FORUM DISKUSI KEGIATAN BELAJAR 2

DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by I KADEK SUARTAMA -
Number of replies: 89

Jelaskan pendapat anda sebagai mahasiswa TP tentang peranan komputer dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ini!

In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by RIHADATUS SALSA PADHINA -
Peran komputer dimasa pandemi covid 19 seperti ini sangatlah penting seklai dikarenakan semua aktivitas dan informasi bisa didapat dan dilaksanakan kapanpun dan dimanapun dengan jaringan internet serta perangkat komputer tanpa keluar rumah. Sehingga Komputer sangat membantu dalam berjalannya proses belajar dan pembelajaran di masa pandemi covid 19 ini. Dengan komputer pembelajaran semakin meluas dan canggih walaupun jaringan internet juga penting.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by ANGGIT PAMUNGKAS -
Menurut saya peran komputer dalam pendidikan sangat penting dalam pembelajaran di era pandemi, dengan adanya komputer di era pandemi ini dapat terlaksana walaupun harus dari jarak jauh, selain itu peran komputer dalam pendidikan juga mempermudan pendidik dalam menjelaskan materi dan para peserta didik juga lebih nyaman dengan materi yang ada di komputer
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by VANIA WILONA KAULIKA -
Peranan komputer dalam pembelajaran di masa pendemi covid-19 ini sangatlah penting untuk membantu kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara daring meskipun sebelumnya pembelajaran dilakukan secara tatap muka langsung. pembelajaran daring ini dilakukan demi menghindari kerumunan. Pembelajaran daring tidak menghambat siswa untuk belajar karena kita bisa mengakses menggunakan teknologi seperti komputer, laptop dan hp untuk mencari informasi dan materi-materi pembelajaran dengan sangat mudah, yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by SULTHANAH ARIBAH HASNA DHAFIYAH -
menurut saya peran komputer pada masa pandemi ini sangat berguna karena dengan adanya komputer ini semua pembelajar tetap dapat berhubungan dengan pendidik sehingga dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. dan juga dengan adanya komputer ini pembelajar dapat mengakses informasi dan pengetahuan secara mudah serta dapat mengakses materi pembelajaran kapan saja dan dimana saja.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by KHODIJAH ALATAS -
Sebagai mahasiswa teknologi pendidikan, saya memiliki pendapat bahwa perangkat komputer memiliki peranan yang sangat penting dalam pembelajaran pada masa pademi saat ini. Proses pembelajaran pada masa pandemi ini banyak mengandalkan perangkat digital sebagai sarana utama dalam melangsungkan proses belajar mengajar. Tenaga pengajar dan peserta didik akan diarahkan kedalam pembelajaran berbasis online saat ini, penggunaan gadget seperti handphone, laptop, komputer, dan perangkat serupa yang didukung koneksi internet menjadi alat utama dalam proses pembelajaran dan komunikasi. Tanpa sarana tersebut maka pembelajaran pada masa pandemi ini akan banyak mengalami hambatan dan tidak dapat dilangsungkan dengan baik.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by FITRAH ROHIMAH AGMA PUTRI -
Menurut saya, peranan komputer di masa pandemi ini sangatlah penting dikarenakan memudahkan semua orang untuk melakukan aktifitas jarak jauh, khususnya mahasiswa seperti saya. Dengan adanya komputer dan internet kita langsung bisa mengikuti pembelajaran secara online dan jarak jauh. Tidak hanya itu, tenaga pendidik pun bisa merasakan langsung dampak penggunaan teknologi ini sehingga pembelajaran jarak jauh bisa dilakukan dengan baik. Sayangnya terkadang pemanfaatan teknologi ini cukup sulit bagi sebagian daerah yang terdampak susah sinyal yang menghambat aktifitasnya.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by ETY NURYATI -
Peran komputer dalam masa pandemi covid-19 ini sangat sangat penting dimana berbagai hal dari ranah pendidikan, pekerjaan, sosial bahkan hampir semua aktivitas kehidupan manusia dilaksanakan melalui jarak jauh (online) melalui perangkat komputer dan internet. Melalui komputer, internet itulah semua aktivitas manusia terutama proses belajar mengajar dapat tetap terlaksana di tengah pandemi, selain itu komputer juga memberikan keefektifan yang dimana para peserta didik dapat mengakses materi kapanpun dan dimanapun sehingga pembelajaran dapat dikatakan tetap efektif meskipun di laksanakan dari rumah. Selain itu komputer juga telah mejadi kebutuhan mutlak bagi manusia, oleh karena itu kita sebagai manusia modern sangatlah penting untuk belajar dan terus belajar mengenai berbagai kemajuan teknologi mengingat perkembangan zaman yang terus menerus mengalami kemajuan pesat.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by INTAN PUSPADHIANI PRAMESTI -
peran komputer pada masa pandemi covid 19 pada saat ini sangat penting terutama untuk kegiatan pembelajaran hingga kegiatan kerja. Selain itu juga hal ini juga dapat memutus tali penyebaran virus. Semua kegiatan dapat dilakukan di rumah dengan bantuan komputer, karena hal tersebut paranan komputer sangat penting dan berguna pada saat ini
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by ANASTASIA PUTRI CAHYO P -
Menurut saya, peranan komputer untuk pembelajaran di era pandemi ini sudah seperti menjadi salah satu kebutuhan primer manusia terutama siswa dimana hampir seluruh kegiatan pembelajaran yang dilakukan melalui komputer. Selain itu, komputer juga berperan sebagai media pembelajaran yang sangat membantu para siswa agar dapat mengikuti pembelajaran dengan baik meskipun dengan jarak yang sangat jauh dari pengajar tersebut. Siswa dapat mengakses materi, mengerjakan dan mengumpulkan tugas hanya dengan cara duduk di depan komputer tanpa harus jauh-jauh datang hanya untuk sekedar mengikuti pembelajaran dan mengumpulkan tugas. Dengan adanya komputer bukan hanya siswa yang merasa terbantu, namun pengajar pun juga terbantu karena dapat tetap memberikan pembelajaran, tugas, dan materi tanpa harus bertatap muka dengan siswanya. Selain itu sistem komputer juga sangat membantu dalam proses penilaian untuk para pengajar karena tersedianya sistem otomatis pada komputer dimana siswa mengerjakan dan nilai dapat langsung diketahui.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by GISCA AURA INESIA -
