3.1. Diskusi Studi Kasus

Analisis Video

Analisis Video

by ARIE EKO CAHYONO -
Number of replies: 9
  1. Identifikasi strategi dan teknik pengajaran yang digunakan dalam setiap video.
  2. Tinjau kelebihan dan kekurangan dari penggunaan media pembelajaran yang dipaparkan dalam video.
  3. Fokuskan analisis pada dampak penggunaan media tersebut terhadap hasil belajar siswa.
In reply to ARIE EKO CAHYONO

Re: Analisis Video

by RAFIAN MAULANA -
1.Penggunaan video sebagai media penyampaian materi pada pembelajaran daring.

Cara menentukan strategi pembelajaran yang tepat, seperti dengan mengidentifikasi tujuan pembelajaran, mengenal karakteristik peserta didik, dan menyusun rencana pembelajaran.

2.Kelebihan
-Menarik perhatian siswa
-Meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran
-Meningkatkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah
-Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengingat informasi
-Meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran

Kekurangan
-Terkait peralatan lainnya seperti video player, layar bagi kelas besar beserta LCDnya, dan lain-lain
-Terkadang jaringan yang lambat
-Resolusi gambar yang buruk jika video di download dengan kapasitas rendah

3.-Meningkatkan motivasi belajar siswa
-Meningkatkan perhatian siswa terhadap materi pelajaran
-Meningkatkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan media video dalam pembelajaran tidak sepenuhnya menjamin hasil belajar siswa yang lebih baik.
In reply to ARIE EKO CAHYONO

Re: Analisis Video

by MOCH. KUDUS AFANSYAH -
1. Strategi pembelajaran pada video yang pertama guru kurang membantu kepada siswa untuk memahami materi, sedangkan pada video ke dua guru memberikan contoh kepada siswa untuk bisa lebih memahami isi dari materi tersebut.
2. Kelebihan video pertama : mempersingkat atau mempermudah guru dalam proses pembelajaran
Kekurangan video pertama : Siswa tidak memahami materi yang disampaikan oleh guru
Kelebihan video kedua : Siswa dapat memahami dengan baik materi yang disampaikan
Kekurangan video kedua : guru harus benar-benar kompeten pada sangat mengajar agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan
3. Dampak dari media pada video pertama adalah siswa tidak bisa menalar tentang materi yang disampaikan karena guru hanya bisa memberikan pertanyaan tanpa memberikan contoh kasus
Dampak dari media video kedua adalah Siswa akan saling bertukar pendapat pada diskusi kelompok dan mereka dapat menyimpulkan solusi dari kasus yang diberikan guru dan pada saat guru memberikan contoh video yang realistis siswa akan mempunyai penalaran untuk membantu pola berfikir siswa tersebut.
In reply to MOCH. KUDUS AFANSYAH

Re: Analisis Video

by JENIM PRAYUGO -
1. Strategi pembelajaran pada video yang pertama guru kurang membantu siswanya untuk memahami materi disaat pembelajaran sudah di mulai, sedangkan pada video ke dua guru memberikan contoh kepada siswa untuk bisa lebih memahami dari materi materi yg di jelaskan oleh guru.
2. Kelebihan video pertama : gunanya untuk mempermudah guru dalam pembelajaran di dalam kelas
Kekurangan video pertama : Siswa terlalu banyak bergurau dan mengakibatkan siswa sulit untuk mendapatkan ilmu dari yg di sampaikan oleh guru
Kelebihan video kedua : Siswa akan lebih mudah untuk memahami materi yang telah disampaikan oleh guru.
Kekurangan video kedua : guru harus lebih mengetahui kemauan siswany terhadap materi yg di sampaikan nya.
3. Dampak dari media pada video pertama adalah dengan banyaknya gurau siswa tidak akan bisa menyerap ilmu dari materi yg telah guru sampaikan.
Dampak dari media video kedua adalah Siswa yang belajar dengan teman-teman yang memiliki minat dan gaya belajar yang sama akan lebih mudah untuk memahami materi pelajaran. Mereka juga akan lebih termotivasi untuk mengerjakan tugas karena mereka bisa bekerja sama dengan teman-teman yang memiliki kemampuan yang sama.
In reply to MOCH. KUDUS AFANSYAH

Re: Analisis Video

by M. RONI SAPUTRO -
1. Strategi
Pembelajaran berdiferensasi strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa yang beragam. Strategi ini dapat dilakukan dengan menyediakan berbagai pilihan tugas, alat bantu belajar, dan metode penilaian.

2. Kelebihan video 1:
•Tanya jawab dapat digunakan untuk mengukur pemahaman siswa tentang materi yang telah diajarkan.

•Tanya jawab dapat mendorong siswa berpikir kritis dengan mengajukan pertanyaan yang terbuka, menantang, atau menuntut pemikiran yang mendalam.

