FORUM DISKUSI KEGIATAN BELAJAR 1

DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by I KADEK SUARTAMA -
Number of replies: 93

Jelaskan pendapat anda cara mengatasi ketidak merataan pembelajaran digital di Indonesia!

In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by MAULIDIA WIYAN SUMITA -
Mengatasi ketidakmerataan pembelajaran digital di indonesia, dengan upaya mengenalkan bahwa teknologi dalam rana pendidikan sangat berperan penting, apalagi dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini, diharapkan semua mampu mengenal pembelajaran digital agar tidak ketinggalan pola teknologi yang semakin berkembang saat ini. Dan dengan menerapkan kebijakan memperluas atau mempercepat jaringan internet untuk diterapkan di kalangan lembaga pendidikan untuk membantu para pelaku belajar dalam menerima pembelajaran digital.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by RIHADATUS SALSA PADHINA -
Menurut saya cara mengatasinya dengan memberikan pelatihan pada SDM di tempat yang kurang mengetahui tentang pembelajaran digital serta memberikan wawasan dasar tentang apaitu pembelajaran digital sehingga ketidak merataan akan berkurang serta mungkin pembelajaran digital sedikit demi sedikit akan meluas jika program-program seperti pelatihan dan seminar rutin diadakan.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by KHODIJAH ALATAS -
Ada beberapa solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi kesenjangan pembelajaran digital di Indonesia saat ini. Pemberian edukasi juga pengenalan teknologi dan pemanfaatan informasi kepada masyarakat pada sektor pendidikan sangatlah penting. Mengenalkan tentang kemudahan akses dalam memperoleh berbagai informasi pada era digital saat ini. Solusi lain juga dapat dilakukan dengan pembangunan infrastruktur secara merata di seluruh daerah Indonesia sehingga setiap masyarakat mendapat kesetaraan informasi, apa yang didapatkan oleh masyarakat kota juga didapatkan oleh masyarakat desa. Pembangunan Warnet dan pusat internet adalah langkah paling umum yang bisa diambil oleh pemerintah daerah. Kedua fasilitas ini memiliki peranan yang sangat penting dalam mengurangi kesenjangan yang ada dalam proses pembelajaran digital dan secara berkelanjutan memperluas jangkauan komunikasi juga Internet, baik di daerah kota maupun desa. Kerjasama antara pemerintah dengan sektor swasta dalam mempercepat pembangunan infrastruktur juga dapat mengurangi kesenjangan dalam proses pembelajaran digital di Indonesia saat ini.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by ANGGIT PAMUNGKAS -
Menurut saya cara mengatasi tidak meratanya pembelajaran digital dengan mensosialisasikan teknologi terutama teknologi dalam pendidikan dan harus didukung oleh pemerintah karena pemerintahlah yang bertanggung jawab dalam pendidikan nasional dengan menerapkan Kebijakan-kebijakan yang memperluas pembelajaran digital
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by SULTHANAH ARIBAH HASNA DHAFIYAH -
cara mengatasi ketidakmerataan pembelajaran di indonesia dengan melakukan sosialisasi serta memeberikan pelatihan mengenai teknologi kepada para pembelajar dan pendidik di daerah-daerah yang masih minim teknologi. pemerintah pun juga harus turut andil untuk memberikan akses teknologi dan internet untuk daerah-daerah yang masih minim teknologi, agar di daerah-daerah tersebut mampu melaksanakan pembelajaran digital dengan baik.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by ETY NURYATI -
Menurut pendapat saya cara mengatasi pemerataan pembelajaran digital di Indonesia yakni dimulai dari mengenalkan kepada mereka mengenai berbagai kemajuan teknologi yang ada terutama pada teknologi pembelajaran digital (pendidikan), karena pendidikan lah yang akan membantu mereka satu langkah keatas dalam memahami berbagai kemajuan teknologi dan pengetahuan lainnya, selain itu juga perlunya pemerintah dalam meratakan fasilitas, sarana prasarana, serta infrastruktur teknologi ke seluruh penjuru negeri agar mereka tidak tertinggal dan merasa tertinggal dengan seiring perkembangan zaman yang terus menerus mengalami kemajuan, selain itu kita sebagai sama sama warga Indonesia hendaklah berbaik hati membantu mereka dalam mengenalkan berbagai teknologi modern terutama dalam teknologi pembelajaran digital, hal tersebut dapat berupa gerakan volunteer, gerakan bakti sosial dan lain sebagainya.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by FITRAH ROHIMAH AGMA PUTRI -
Menurut saya dengan survey terlebih dahulu, jika permasalahannya ada di keterbatasan internet dan listrik maka 2 hal ini harus difasilitasi, lalu memperkenalkan pembelajaran melalui teknologi digital, sebelumnya dari itu ada baiknya tenaga pendidik harus difasilitasi dan diberi bekal pemahaman terhadap pembelajaran berbasis digital, selanjutnya guru bisa langsung mempraktekkannya kepada siswa.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by SALWA GHAITSA MAYLAVIA -
kesenjangan kemampuan dalam mengakses pengetahuan dalam penggunaan teknologi modern (Digital Divide) dapat menjadi dampak pada ketidak merataan pembelajaran digital di Indonesia. Oleh karena itu, solusi yang dapat dilakukan adalah menyiapkan SDM yang menangani, menilai, menerima, memutuskan dan memilih informasi yang tersedia. Pembangunan infrastruktur secara merata di seluruh daerah Indonesia sehingga setiap masyarakat mendapat kesetaraan informasi. Kerjasama antara pemerintah dengan sektor swasta dalam mempercepat pembangunan infrastruktur juga dapat mengurangi kesenjangan digital.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by ANASTASIA PUTRI CAHYO P -
Menurut saya dengan cara survey terlebih dahulu ke lokasi yang sekiranya kurang mendapatkan perhatian dari publik atau masyarakat, lalu mencoba berdialog dengan pemerintah dan warga setempat apa yang menyebabkan mereka tertinggal dalam hal teknologi terutama teknologi dalam pembelajaran digital. Setelah dirasa sudah mendapatkan penyebabnya, maka akan dilakukan rapat untuk mencari solusi agar teknologi pembelajaran digital dapat menjangkau daerah tersebut. Mulai dari mengadakan sosialisasi dan pelatihan terkait teknologi pembelajaran digital dengan mengajak para siswa dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah secara bertahap. Namun, pelatihan ini dapat diikuti oleh para guru dan para orang tua agar mereka juga mengetahui cara penggunaan teknologi pembelajaran digital dengan benar. Selain itu, para guru dan para orang tua juga dikenalkan agar bisa mendampingi dan membimbing siswa dan putra-putrinya agar dapat tetap mengikuti pembelajaran digital dengan baik.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by INTAN PUSPADHIANI PRAMESTI -

Menurut saya, dengan memberi pelatihan dan pengarahan kepada para pengajar dan peserta didik. Karena pada jaman sekarang pembelajaran digital sangat penting dan akan terus berkembang untuk kedepannya. Kemudian dengan mulainya proses pembelajaran yang dapat di adaptasikan mulai dari sekarang sehingga untuk peserta didik dapat menerima secara bertahap. 