Menurut saya computer dalam pembelajaran pada masa pandemic covid-19 sangatlah penting. Karena dengan dilarangnya tatap muka atau social distancing, maka computer menjadi salah satu media pembelajaran yang dapat mengakses virtual meet ataupun video pembelajaran. Dengan begitu, kegiatan pembelajaran dapat terlaksana dengan efektif dan efisien. Peserta didik juga dapat mengakses materi kapan saja dan dimana saja. Dengan computer, peserta didik tidak dibatasi untuk memperoleh ilmu dari pendidik saja tetapi dapat mengakses secara mandiri melalui internet.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by ZAHIRA KHOFIFA ISMI -
Sebagai mahasiswa Teknologi Pendidikan, menurut saya peranan komputer sangat penting untuk menunjang pembelajaran apalagi dimasa pandemi covid19. Dengan adanya komputer dapat memudahkan mahasiswa untuk mengerjakan tugas, mengikuti kelas online, mencari sumber belajar, mengakses internet, dsb. Selain itu, komputer tidak hanya dibutuhkan dikalangan pelajar atau mahasiswa tetapi juga dikalangan kerja. Oleh karena itu, komputer sangat berperan penting dalam dunia pendidikan karena hampir semua aktivitas pembelajaran dapat dilakukan melalui komputer.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by ANANDA FATKIATUR RIZKI -
menurut saya peranan komputer dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ini sangat banyak. terutama yang staus saya sebagai mahasiswa aktif di perguruan tinggi yang mana proses pembelajaran dilaksanakan secara daring. pembelajaran secara daring sangat membutuhkan peran komputer dan internet untuk mengakses informasi mengenai pembelajaran, tugas dan mengerjakan tugas. dengan adanya komputer dan internet akan sangat membantu dlam proses perkuliahan. dengan adanya komputer kami para mahasiswa akan diberi wawasan secara luas mengenai tugas ataupun informasi lain di internet.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by ICHWANU PRASETYO -
Menurut pendapat saya peran komputer dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ini sangat besar. karena demi mengurangi penyebaran virus covid-19 ini kita harus tetap dirumah maka dari itu aktivitas kita yang biasa kita lakukan harus diubah dan hal ini merupakan peranan komputer atau barang elektronik lainnya sebagai alat yang mempermudah dalam mencari informasi. dan sebagai pelajar kita harus tetap menuntut ilmu, dengan komputer kita dapat tetap belajar dengan melalui video conference dan juga web-web yang disediakan lembaga pendidikan. Dan kita pun dapat mencari buku dan materi-materi pembelajaran di komputer melalui internet dimana saja dan kapan saja.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by YUNUS BAGUS ANGKOSO -
Peranan komputer dalam dunia pendidikan memang sudah menjadi sistem pendukung dalam pembelajaran, baik itu pembelajaran Sinkron maupun asinkronus, di masa Pandemi Covid 19 memaksa dunia pendidikan beralih dalam sistem pembelajaran Daring atau dalam jaringan. Dalam pelajaran ini peranan komputer sangat memberi pengaruh yang sangat besar karena dapat diartikann komputer sebagai media atau alat penghubung terkait materi yang disampaikan oleh Pendidik menuju ke peserta didik, sebetulnya tidak hanya komputer saja dalam masa Pandemi barang barang elektronik seperti handphone laptop Sudah dapat menunjang pembelajaran Daring atau dalam jaringan di masa Pandemi ini
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by FADIZA NOVA EBZY -
Menurut saya, peran komputer di masa pandemi ini sangat penting dan dibutuhkan karena mendukung kinerja para mahasiswa untuk beriteraksi secara tatap maya maupun asinkron untuk perkuliahan. Lalu memudahkan semua orang untuk melakukan aktivitas jarak jauh yang mengharuskan dirumah saja. Bahkan dengannya tuntutan situasi pandemi ini, semua orang dapat belajar dan mengetahui teknologi yang ada secara cepat.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by ROBBIGFIRLI ROBBIGFIRLI -
Menurut saya peranan komputer dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ini sangat penting karena komputer adalah basic dari pengembangan teknologi seperti HP, ipad ataupun laptop sehingga banyak fitur dan kebutuhan yang mendukung dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ini. Namun saat ini HP/ipad memiliki fitur dan hardware yang semakin lama semakin kompleks sehingga pada masa pandemi covid-19 ini HP/ipad juga bisa menggantikan peran computer dalam pembelajaran.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by GALINDRA HAKAM TAQY -
Peranan komputer dalam pembelajaran pada saat pandemi ini menurut saya sangat penting, karena semua aktivitas pembelajaran dilakukan secara daring. Dalam hal ini komputer menjadi bagian / hal penting dalam unsur pembelajaran daring, komputer dapat digunakan sebagai alat untuk mencari informasi dalam penugasan yang diberikan ataupun melengkapi pemahaman materi yang diberikan oleh guru / dosen.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by MUHAMMAD RIDZKY ABIDZAR YAHYA -
Dalam masa pandemi Covid-19 seperti ini peranan teknologi berupa komputer sangat diperlukan sekali dalam mengatasi pandemi seperti ini seperti work from home (bekerja dalam rumah) maupun dalam proses pembelajaran dan sebagainya. Hal ini juga menjadi komponen penting juga bagi kita dalam bersosialisasi dengan teman,guru,maupun dosen dalam proses pembelajaran jarak jauh pada semua jenjang pendidikan yang ada di indonesia,sehingga Kondisi pembelajaran pada masa pandemi harus dapat dimanfaatkan dan cepat dengan perubahan pola berpikir yang tanggap terhadap keterbatasan di masa pandemi untuk tetap produktif dalam bidangnya dan memaknai kondisi pandemi ini sebagai bagian dari perubahan yang tetap harus mengedepankan sikap dan perilaku representatif pada tatanan baru untuk menciptakan ruang belajar yang baik lagi
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by KEMAS MUHAMAD ALDO AL HALIM -
Menurut saya, pemanfaatan perangkat seperti komputer, laptop, dan handphone sebagai media pembelajaran sangat penting. Terlebih lagi, kondisi saat ini yang kurang memungkinkan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran secara tatap muka, sehingga kondisi memaksa untuk melakukan pembelajaran secara jarak jauh. Namun bukan berarti penerapan perangkat-perangkat ini hanya digunakan hanya karena kondisi pandemi saat ini saja karena sebelum pandemi pun pembelajaran sudah memakai perangkat seperti komputer untuk mendukung pembelajaran.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by MUHAMMAD IQBAL HAKIKI -
Peranan komputer di masa pandemi Covid-19 sangatlah penting. Karena semua aktivitas pembelajaran dialihkan ke daring sehingga membutuhkan komputer, handphone, dsb, untuk menunjang pembelajaran saat ini.
