Jelaskan pendapat anda cara mengatasi ketidak merataan pembelajaran digital di Indonesia!
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Menurut saya, dengan memberi pelatihan dan pengarahan kepada para pengajar dan peserta didik. Karena pada jaman sekarang pembelajaran digital sangat penting dan akan terus berkembang untuk kedepannya. Kemudian dengan mulainya proses pembelajaran yang dapat di adaptasikan mulai dari sekarang sehingga untuk peserta didik dapat menerima secara bertahap.Â
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Salah satu inisiatif tentang pembelajaran digital adalah gerakan yang dibuat oleh bapak Anies Baswedan yaitu Lighting Indonesian Future, saya sangat menyukai konsep ini dan mungkin bisa mengatasi pemerataan pembelajaran digital dengan mendatangkan pemuda digital ke seluruh indonesia untuk melakukan pengajaran dengan media media digital meskipun dalam kelas tradisional.
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
BYOD merupakan sebuah fenomena yang mulai berkembang dan dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan, dimana guru atau siswa membawa perangkat elektronik mereka sendiri (seperti laptop, tablet, USB flash drive dan perangkat lain yang sejenis) untuk kegiatan belajar mengajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sebagaimana diketahui kemajuan teknologi sudah masuk keseluruh lapisan masyarakat. Bahkan kemajuan teknologi di rumah tangga jauh lebih cepat dibandingkan dengan kemajuan teknologi kebanyakan sekolah. Ponsel cerdas dan perangkat tablet telah merevolusi seluruh sistem pendidikan, dan sebagai metodologi yang jelas bagi siswa untuk mengakses dan memahami konten akademis mereka. Banyak lembaga akademis telah mengizinkan siswa untuk membawa perangkat seluler mereka untuk meningkatkan sistem pembelajaran.
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Karena pembelajaran digital harus didukung dengan pengadaan fasilitas yang memadai, minimal ada jaringan internet dan device utama seperti gadget/laptop. sedangkan sekolah di indonesia masih banyak yang belum bisa menyediakan sarana tersebut. solusinya bisa dengan mengajukan permohonan ke pemerintah/pihak terkait agar diberi dana untuk mengadakan sarana prasarana tersebut.
Karena wilayah indonesia yang berpulau - pulau menjadikan setiap wilayah memiliki kesulitan masing" terutama dalam hal pengaksesan dan sinyal. solusinya bisa dengan banyak dibangun pemancar sinyal di wilayah yang terpencil/pelosok.
karena masyarakat masih kurang mengetahui terkait pembelajaran digital, sehingga pembelajaran digital masih terasa sulit dilaksanakan karena minimnya pengetahuan tentang hal tersebut. solusinya bisa dengan sosialisasi ke sekolah" agar pebelajar lebih paham dengan pembelajaran digital
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Sehingga akses Internet menjadi hal vital yang sangat diutamakan. Tentunya pembangunan infrastruktur Internet di berbagai daerah di Indonesia membutuhkan dana dan waktu yang tidak sedikit, ditambah lagi dengan kualifikasi yang diperlukan bagi operator dan staf ahli untuk menkonservasi Infrastruktur internet kedepannya.
Oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa dapat mengatasi ketidakmerataan pembelajaran digital di Indonesia ini dengan mengikuti program pembangunan daerah yang diselenggarakan pemerintah dalam berbagai bentuk, terlebih lagi bagi mahasiswa yang cukup sering berkecimpung di dunia Pendidikan dan Teknologi , guna mengajar operator dan ahli serta tenaga kependidikan yang memiliki kualifikasi untuk mengajar pembelajaran digital dengan baik
Jawaban dari : Mohammad Ubaiddillah (200121601239)
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
1. Sisi pemerintah
pemerintah pusat harus bekerja sama dengan pemerintah tingkat 1 dan tingkat 2 untuk mendata daerah-daerah yang masuk kategori 3T. pemerintah pusat memberikan fasilitas yang baik dan terarah untuk pembelajaran digital di Indonesia dari mulai memasang jaringan internet dengan bekerjasama dengan provider yang ada sampai kepada cara penggunaannya. pemerintah memberikan sosialisasi tentang pembelajaran daring sehingga pengguna/user bisa memanfaatkan fasilitas tersebut dengan baik.
