Ruang Kolaborasi Pemecahan Masalah Melibatkan Materi Bidang Datar

Silakan Berdiskusi Melalui Ruang Kolaborasi Berikut ini

Re: Silakan Berdiskusi Melalui Ruang Kolaborasi Berikut ini

by Cut Riska -
Number of replies: 0
Permasalahan yang akan kita diskusikan adalah permasalahan nomor 1.

Penjelasan:
Kita diberikan informasi bahwa Alfathan ingin membuat arena bermain kelinci yang berbentuk persegi panjang atau persegi. Dia memiliki sepotong kawat dengan panjang 36 m. Kita diminta untuk mencari kemungkinan luas arena bermain kelinci tersebut dan menentukan ukuran mana yang memberikan hasil luas lebih besar dibanding ukuran lainnya.

Karena arena bermain kelinci dapat berbentuk persegi panjang atau persegi, kita perlu mencari kemungkinan ukuran panjang dan lebar yang memenuhi syarat panjang kawat yang tersedia.

Misalkan panjang persegi panjang atau persegi adalah x dan lebarnya adalah y. Kita tahu bahwa panjang kawat yang tersedia adalah 36 m, sehingga kita dapat membuat persamaan untuk panjang kawat:

2x + 2y = 36

Kita juga tahu bahwa luas persegi panjang atau persegi adalah x * y.

Untuk menentukan ukuran mana yang memberikan hasil luas lebih besar, kita dapat mencoba beberapa kemungkinan ukuran dan menghitung luasnya.

Jawaban:
Kita dapat mencoba beberapa kemungkinan ukuran panjang dan lebar yang memenuhi persamaan 2x + 2y = 36. Berikut adalah beberapa kemungkinan ukuran dan luasnya:

1. Jika x = 10 dan y = 8, maka luasnya adalah 10 * 8 = 80
2. Jika x = 9 dan y = 9, maka luasnya adalah 9 * 9 = 81
3. Jika x = 8 dan y = 10, maka luasnya adalah 8 * 10 = 80

Dari ketiga kemungkinan tersebut, ukuran yang memberikan hasil luas lebih besar adalah ketika x = 9 dan y = 9, dengan luas 81.

Jadi, luas arena bermain kelinci yang memberikan hasil luas lebih besar adalah 81 satuan luas.