Pandemi Covid-19 juga memberikan dampak positif bagi kami Mahasiswa TEP untuk lebih mendalami ilmu tentang komputer, memperluas wawasan dan pengetahuan, serta meningkatkan skill-skill yang bisa menunjang pembelajaran online saat ini.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by DINA USTIFA -
Peran komputer dalam pembelajaran di masa pandemi ini menurut saya sangatlah memengaruhi pendidikan Indonesia, dan sangatlah penting. Dengan adanya komputer ini pendidikan yang terancam berhenti karena situasi pandemi bisa berjalan dan peserta didik bisa mendapatkan materi pelajarannya, sehingga ilmu pengetahuan masih bisa tersampaikan. Dengan bantuan komputer pembelajaran juga bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun (tidak terbatas) yang bisa diakses menggunakan internet. Selain itu menurut saya komputer ini perlu digunakan dalam dunia pendidikan untuk memajukan pendidikan Indonesia mengikuti perkambangan zaman modern yang serba digital dengan teknologi yang canggih
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by INGGREET AYU KHUSNUL KHOTIMAH -
Peranan komputer pada zaman sekarang apalagi saat ini Indonesia sedang dalam masa pandemi Covid 19 bisa dibilang sangatlah penting. Karena kita melakukan kegiatan apapun yang biasa dilakukan di luar rumah tapi saat ini hanya bisa berperantara lewat komputer termasuk kegiatan pembelajaran. Pandemi Covid 19 ini memaksa kita untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara daring. Tapi di lain sisi kita juga bisa mengambil hal positif dari pandemi Covid 19 ini, karena kita bisa memanfaatkan komputer dengan mempelajari dan memahami bagaimana cara menggunakan komputer dengan baik dan benar. Dan mungkin bisa dibilang lebih memudahkan kita dalam mengexplore apapun hanya dengan lewat internet walaupun kita sedang berada dirumah atau di tempat manapun.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by NADYA MIFTAQUL JANAH -
Pendapat saya sebagai mahasiswa Teknologi Pendidikan mengenai peranan komputer dalam pembelajaran pada masa pandemi covid 19. Menurut saya komputer memudahkan proses pembelajaran daring yang mahasiswa maupun siswa lakukan dengan bantuan internet. Meskipun masih banyak ditemukan kendala jaringan internet. Komputer Membantu saya dalam melakukan presentasi kuliah, mengerjakan tugas bersama melalui google doc, membuat catatan, menyimpan data-data penting yang saya perlukan, membuka video pembelajaran, dan lain sebagainya. Dalam pembelajaran daring selama pandemi covid 19 saat ini komputer menjadi hal utama yang harus ada untuk memaksimalkan pembelajaran daring. Bila pelajar tidak memiliki komputer dapat menggunakan laptop maupun smartphone.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by DIMASIQI AYYASI KHAIRULLAH -
Peran komputer dalam masa pandemi menurut saya sangatlah penting, dikarenakan pada masa pandemi ini semua kegiatan pembelajaran formal melalui sistem e-learning atau biasa disebut daring dan peran komputer dalam pembelajaran daring sebagai alat keberlangsungan proses pembelajaran atau biasa disebut media pembelajaran. selain media pembelajaran, komputer juga menjadi salah satu sumber belajar karena melalui akses komputer yang terhubung koneksi internet akan memudahkan kita untuk menemukan ilmu serta informasi yang bermanfaat.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by ANNISA MAULIDA -
Peran komputer dalam pembelajaran selama pandemi COVID-19 sangat penting dalam membantu kegiatan pembelajaran berlangsung secara online, meskipun pembelajaran sebelumnya dilakukan secara tatap muka. Pembelajaran online ini dilakukan untuk menghindari keramaian karena untuk mengurangi tingkat kasus covid 19 meningkat . Pembelajaran online tidak menghalangi siswa untuk terus belajar karena kita dapat mengakses dengan teknologi seperti komputer, laptop, dan ponsel dimana saja dan kapan saja untuk mencari informasi ataupun materi pendidikan dengan sangat mudah.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by ANINDYA DIVA PUJIARYANTI -
Menurut saya, komputer memiliki peran penting dalam pelaksanaan pembelajaran terutama di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Komputer berperan sebagai media dalam melakukan interaksi antara tenaga pendidik dan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran dengan mengakses google meet maupun zoom. Dengan begitu proses pembelajaran tetap berjalan dengan efektif meskipun tidak dilakukan secara tatap muka langsung. Selain itu komputer juga dapat digunakan untuk mengerjakan tugas dan mengakses internet untuk mencari sumber belajar yang lain.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by ERIN FILAILY -
menurut saya sebagai mahasiswa Teknologi Pendidikan adalah memandang peranan komputer dalam pembelajaran pada masa pandemi covid 19 adalah sangat mendukung dan bermanfaat sekali karena komputer sebagai perangkat atau media pengganti buku. tenaga pendidik memanfaatkan perangkat teknologi seperti komputer,laptop,handphone untuk menyalurkan materi mereka dan memanfaatkan aplikasi seperti zoom atau gmeet untuk menjelaskan kepada peserta didik terkait materi tersebut. Selain itu,dengan adanya komputer membuat siswa maupun mahasiswa lebih infomatif,kreatif dan dapat dengan mudah memperdalam aplikasi-aplikasi dikomputer untuk pembelajaran mereka.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by MAY RAHMI NABILAH RIAUWATI -
Pendapat saya mengenai peranan komputer dalam pembelajaran pada masa pandemi covid 19 sangat mendukung karena komputer sendiri sebagai perangkat atau media pengganti buku. tenaga pendidik memanfaatkan perangkat teknologi seperti komputer,laptop,handphone,dll. untuk menyalurkan susunan RPS dan materi yang telah mereka sediakan. Selain itu,dengan adanya komputer membuat siswa maupun mahasiswa lebih mudah memperluas wawasan serta pengetahuan mereka.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by AGUSTIN DWI NITASARI -
Peran komputer dalam pembelajaran pada masa Pandemi covid-19 ini sangat penting, mengingat segala aktivitas pembelajaran dilaksanakan secara daring. Komputer menjadi alat pembelajaran untuk membuat segala media pembelajaran yang menarik semua lewat komputer. Untuk penyebaran informasi apapun semua dibuat dari komputer dengan menggunakan aplikasi-aplikasi sesuai kebutuhan sebagai media untuk merancang/mendesain suatu informasi yang disajikan dalam bentuk poster, gambar, video, dan lain-lain. Selain itu komputer menjadi sumber belajar yang paling dominan selain pendidik dalam pembelajaran di masa pandemi ini. Untuk mahasiswa TEP sangat membantu meningkatkan skill dalam menggunakan teknologi (komputer) mulai dari merancang, mengembangkan, memanfaatkan, mengelola, sampai evaluasi diri sudah sampai mana kemampuan dalam penggunaan teknologi sebagai alat sekaligus media untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran khususnya dalam bidang pendidikan.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by FAZRIANO RADIYAN HERUZY -
Menurut saya, peranan komputer dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 mengalami perubahan dari yang tadinya sebagai pembantu tenaga pendidikan dan pelatihan menjadi komponen utama dalam pelaksanaan pembelajaran. Teknologi komputer dan internet menjadi sumber utama dalam mencari informasi, referensi, melakukan absensi, pengumpulan tugas, pembelajaran langsung, dan aktivitas pembelajaran lainnya di dunia pendidikan maupun nonpendidikan. Tentunya hal-hal tersebut bukanlah hal yang baru, komputer telah digunakan untuk hal-hal tersebut sejak munculnya internet. Namun begitu, pandemi covid-19 seolah menyadarkan masyarakat bahwa kegiatan-kegiatan yang biasanya dilakukan secara tatap muka ternyata bisa dilakukan di dunia virtual.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by AQILA VIANI PRIBADI -
menurut saya sebagaimahasiswa TP tentang peranan komputer dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ini yaitu sangat menunjang terhadap dunia pembelajaran dikarenakan covid yang membuat semua daerah tidak dapat melakukan pembelajaran secara tatap muka nah gunannay kompputer ini yaitu sebagai sarana media elektronik untuk menghubungkan komunikasi antara pendidik dan peserta didik dengan didukung adanya komponen komponen lain seperti internet , penggunaan komputer sendiri juga berpengaruh terhadap kemajuan perkembangan jaman di era digital seperti saat ini fitur fitur yang ada didalam komputerpun juga semakin lama bisa semakin update sehingga dapat membantu melakukan suatu pekerjaan dengan canggih dan tidak membatasi walaupun pandemi covid seperti saat ini menuntut kita agar selaalu stay dirumah saja
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by RENGGA PRAKOSO NUGROHO -