2. sisi pendidik/ peserta didik
peserta didik yang menggunakan pembelajaran digital harus memanfaatkan semaksimal mungkin fasilitas yang diberikan oleh pemerintah agar pemerataan pembelajaran digital lebih merata ke daerah-daerah pelosok atau tergolong daerah 3T. dan juga pemerintah harus memberikan pengenalan lengkap terhadap pendidik/peserta didik tentang pentingnya pembelajaran digital bagi kegiatan belajar mengajar di era sekarang maupun yang akan datang.
3. sisi lingkungan masyarakat
masyarakat harus mendukung pemerintah dalam upaya memfokuskan pembelajaran digital ini. masyarakat selaku pengguna teknologi modern harus membantu dan bekerja sama dengan pemerintah melihat era sekarang dipenuhi oleh teknologi modern. masyarakat harus berpartisipasi dalam penggunaan teknologi. lingkungan masyarakat juga harus memliki rasa tanggung jawab karena memiliki kesadaran penggunaan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah untuk kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan pelatihan.
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Selain itu, dukungan nyata dari pemerintah sendiri juga harus dilakukan seperti membangun sarana dan prasarana yang dapat memfasilitasi pembelajaran digital secara gratis dan juga membangun akses jalan yang memudahkan dalam mobilisasinya.
Tak hanya dipelosok, ada juga sekolah di kota yang masih asing dengan istilah pembelajaran digital. Penyebabnya adalah tenaga kependidikan dan pendidik yang minim ilmu tentang pembelajaran tersebut. Solusi yang bisa diterapkan adalah sosialisasi dan pelatihan untuk tenaga kependidikan dan pendidik terkait apa itu pembelajaran digital, bagaimana cara merancangnya, bagaimana cara menerapkannya, dan mengevaluasinya.
Dengan demikian, cara mengatasinya adalah mulai dari diri sendiri terutama sebagai mahasiswa Teknologi Pendidikan harus mempelajari pembelajaran digital agar mendapatkan pengalaman yang bermakna. Dimana akan berfungsi untuk pengembangan diri, untuk memberikan pelatihan dan sosialisasi kepada pihak terkait, bahkan menerapkannya untuk sekolah yang belum menggunakan pembelajaran digital ini. Para mahasiswa, pendidik, pemerintah, dan masyarakat dapat bergabung untuk membangun pendidikan di Indonesia dengan menggunakan teknologi canggih seperti yang sudah diterapkan negara maju bahkan sebelum adanya pandemi.
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Menurut saya dengan cara sosialisasi dan membuat program yang dapat menyebarluaskan pembelajaran digital secara merata jadi dimulai dengan mengenalkan pembelajaran digital, apa manfaatnya, pentingnya, dan cara penggunaannya sehingga dapat memberikan masyarakat pemahaman terlebih dahulu tentang pembelajaran digital. Barulah diterapkan sedikit demi sedikit dengan beberapa penyesuaian dan evaluasi hingga dapat digunakan secara maksimal dan disebarluaskan secara merata.
Â
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Ketidak merataan pembelajaran digital di Indonesia tentunya merupakan suatu permasalahan yang kompleks, karena masalah ini belum dapat terselesaikan karna banyak faktor. Seperti faktor SDM, Infrastruktur, Ekonomi, Geografis, dsb sehingga diperlukan inovasi kreatif, dana, tenaga, pengertian dan kesadaran banyak pihak untuk dapat mewujudkannya. Namun semua itu bukanlah menjadi suatu ketidak mungkingan pemecahan masalah pemerataan tersebut, tentunya pemerataan tetap dapat terwujudkan namun membutuhkan waktu yang mana kecepatannya tergantung kepada hal-hal tersebut dan mungkin telah dalam proses program pemerintah hingga saat ini. Untuk mendongkrak kecepatan tersebut mungkin salah satu bagian kecil solusi awalnya adalah dengan memeratakan/mengirim SDM kompeten yang sudah ada untuk mengajarkan/mensosialisasikan mengenai konsep ini terlebih dahulu dengan harapan mempercepat penularan ilmu/ hal positif kepada saudara-saudara kita di daerah yang masih sulit untuk dijamah. Sehingga sembari menunggu pemerataan infrastrukturnya yang relatif lebih lama, kualitas SDM sudah siap untuk mengaplikasikan konsep tersebut.