Kekurangan:
•Tanya jawab dapat sulit untuk dikelola, terutama jika jumlah siswa dalam kelas besar

•Tanya jawab mungkin tidak efektif untuk siswa yang pemalu atau yang tidak suka berbicara di depan umum


Kekurangan video 2:
•Membutuhkan waktu dan persiapan yang lebih banyak
•Membutuhkan keterampilan dan pengetahuan yang lebih luas

Kelebihan:
•Dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
•Dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah.

3. Untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal, guru perlu menerapkan media pembelajaran berdiferensasi secara tepat. Guru perlu mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa yang beragam dan menyiapkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan tersebut
In reply to ARIE EKO CAHYONO

Re: Analisis Video

by NAUFAL DWI OKTAVAN PUTRA -
Untuk video yg pertama
- Disini terlihat bahwa guru menjelaskan kepada muridnya tentang setiap pertanyaan yg dibuat agar murid tersebut bisa respon
Kekurangannya : tidak banyak murid yg terlibat disitu, dan sering ramai disaat guru menjelaskan

Untuk video yg kedua
- Disini peran guru sangat kelihatan bahwa dalam mengajar muridnya di kelas , pertama guru memakai banyak model pembelajaran seperti audiovisual, praktik dan lain²nya
Disini terlihat siswa menikmati apa yg diajarkan gurunya dengan banyaknya model pembelajaran dan metode pembelajaran
In reply to ARIE EKO CAHYONO

Re: Analisis Video

by RESI IHKSAN HIDAYATULLOH -
1. Untuk video yg pertama guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab yg dimana guru menyampaikan tentang materi yg sedang dipelajari dan memberikan pertanyaan kepada para siswanya. Pada akhir sesi guru juga memberikan tugas untuk para siswa ini bertujuan untuk mengetahui apakah para siswanya sudah paham betul tentang materi yg disampaikan oleh guru tersebut.

-kelebihan :
Guru lebih mudah dan efisien untuk menyampaikan banyak materi dan membuat cara berfikir siswa menjadi lebih aktif ketika guru memberikan pertanyaan kepadanya.

-kekurangan: beberapa dari siswa terlihat ada yg pasif ini artinya siswa tersebut kurang memahami tentang mater yg disampaikan oleh guru tersebut.

-dampak penggunaan media:
Terlihat hanya beberapa siswa yg memahami tentang materi yg disampaikan oleh guru tersebut. Dan sebagian hanya melihat saja tanpa aktif dalam proses pembelajaran tersebut.

2. Untuk video yg kedua, guru banyak menggunakan media pembelajaran yg diantarnya audio visual, diskusi dan praktek yg dimana guru memberikan gambaran video kepada siswa agar siswa dapat melihat dan memahami tentang video tersebut.

-kelebihan :
Membuat siswa menjadi lebih aktif dan tertarik untuk belajar tentang materi tersebut.

-kekurangan:
Beberapa siswa menggunakan metode pembelajaran yg berbeda, ini membuat siswa lainnya kurang memahami materi dari setiap metode yg dipelajari.

-dampak penggunaan media:
Siswa lebih mudah menyerap tentang materi yg diajarkan karena salah satunya menggunakan media praktek. Yg dimana para siswa akan lebih mengetahui bagaimana langkah " dari materi yg disampaikan oleh guru tersebut.
In reply to ARIE EKO CAHYONO

Re: Analisis Video

by ROONA AURA NOVIANNA -
1. -vidio pertama menerapkan metode tanya jawab dalam pembelajaran cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab dari guru kepada siswa atau dari siswa kepada guru tentang pemahaman membaca
-vidio kedua menerapkan pembelajaran berdirensiasi dalam pelaksanaan proses pembelajaran berdiferensiasi ini ada tiga strategi yang dapat dipilh, yaitu diferensiasi konten,diferensiasi proses dan diferensiasi produk
2. -vidio pertama
kelebihan: dapat membuat minat dan rasa ingin tahu siswa terhadap pokok bahasan yang akan dibahas,dapat membuat siswa lebih aktif belajar dan berfikir
kekurangan: Tidak mudah membuat pertanyaan yang sesuai tingkat berfikir siswa dan mudah dipahami siswa,siswa akan merasa tegang dan takut jika guru kurang menghadirkan suasana yang akrab.
-vidio kedua
kelebihan: dapat membuat guru mengetahui cara yang tepat untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah dibuat
kekurangan: keterbatasan waktu yang menyebabkan guru harus lebih cermat dalam memetakan waktu
3. -vidio pertama
Metode Tanya jawab dapat membuat terjadinya interaksi guru dan siswa yang aktif. Sehingga membuat pelajaran lebih menarik, dan menimbulkan minat, motivasi serta perhatian siswa terhadap pelajaran yang disampaikan oleh guru.
-vidio kedua
Ketika pembelajaran berdiferensiasi dapat diimplementasikan dengan baik, akan ada pengakuan dan pemberian perhatian terhadap perbedaan individu di antara anak anak,hal ini memungkinkan guru untuk merespons kebutuhan dan karakteristik belajar setiap anak secara khusus.
In reply to ARIE EKO CAHYONO