Peranan komputer dalam pembelajaran di masa COVID-19 sangat besar dan cukup signifikan baik di sisi guru maupun siswa. Sesuai dengan potensi pembelajaran digital yang telah dijelaskan di pertemuan sebelumnya, komputer memudahkan siswa untuk mengakses informasi, berkomunikasi secara jarak jauh serta sebagai media pembelajaran siswa. Dengan adanya komputer, siswa dapat belajar melalui berbagai sumber yang dapat ia temukan di internet serta menyesuaikan dengan gaya belajar siswa tersebut. Sedangkan bagi Guru, Komputer dapat memudahkan ketika ingin membuat berbagai media pembelajaran digital, berkomunikasi dengan siswa. Dengan demikian, komputer memiliki peranan yang sangat besar dalam pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 baik bagi siswa maupun guru.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by ANGGA WAHYU MAHATHIR -
Peranan komputer dalam pembelajaran di masa pandemi ini sangat dibutuhkan, meskipun ada device lain yang serupa seperti laptop. komputer menjadi pintu awal untuk menjalankan pembelajaran digital meskipun laptop/gadget juga mampu namun masih terbatas di beberapa fiturnya. Komputer sebagai sarana untuk mengakses segala hal yang ada di dunia maya melalui jaringan internet. Jadi selain komputer juga harus ada jaringan internet agar pembelajaran digital dapat terlaksana.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by FAUZATUL FITRIANA -
Menurut pendapat saya, Peranan komputer dalam pembelajaran pada masa pandemi ini sangat penting mengingat dalam proses kegiatan pembelajaran dilakukan secara online dan computer merupakan hal yang utama dalam kegiatan pembelajaran ini. Selain itu melalui komputer tenaga pengajar akan lebih mudah dalam menyampaikan materi dan pebelajar juga mudah dalam mengakses materi yang diberikan oleh tenaga pengajar.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by IIN AFRIZA -
Menurut saya, peran computer di masa pandemi sangat penting dan sangat dibutuhkan. Seluruh kegiatan pembelajaran tatap muka untuk sementara di hentikan dan di gantikan dengan pembelajaran online. Dengan adanya komputer pembelajaran bisa tetap berjalan baik dengan cara mengakses aplikasi pembelajaran yang sudah ada di perangkat komputer. Selain itu, komputer bisa membantu peserta didik maupun tenaga pendidik untuk memperoleh informasi yang lebih banyak melalui internet. Dengan computer, pembelajaran menjadi lebih praktis dan mudah.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by LALITA KOMALA -
Peranan komputer dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ini merupakan kebutuhan yang vital, menurut pendapat saya. Alasannya karena adanya keharusan dalam menjaga jarak antar individu untuk mencegah penyebaran covid-19, maka hal tersebut menimbulkan kebutuhan manusia untuk tetap dapat berkomunikasi walaupun tidak saling berdekatan/berbeda tempat tidak terkecuali pun dalam proses pembelajaran. Untuk itu komputer hadir sebagai solusi atas permasalahan tersebut, komputer dapat memberikan kemudahan komunikasi secara instan antar berbagai pihak di waktu dan tempat yang berbeda. Dalam proses pembelajaran komputer dengan bantuan jaringan internet dapat berperan sebagai sarana kelas secara virtual sehingga diskusi materi pelajaran dapat terjalin serta guru maupun siswa dapat mengakses materi pelajaran dengan mudah pada platform pencari informasi.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by FIRDA SALSABILLAH -
Pandemi covid-19 membuat proses pembelajaran mengalami perubahan dari pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran online. Peran komputer sangat penting dalam pembelajaran online. komputer menjadi salah satu alat elektronik yang digunakan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Adanya komputer membuat siswa dapat melakukan proses pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang mendukung pembelajaran sehingga guru mampu mentransfer pengetahuan ke siswa. komputer juga dapat digunakan sebagai sumber belajar dengan memanfaatkan jaringan internet.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by RIMA AFIFAH AZZAHRA -
Menurut saya, peranan komputer dalam pembelajaran di masa pandemi ini memang sangatlah penting, apalagi di masa pandemi ini, hampir seluruh kegiatan belajar mengajar pada akhirnya dilakukan secara daring, yang berarti bahwa mahasiswa memerlukan perangkat pendukung guna menunjang kegiatan pembelajaran tersebut. Meskipun begitu, menurut saya komputer sendiri tetap bukan satu-satunya penunjang kegiatan belajar di masa pandemi, mengingat tidak semua mahasiswa bisa memiliki komputer/laptop.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by WAVICKA NOURMA KAMILA -
Menurut saya, di masa pandemi yang mengharuskan pembelajaran dilakukan di rumah dengan daring atau dalam jaringan, komputer memegang peran utama. Dengan adanya komputer maka para pebelajar dan guru dapat menggunakan media conference online seperti google meet, zoom, dan sebagainya sebagai media berlangsungnya proses belajar mengajar. Selain itu siswa dapat mengakses berbagai sumber pendukung belajar. Selain itu, pandemi ini menuntut para pendidik untuk mampu menguasai teknologi melalui komputer seperti membentuk sebuah e-learning. E-learning yaitu Pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan suatu sistem elektronik atau juga komputer sehingga mampu untuk mendukung suatu proses pembelajaran(Michael, 2013:27)
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by YOLANDA ASRI VENTIANA -
Menurut saya, komputer memiliki peranan yang sangat penting dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ini. Masa pandemi membuat perubahan yang signifikan dalam setiap aspek kehidupan, salah satunya pendidikan. Pembatasan interaksi secara langsung tidak lantas membatasi komunikasi antarmanusia. Dengan adanya perangkat komputer dan jaringan internet, maka proses interaksi dapat terjalin. Sehingga dalam proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Selain sebagai alat interaksi, komputer dan jaringan internet juga dapat digunakan sebagai sarana pengakses informasi yang bisa digunakan pembelajar untuk pembelajaran.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by DEFITA ANING PUSPITASARI -
Dalam pelaksanaannya pembelajaran daring tentunya tidak dapat terlepas dari peran teknologi. Teknologi dapat mempermudah segala kebutuhan dalam proses belajarmengajar. Tenologi digital dalam lembaga pendidikan sebagai sarana pendukung dalam pembelajaran, baik sebagai sarana dalam mengakses informasisumber belajar ataupun sebagai sarana penunjang kegiatan belajar, teknologi sangat berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan.selain itu peran teknologi dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses belajarmengajar sehingga dapat mempermudah dalam mencapai tujuan pendidikan
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by ALVINDRA RAFIF RAMADHAN -
Peranan komputer/laptop dalam pembelajaran e-learning seperti kondisi saat ini tentu sangatlah penting, seluruh kegiatan pembelajaran seperti meeting, membuat PPT, proses mengerjakan tugas akan jauh lebih nyaman jika dengan menggunakan media komputer daripada sekedar menatap layar handphone yang justru akan membuat motivasi belajar menurun karena keterbatasan ukuran layar yang perlu diatur atur, dan terkadang perlu mereka-reka layar demi mendapat tampilan visual yang cocok. Selain itu komputer memiliki fungsi yang lebih luas sebagai sarana dalam tercapainya pembelajaran yang lebih efektif.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by DEDEK AGUSTINA -
Menurut saya peranan komputer dalam pembelajaran dimasa pandemi covid-19 ini sangat berpengaruh dan berdampak luas. Dengan adanya komputer pembelajaran dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Sumber informasi dan pengetahuan menjadi mudah untuk dijangkau dan tidak hanya dapat dari guru atau dosen saja. Marak nya penggunaan teknologi dalam pembelajaran menjadi sebuah alternatif yang dapat terus dikembangkan seiring waktu. Komputer memberikan dampak yang sangat luas bagi pendidikan dimasa pandemi ini.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by NAUFALUL FIKRI AMARULLOH -
komputer dalam pembelajaran di era pandemi saat ini memiliki posisi yang penting dan setara dengan handphone dalam pembelajaran berbasis online. Karena komputer digunakan sebagai alat utama untuk melakukan aktivitas pembelajaran berbasis online. Karena pembelajaran berbasis online memerlukan sebuah alat bantu untuk menjadi media dalam menerima ataupun mengirimkan baik tugas dan materi pembelajaran
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by NAUFALUL FIKRI AMARULLOH -
Pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 ini diwarnai oleh aturan untuk mengurangi sedikit mungkin kontak fisik antar komponen pembelajaran. Sehingga pembelajaran konvensional perlu dibatasi sebaik mungkin sehingga tidak menjadikan Lembaga pendidikan sebagai kluster penyebaran Covid-19. Sehingga perlu adanya sistem pembelajaran baru, yang tidak menggunakan konsep konvensional, yakni dengan pembelajaran Daring.