In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by ANANDA FATKIATUR RIZKI -
menurut pendapat saya hal pertama yang harus diperbaiki untuk mengatsi ketidakmerataan pembelajaran di Indonesia adlah pemerintah harus memeratakan terlebih dahulu infrastruktur berupa internet, listrik, komputer, dll di wilayah yang masih belum terjangkau. lalu kemudian kita harus memperbaiki sumber daya manusia(SDM) yang ada di Indonesia terutama tenaga pendidik dan para peserta didik di Indonesia. dengan menambahkan edukasi mengenai pembelajaran digital diharapkan SDM di Indonesia dapat berkembang seiirng dengan berkembangnya teknologi dan informasi pada zaman digital ini. Pada saat ini pembelajaran di Indonesia masih kekurangan dlam konten pembelajarnnya, tenaga pendidik masih kurang edukasi mengenai konten yang dpaat menarik peserta didik dalam pembelajaran digital.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by GISCA AURA INESIA -
Menurut saya, untuk mengatasi ketidak merataan pembelajaran digital di Indonesia yaitu dengan cara pemerintah daerah harus meningkatkan pembangunan infrasruktur secara besar-besaran. Dan juga memberikan penyuluhan terhadap masyarakat mengenai teknologi dan pemanfaatan informasi pada sektor pendidikan sangatlah penting. Karena dibeberapa wilayah yang tidak dapat mengakses pembelajaran digital juga karena factor ekonomi, oleh karena itu ketersediaan internet gratis juga dapat diberikan oleh pemerintah agar mendapat kesetaraan informasi.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by VANIA WILONA KAULIKA -
Mengatasi ketidak merataan pembelajaran digital di Indonesia yaitu dengan memberikan edukasi dan melakukan penyuluhan di daerah Indonesia secara merata agar masyarakat mengerti dengan baik tentang kemudahan akses teknologi untuk menggunakan dan memperoleh informasi di era digital ini. Membangun infrastruktur secara merata di seluruh daerah indonesia agar masyarakat mendapatkan kesetaraan informasi seperti membangun tempat warnet agar memperluas jangkauan telekomunikasi dan internet.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by ZAHIRA KHOFIFA ISMI -
Menurut saya cara mengatasai ketidakmerataan pembelajaran digital salah satunya adalah mengenalkan kepada masyarakat luas tentang perkembangan era digital saat ini. Karena semakin berkembang nya zaman, era digital semakin canggih. Ditambah lagi pada masa pandemi covid19 ini pembelajaran serba daring. Oleh karena itu, betapa pentingnya teknologi dirana pendidikan pendidikan saat ini. Selain itu, pemerintah harus meratakan infrastruktur berupa jaringan internet, aliran listrik, dsb diberbagai daerah pelosok atau daerah yang sulit dalam jangkauan internet. Dengan adanya pemerataan pembelajaran digital, Indonesia tidak akan ketinggalan zaman serta dapat mengikuti perkembangan zaman.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by ICHWANU PRASETYO -
Menurut saya cara mengatasi ketidak merataan pembelajaran digital di Indonesia adalah dengan adanya perhatian lebih terhadap lembaga-lembaga pendidikan di daerah yang masih tertinggal yaitu bisa dengan cara memberikan fasilitas-fasilitas yang dapat menunjang pembelajaran digital seperti bantuan kouta atau bahkan alat-alat penunjang belajar lainnya. Dan pemerintah bisa mengirimkan SDM ke lembaga pendidikan di daerah tertinggal yang masih kekurang infiormasi tentang pembelajaran digital ini dengan memberikan edukasi tentang pembelajaran digital dengan cara pelatihan kepada tenaga pengajar disana agar menghasilkan pemerataan informasi. Dan juga karena pembelajaran digital memerlukan internet dan jaringan yang stabil maka pemerintah bisa mengembakan infrastruktur telekomunikasi.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by IIN AFRIZA -
Di tengah pesatnya perkembangan teknologi tentunya mempengaruhi banyak hal, salah satunya pada dunia Pendidikan. Pada saat ini banyak terjadi kasus kesenjangan pembelajaran digital. Kesenjangan pembelajaran digital merupakan kondisi dimana adanya kendala yang di alami masyarakat mengenai pengetahuan dan kemampuan dalam mengakses teknologi dan informasi. Ada banyak cara untuk menangani kesenjangan pembelajaran digital di Indonesia saat ini seperti, memberikan edukasi tentang pembelajaran berbasis online dan cara mengakses internet sebagai informasi, melakukan perlengkapan infrastruktur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi, melakukan kerja sama dengan stasiun TV seperti yang dilakukan dengan TVRI, para siswa yang tidak memiiliki ponsel bisa mengakses chanel TVRI untuk mendapatkan materi pembelajaran. dengan dilakukannya upaya upaya di atas pasti akan membantu masyarakat dalam memahami dan mengerti perkembangan teknologi saat ini.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by RIMA AFIFAH AZZAHRA -
Menurut pendapat saya, cara mengatasi ketidakmerataan pembelajaran digital di Indonesia adalah dengan memberikan fasilitas yang menunjang pembelajaran digital tersebut dengan merata di tiap instansi secara merata, baik itu berupa pemberian kuota belajar perbulan, akses ke tiap-tiap aplikasi pembelajaran secara gratis, atau yang lain. Akan tetapi, menurut saya, sebelum diberikan fasilitas, alangkah lebih baiknya jika pemerintah lebih menekankan sosialisasi dalam memperkenalkan pembelajaran digital terlebih dahulu, karena masih banyak sekali peserta didik yang kurang memahami atau bahkan tidak tahu. Untuk itu, cara yang lebih efektif untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mulai diadakannya workshop atau seminar tentang pengenalan pembelajaran digital secara bertahan dibantu dengan pemberian fasilitasnya juga. Terlebih di zaman seperti sekarang ini yang semuanya serba digital, mengharuskan dan menuntut para peserta didik bahkan khalayak umum untuk melek teknologi.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by YUNUS BAGUS ANGKOSO -
Menurut saya untuk mengatasi ketidak merataan pembelajaran digital di Indonesia yaitu yang pertama adalah membagi Pendidik yang berkompeten yang mampu membuat pembelajaran berbasis digital multimedia interaktif maupun multimedia video dan sebagainya. Ketika sdm yang ada di daerah terpencil itu memiliki Wawasan yang luas dan pengetahuan yang luas maka hal ini dapat menyusul ketertinggalan pemerataan pembelajaran digital di Indonesia
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by FADIZA NOVA EBZY -
Menurut saya, langkah awalnya bisa diadakan sosialisasi terlebih dahulu tentang pembelajaran digital. Apalagi di era sekarang ini, semuanya serba digital dan menuntut mahasiswa bahkan masyarakat umum untuk mengetahui tentang teknologi. Setelah itu pemerintah dapat memberikan fasilitas yang mendukung pembelajaran digital secara merata, baik itu dengan memberikan kuota, akses gratis ke setiap aplikasi pembelajaran yang digunakan.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by RENGGA PRAKOSO NUGROHO -
Mengatasi ketidak merataan pembelajaraan digital di Indonesia adalah hal yang cukup idealis dan terkesan tidak realistis untuk beberapa tahun kedepan. Hal paling sederhana dalam pemerataan pembelajaran digital menurut saya adalah digitalisasi dari tenaga pendidik itu sendiri. Hal yang menyulitkan dari pemerataan ini adalah tidak banyak tenaga pendidik yang sanggup untuk melakukan pembelajaran secara digital baik dalam kompetensi guru maupun fasilitas yang tersedia.