Re: Analisis Video

by IMELDA TRI OKTAVIA -
1. Teknik pembelajaran pada VIDEO 1 menggunakan metode pembelajaran tanya jawab. Pada metode ini terjadi komunikasi dua arah antara siswa dan guru, dalam komunikasi ini terlihat adanya hubungan timbal balik secara langsung antara guru dengan siswa.
Strategi pembelajaran pada VIDEO 2 menggunakan pembelajaran berdiferensiasi, yaitu pembelajaran yang dikembangkan untuk merespon kebutuhan murid dalam belajar yang bisa berbeda-beda, meliputi kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajarnya.

2. VIDEO 1
-Kelebihannya yaitu, pertanyaan dapat menarik dan memusatkan perhatian siswa, merangsang siswa untuk melatih dan mengembangkan daya pikir, termasuk daya ingatan, mengembangkan keberanian dan keterampilan siswa dalam menjawab dan mengemukakan pendapat

-Kekurangan, siswa merasa takut bila guru kurang dapat mendorong siswa untuk berani dengan menciptakan suasana yang tidak tegang, tidak mudah membuat pertanyaan yang sesuai dengan tingkat berpikir dan mudah dipahami siswa, sering membuang banyak waktu,kurangnya waktu untuk memberikan pertanyaan kepada seluruh siswa.

VIDEO 2
-Kelebihan, dapat menyelaraskan pertumbuhan bagi siswa, pembelajaran yang menyenangkan ketika guru mengadopsi serangkaian strategi pembelajaran yang selaras dengan tipe belajar siswa, maka siswa akan merasakan betapa belajar itu terasa mudah dan menyenangkan. Pembelajaran yang dipersonalisasi, pembelajaran berdiferensiasi ini adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa. Guru hanya mengembangkan pelajaran mereka berdasarkan tingkat pengetahuan, preferensi belajar, dan minat siswa

-Kekurangan, Guru tidak memiliki cukup waktu untuk mengembangkan kemampuan peserta didik secara individual. Walaupun proses menyusun RPP menjadi lebih mudah, namun guru tetap dihadapkan pada tugas yang berat karena harus membuat berbagai variasi dalam pelaksanaan proses belajar.
Sekolah harus mengeluarkan biaya yang cukup besar, karena dalam beberapa kasus guru membutuhkan berbagai alat peraga dan perlengkapan lainnya untuk memudahkan proses belajar.

3. VIDEO 1
Indikator keberhasilan pada metode tanya jawab menurut sas kurang maksimal. Karna densn metode ini siswa harus mencari tahu bagaimana materi itu dengan individu dan kurangnya maksimal siswa dalam pemahaman materi yang akan diberikan. Disamping itu terdapat juga manfaatnya seperti merangsang siswa untuk melatih dan mengembangkan daya pikir
VIDEO 2
Indikator keberhasilan pembelajaran berdiferensiasi diantaranya siswa merasa nyaman dalam belajar, adanya peningkatan keterampilan baik segi hard skill atau softskill, dan adanya kesuksesan belajar dari seorang murid yaitu murid mampu merefleksikan diri kemampuannya dimulai dari titik awal pembelajaran sampai selesai
In reply to ARIE EKO CAHYONO

Re: Analisis Video

by YATIMATUS SA`DIYAH -
Vidio 1
≥ Media pembelajaran tanya jawab adalah Model pembelajaran ini merujuk kepada teknik pembelajaran yang menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan tanya jawab yang melibatkan seluruh kelas.
≥ Kelebihan strategi tanya jawab
-Dapat membantu siswa untuk melatih dan mengembangkan daya pikir dan daya ingatan
≥Kekurangan strategi tanya jawab
_ Membuat siswa merasa takut dan tegang terlebih lagi dengan gaya pengajaran yang monoton dan guru tidak menciptakan suasana akrab kepada siswa.


»vidio 2
Strategi pembelajaran berdiferensiasi adalah teknik instruksional atau pembelajaran di mana guru menggunakan berbagai metode pengajaran untuk memenuhi kebutuhan individual setiap siswa dengan kebutuhan meraka.
≥ kelebihan strategi berdiferensiasi
-Membuat guru mengetahui cara yang tepat untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah dibua.
≥ Kekurangan strategi berdiferensiasi
- Meningkatnya beban kerja guru, guru perlu melakukan evaluasi dan pemantauan yang lebih intensif terhadap kemajuan siswa, serta memberikan umpan balik yang sesuai dengan masing-masing siswa. Hal ini dapat meningkatkan beban kerja guru.