Diskusi dan Tanya Jawab

Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10

Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10

by SEPTI DARIYATUL AINI -
Number of replies: 32

Setelah melaksanakan pertemuan virtual melalui google meet dan membaca materi berupa file pdf dan ppt yang ada di Spada, silahkan jika ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan

In reply to SEPTI DARIYATUL AINI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10

by NABILLAH AYUDITYA ROCHMADYAN -
dalam metode grafik ini, kita langsung menggunakan bantuan aplikasi seperti geogbra atau bisa secara manual ibu?
In reply to NABILLAH AYUDITYA ROCHMADYAN

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10

by SEPTI DARIYATUL AINI -
pertama, kalian harus bisa membuat grafik secara manual dulu, dan jika sudah fasih bisa dan lebih efektif lagi jika menggunakan bantuan aplikasi seperti geogebra dan aplikasi pembuat grafik yang lain. selain lebih praktis, penggunaan aplikasi pembuat grafik ini lebih akurat dan mencari akar atau solusi dari suatu persamaan dengan lebih teliti
In reply to NABILLAH AYUDITYA ROCHMADYAN

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10

by SEPTI DARIYATUL AINI -
nabillah pernah membuat grafik menggunakan aplikasi geogebra atau pembuat grafik yang lain? atau yang lain , ada yang pernah menggunakan aplikasi tertentu dalam membuat grafik?
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10

by ADISAH SUSANTI -
Bisa pakek Excel juga tapi saya sudah lupa caranya, tapi menurut saya lebih mudah pakek geogebra ibu
In reply to ADISAH SUSANTI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10

by SEPTI DARIYATUL AINI -
iya adis, dalam perkuliahan metode numerik ini biasanya saya menggunakan aplikasi geogebra karena mudah menggunakannya dan bisa didwonload di HP juga. Ada juga aplikasi graphmatica. Di materi saya untuk menentukan akarnya itu menggunakan aplikasi geogebra, jadi kita memperbesar grafiknya, sehingga bisa mencari akar/solusi dari suatu persamaan sesuai tingkat ketelitian yang kita inginkan
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10

by KHOIRUN NISA' -
Saya pernah membuat grafik menggunakan geogebra ibu...
Untuk aplikasi lainnya belum saya coba
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10

by KHOIRUN NISA' -
Izin bertanya ibu...
Setelah membuat grafik fungsi, kita menentukan perpotongan antara sumbu X dengan grafik fungsi nya ibu...
Lalu untuk mencari nilai perpotongan nya ibu bagaimana ibu?
In reply to KHOIRUN NISA'

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10

by SEPTI DARIYATUL AINI -
Iya nisa benar. Akar dari suatu persamaan yang kita cari berada pada perpotongan antara grafik dengan sumbu-x
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10

by ADISAH SUSANTI -
Kenapa tidak berada pada perpotongan grafik dengan sumbu-y ibu?
In reply to ADISAH SUSANTI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10

by SEPTI DARIYATUL AINI -
perhatikan persamaannya, variabelnya berupa x, misal x^3-5x+9=0, jika ingin mencari akar atau solusi dari persamaan tersebut sama halnya dengan kita mencari nilai dari x nya, makanya saat menggunakan metode grafik, untuk mencari akarnya, kita melihat perpotongan antara grafik dengan sumbu x nya bukan sumbu y
In reply to KHOIRUN NISA'

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10

by SEPTI DARIYATUL AINI -
Jika membuat grafiknya secara manual, kita mereka2 perpotongan dimana. Namun jika menggunakan aplikasi geogebra, di perpotongan itu kita klik biasanya akan muncul nilai dari perpotongan itu
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10

by SEPTI DARIYATUL AINI -
Selanjutnya saya akan memberikan permasalahan berupa persamaan transenden, silahkan kalian cari akarnya boleh secara manual atau menggunakan aplikasi pembuat grafik, seperti geogebra, graphmatica atau yang lain.
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10

by SEPTI DARIYATUL AINI -
Berapa akar dari persamaan ln(x)+x^2-3=0 di atas?
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10

by TSALITSATUR RIZQIYAH -
In reply to TSALITSATUR RIZQIYAH

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10

by SEPTI DARIYATUL AINI -
bisa difotokan hasil grafik yang tsalis gunakan atau buat?
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10

by TSALITSATUR RIZQIYAH -
In reply to TSALITSATUR RIZQIYAH

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10

by SEPTI DARIYATUL AINI -
iya tsalis, nabillah juga akarnya sama, perbedaanya hanya pada banyaknnya angka signifikan yang digunakan, jika menginginkan ketelitian yang lebih tinggi, perpotongannya itu bisa diperbesar lagi sesuai yang kita inginkan, yang pasti semakin banyak angka signifikan yang digunakan maka akan semakin mendekati akar yang sebenarnya dan galat yang dihasilkan semakin kecil
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10

by TSALITSATUR RIZQIYAH -
Jadi boleh ya bu mengambil tingkat ketelitiannya berapa saja?
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10

by NABILLAH AYUDITYA ROCHMADYAN -
1,592
saya pakai geogebra ibu
In reply to NABILLAH AYUDITYA ROCHMADYAN

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10

by SEPTI DARIYATUL AINI -
iya coba dikirim disini hasil grafiknya nabillah
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10

by NABILLAH AYUDITYA ROCHMADYAN -
In reply to NABILLAH AYUDITYA ROCHMADYAN

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-10

by SEPTI DARIYATUL AINI -
nah iya, pada tampilan grafik yang nabillah buat sudah terlihat secara jelas berapa perpotongannya, dengan mengklik titik perpotongan antara grafik dengan sumbu x tersebut, dimana angka signifikan yang digunakan sebanyak 14 digit