Salah satu inisiatif tentang pembelajaran digital adalah gerakan yang dibuat oleh bapak Anies Baswedan yaitu Lighting Indonesian Future, saya sangat menyukai konsep ini dan mungkin bisa mengatasi pemerataan pembelajaran digital dengan mendatangkan pemuda digital ke seluruh indonesia untuk melakukan pengajaran dengan media media digital meskipun dalam kelas tradisional.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by ROBBIGFIRLI ROBBIGFIRLI -
Menurut saya cara mengatasi ketidak merataan pembelajaran digital di Indonesia untuk saat ini memungkinkan untuk dilakukan mengingat seiring berjalanya waktu internet semakin mudah diakses di sebagian besar wilayah indonesia. Hal ini bisa mendukung dalam upaya mengatasi ketidak merataan pembelajaran digital di Indonesia karena dalam hal pertukaran informasi, komunikasi, bahkan inovasi bisa terjadi secara cepat dan merata. Seperti MBKM ini.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by GALINDRA HAKAM TAQY -
Ketidak merataan pembelajaran digital di Indonesia dapat diatasi, salah satunya dengan cara pengadaan internet gratis / kuota internet gratis. Hal ini seperti yang telah diupayakan oleh kemendikbud saat ini, kondisi pandemi yang masih berlangsung dan belum tau kapan berakhirnya membuat pembelajaran yang seharusnya dilakukan secara luring terpaksa harus dilaksanakan secara daring. Bantuan kuota internet yang diberikan terkadang juga belum bisa maksimal digunakan, karena di daerah desa terpencil terkadang masih susah untuk mendapatkan jaringan internet, harus ke daerah kota dahulu untuk bisa mendapatkan jaringan internet yang bagus. Kedepannya diharapkan pemerintah melalui instansi terkait untuk segera membenahi fasilitas internet didaerah terpencil, demi terciptanya proses pembelajaran digital yang maksimal.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by MUHAMMAD RIDZKY ABIDZAR YAHYA -
Dengan adanya ketidakmerataan pembelajaran digital di indonesia kita harus menemukan solusi dalam mengatasi masalah ini seperti yakni kita mulai dari sosialisasi apa itu pembelajaran digital, dengan adanya sosialisasi ini kita dapat mengenalkan apa itu pembelajaran digital di indonesia sebagai cara mengatasi sedikit pemerataan yang ada diindonesia sedikit-demi sedikit dan pemerintah juga perlu mengimbangi dalam proses pemerataan ini dengan ditambahnya infrastruktur teknologi informasi dan komputer yang ada diindonesia, serta tetap mengedukasi para masyarakat dalam berteknologi informasi dan komputer
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by KEMAS MUHAMAD ALDO AL HALIM -
Menurut saya, kita perlu mengetahui terlebih dahulu daerah mana yang kurang dalam pembelajaran digital. Untuk itu, survey lokasi menjadi langkah awal untuk mengatasi ketidakmerataan pembelajaran digital ini. Selanjutnya kita harus tahu apa penyebab utama permasalahan tersebut. Apakah daerah tersebut tidak membuka diri terhadap inovasi atau justru fasilitas nya yang tidak ada. Jika penyebab nya karena masyarakat tidak membuka diri terhadap pembelajaran digital, maka perlu adanya sosialisasi terkait penting pembelajaran digital untuk saat ini. Namun bila penyebabnya karena tidak adanya fasilitas pendukung seperti perangkat atau internet, maka pemerintah perlu memberikan bantuan kepada daerah tersebut.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by MUHAMMAD IQBAL HAKIKI -
Menurut saya cara mengatasi ketidakmerataan di pembelajaran digital di Indonesia yang pertama dengan penyediaan akses (baik perangkat keras, lunak, maupun infrastruktur internet) yang memadai. Lalu yang kedua meningkatkan keterampilan tenaga pendidik dan peserta didik dengan memberikan edukasi tentang cara menggunakan komputer atau website-website yang digunakan dalam pembelajaran digital.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by NADYA MIFTAQUL JANAH -
Dalam mengatasi ketidakmerataan pembelajaran digital di Indonesia menurut saya hal yang perlu diperhatikan adalah dana. Indonesia perlu memiliki anggaran dana untuk pendidikan yang cukup dalam membenahi infrastruktur, sarana, dan prasarana terutama di daerah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal). Bila anggaran dana sudah cukup maka pembuatan sarana prasarana seperti akses jembatan di medan perjalanan yang ekstrim di daerah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal) menjadi mudah. Contoh medan ekstrim ini adalah pegunungan, maupun daerah ekstrim lainnya. Kemudian melakukan perbaikan jalanan yang sudah tidak layak maupun yang sama sekali belum ada perbaikan. Tentu sebenarnya masih ada daerah yang seperti itu di Indonesia. Hal ini perlu diperhatikan oleh berbagai pihak. Bila akses menuju ke daerah 3T tersebut sudah diperbaiki dan mudah dilalui, maka akan memudahkan berbagai pihak dari kalangan pemerintah, masyarakat luas, organisasi kemanusiaan, volunteer, dan lain sebagainya untuk memberikan bantuan berupa berbagai media digital seperti: komputer, laptop, dan hal lain yang dibutuhkan dalam menunjang proses pembelajaran yang mendukung pembelajaran digital. Didukung juga dengan perbaikan jaringan internet di daerah tersebut sehingga siswa maupun guru mudah mengakses materi digital yang ada. Akhirnya akan semakin banyak orang orang berkompeten yang datang di daerah tersebut untuk memberikan pelatihan bagi masyarakat maupun siswa, dan lain sebagainya untuk mengembangkan pembelajaran digital di daerah tersebut.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by INGGREET AYU KHUSNUL KHOTIMAH -
Menurut saya, cara untuk mengatasi ketidakmerataan pembelajaran digital dengan mengenalkan atau mensosialisasikan TIK itu sendiri terhadap orang - orang yang sedang mengalami masalah terkait dengan kondisi di lingkungannya, yang mana mungkin sulit untuk dijangkau. Karena keterampilan peserta didik dan pendidik dalam penggunaan TIK tentu harus lebih ditingkatkan. Peluang yang diberikan dari aktivitas daring saat ini adalah adanya akses yang tak terbatas untuk pencarian informasi dan pengembangan kapasitas. Hal ini perlu dimanfaatkan secara maksimal. Pemerintah juga dapat menyediakan platform pembelajaran bersama yang dapat dilakukan oleh pendidik dari kota maupun perdesaan (bahkan tempat yang sulit untuk dijangkau).
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by DINA USTIFA -
Cara mengatasi ketidakmerataan pembelajaran digital yang ada di Indonesia menurut saya adalah dengan memberikan sosialisasi tentang pentingnya pembelajaran digital untuk mengikuti perkembangan zaman di era modern ini. Perlu adanya sosisialisi juga tentang cara menggunakan pembelajaran digital ini. Pemerintah juga perlu memberikan pemerataan fasilitas seperti komputer ke seluruh pelosok daerah Indonesia, tertutama daerah yang terpencil. Selain itu perlu juga pemerataan jaringan internet di daerah-daerah terpencil, agar akses internet bisa diperoleh untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran berbasis digital.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by UMAR ISMAIL MALIK -
Cara mengatasi ketidak merataan pembelajaran digital adalah dapat dengan membuat program atau aplikasi digital maupun animasi yang dapat diakses oleh semua orang dan tujuannya agar dapat membantu guru dalam menerangkan materi belajar. Pengenalan teknologi digital untuk pembelajaran di setiap daerah yang belum mendapatkannya, hal ini dapat ditangani oleh pemerintah di daerah tersebut.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by FIRDA SALSABILLAH -
Menurut saya upaya yang dapat dilakukan untuk memeratakan pembelajaran digital yaitu dengan mengadakan sosialisasi kepada masyarakat. Sosialisasi tersebut dapat memberikan wawasan kepada masyarakat akan pentingnya pembelajaran digital jika diterapkan dalam pembelajaran. Pemberian wawasan tersebut juga direalisasikan dengan penyediaan infrastruktur yang memadai. Di daerah-daerah terpencil penggunaanya pembelajaran digital akan sangat sulit diterapkan mengingat kurangnya fasilitas-fasilitas yang mendukung pembelajaran. Fasilitas tersebut meliputi jaringan yang stabil, alat elektronik yang mendukung pembelajaran (komputer, smartphone), pelatihan pengenalan perangkat digital dan lain sebagainnya. lalu diadakannya pelatihan bagi tenaga pengajar. Tenaga pendidik harus dibekali juga dengan penguasaan teknologi pada setiap jenjang pendidikan. Hal tersebut akan mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran digital. Kolaborasi antara masyarakat, tenaga pengajar dan pemerintah yang baik akan sangat membantu dalam proses pemerataan pembelajaran digital di Indonesia.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by DIMASIQI AYYASI KHAIRULLAH -
Menurut saya untuk mengatsi ketidak merataan pembelajaran digitlal di indonesia yaitu yang pertama memperbaiki SDM, karena untuk menerapkan pendidikan digital diperluakan kesiapan dari pelaku pembelajaran, salah satu caranya yaitu seperti mengenalkan pembelajaran digital melalui berbagai media.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by ANNISA MAULIDA -
Mengatasi ketidakmerataan pembelajaran yaitu dengan penerapan model BYOD (Bring Your Own Devices). BYOD memiliki banyak keuntungan, seperti mengurangi biaya sekolah dan meningkatkan produktivitas guru atau siswa, menghemat anggaran dalam pengadaan perangkat keras, perangkat lunak, lisensi, perjanjian jasa, dan tambahan asuransi, serta meningkatkan mobilitas, fleksibilitas, produktivitas dan kepuasan guru dan siswa dalam pembelajaran.
BYOD merupakan sebuah fenomena yang mulai berkembang dan dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan, dimana guru atau siswa membawa perangkat elektronik mereka sendiri (seperti laptop, tablet, USB flash drive dan perangkat lain yang sejenis) untuk kegiatan belajar mengajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sebagaimana diketahui kemajuan teknologi sudah masuk keseluruh lapisan masyarakat. Bahkan kemajuan teknologi di rumah tangga jauh lebih cepat dibandingkan dengan kemajuan teknologi kebanyakan sekolah. Ponsel cerdas dan perangkat tablet telah merevolusi seluruh sistem pendidikan, dan sebagai metodologi yang jelas bagi siswa untuk mengakses dan memahami konten akademis mereka. Banyak lembaga akademis telah mengizinkan siswa untuk membawa perangkat seluler mereka untuk meningkatkan sistem pembelajaran.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by MAY RAHMI NABILAH RIAUWATI -
Cara mengatasinya yaitu dengan adanya sosialisasi tentang teknologi pembelajaran digital kepada para siswa maupun mahasiswa. selain itu, pemerintah seharusnya sudah mempersiapkan teknologi yang lebih maju lagi diera teknologi ini sehingga pembelajaran digital dapat dijangkau dengan luas selain sosialasiasi yaitu dengan memberikan pelatihan kepara para siswa maupun mahasiswa yang belum memahami konsep pembelajar melalui pembelajaran media digital,sehinga tidak ada lagi kesenjangan atau ketidakmerataan pembeljaran digital
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by ERIN FILAILY -
menurut saya adalah dengan sosialisasi tentang teknologi pembelajaran digital kepada masyarakat terutama para siswa maupun mahasiswa. selain itu, menurut saya pemerintah sudah mempersiapkan teknologi yang tepat guna sehingga pembeljaran digital dapat dijangkau dengan luas selain sosialasiasi adalah dengan memberikan pelatihan kepara para siswa maupun mahasiswa yang belum memahami konsep pembelajar melalui pembelajaran media digital,sehinga tidak ada lagi kesenjangan atau ketidakmerataan pembelajaran digital. di daerah yang terdapat kesenjangan ekonomi sangat terlihat bahwa ketidakmerataan pembelajaran masih menjadi dominan, dikarenakan kurangnya perangkat atau device untuk belajar. oleh sebab itu, pemerintah dapat menambah teknologi yang mendukung pembelajaran tersebut.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by ANINDYA DIVA PUJIARYANTI -
Menurut saya, cara mengatasi ketidakmerataan pembelajaran digital yaitu bermula dari pemberian edukasi maupun sosialisasi tentang teknologi kepada masyarakat khususnya tenaga pendidik dan peserta didik. Apalagi di jaman sekarang keberadaan teknologi sangatlah penting, semua hal dilakukan serba online termasuk pendidikan. Upaya yang lainnya yaitu dilakukan pemerataan infrastruktur seperti memperluas jaringan internet dan telekomunikasi di seluruh Indonesia agar semua daerah mendapatkan aksesibilitas informasi dengan baik.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by AGUSTIN DWI NITASARI -
Solusi mengatasi ketidak merataan pembelajaran di gital di indonesia, yaitu dengan pemerataan pembangunan infrastruktur mulai dari kota sampai pelosok pedasaan agar tidak timbul gap antar kota dan desa, sehingga dengan adanya kesamaan fasilitas dapat menunjang kemudahan akses digital untuk memudahkan menerima informasi. Pihak pemerintah menyiapkan dan menyebar sumber daya manusia yang ahli dalam bidang teknologi dan informasi mulai dari kota sampai pelosok desa agar merata. Kemudian pemerintah membuat program pembagian peralatan sekolah untuk penunjang digital secara gratis dengan survey daerah-daerah secara langsung untuk menganalisa daerah mana saja yang belum mampu memenuhi kebutuhan peralatan sekolah dan bantuan fasilitas digital untuk siswa khususnya daerah pedesaan.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by FAZRIANO RADIYAN HERUZY -
Memang betul adanya bahwa kegiatan pembelajaran digital di Indonesia belum merata di seluruh wilayah. Namun begitu, fokus utama dari masalah ini tejadi di ranah yang lebih rudimenter, yaitu pendidikan yang belum merata di seluruh Indonesia. Maka dari itu, menurut saya, untuk mengatasi masalah ketidakmerataan pembelajaran digital di Indonesia harus dimulai dengan pemerataan pendidikan di seluruh daerah Indonesia. Pembelajaran digital merupakan tahap yang lebih advance dari pembelajaran/pendidikan itu sendiri. Jika pendidikan tidak merata, maka pembelajaran digital tidak bisa berjalan dengan efektif dan merata . Untuk meratakan pendidikan tersebut maka pemerintah daerah harus bisa mefasilitasi kebutuhan dasar pendidikan maupun nonpendidikan dalam memenuhi kegiatan pembelajaran konvensional seperti guru, pelatih, alat tulis, buku, dan sebagainya. Jika kegiatan pembelajaran konvensional sudah terpenuhi, maka pelaku pembelajaran bisa lanjut ke tahap berikutnya, yaitu pembelajaran digital.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by AQILA VIANI PRIBADI -
menurut saya cara mengatasi ketidakmerataan pembelajaran digital indonesia adalah dengan cara perlunya upaya yang dilakukan secara kurikulum untuk dapat memasukkan literasi digital atau pemanfaatan internet secara positif oleh peserta didik seperti Pemerintah dapat menyediakan platform pembelajaran bersama yang dapat dilakukan oleh pendidik dari kota maupun perdesaan serta sosialisasimengenai teknologi pembelajaran digital kepada masyarakat terutama para peserta dididk
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by ALVINDRA RAFIF RAMADHAN -
Mengatasi ketidakmerataan pembelajaran digital di negara ini salah satunya dengan upaya dalam membantu menghadirkan/membangun jangkauan sinyal operator secara menyeluruh karena hal tersebut merupakan fondasi kuat dalam melaksanakan pembelajaran digital, selain itu untuk mendukung dalam tercapainya pembelajaran digital secara menyeluruh juga diperlukan langkah pemerintah untuk memberikan bantuan berupa kuota internet karena tidak semua orang bergantungkan pada koneksi wifi.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by ANGGA WAHYU MAHATHIR -
mengapa pembelajaran digital di indonesia belum merata ?