Komputer adalah medium/pintu/jalur/jembatan yang menghbungkan dunia nyata dengan duni virtual, yang menjadi inti utama dalam pembelajaran daring. Kita dapat mengakses, berpartisipasi, dan berproses aktif dengan bantuan computer. Kesimpulanya aktivitas pembelajaran yang ada di Dunia Virtual ini harus dapat diakses oleh kita yang ada didunia nyata, dan kita membutuhkan computer sebagai jembatan keduanya

Jawaban dari : Mohammad Ubaiddillah (200121601239)
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by MAULIDIA WIYAN SUMITA -
Peranan Komputer dalam pembelajaran sangatlah penting apalagi dihadapkan dengan situasi seperti ini yang mendorong para pelaku pendidikan untuk lebih produktif lagi. Di masa pandemi ini pembelajaran harus dilakukan secara daring, maka dari itu komputer sebagai sistem pendukung untuk membantu berjalannya proses pembelajaran daring ini perlu digunakan agar pembelajaran daring bisa lebih efektif.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by MELINGGA NABILLA HIDAYAT -
Peranan komputer dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 sangat membantu dalam menghindari membengkaknya angka positif covid-19, karena pembelajaran yang dilaksanakan di rumah saja otomatis harus mempunyai sarana yang dapat menghubungkan antara guru dan siswa sehingga pembelajaran bisa berjalan terus. Selain sebagai saran penghubung, komputer juga bisa digunakan untuk memperluas pengetahuan seperti dengan mengakses e-book dan lainnya.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by ZAINUL ROHMAN -
Peranan komputer dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ini sangatlah banyak. Tidak jauh-jauh dari pengalaman saya sebagai mahasiswa aktif di perguruan tinggi yang mana proses pembelajaran dilaksanakan secara daring, komputer seakan menjadi hal wajib. Komputer dan juga koneksi internet adalah "nyawa" dari pembelajaran daring di masa pandemi seperti ini. Komputer dan internet sama-sama diperlukan demi mengakses informasi mengenai perkuliahan, materi pembelajaran, serta untuk mengerjakan tugas. Di era modern ini, komputer merupakan benda atau alat yang multifungsi juga multitasking. Dengan adanya komputer, sangatlah memudahkan berbagai pihak yang terlibat dalam pembelajaran.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by VALID SINATRIA SUKAJI -
Menurut saya, peranan komputer sangat bermanfaat di masa pandemi ini, karena kita terhalang oleh jarak, dan komputer menjadi perantaranya yang didukung oleh jaringan internet yang mempermudah pembelajaran daring saat ini.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by KATHERIN ANANDA YULIANI -
pendapat saya sebagai mahasiswa Teknologi Pendidikan, mengenai peranan komputer dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ini yaitu sangat penting. Karena pada masa pandemi covid-19 ini seluruh pembelajaran dilakukan melalui pembelajaran daring/pembelajran jarak jauh melalui jaringan. untuk mengikuti perkuliahan pun kita melakukannya melalui komputer/laptop/handphone sebagai perangkat untuk terhubung pada jaringan pembelajaran yang telah ditentukan. sehingga, komputer pun memiliki peran yang besar dalam pembelajaran jarak jauh ini.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by TIARA SANTIKA SARI -
Menurut saya, peranan komputer pada era saat ini pandemi Covid-19 sangat diperlukan. Penggunaan komputer sangat membantu dalam berbagai hal seperti pendidikan dan pekerjaan. Keadaan seperti ini memaksa kita untuk melakukan semua kegiatan di rumah saja. Dengan komputer komunikasi dalam kegiatan pembelajaran dapat tersampaikan. Guru dan siswa akan tetap terhubung dengan menyampaikan materi-materi pembelajaran. Siswa dapat mengakses materi dengan mudah dan dapat dibuka kapan saja.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by FATIHA ZAHRA LABIBA -
Menurut pandangan saya, peran komputer dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19 sangatlah penting dan krusial. Hal tersebut dikarenakan komputer merupakan salah satu fasilitas penunjang dalam pembelajaran daring. Komputer digunakan sebagai perantara dalam mengadakan forum belajar. Selain itu, melalui komputer kita juga bisa mencari sumber belajar sebanyak-banyaknya tanpa dibatasi ruang dan waktu. Semua peranan komputer di atas dapat terlaksana dengan dukungan konektivitas yang baik dan lancar.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by DISYA CITRA NIRWANA -
Sebagai mahasiswa TP, komputer adalah kebutuhan dalam pembelajaran tak hanya saat pandemi, biasanya pun sudah menjadi kebutuhan untuk mahasiswa TP. Semua materi dan tugas dapat diakses dalam e-learning di mana untuk mengaksesnya membutuhkan alat seperti komputer.
Pada siswa sekolah dasar hingga perguruan tinggi membutuhkan komputer untuk mengikuti pembelajaran pada masa pandemi seperti ini. Penggunaan komputer lebih sering digunakan oleh siswa sekolah menengah dan mahasiswa, tapi sekarang terjadi peningkatan dalam penggunaannya.
Dengan menggunakan komputer, peserta didik bisa belajar dan memeroleh informasi dari LMS atau lainnya. Setiap sekolah pun juga secara tidak langsung menuntut siswanya untuk menggunakan laptop jika ingin mengikuti pembelajaran pada masa pandemi seperti ini. Penggunaan komputer secara individu akan mengembangkan kemandirian dan kekreativitasan siswa karena mereka mengakses pembelajaan dengan mandiri.