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Guru menjadi peran penting untuk mengenalkan teknologi pada siswa. Contohnya teknologi digunakan menjadi media pembelajaran, seperti laptop yang digunakan sebagai alat presentasi materi dari guru, di banding guru harus menulis pada papan tulis. Walaupun ketersediaan sarana, teknologi harus menyentuh semua mata pelajaran, dan tidak pada pelajaran TIK saja. Sehingga para siswa dapat terbiasa dengan teknologi ini.
Strategi yang tepat untuk menjadi solusi mengatasi masalah pemerataan dan kualitaspembelajaran digital di indonesia adalah memanfaatkan secara efektif dana APBD daerah atau pun APBD negara untuk melengkapi fasilitas digital disekolah baik di kota, daerah, maupun di pedalaman .Melakukan pemetaan kondisi pendidikan digital di setiap daerah-daerah supaya standar sarana dan prasarananya tercapai dan merata.Mengadakan Pelatihan guru guna menambah kemampuan dalam pengajaran digital di daerah terpencil.Memperbaiki fasilitas dan insfrastruktur sekolah agar proses pembelajaran digital menjadi maksimal misalnya, pengadaan buku pelajaran, laboratorium dan lapangan.
Pemerintah juga harus berusaha untuk mengupayakan pemerataan pendidikan di Indonesia, dengan cara meningkatkan penggunaan dana bantuan Pendidikan yang dipegunakan untuk perbaikan infrastruktur serta fasilitas-fasilitas di daerah terpencil.
Pemerintah juga perlu mengadakan berbagai pelatihan untuk pengajar guna menambah kemampuan pengajar dalam menyampaikan mata pelajaran kepada siswa-siswinya. Dan juga pemerintah juga harus melakukan pemetaan kondisi pendidikan di setiap daerah-daerah supaya standar sarana dan prasarananya tercapai dan merata.
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Solusi yang dapat diterapkan dalam pemerataan pendidikan di seluruh Indonesia meliputi pembangunan gedung sekolah secara merata dan semua memiliki hak yang sama untuk memperoleh fasilitas gedung sekolahan demi kenyamanan belajar, pembagian buku pelajaran secara gratis dan merata, program pembagian peralatan sekolah secara gratis, pemenuhan kebutuhan guru di berbagai pelosok daerah, peningkatan insfrastruktur akses menuju sekolah.
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Selain itu, pemerintah juga perlu pemerataan terhadap jangkauan jaringan internet, khususnya di daerah terpencil seperti yang dilakukan Pada 2010, Kementerian Komunikasi dan Informatika pernah meluncurkan Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) sebanyak kurang lebih 1.907 unit di sejumlah daerah yang berasal dari pemanfaatan Universal Service Obligation (USO). Inisiatif ini bisa menjadi awal pemerataan akses internet di Indonesia serta meminimalisir ketidakmerataan pembelajaran digital di Indonesia.
Namun hal itu semua bisa terwujud jika ada peran aktif dari pihak-pihak terkait, tidak hanya dari pemerintah namun juga dari pihak sekolah, orang tua siswa, dan siswa itu sendiri. Harus Bersama-sama berusaha mewujudkan pemerataan pembelajaran digital di Indonesia dengan penuh semangat dan perjuangan tulus untuk negara ini.
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Setelah survey dilaksanakan, langkah selanjutnya yaitu penyelesaian masalah tersebut. Maka dibutuhkan peran pemerintah dan masyarakat yang kooperatif dalam mengatasi pembelajaran digital keseluruh wilayah di Indonesia. Dimulai dengan sosialisasi atau pengenalan tentang bagaimana pentingnya peran teknologi khususnya dalam pendidikan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang ada. Setelah masyarakat paham betul akan pentingnya pembelajaran digital, maka peran pemerintah untuk membangun sarana dan prasarana yang memadahi demi terlaksananya pembelajaran digital yang berkelanjutan. Meliputi perangkat lunak, akses internet, dan tenaga pendidik yang berkompeten dalam pembelajaran digital
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
Re: DISKUSI KONSEP DASAR PEMBELAJARAN DIGITAL
terhadap pembelajaran digital kepada para pendidik di seluruh Indonesia melalui pelatihan yang mungkin bisa dilakukan 5 bulan sekali dan mengevaluasi, sehingga pembelajaran digital bisa berjalan dengan baik dan peserta didik bisa belajar dengan baik juga.