Karena pembelajaran digital harus didukung dengan pengadaan fasilitas yang memadai, minimal ada jaringan internet dan device utama seperti gadget/laptop. sedangkan sekolah di indonesia masih banyak yang belum bisa menyediakan sarana tersebut. solusinya bisa dengan mengajukan permohonan ke pemerintah/pihak terkait agar diberi dana untuk mengadakan sarana prasarana tersebut.
Karena wilayah indonesia yang berpulau - pulau menjadikan setiap wilayah memiliki kesulitan masing" terutama dalam hal pengaksesan dan sinyal. solusinya bisa dengan banyak dibangun pemancar sinyal di wilayah yang terpencil/pelosok.
karena masyarakat masih kurang mengetahui terkait pembelajaran digital, sehingga pembelajaran digital masih terasa sulit dilaksanakan karena minimnya pengetahuan tentang hal tersebut. solusinya bisa dengan sosialisasi ke sekolah" agar pebelajar lebih paham dengan pembelajaran digital
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by FAUZATUL FITRIANA -
Pada dasarnya pemerataan Pendidikan merupakan tugas dari pemerintah maka dari itu untuk mengatasi ketidakmerataan pembelajaran digital di Indonesia dapat dilakukan dengan meningkatkan dan menciptakan pembangunan infrastuktur digital yang memadai dan merata di seluruh Indonesia. Pada pasal 49 ayat 1 menyatakan bahwa dana yang dialokasikan pada Pendidikan adalah 20 persen dari APBN, yang dimana pada tahun 2021 ini dana tersebut mencapai sekitar 550 triliun Bukankah dana yang sebesar itu cukup untuk digunakan dalam meningkatkan dan memeratakan infrastuksur dalam dunia Pendidikan? Akan tetapi hingga saat ini permasalahan kesenjangan Pendidikan Indonesia belum dianggap permasalahan yang serius. Selain itu Pemerintah swasta harus bekerjasama dengan pemerintah pusat untuk membahas mengenai pembangunan infrastuktur dalam pembelajaran digital seperti dengan pemberian akses internet, sinyal, listrik dan sarana lainnya seperti laptop maupun komputer. Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat bahwa pada era ini dunia Pendidikan sudah mulai menerapkan Pendidikan berbasis digital yang dimana masyarakat harus memiliki kemampuan dalam dunia digital seperti mampu mengoperasikan computer dan laptop.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by LALITA KOMALA -
Cara mengatasi ketidakmerataan pembelajaran digital di Indonesia, menurut saya yang pertama adalah membangun infrastruktur yang baik dan memadai di seluruh daerah seperti: ketersediaan pasokan listrik yang optimal, ketersediaan jaringan internet yang lancar, serta pengurangan hambatan di jalan arus pendistribusian barang/logistik. Selain itu, pemerintah juga sebagai peran utama yang mendorong terealisasikan hal ini harus bisa menyediakan pembiayaan perangkat digital di lembaga-lembaga pendidikan. Tujuannya agar masyarakat yang kurang mampu dapat menikmati layanan pembelajaran digital ini secara murah maupun gratis tanpa merasa terbebani sehingga semua kalangan dapat merasakan hal yang sama. Di samping pengadaan pembiayaan perangkat digital, pemerintah perlu juga memberdayakan keahlian teknis oleh sumber daya manusia yang berkompeten di bidang digital ini agar proses pembelajaran digital ini dapat terus berlangsung dan berkembang mengikuti perubahan yang terjadi. Selain pemerintah, masyarakat dalam hal ini juga harus berperan aktif dalam mendukung terealisasikan pembelajaran digital ini dengan penerapan etika yang baik dalam penggunaan fasilitas, belajar dengan sungguh-sungguh, dan ikut berpola pikir kreatif untuk terus berkembang ke arah yang lebih baik.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by YOLANDA ASRI VENTIANA -
Untuk mengatasi ketidakmerataan pembelajaran digital di Indonesia perlu adanya sinergi antara pihak pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat. Pertama, pemerintah harus melakukan kajian mendalam terkait daerah mana saja yang tingkat melek teknologi dan digitalnya rendah serta daerah mana yang belum memiliki infrastruktur yang memadai. Setelah itu pemerintah mengusahakan untuk membangun infrastruktur yang dapat menunjang pembelajaran digital, khususnya di daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal). Langkah selanjutnya, harus ada sosialisasi dari pihak pemerintah ataupun lembaga pendidikan kepada masyarakat tersebut agar mereka mengenal apa itu pembelajaran digital dan apa urgensinya pada masa sekarang ini. Tak hanya itu, perlu adanya SDM yang memiliki keahlian dalam dunia digital untuk bersama-sama dengan pihak pemerintah memberikan pelatihan kepada pengajar-pengajar di seluruh Indonesia yang masih belum melek teknologi. Perlu adanya sinergi yang baik dari seluruh pihak, tak terkecuali untuk para siswa, diharapkan bisa secara aktif mencari informasi-informasi terkait pembelajaran secara mandiri dengan memanfaatkan fasilitas dan inovasi yang ada. Dengan begitu, pembelajaran digital akan dapat terwujud secara nyata dan merata.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by MUHTI SETIASIH -
menurut saya, untuk mengatasi ketidakmerataan pembelajaran digital di Indonesia yaitu dengan memperhatikan pembangunan di daerah-daerah tertentu dan kesiapan dari pihak sekolah maupun peserta didiknya karena jika pembangunan di daerah tersebut masih tertinggal, misalnya akses internet yang tidak memadai dan perangkat pendukung pembelajaran digital sulit diperoleh maka akan menghambat pemerataan pembelajaran digital. Selain itu, pemerintah juga harus menyelenggarakan pelatihan terkait pembelajaran digital kepada tenaga pendidik agar dapat melakukan pembelajaran digital dengan baik.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by WAVICKA NOURMA KAMILA -
Dalam hal ketidakmerataan ini tentunya karena adanya faktor-faktor penghambat seperti jaringan, minimnya fasilitas media, dan kurangnya pemahaman terhadap penggunaan pembelajaran digital. Untuk itu perlu di analisis apa saja hambatan-hambatan tersebut kemudian ditentukan jalan keluar. Misalnya dalam hal jaringan, maka perlu adanya perluasan jangkauan sinyal. Kemudian fasilitas media dapat diatasi dengan pengalokasian dana BOS untuk dapat memfasilitasi media. Dan kurangnya pemahaman dapat di beri jalan keluar dengan sosialisasi, dsb.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by DEFITA ANING PUSPITASARI -
cara mengatasi ketidakmerataan pembelajaran di indonesia menurut saya yakni dengan membangun infrastruktur TIK, membentuk masyarakat informasi, dan edukasi TIK, melalui menggunakan progam digital maka pembelajaran akan segera merata. karena itu perlu adanya kerja sama atau koordinasi pemerintah dan penyelenggara dan dengan bersama-sama taat pada peraturan yang ada, maka pembelajaran di indonesia akan segera merata.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by DEDEK AGUSTINA -
Menurut saya dalam mengatasi ketidakmerataan pembelajaran digital perlu dukungan dari berbagai pihak. Pemerintah perlu meninjau kembali akses infrastruktur internet yang masih terfokus hanya dibeberapa daerah saja. Saat nya pemerintah mulai fokus dan berinvestasi pada infrastruktur internet di wilayah 3T ( terdepan, terluar, tertinggal). Tidak hanya itu, perlunya upaya yang dilakukan secara kurikulum agar dapat memasukkan pembelajaran digital dalam pembelajaran di sekolah. Dari segi pendidik juga perlu diberi wadah dalam pengembangan literasi dan pembelajaran digital seperti penyediaan platform pembelajaran bersama yang dapat diikuti pendidik dari kota maupun desa. Keterampilan pendidik dan peserta didik pada pembelajaran digital dan Bidang TIK tentu juga harus ditingkatkan. Di samping itu semua, kesadaran seluruh masyarakat dalam meningkatkan wawasan dalam bidang teknologi diperlukan agar pembelajaran digital terus mengalami kemajuan dan merata.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by NAUFALUL FIKRI AMARULLOH -
Menurut saya untuk mengatasi tidak meratanya pembelajaran digital di indonesia adalah dengan menempatkan pengajar yang mampu dan memahami pendidikan digital di tempat tempat yang belum mendapatkan pendidikan digital, dengan mengenalkan pembelajaran digital yang kemudian di susul dengan pengadaan alat digital sehingga pembelajaran serta prakteknya bisa dilaksanakan. selain itu jaringan internet pun perlu untuk diperluas sehingga pembelajaran dengan media internet juga mampu dilaksanakan
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by NAUFALUL FIKRI AMARULLOH -
Indonesia adalah Negara kepulauan yang sangat luas, memiliki fenomena geografis yang beragam, dan pola kehidupan masyarakat yang beragam pula. Chen dan Wellman (2004) menemukan bahwa lokasi geografis sangat mempengaruhi akses masyarakat dalam penggunaan Internet. Tentunya keterbatasan akses internet akan mempengaruhi pengimplementasian proses pembelajaran digital.
Sehingga akses Internet menjadi hal vital yang sangat diutamakan. Tentunya pembangunan infrastruktur Internet di berbagai daerah di Indonesia membutuhkan dana dan waktu yang tidak sedikit, ditambah lagi dengan kualifikasi yang diperlukan bagi operator dan staf ahli untuk menkonservasi Infrastruktur internet kedepannya.
Oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa dapat mengatasi ketidakmerataan pembelajaran digital di Indonesia ini dengan mengikuti program pembangunan daerah yang diselenggarakan pemerintah dalam berbagai bentuk, terlebih lagi bagi mahasiswa yang cukup sering berkecimpung di dunia Pendidikan dan Teknologi , guna mengajar operator dan ahli serta tenaga kependidikan yang memiliki kualifikasi untuk mengajar pembelajaran digital dengan baik

