Diskusi tentang Sudut Pandang Kamera dalam Fotografi

Contoh Situasi Masing-Masing Sudut Pandang dalam Fotografi

Contoh Situasi Masing-Masing Sudut Pandang dalam Fotografi

by 22010024014 IRFANSYAH BAYU PUTRA PAMUNGKAS -
Number of replies: 0

- Ketinggian mata berarti posisi kamera sejajar dengan mata subjek. Ketinggian mata memungkinkan pemirsa merasa terhubung dengan subjek secara langsung. Biasanya eye level digunakan untuk memotret seseorang yang sedang bercakap-cakap.

- Sudut rendah berarti posisi kamera berada di bawah mata subjek. Sudut rendah menciptakan kesan keagungan dan kekuatan pada subjek serta mempertegas elemen di latar belakang. Biasanya low angle digunakan untuk memotret arsitektur agar hasilnya lebih dramatis.

- Sudut tinggi berarti posisi kamera berada di atas mata subjek. Sudut tinggi memberikan sudut pandang yang membuat subjek seolah-olah terlihat lebih kecil. Biasanya high angle digunakan untuk memotret anak kecil atau memotret suatu kepadatan.

- Pandangan mata burung berarti kamera yang ditempatkan di atas subjek mirip dengan pandangan yang dimiliki burung saat terbang. Pemandangan luas mampu menunjukkan keseluruhan konteks atau pola yang mungkin tidak terlihat dari sudut lain. Biasanya pemandangan luas digunakan untuk menujukkan kepadatan jalan raya, menunjukkan desain bangunan secara keseluruhan, dan melihat pola pemukiman masyarakat.

- Pandangan mata katak berarti posisi kamera sangat rendah di dekat tanah. Pandangan mata katak membuat subjek terlihat lebih dominan. Biasanya pandangan mata katak digunakan untuk memotret tumbuhan atau objek yang dekat dengan permukaan tanah untuk menonjolkan detail.