Komputer juga berperan penting bagi pendidik, karena dengan menggunakan komputer, mereka tetap bisa mengajar siswanya mesikpun dari jarak jauh. Komputer berperan sebagai alat bantu bagi pendidik bukan pengganti. Pendidik juga memiliki fleksibilitas dalam pembelajarannya dan bisa mengeksplor inovasi yang menarik perhatian peserta didik untuk belajar saat pandemi.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by UMARUL FARUQ MASYHUR -
Perann komputer pada saat ini penting dikarenakan media pembelajaran semuanya dialihkan kepad perangkat komputer untuk menunjang pembelajran digital. Penggunaan komputer juga membantu pebelajar untuk dapat terus mengikuti pembelajaran dikelas walu dalm keadaan seperti pandemi saat ini dengan penggunaan komputer juga menjadi penghubung kami kepada dosen dalam peningkatan skill dan pengetahuan yang sebelumnua diperlukan di pembelajran tatap muka namun dengan kondisi saat ini komputer telah dapat menunjang beberapa keperluan pembelajaran tadi
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by GITA FAKHRANA SHADRIN -
menurut pendapat saya peranan komputer ini sangat penting karena dari komputer kita bisa mengakses internet yang mana kini pembelajaran selama masa pandemi covid-19 berlangsung dari jarak jauh melalui akses digital yang membutuhkan komputer. semua aktivitas pembelajaran dilakukan secara daring baik sinkronus maupun asinkronus. hal ini bertujuan untuk mengurangi potensi terpaparnya wabah covid-19 ini. maka dari itu komputer menjadi hal yang urgent dalam kegiatan pembelajaran di masa pandemi covid-19. Dengan menggunakan komputer ini, tidak hanya bermanfaat untuk terhindar dari pandemi ini, namun dengan komputer juga kita bisa meningkatkan kualitas pendidikan di era digital.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by FARID MARTIN ARDIANSYAH -
Menurut saya, sangatlah penting karena di masa pandemi ini kami harus melaksanakan pembelajaran secara online dimana kesemuanya itu bisa dilakukan dengan bantuan gagdet dan internet terutama komputer / laptop karena perangkat tersebutlah yang membantu kami dalam pelaksanaan perkuliahan maupun pengerjaan tugas yang diberikan. Jadi, peranan komputer saat ini sangat penting apalagi jika dapat dikembangkan untuk mempermudah dan memecahkan masalah dalam pembelajaran.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by MUSTIKA KHUROTUL FARIDA -
peranan komputer pada masa pandemi sudah seperti kebutuhan pokok meskipun sebagian peranan sudah bisa sedikit demi sedikit bisa dilakukan pada gadget. penggunaan komputer sangat membantu dalam proses pembelajaran yang dilakukan secara online.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by DIMAS ARYA PUTRA -
menurut saya, peranan komputer maupun leptop dalam pembelajaran masa pandemi ini sangat sangat diperlukan bahkan merupakan kebutuhan pokok para guru/dosen/siswa/mahasiswa dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. hal ini dapat dilihat dari perkembangan zaman yang semakin canggih serta manusia penggunanya pun memiliki kreativitas dan inovasi dalam menggunakan teknologi modern seperti sekarang ini. oleh sebab itu masyarakat harus bisa menggunakan teknologi dan memiliki kemauan untuk belajar teknologi modern.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by DWI NATA ADAM -
Peran komputer dimasa pandemi covid-19 seperti sekarang ini sangatlah penting sekali karena hampir semua kegiatan dapat diakses melalui komputer atau internet dan dapat diakses dimana saja kapan saja apalagi dengan metode pembayaran nya tanpa repot-repot untuk keluar rumah. begitupun dengan proses kegiatan belajar dan pembelajaran di masa pandemi yang makin memburuk ini sangat membantu berjalannya proses kegiatan pembelajaran yang harus dilaksanakan dirumah sehingga dengan adanya alat elektronik seperti komputer dll ini sangat memudahkan proses terlaksananya kegiatan belajar pembelajaran seperti biasa walaupun dengan tatap muka maya.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by MUHAMMAD FADLI ABDILLAH -
Menurut saya, peranan komputer sangat penting dalam hal pembelajaran di masa pandemi covid-19 ini. Karena komputer dapat membuat siswa melaksanakan pembelajaran di rumah. Komputer juga penting karena komputer digunakan sebagai alat untuk melakukan pembelajaran
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by DIVA SHALHI EFFENDI -
komputer berperan sebagai alat komunikasi pada saat masa pandemi covid 19 sehingga pada saat pandemi ini banyak mahasiswa yang menggunakan komputer sebagai sarana komunikasi dan pembelajaran disaat tidak bisa menggunakan fasilitas umum
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by MUSAROATUL KHIFDIYAH -
peran komputer sangat besar di dalam pembelajaran di masa apandemi, karena dengan bantuan komputer dapat membantu dalam pembuatan materi pembelajaran yang disusun melalui komputer dan pembelajaran yang serba digital. Tidak hanya sebagai alat untuk pembuatan materi komputer juga digunakan sebagai alat komunikasi maya dengan para pembelajar, sehingga dapat meniymak pembelajaran secara langsung tanpa bertatap muka sekalipun
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by GHIFFARI LUQYANUR RASYIDI -
peranan computer di masa pandemi covid-19 ini sangatlah membantu para pelajar dalam melaksanakan pembelajaran daring saat ini, bahkan sebelum covid-19 ini ada computer sudah sangat membantu kita dalam mengerjakan sesuatu di era modernisasi. pada masa pandemi ini komputer merupakan teman akrab bagi pelajar.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by NABILA FAHIMATUL ULYA -
menurut saya, komputer sangatlah berperan penting dalam proses pembelajaran pada masa ini. karena komputer sekarang merupakan alat yang membantu untuk menjembatani proses pembelajaran antara peserta didik dengan pendidik. selain itu dengan komputer pada masa ini membantu pembelajaran dapat dijangkau dengan mudah kapan saja dan dimana saja.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by MUHAMMAD RAIHAN FAJRIANTO -

Peranan komputer dalam pembelajaran di era pandemi covid 19 ini sangatlah penting untuk siswa, dosen ,guru dan mahasiswa, karena pada saat pandemi ini, pertemuan tatap muka ditiadakan dan di ganti dengan pertemuan online menggunakan komputer atau handphone. Banyak tugas-tugas dan materi yang hanya bisa dikerjakan menggunakan komputer. Selain itu, komputer dapat mengembangkan kreativitas dan menambah inovasi dari pendidik ataupun peserta didik.