Jawaban dari : Mohammad Ubaiddillah (200121601239)
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by MELINGGA NABILLA HIDAYAT -
cara mengatasi persoalan ketidak merataan digital tidak cukup dengan rumusan kebijakan dan program yang hanya menyasar pada kelompok masyarakat belum mengetahui TIK. Karena dalam beberapa kasus dapat kita temukan fakta bahwa persoalan kesenjangan digital bisa terjadi di kalangan masyarakat yang sudah melek sekalipun. Misalnya saja kelompok masyarakat kelas menengah perkotaan yang sering terjebak kedalam situasi histeria massa ketika mereka berinteraksi secara intens dengan internet terutama dalam media sosial.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by ZAINUL ROHMAN -
Menurut saya, mengatasi ketidakmerataan pembelajaran digital di Indonesia yaitu melakukan penyuluhan dan dengan memberikan edukasi di seluruh daerah Indonesia secara merata agar masyarakat mengerti dengan baik tentang kemudahan akses teknologi untuk menggunakan dan memperoleh informasi di era digital ini. Hal tersebut tentunya membutuhkan infrastruktur yang mendukung tujuan tersebut secara merata dan memadai agar masyarakat mendapatkan kesetaraan informasi, seperti mengadakan lokasi internet, mengadakan device yang bisa digunakan oleh masyarakat umum agar memperluas jangkauan telekomunikasi dan internet. Semua hal memang tidak bisa dilakukan secara langsung, butuh waktu jangka panjang, oleh karena iku konsistensi dan partisipasi dari berbagai pihak sangat diperlukan.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by VALID SINATRIA SUKAJI -
Cara mengatasinya yaitu dengan memperluas sosialisasi tentang pembelajaran digital di Indonesia. Karena ketidak merataan itu sering terjadi di pelosok desa yang kurang pengetahuan tentang pembelajaran digital. Nah, disini pemerintah berperan sangat penting yaitu dengan cara memerintahkan ke p;erangkat-perangkat daerah untuk menyebar luaskan sosialisai-sosialisasi ke daerah-daerah terpencil agar ketidak merataan pembelajaran digital ini teratasi.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by TIARA SANTIKA SARI -
Menurut saya, mengenai pemerataan digital ini dengan mulai mengenalkan kepada masyarakat mengenai bagaimana penggunaan teknologi yang tepat terlebih berfokus pada pendidikan. Pemerintah dapat menyediakan Sumber Daya Manusia yang berkompeten untuk melakukan sosialisasi tersebut. Jika daerah tersebut sudah mengenal teknologi digital dan memiliki masalah mengenai sinyal ataupun kuota, pemerintah dapat menyediakan layanan kuota dan pembangunan agar sinyal menjadi baik serta kebutuhan masyarakat terpenuhi.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by DIMAS ARYA PUTRA -
menurut saya, mengatasi ketidak merataan pembelajaran digital di indonesia adalah dengan cara :
1. Sisi pemerintah
pemerintah pusat harus bekerja sama dengan pemerintah tingkat 1 dan tingkat 2 untuk mendata daerah-daerah yang masuk kategori 3T. pemerintah pusat memberikan fasilitas yang baik dan terarah untuk pembelajaran digital di Indonesia dari mulai memasang jaringan internet dengan bekerjasama dengan provider yang ada sampai kepada cara penggunaannya. pemerintah memberikan sosialisasi tentang pembelajaran daring sehingga pengguna/user bisa memanfaatkan fasilitas tersebut dengan baik.
2. sisi pendidik/ peserta didik
peserta didik yang menggunakan pembelajaran digital harus memanfaatkan semaksimal mungkin fasilitas yang diberikan oleh pemerintah agar pemerataan pembelajaran digital lebih merata ke daerah-daerah pelosok atau tergolong daerah 3T. dan juga pemerintah harus memberikan pengenalan lengkap terhadap pendidik/peserta didik tentang pentingnya pembelajaran digital bagi kegiatan belajar mengajar di era sekarang maupun yang akan datang.
3. sisi lingkungan masyarakat
masyarakat harus mendukung pemerintah dalam upaya memfokuskan pembelajaran digital ini. masyarakat selaku pengguna teknologi modern harus membantu dan bekerja sama dengan pemerintah melihat era sekarang dipenuhi oleh teknologi modern. masyarakat harus berpartisipasi dalam penggunaan teknologi. lingkungan masyarakat juga harus memliki rasa tanggung jawab karena memiliki kesadaran penggunaan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah untuk kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan pelatihan.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by KATHERIN ANANDA YULIANI -
menurut pendapat saya, cara mengatasi ketdak meratan pembelajaran digital di Indonesia yaitu dengan cara mulai mengenalkan pendidikan teknologi mulai dari jenjang sekolah dasar maupun menegah. karena dengan mereka lebih awal mengenal dunia teknologi, maka kedepannya mereka akan lebiih mudah menerima perkembangan jaman, sehingga anak-anak tersebut tidak tergerus oleh jaman. Dan menurut saya, permasalahan ketidak merataan pembelajaran digital juga disebabkan oleh kurangnya fasilitas yang diberikan kepada siswa-siswi terutama di daerah tepencil ataupun pedalaman. oleh karena itu, menyediakan fasilitas yang layak dan dapat digunakan dalam melakukan pembelajaran digital juga merupakan salah satu cara yang harus dilakukan.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by DISYA CITRA NIRWANA -
Ketidak merataan pembelajaran digital di Indonesia terjadi karena beberapa faktor. Seperti keterbatasan media pembelajaran yang dimiliki individu, suatu sekolah, maupun daerah. Lalu, akses internet yang tidak memadai. Biasanya keterbatasan ini terjadi pada sekolah yang berada di daerah terpelosok yang jauh dari perkotaan dan keterbatasan mobilitas. Keterbatasan-keterbatasan tersebut dapat menghambat penyediaan kebutuhan pendidikan, apalagi akses jalannya yang sulit untuk dilewati. Solusi yang dapat mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut salah satunya adalah program Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia saat ini, yaitu MBKM. Para mahasiswa yang memiliki jiwa sosial tinggi dan pengetahuan yang baik dapat mengikuti program seperti membangun desa atau kuliah kerja nyata, proyek kemanusiaan, dan juga studi independen. Para mahasiswa tersebut dapat mengajar di daerah terpelosok tanpa harus mengeluarkan biaya. Meskipun hanya mengajari siswa SD tentang penggunaan pembelajaran digital, hal itu bisa menjadi pemantik untuk meratakan pembelajaran digital di Indonesia.

