Diskusi tentang Sudut Pandang Kamera dalam Fotografi

Sudut Pandang Kamera dalam Fotografi

Sudut Pandang Kamera dalam Fotografi

by 22010024107 DEWI FITRIYATUR ROHMAH -
Number of replies: 0

~Eye level merupakan sudut pandang normal. Sudut pandang ini merupakan sudut pandang yang paling sering digunakan, yaitu ketika lensa kamera dibidik sejajar dengan tinggi objek yang yang dipotret. Umumnya, eye level digunakan untuk memotret aktivitas manusia atau human interest sehingga hasil yang didapatkan sama dengan apa yang dilihat mata terhadap objek. Contohnya potret manusia atau hewan, sudut mata sering digunakan untuk mengkomunikasikan kedekatan emosional dengan subjek.                                                                                                             

~Low angel menggunakan posisi kamera lebih rendah daripada objek yang difoto. Dengan kata lain, pengambilan foto dilakukan dari bawah ke atas. Tujuannya agar gambar tampak elegan, dominan, kuat, tangguh dan mewah dalam waktu yang bersamaan. Contohnya Low angel umumnya digunakan pada fotografi cityscape, yaitu potret keindahan dari sudut perkotaan dengan suasana yang khas seperti gedung-gedung bertingkat, pepohonan, dll.                   

~High angle adalah teknik pengambilan gambar di mana fotografer berada pada posisi atas atau lebih tinggi daripada obyek foto. Ketika menggunakan teknik ini,obyek akan terlihat kecil sehingga dapat memberikan kesan yang lemah atau inferior. Contohnya anak-anak yang sedang bermain ditaman, apabila kita mengambil foto dari ketingihan maka anak-anak yang berada ditaman tersebut kelihatan kecil.                                                                 

~Bird eye view adalah teknik pengambilan gambar dengan sudut pandang dari mata seekor burung. Biasanya teknik ini digunakan untuk mengambil foto landscape atau cityscape. Foto yang dihasilkan akan memiliki kesan yang luas dan melebar. Contohnya foto perkota dengan jalanan yang berkelok-kelok dan berpadu dengan bangunan gedung-gedung yang tinggi.                                                                                                                                   

~Frog eye view memposisikan kamera sejajar dengan mata katak atau hampir menyentuh tanah. Ketika menggunakan teknik ini, terkadang seorang fotografer harus berada pada posisi tiarap untuk membidik obyek. Contohnya memfoto sebuah bangunan yang dimana disekitar banguna tersebut ada genangan air, dan dari genangan air itulah kita akan mengambil foto