In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by RATRI JUWITA CAHYASARI -
Menurut saya di masa pandemi covid-19 ini dimana pembelajaran dilakukan secara online, komputer menjadi media pembelajaran yang sangat diperlukan. Komputer berperan sebagai alat komunikasi antara pendidik dengan peserta didik maupun antar peserta didik. Melalui komputer, peserta didik dapat mengakses materi pembelajaran kapanpun dan pendidik juga dapat melakukan variasi dalam pembelajaran.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by NOEDHITA SALSABIILA -
Menurut saya peran peranan komputer dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ini sangatlah penting. Saat ini e-learning merupakan suatu proses pembelajaran jarak jauh yang berbasis elektronik dengan memanfaatkan media jaringan komputer. Pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan suatu sistem elektronik atau juga komputer sehingga mampu untuk mendukung suatu proses pembelajaran. Oleh karena itu komputer sangatlah penting dalam pembelajaran dimasa pandemi.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by IIS WINDA SARI -
Sekarang ini dunia sedang dilanda pandemi Covid-19, hampir semua kegiatan masyarakat di lakukan di dalam ruangan. Mulai dari proses belajar, bekerja, semua dilakukan di rumah untuk mengurangi dampak Covid-19. Proses pembelajaran di sekolah yang awalnya dilakukan dengan tatap muka sekarang dilakukan dengan tatap maya. Dalam proses tatap maya tersebut tentunya peserta didik membutuhkan fasilitas yang menunjang pembelajaran seperti Handphone, laptop atau komputer. Maka dari itu komputer sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran, komputer digunakan untuk proses belajar melalui zoom/gmeet dan juga digunakan untuk pembuatan bahan ajar untuk peserta didik seperti PPT, Video, Animasi pembelajaran, dan masih banyak lagi peranan komputer pada era pandemi Covid-19 ini.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by YOSELA ANANDA KUSUMA -
Pendapat saya sebagai mahasiswa teknologi pendidikan. Peranan komputer dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ini sangat penting karena membantu kegiatan pembelajaran meskipun dari rumah saja demi mencegah penularan covid-19. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan teknologi tidak menghalangi mahasiswa belajar untuk berkembang dan dengan mudah dapat diakses dimanapun dan kapanpun.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by SALSA BILLA MONICA DEVATEA -
Menurut saya peranan komputer sangat penting untuk menunjang pembelajaran apalagi dimasa pandemi covid 19 yang membutuhkan beberapa perangkat pendukung pembelajarab. Dengan adanya komputer dapat memudahkan mahasiswa untuk mengerjakan tugas, mengikuti kelas online, mencari sumber belajar, mengakses internet, dsb. Komputer juga tidak diperuntukkan hanya kepada peserta didik, namun komputer dibutuhkan oleh semua kalangan
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by PRADNYA LINGGA KUMARA -
Menurut saya, peranan komputer dalam pembelajaran di masa pandemi ini sangatlah penting, karena semua pembelajaran dilakukan secara daring atau online, selain itu komputer juga sangat membantu pebelajar dalam mencari informasi maupun bahan belajar yang tidak mereka miliki.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by MUHTI SETIASIH -
Menurut saya, komputer memiliki peranan yang sangat penting dalam pembelajaran pada masa covid 19 ini. Hampir semua aktivitas pembelajaran dilakukan secara online atau daring sehingga komputer menjadi media yang sangat dibutuhkan sebagai perantara antara pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Selain itu, komputer juga mempermudah kami untuk mencari bahan materi pembelajaran ataupun informasi yang dibutuhkan.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by SARAH MARYAM ALFINIA ZAHRA -
Menurut pendapat saya sebagai mahasiswi TEP , Komputer memiliki peranan yang penting. Seperti yang kita semua ketahui bahwa semenjak pandemi covid -19 segala kegiatan dirubah menjadi harus dari rumah. Mulai dari bekerja,belajar,belanja dan masih banyak lagi. Dan Komputer adalah salah satu sarana yang dapat membantu mempermudah manusia pada kegiatannya selama pandemi. Kita bisa mengakses segala informasi di komputer , mengerjakan tugas,belajar bahkan berbelanja online. Komputer juga paling dibutuhkan untuk kita sebagai mahasiswi jurusan Teknologi Pendidikan dimana didalamnya terdapat pembelajaran mengenai teknologi.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by Ervina Putri Sahira -
Menurut pendapat saya, peranan komputer dalam pembelajaran saat pandami covid-19 ini sangat penting, karena teknologi berperan sebagai media dalam melakukan interaksi antara pendidik dan peserta didik serta pelaksanaan pembelajaran online. Selain itu, teknologi juga berperan dalam mempermudah pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran agar pembelajaran tetap berjalan meskipun tidak dilakukan secara tatap muka.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by AGHISNI NUR ZAKKI -
Kita tahu bahwa computer adalah salah satu teknologi yang digunakan manusia sebagai alat atau mesin yang diciptakan oleh untuk membantu pekerjaan manusia dalam mengerjakan berbagai hal supaya lebih mudah dan efisien. Sehingga keadaan pandemic seperti saat ini tentu saja tidak bisa terlepas dari yang namanya computer, terlebih bagi dunia Pendidikan yang saat ini menggunakan pembelajaran dengan sistem berbasis daring. Computer menjadi salah satu keperluan yang bisa dikatakan pokok untuk mewujudkan Pendidikan yang lebih luas, lebih bervariasi, lebih mudah, tidak memakan banyak waktu maupun biaya dan pastinya dari segi kesehatan dirasa lebih aman karena menghindarkan dari kontak langsung dan kerumunan. Contoh peran computer yaitu seperti pembelajaran melau via google meet,zoom wa grub maupun yang lainnya, peserta didik juga memiliki keleluasaan untuk mencari pengetahuan baru dari sumber yang lebih luas, menambah wawasan terkait dunia perkomputeran dan masih banyak lagi.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by DENDY PRAYOGA -
Menurut saya peran komputer dalam pembelajaran pada masa pendemi COVID-19 merupakan peranan yang sangat penting bagi peserta didik maupun guru, karena komputer merupakan alat yang memiliki peranan yang cukup signifikan dalam membantu proses pembelajaran yang terjadi pada masa pandemi ini. Dengan komputer kita dapat melaksanakan pembelajaran daring dengan berkomunikasi secara tatap maya dan mengakses semua informasi dan sumber belajar yang berfungsi dalam proses pembelajaran dengan alat tersebut. Selain itu, segala proses pembelajaran yang berubah secara daring, mengakibatkan komputer merupakan alat yang efektif dan efisien dalam melakukan segala hal tersebut.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by ARGA SATRIA MUHAMMAD -
Menurut saya sebagai mahasiswa Teknologi Pendidikan mengenai peranan komputer pada pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 yaitu komputer sudah memiliki peran sebagai pengganti kelas sementara namun belum sepenuhnya memenuhi standar kelas. Namun setidaknya dengan adanya teknolog bernama komputer, pembelajaran yang terhambat dengan pandemi Covid-19 ini tetap bisa dilaksanakan. Tanpa adanya komputer, pembelajaran terpaksa harus terhambat karena terdampak pandemi Covid-19 yang tidak memperbolehkan adanya keramaian dalam suatu forum. Jadi, menurut saya komputer memiliki peranan yang sangat penting dalam pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Jika perkembangan teknologi terus terjadi, bukan tidak mungkin pembelajaran diubah 100% menjadi pembelajaran daring, terutama pada jenjang perguruan tinggi.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by BERKA ARIO WIJAYA -
Menurut saya peranan komputer dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ini sangat penting karena komputer adalah basic dari pengembangan teknologi seperti HP, ipad ataupun laptop sehingga banyak fitur dan kebutuhan yang mendukung dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ini. Namun saat ini HP/ipad memiliki fitur dan hardware yang semakin lama semakin kompleks sehingga pada masa pandemi covid-19 ini HP/ipad juga bisa menggantikan peran computer dalam pembelajaran.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by DANY WIJAYA KESUMA -
Menurut saya peranan komputer di masa sekarang khususnya di masa pandemi seperti ini sangatlah penting dan berperan besar dalam pembelajaran. karena semua aktivitas pembelajaran dilakukan melalui daring dan pastinya menggunakan komputer dan internet. dari pemanfaatan teknologi tersebut pendidik dan peserta didik sangat dimudahkan dalam pembelajaran.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by HABIBIE RAMADHANI SISWANTO -
Pada masa pandemi covid-19 mengharuskan segala kegiatan dilaksanakan stay at home / dirumah saja seperti berkerja dari rumah, belajar dari rumah dan ibadah dari rumah. Peran komputer dalam aktivitas pembelajaran masa pandemi yaitu menciptakan sebuah aplikasi atau web yang biasa disebut dengan e-learning yang dilakukan dalam kondidisi DARING atau dalam jaringan. E-learning ini sebagai payung dari segala jenis pembelajaran.Sehingga dengan adanya E-Learning sarana proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka dengan secara langsung antara pendidik dengan siswa/i.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by HERFYAN OMAR ZIDAN -
Menurut saya, peran komputer sangatlah esensial dalam pembelajaran berbasis online yang dimana hampir semua hal mengenai pembelajaran seperti Pemberian materi, penugasaan, pemberian informasi seputar sekolah, dsb itu melalui daring. Walaupun semua hal itu masih bisa dikerjakan melalui HP, namun menurut saya itu sangatlah sulit karena kapasitas yang dimiliki hp itu sangatlah minim untuk digunakan dalam mengerjakan tugas-tugas rumit seperti PPT, makalah, dsb.