Selain itu, dukungan nyata dari pemerintah sendiri juga harus dilakukan seperti membangun sarana dan prasarana yang dapat memfasilitasi pembelajaran digital secara gratis dan juga membangun akses jalan yang memudahkan dalam mobilisasinya.

Tak hanya dipelosok, ada juga sekolah di kota yang masih asing dengan istilah pembelajaran digital. Penyebabnya adalah tenaga kependidikan dan pendidik yang minim ilmu tentang pembelajaran tersebut. Solusi yang bisa diterapkan adalah sosialisasi dan pelatihan untuk tenaga kependidikan dan pendidik terkait apa itu pembelajaran digital, bagaimana cara merancangnya, bagaimana cara menerapkannya, dan mengevaluasinya.

Dengan demikian, cara mengatasinya adalah mulai dari diri sendiri terutama sebagai mahasiswa Teknologi Pendidikan harus mempelajari pembelajaran digital agar mendapatkan pengalaman yang bermakna. Dimana akan berfungsi untuk pengembangan diri, untuk memberikan pelatihan dan sosialisasi kepada pihak terkait, bahkan menerapkannya untuk sekolah yang belum menggunakan pembelajaran digital ini. Para mahasiswa, pendidik, pemerintah, dan masyarakat dapat bergabung untuk membangun pendidikan di Indonesia dengan menggunakan teknologi canggih seperti yang sudah diterapkan negara maju bahkan sebelum adanya pandemi.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by GITA FAKHRANA SHADRIN -
Kini dalam pendidikan tidak terlepas dari teknologi yang dapat mengakses pembelajaran dan memudahkan peserta didik untuk memperoleh suatu pengetahuan yang mungkin bahkan belum tentu seorang pendidik pun mengetahuinya. Maka bisa dikatakan pembelajaran digial ini sangat membantu untuk perkembangan pendidikan di era digital. Namun, tidak sedikit wilayah yang mengalami kesenjangan atau ketidak merataan pada pembelajaran yang berbasis digital. Sehingga dalam perkembangan teknologi yang semakin pesat, masih banyak yang tertinggal dalam pembelajaran. menurut pendapat saya mengenai hal ini yaitu pemerintah bisa lebih memperhatikan pembelajaran di Indonesia, terutama pada wilayah - wilayah yang sulit dalam menjangkau teknologi. lalu bisa memfokuskan agar wilayah tersebut diberikan sosialisasi dalam penggunaan teknologi untuk pembelajaran digital. selanjutnya pemerintah tetap memantau perkembangan yang terjadi dalam wilayah tersebut. tidak hanya di wilayah - wilayah yang sulit terjangkau dalam teknologi, namun juga tetap memperhatikan semua wilayah yang sudah mudah melakukan pembelajaran digital di Indonesia.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by SARAH MARYAM ALFINIA ZAHRA -
Cara mengatasi ketidakmerataan pembelajaran digital di Indonesia adalah dengan bekerja sama dengan berbagai pihak. Mulai dari Pemerintah kemudian daerah yang memang masih kesulitan dan juga RT/RW setempat. Pemerintah bisa mendata daerah mana saja yang belum mendukung entah itu dari sarana pra sarana atau dari beberapa hal yang menyebabkan pembelajaran digital belum bisa terlaksana. Pemerintah bisa memberikan banyak sosialisasi, solusi dan pemberian fasilitas/solusi nyata bagi mereka.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by UMARUL FARUQ MASYHUR -
Menurut saya ketidak meratanya pendidikan digital dikarenakan oleh tidak terjadinya beberpa kesenjangan baik dari segi ekonomi masyarakat serta faktor dari pengajar yang belum menguasai pendidikan digital oleh karena itu terdapat beberapa cara untuk mengatasinya dengan pemberlakuan subsidi baik dari paket data maupun disediakan ruangan peranti digital di tiap daerah tertentu terutama daerah yang terpelosok dan bisa diakses oleh umum serta melakuakan pelatihan digital bagi pengajar agar lebih menguasai pembelajaran digital selain itu siswa juga harus dilatih dalam penggunaan pembelajaran digital
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by FARID MARTIN ARDIANSYAH -

Menurut saya dengan cara sosialisasi dan membuat program yang dapat menyebarluaskan pembelajaran digital secara merata jadi dimulai dengan mengenalkan pembelajaran digital, apa manfaatnya, pentingnya, dan cara penggunaannya sehingga dapat memberikan masyarakat pemahaman terlebih dahulu tentang pembelajaran digital. Barulah diterapkan sedikit demi sedikit dengan beberapa penyesuaian dan evaluasi hingga dapat digunakan secara maksimal dan  disebarluaskan secara merata.

 

In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by MUSTIKA KHUROTUL FARIDA -
menurut saya cara mengatasi ketidak merataan pembelajaran digital di Indonesia ialah dengan memberikan sosialisali atau pelatihan kepada masyarakat yang belum sepenuhnya mengerti adanya pembelajaran digital dengan mengirimkan beberapa pelatih. selain itu, bisa juga dimulai dengan mmeeprluas jaringan internet agar bisa mencapai wilayah wilayah yang belum terjamah jaringan internet.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by HABIBIE RAMADHANI SISWANTO -
Tujuan pendidikan diharapkan bisa menjangkau manusia secara utuh,beberapa usaha untuk mengatasi ketidak merataan pembelajaran digital di Indonesia ialah melalui sinergi yang baik antar komponen dalam suatu sistem pendidikan.Dalam hal ini pemerintah harus bersedia menyediakan fasilitas yang terjamin guna meningkatkan penggunaan pembelajaran digital di Indonesia.Pembenahan juga dapat dilakukan pada sumber daya manusia, kurikulum, dan kebijakan-kebijakan yang berlaku sehingga pemerataan pembelajaran digital di Indonesia akan terpenuhi.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by HASMO ARRIZAL RAFIIF AKMAL -

Ketidak merataan pembelajaran digital di Indonesia tentunya merupakan suatu permasalahan yang kompleks, karena masalah ini belum dapat terselesaikan karna banyak faktor. Seperti faktor SDM, Infrastruktur, Ekonomi, Geografis, dsb sehingga diperlukan inovasi kreatif, dana, tenaga, pengertian dan kesadaran banyak pihak untuk dapat mewujudkannya. Namun semua itu bukanlah menjadi suatu ketidak mungkingan pemecahan masalah pemerataan tersebut, tentunya pemerataan tetap dapat terwujudkan namun membutuhkan waktu yang mana kecepatannya tergantung kepada hal-hal tersebut dan mungkin telah dalam proses program pemerintah hingga saat ini. Untuk mendongkrak kecepatan tersebut mungkin salah satu bagian kecil solusi awalnya adalah dengan memeratakan/mengirim SDM kompeten yang sudah ada untuk mengajarkan/mensosialisasikan mengenai konsep ini terlebih dahulu dengan harapan mempercepat penularan ilmu/ hal positif kepada saudara-saudara kita di daerah yang masih sulit untuk dijamah. Sehingga sembari menunggu pemerataan infrastrukturnya yang relatif lebih lama, kualitas SDM sudah siap untuk mengaplikasikan konsep tersebut.

