tujuan, serta bangunan-bangunan bersejarah.

kendala bagi travel fotografer adalah waktu yang sempit di lokasi, sehingga dalam 1 destinasi seorang fotografer harus bisa mengambil banyak foto secara maksimal.

 

Dalam kegiatan memotret setiap jenis foto, ada beberapa hal, aspek,komposisi, serta tantangan tersendiri yang harus dipecahkan oleh seorang fotografer,dengan berbekal ilmu yang memumpuni serta dapat menilai serta menangkap objek dengan baik, maka akan dipastikan hasil foto tersebut akan terlihat estetik dan alami.