Peran komputer juga dapat meningkatkan Kemampuan belajar peserta didik d dengan adanya fitur-fitur yang ada di komputer seperti aplikasi-aplikasi editing, aplikasi-aplikasi desain, dll.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by MOCHAMMAD HILMAN AMIRUDIN NAHRI -
Menurut saya sangat penting untuk menggunakan komputer, laptop, handphone dan perangkat lainnya sebagai media pembelajaran. Apalagi kondisi saat ini tidak memungkinkan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka, sehingga kondisi memaksa pembelajaran jarak jauh. Namun, bukan berarti aplikasi perangkat tersebut hanya digunakan karena pandemi saat ini, karena bahkan sebelum pandemi, pembelajaran menggunakan komputer dan perangkat lain untuk mendukung pembelajaran.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by FADHIL ILHAM SUBIYANTO -
Menurut saya, peran komputer dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 tentunya sangat penting apalagi pada era atau abad 21 ini banyak kegiatan yang dilakukan serba digital. Dengan adanya pandemi covid-19 menjadikan semua kegiatan harus dilaksanakan dari rumah salah satu contohnya yaitu dalam hal pendidikan yang mengharuskan pengajar maupun peserta didik melakukan pembelajaran dari rumah. Maka dari itu, peran komputer sangat penting, dengan adanya komputer dapat dijadikan sebagai media pembelajaran jarak jauh. Adanya komputer tentunya harus didukung dengan koneksi internet agar kita bisa melakukan pembelajaran secara daring dan bisa mendapatkan informasi secara efektif dan efisien. Jika kita bisa menggunakannya dengan baik, maka pengetahuan umum dari diri sendiri akan meningkat.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by HASMO ARRIZAL RAFIIF AKMAL -

Komputer dalam pembelajaran masa pandemi covid-19, tentunya memiliki peranan yang sangat besar bagi banyak orang. Baik pengajar maupun peserta didik mau tidak mau pasti membutuhkan komputer untuk dapat melakukan kegiatan pembelajaran saat ini. Peranan komputer sebagai media belajar sekaligus alat untuk menghubungkan kedua pihak ini menjadi salah satu penentu selain koneksi internet untuk dapat mengakses/ mejangkau antar pengajar, antar peserta didik, ataupun pengajar dan peserta didik. Disisi lain kemajuan teknologi mendorong masyarakat untuk dapat adaptif terhadap peradaban yang dinamis. Sehingga orang-orang atau bahkan bibit-bibit bangsa tidak hilang/hancur tergerus dengan ketertinggalan dan dampak negatifnya. Karna dimasa depan penggunaan komputer tentunya juga dapat menjadi kebutuhan primer kebanyakan orang dalam menjalani kehidupannya baik untuk kebutuhan pendidikan, ekonomi, dsb.

In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by MUHAMMAD OKTAVIANTO MUSTAGHFIRIN -
Peranan komputer pada masa pandemi seperti ini sangat penting dan dibutuhkan dikarenakan mengingat semua kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring, dan dengan adanya perangkat lunak seperti komputer ini sangat membantu peserta didik dan pengajar dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya komputer ini sudah banyak pengajar dan peserta didik yang membuat program aplikasi pembelajaran yang menarik untuk kegiatan belajar mengajar. Walaupun pembrlajaran tidak dilaksanakan secara luring tetapi tidak menyurutkan semangat belajar peserta didik maupun pengajar. Serta menghemat tempat, waktu dalam kegiatan pembelajaran. Setiap kelebihan pasti ada kekurangan. Kekurangan nya adalah mahalnya biaya perangkat komputer atau laptop, kurang bagusnya kondisi sinyal, dan masalah lainnya. Tetapi pembelajaran era digital ini dilaksanakan untuk tercapainya tujuan pembelajaran.
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by FADHILA AFIFAH RAHMAWATI -
Menurut saya, peranan komputer saat era pandemi sangatlah penting, karena dengan komputer yang terhubung dengan Wi-Fi, kita sebagai mahasiswa bisa mengakses materi yang ada di intenet. Komputer ini memudahkan orang berkomunikasi dalam jarak jauh, kita jadi bisa meeting online dengan menggunakan zoom/gmeet
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by DEA AMANDA PUTRI NUR SALVA -
menurut saya peranan komputer dalam pembelajaran di masa pandemi ini juga sangat penting karena melalui komputer pembelajaran yang biasanya dilakukan dalam kelas bisa tergantikan dengan pembelajaran digital, sehingga para peserta didik dan pendidik tetap bisa memberlangsungkan pembelajaran, dan menurut saya dengan pengenalan teknologi lebih dini bisa mempermudah semua aktifitas .
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by ALIF HANDARU ATMADJA SUHUD -
Menurut saya peranan komputer dalam pembelajaran pada masa pandemi ini sangatlah vital, dimana semua akses untuk pembelajaran rata rata menggunakan komputer. Kemampuan belajar peserta didik akan meningkat seiring interaksinya dengan komputer untuk belajar. Komputer juga adalah salah satu komponen utama dalam melaksanakan E-learning
In reply to I KADEK SUARTAMA

Re: DISKUSI KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN DIGITAL

by FATKIYAH HIDAYATI ARIFIN -
Peran komputer adalah sebagai media penunjang pembelajaran khususnya untuk dimanfaatkan pada masa pandemi covid 19 ini. Komputer menjadi perantara yang tepat karena dapat menyalurkan informasi apapun, kapanpun, dan dimanapun dengan mudah. Kegiatan pembelajaran pun juga akan tetap dapat terlaksana dengan baik sehingga mutu pendidikan akan tetap terjamin, dan bahkan akan lebih meningkat.