In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by I KADEK SUARTAMA -
Menarik sekali diskusinya, pembelajaran digital/berbasis tik telah dimulai sejak munculnya teknologi komputer dan internet pd tahun 1980an, dan semakin meningkat saat pandemi melanda. Tren ke depan pembelajaran digital akan semakin eksis, tp tantangannya adalah mslah kuantitas dan kualitas, kuantitas termasuk pemerataannya
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by MUHAMMAD FADLI ABDILLAH -
Menurut saya, cara mengatasi ketidakmerataan pembelajaran di indonesia dengan sosialisasi teknologi yang berhubungan dengan pendidikan. Sosialisasi dapat dilakukan di sekolah-sekolah. Disamping itu, peningkatan SDM juga harus dilakukan supaya teknologi untuk pendidikan dapat digunakan secara maksimal
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by DIVA SHALHI EFFENDI -
dengan cara mensosialisasikan kepada daerah yang belum mengenal apa itu pembelajaran digital
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by MUSAROATUL KHIFDIYAH -
Ketidakmerataan pembelajaran digital di Indonesia tentunya merupakan hal yang saat ini terjadi, hal ini dikarenakan ada beberapa faktor mulai dari pendidik dan pebelajar itu sendiri. salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan pemberian pelatihan kepada pendidik di daerah yang masih tertinggal, kemudian melalui hal itu agar dapat diterapkan. serta harus adanya percepatan internet dan adanya perangkat yang memadai
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by NABILA FAHIMATUL ULYA -
menurut saya, solusi untuk mengatasi ketidak merataan pembelajaran digital adalah yang pertama memberikan sosialisasi-sosialisasi kepada seluruh masyarakat agar mereka faham apa itu pembelajaran digital beserta manfaatnya, yang kedua pemerintah harus berusaha mendistribusikan keperluan yang dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran digital ke daerah-daerah yang belum mendapatkan peralatan yang mendukung untuk proses pembelajaran digital, yang terakhir masyarakatnya itu sendiri harus mau berusaha belajar agar bisa terciptanya pembelajaran digital. karena jika hanya pemerintah yang berusaha maka tetap tidak akan bisa terjadi proses pembelajaran digital yang baik dan sempurna sesuai dengan apa yang telah diharapkan.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by GHIFFARI LUQYANUR RASYIDI -
menurut saya cara mengatasi ketidak merataan pembelajaran digital di indonesia yaitu, semua guru harus bisa mengajar jarak jauh yang notabene harus menggunakan teknologi. Peningkatan kompetensi guru di semua jenjang untuk menggunakan aplikasi Pembelajaran Jarak Jauh mutlak dilakukan, dan juga guru harus memiliki ilmu khusus agar pemanfaatan teknologi dapat menjadi alat mewujudkan tujuan pendidikan yakni Teknologi Pendidikan.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by FATIHA ZAHRA LABIBA -
Mengatasi ketidak merataan pembelajaran digital dapat dilakukan melalui cara pengenalan teknologi di daerah terpencil. Dalam hal ini, pemerintah harus ikut andil dalam membantu agar sekolah di daerah terpencil juga mendapat fasilitas yang sama dengan sekolah di daerah perkotaan. Selain itu, faktor yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah peserta didik sendiri. Sehingga peserta didik juga harus giat dalam mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi agar dapat mengatasi kegagapan teknologi.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by RATRI JUWITA CAHYASARI -
Menurut saya cara mengatasi ketidakmerataan pembelajaran digital di Indonesia adalah dengan pemerataan infrastruktur digital di daerah-daerah terpencil. Pemerintah dapat bekerja sama dengan sektor swasta agar pembangunan infrastruktur dapat berjalan dengan cepat. Selain itu, pemerintah perlu memberikan pelatihan kepada para pendidik dan peserta didik di daerah tersebut agar memiliki keterampilan digital.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by MUHAMMAD RAIHAN FAJRIANTO -

Guru menjadi peran penting untuk mengenalkan teknologi pada siswa. Contohnya teknologi digunakan menjadi media pembelajaran, seperti laptop yang digunakan sebagai alat presentasi materi dari guru, di banding guru harus menulis pada papan tulis. Walaupun ketersediaan sarana, teknologi harus menyentuh semua mata pelajaran, dan tidak pada pelajaran TIK saja. Sehingga para siswa dapat terbiasa dengan teknologi ini.

In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by NOEDHITA SALSABIILA -
Berikut ini merupakan cara mengatasi ketidakmerataan pembelajaran digital di Indonesia :

Strategi yang tepat untuk menjadi solusi mengatasi masalah pemerataan dan kualitaspembelajaran digital di indonesia adalah memanfaatkan secara efektif dana APBD daerah atau pun APBD negara untuk melengkapi fasilitas digital disekolah baik di kota, daerah, maupun di pedalaman .Melakukan pemetaan kondisi pendidikan digital di setiap daerah-daerah supaya standar sarana dan prasarananya tercapai dan merata.Mengadakan Pelatihan guru guna menambah kemampuan dalam pengajaran digital di daerah terpencil.Memperbaiki fasilitas dan insfrastruktur sekolah agar proses pembelajaran digital menjadi maksimal misalnya, pengadaan buku pelajaran, laboratorium dan lapangan.

Pemerintah juga harus berusaha untuk mengupayakan pemerataan pendidikan di Indonesia, dengan cara meningkatkan penggunaan dana bantuan Pendidikan yang dipegunakan untuk perbaikan infrastruktur serta fasilitas-fasilitas di daerah terpencil.

Pemerintah juga perlu mengadakan berbagai pelatihan untuk pengajar guna menambah kemampuan pengajar dalam menyampaikan mata pelajaran kepada siswa-siswinya. Dan juga pemerintah juga harus melakukan pemetaan kondisi pendidikan di setiap daerah-daerah supaya standar sarana dan prasarananya tercapai dan merata.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by IIS WINDA SARI -
Menurut saya cara mengatasi ketidak merataan pembelajaran digital di Indonesia, teruma dibagian terpencil wilayah Indonesia, dipedesaan yaitu dengan mengadakan berbagai sosialisasi terkait pengenalan pembelajaran digital terbaru khususnya di bagian pendidikan. Sebelum melakukan sosialisasi tentang pembelajaran digital sebaiknya memberi arahan terlebih dahulu tentang pentingnya pendidikan, karena tingkat pendidikan seseorang sangat berpengaruh terhadap kemampuan seseorang dalam menerima informasi baru. Berbagai kemampuan dan keterampilan yang dihasilkan dari investasi pendidikan tentu saja sangat berpengaruh terhadap penurunan ketidakmerataan pembelajaran digital. Jadi cara awal yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan pengenalan pentingnya pendidikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Mengapa demikian, karena di wilayah pedesaan banyak masyarakat yang putus sekolah karena lebih memilih bekerja untuk membantu perekonomian keluarga.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by FADHIL ILHAM SUBIYANTO -
menurut saya cara mengatasi ketidak merataan pembelajaran digital di indonesia yaitu dikarenakan banyaknya masyarakat yang masih belum paham atau mengerti mengenai pembelajaran seperti digital, karena menurut saya pembelajaran digital itu trend baru yang digunakan pada saat pandemi covid-19. Maka dari itu, pemerintah atau pihak-pihak yang mempunyai peran penting di dalam pendidikan, perlu mengadakan sebuah penyuluhan atau pengedukasian terhadap masyarakat yang belum mengerti mengenai pembelajaran digital. Kemudian dalam segi pembangunan infrastrukturnya pun harus secara merata, khususnya di daerah-daerah terpencil di indonesia. Dengan demikan, seluruh masyarakat indonesia mendapatkan kesetaraan TIK.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by YOSELA ANANDA KUSUMA -
Pendapat saya tentang cara mengatasi ketidak merataan pembelajaran digital di Indonesia yaitu dengan memberikan sosialisasi dan wawasan dasar atau pelatihan mengenai teknologi kepada pebelajar dan pembelajar didaerah terpencil.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by SALSA BILLA MONICA DEVATEA -
Menurut pendapat saya, cara mengatasi ketidakmerataan pembelajaran digital di Indonesia adalah dengan menyebarkan fasilitas fasilitas yang memadai didaerah daerah terpencil. Akan tetapi, sebelum diberikan fasilitas, alangkah lebih baiknya jika pemerintah lebih menekankan sosialisasi dalam memperkenalkan pembelajaran digital terlebih dahulu, karena masih banyak sekali peserta didik yang kurang memahami atau bahkan tidak tahu. Untuk itu, cara yang lebih efektif untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mulai diadakannya workshop atau seminar tentang pengenalan pembelajaran digital secara bertahan dibantu dengan pemberian fasilitasnya juga. Terlebih di zaman seperti sekarang ini yang semuanya serba digital, mengharuskan dan menuntut para peserta didik bahkan khalayak umum untuk melek teknologi.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by PRADNYA LINGGA KUMARA -
Menurut saya, cara mengatasi ketidak merataan pembelajaran digital yaitu dengan cara memberikan sosialisai dan wawasan tentang pembelajaran digital serta memberikan sarana untuk menunjang pembelajarsn digital tersebut.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by Ervina Putri Sahira -
Menurut saya, Tidak meratanya pendidikan mengakibatkan kualitas masyarakat Indonesia tertinggal dibandingkan dengan negara lain. Padahal pendidikan merupakan faktor utama dalam membangun karakter bangsa dan faktor untuk menggerakkan perekonomian suatu bangsa.
Solusi yang dapat diterapkan dalam pemerataan pendidikan di seluruh Indonesia meliputi pembangunan gedung sekolah secara merata dan semua memiliki hak yang sama untuk memperoleh fasilitas gedung sekolahan demi kenyamanan belajar, pembagian buku pelajaran secara gratis dan merata, program pembagian peralatan sekolah secara gratis, pemenuhan kebutuhan guru di berbagai pelosok daerah, peningkatan insfrastruktur akses menuju sekolah.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by MUHAMMAD OKTAVIANTO MUSTAGHFIRIN -
Menurut saya, cara mengatasi ketidakmerataan pembelajaran digital di indonesia, yaitu dengan cara memperbanyak sumber dan teknologi belajar di indonesia, hal ini bertujuan agar para peserta didik mampu mengakses pembelajaran melalui perangkat (internet) dengan mudah. Selain itu memberikan wawasan luas terhadap persiapan peserta didik dalam pembelajaran digital. Dan hal ini berlaku khususnya kepada peserta didik yang tinggal di daerah terpencil untuk dapat memiliki akses untuk belajar. Tidak hanya peserta didik, guru pun harus siap memberikan pengajaran melalui perangkat digital dan guru harus bisa mengaplikasikan atau menerapkan perangkat digital yang digunakan saat belajar.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by DWI NATA ADAM -
pendapat saya mengenai cara ketidak merataan pembelajaran digital di indonesia ialah pemerintah lebih memperhatikan infrastrukturnya terlebih dahulu seperti komputer,listrik,internet dll yang dapat dipaastikan hampir semua dapat mengakses, setelah itu memperhatikan sumber daya manusianya (SDM) serta mengupgrade skill pengajar terutama di daerah terpencil dan tertinggal sehingga berlahan-lahan teknologi dapat merata seluruh indonesia.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by AGHISNI NUR ZAKKI -
Menurut saya cara mengatasi ketidak merataan pembelajaran digital di Indonesia yaitu pertama dari pihak pemerintah sebisa mungkin untuk dapat menyediakan pendidikan yang lebih inklusif ke depannya. Seperti penyediaan akses (baik perangkat keras, lunak, maupun infrastruktur internet) kepada setiap Lembaga Pendidikan di Indonesia yang dirasa masih tetinggal dari segi digital. Hal ini mungkin memerlukan waktu yang tidak singkat, karena menyadari luasnya wilayah Indonesia, Serta membutuhkan dana alokasi yang mungkin tidak sedikit. Namun dengan cara ini, menurut saya akan memperkecil kesenjangan atau ketidak merataan pembelajaran digital di Indonesia.
Selain itu, pemerintah juga perlu pemerataan terhadap jangkauan jaringan internet, khususnya di daerah terpencil seperti yang dilakukan Pada 2010, Kementerian Komunikasi dan Informatika pernah meluncurkan Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) sebanyak kurang lebih 1.907 unit di sejumlah daerah yang berasal dari pemanfaatan Universal Service Obligation (USO). Inisiatif ini bisa menjadi awal pemerataan akses internet di Indonesia serta meminimalisir ketidakmerataan pembelajaran digital di Indonesia.
Namun hal itu semua bisa terwujud jika ada peran aktif dari pihak-pihak terkait, tidak hanya dari pemerintah namun juga dari pihak sekolah, orang tua siswa, dan siswa itu sendiri. Harus Bersama-sama berusaha mewujudkan pemerataan pembelajaran digital di Indonesia dengan penuh semangat dan perjuangan tulus untuk negara ini.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by RADIFFA FAZREEN ANDERA -
Menurut saya bagaimana cara mengatasi ketidak merataan pembelajaran digital di Indonesia adalah dengan mengenalkan dan mensosialisasikan Pembelajaran Digital di daerah daerah yang tidak ada pembelajaran digital nya. Selain itu perlu adanya pelatihan bagi tenaga pendidik agar lebih mampu menguasai serta mengikuti perkembangan teknologi yang ada di dalam pendekatan. Dan perlu disiapkan alat-alat, perangkat serta infrastruktur yang dapat menunjang adanya kegiatan Pembelajaran Digital
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by ARGA SATRIA MUHAMMAD -
Menurut saya, cara untuk mengatasi ketidakmerataan mengenai pembelajaran digital di Indonesia ialah dengan penyebarluasan informasi mengenai pembelajaran digital tersebut, seperti melakukan sosialisasi mengenai penggunaan fasilitas yang digunakan untuk melakukan pembelajaran digital tersebut. Karena belum seluruh masyarakat di Indonesia tahu dan bisa mengakses fasilitas yang digunakan sebagai pembelajaran digital, terutama masyarakat di bagian pelosok nusantara yang minim akan teknologi dan kebutuhan alat digital.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by DENDY PRAYOGA -
Peran semua pihak sangat penting dalam mengatasi ketidakmerataan pembelajaran digital di Indonesia. Banyak hal yang dapat menyebabkan tidak meratanya pembelajaran digital seperti disebabkan oleh perbedaan geografi disetiap wilayah, keterbatasan sarana dan prasarana, banyaknya masyarakat yang gagap teknologi, serta tradisi dan budaya mengekang akan perubahan. Oleh karena itu, dibutuhkan survey yang mendalam untuk permasalahan tersebut dikarenakan setiap wilayah memiliki permasalahan yang berbeda-beda.

Setelah survey dilaksanakan, langkah selanjutnya yaitu penyelesaian masalah tersebut. Maka dibutuhkan peran pemerintah dan masyarakat yang kooperatif dalam mengatasi pembelajaran digital keseluruh wilayah di Indonesia. Dimulai dengan sosialisasi atau pengenalan tentang bagaimana pentingnya peran teknologi khususnya dalam pendidikan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang ada. Setelah masyarakat paham betul akan pentingnya pembelajaran digital, maka peran pemerintah untuk membangun sarana dan prasarana yang memadahi demi terlaksananya pembelajaran digital yang berkelanjutan. Meliputi perangkat lunak, akses internet, dan tenaga pendidik yang berkompeten dalam pembelajaran digital
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by BERKA ARIO WIJAYA -
Menurut saya cara mengatasi ketidak merataan pembelajaran digital di Indonesia untuk saat ini memungkinkan untuk dilakukan mengingat seiring berjalanya waktu internet semakin mudah diakses di sebagian besar wilayah indonesia. Hal ini bisa mendukung dalam upaya mengatasi ketidak merataan pembelajaran digital di Indonesia karena dalam hal pertukaran informasi, komunikasi, bahkan inovasi bisa terjadi secara cepat dan merata. Seperti MBKM ini.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by DANY WIJAYA KESUMA -
Menurut saya untuk mengatasi ketidak merataan pembelajaran digital di indonesia, itu banyak faktor yang harus diperbaiki dari segi SDM yang minim tentang informasi mengenai teknologi, kemudian menyediakan infrastruktur yang memadai. dan yang terakhir adalah pemberian keterampilan tenaga pendidik dan peserta didik dengan memberikan edukasi tentang cara menggunakan komputer atau website yang digunakan dalam pembelajaran digital.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by HERFYAN OMAR ZIDAN -
Masih banyaknya kota-kota di Indonesia yang belum terjangkau layanan teknologi nya itu dapat dimaklumi mengingat begitu luasnya wilayah Indonesia. Menurut saya cara mengatasinya itu diawali dengan diadakannya sosialisasi ke wilayah-wilayah yang sekiranya masih belum "melek" teknologi yang dikarenakan fasilitas teknologi nya itu masih kurang memadai yang mengakibatkan pembelajaran digital tidak bisa dilaksanakan secara maksimal.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by FATKIYAH HIDAYATI ARIFIN -
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi adanya kesenjangan atau ketidakmerataan pembelajaran digital di Indonesia. Kesenjangan tersebut terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara faktor sumber daya manusianya maupun faktor informasinya. Oleh karena itu, cara utama yang dapat dilakukan demi terbentuknya pemerataan pembelajaran digital adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan manusia itu sendiri baik melalui penyebaran wawasan terkait pembelajaran digital maupun perbaikan sistem teknologi informasi sehingga pengetahuan terkait pembelajaran digital semakin mudah untuk dipelajari.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by DEA AMANDA PUTRI NUR SALVA -
Untuk mengatasi ketidak merataan pembelajaran digital di Indonesia menurut saya yaitu dengan menyediakan fasilitas yang memadai khususnya di daerah yang tertinggal kemudian memberikan ilmu baru
terhadap pembelajaran digital kepada para pendidik di seluruh Indonesia melalui pelatihan yang mungkin bisa dilakukan 5 bulan sekali dan mengevaluasi, sehingga pembelajaran digital bisa berjalan dengan baik dan peserta didik bisa belajar dengan baik juga.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by FADHILA AFIFAH RAHMAWATI -
Menurut saya, langkah yang diperlukan untuk mengatasi ketidakmerataan pembelajaran adalah dengan pemerataan listrik terlebih dahulu, jika listrik saja tidak merata apalagi pembelajaran digital yang membutuhkan sinyal yang bagus. Selain itu, kita juga harus mensosialisasikan cara menggunakan teknologi kepada masyarakat di wilayah yang kurang melek teknologi.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL

by ALIF HANDARU ATMADJA SUHUD -
Yang pertama menurut saya adalah dengan mengenalkan pembelajaran digital ke daerah yang belum terjangkau dan belum mengerti, kemudian dilakukan pendidikan dasar mengenai pembelajaran digital. Setelah dirasa semuanya mampu melakukan yang harus dilakukan adalah distribusi sarana prasarana dimana hal tersebut adalah tugas pemerintah untuk memenuhinya. dengan begini SDM di Indonesia akan dapat meningkat dengan pesat.