Diskusi dan Tanya Jawab

Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-11

Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-11

by SEPTI DARIYATUL AINI -
Number of replies: 26

Setelah melaksanakan perkuliahan daring melalui google meet dan memahami materi berupa file pdf dan ppt yang ada di spada, silahkan mungkin ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan!

In reply to SEPTI DARIYATUL AINI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-11

by SEPTI DARIYATUL AINI -
jika tidak ada, saya yang mau nanya, menurut kalian berapa jumlah tabel yang diperlukan dalam mencari akar dari suatu persamaan?
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-11

by M. ISMA'EL -
Kalai di contoh itu ada yang Sampek 4 ada juga yang Sampek 3 ibu. Terus banyak tabelnya itu tergantung apanya Bu? Saya gak paham ibu
In reply to M. ISMA'EL

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-11

by SEPTI DARIYATUL AINI -
sesuai permintaan soal, jika di soal diminta 4 tabel atau 4 tabulasi berarti buat sampai 4 tabel
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-11

by SEPTI DARIYATUL AINI -
Sekarang untuk mengecek pemahaman kalian tentang metode tabulasi, silahkan kerjakan soal berikut ini!
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-11

by SEPTI DARIYATUL AINI -
berapa akar yang diperoleh dari persamaan ln(x) + x^2 - 3 = 0 dengan metode tabulasi sampai 2 tabel?
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-11

by TSALITSATUR RIZQIYAH -
In reply to TSALITSATUR RIZQIYAH

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-11

by SEPTI DARIYATUL AINI -
coba mungkin ada yang lain sebagai pembanding dari jawaban tsalis, berapa akar yang diperoleh dari soal tersebut?
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-11

by WILDANUS SHOLIHAH -
In reply to WILDANUS SHOLIHAH

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-11

by SEPTI DARIYATUL AINI -
untuk tsalis bisa dikirimkan jawabannya disini sebagai pembanding atau mengoreksi hasil pekerjaan temannya yang lain
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-11

by TSALITSATUR RIZQIYAH -
In reply to TSALITSATUR RIZQIYAH

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-11

by SEPTI DARIYATUL AINI -
dari jawaban tsalis pada tabel pertama, pada x = 0 nilainya tak terdefinisi. Jadi untuk selanjutnya, jika ada soal menentukan akar dari suatu persamaan logaritma atau logaritma natural langsung ke nilai x yang bernilai postif
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-11

by SEPTI DARIYATUL AINI -
Jadi, dapat disimpulkan pada soal tersebut akar dari ln x + x^2 - 3 = 0 bernilai 1,6.
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-11

by SEPTI DARIYATUL AINI -
Bagi yang lain, silahkan di coba sendiri dulu, jika tidak paham bisa ditanyakan disini atau mengecek dari hasil pekerjaan nya tsalis. Jika sudah bisa dikirm jawabannya di sini
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-11

by ADISAH SUSANTI -
Tapi di contoh yang pertama itu untuk 𝑥³ + 4𝑥 − 6 = 0 tidak ada perintah Sampek berapa tabel ibu
In reply to ADISAH SUSANTI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-11

by SEPTI DARIYATUL AINI -
iya, jika di soal tidak ditentukan sampai berapa tabel, berarti terserah adisah, semakin banyak tabel yang kita buat atau kita gunakan maka akan semakin mendekati akar sebenarnya, ketelitiannya lebih tinggi, galat nya pun semakin kecil
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-11

by NABILLAH AYUDITYA ROCHMADYAN -
sesuai dengan permintaan soal ibu
In reply to NABILLAH AYUDITYA ROCHMADYAN

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-11

by ARIF RAHMAN HAKIM -
Saya mau bertanya Ibu, adakah soal di Metode Tabulasi yang tidak harus menggunakan tabel?
In reply to ARIF RAHMAN HAKIM

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-11

by SEPTI DARIYATUL AINI -
istilah tabulasi dibuat karena metode yang digunakan tabel, jadi jika mencari akar menggunakan metode tabulasi berarti harus membuat tabel. jika tidak menggunakan tabel berarti bukan metode tabulasi tapi menggunakan metode lain
In reply to SEPTI DARIYATUL AINI

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-11

by WILDANUS SHOLIHAH -
Sesuai soal ibu dan tabelnya itu berhenti sampai di f(x) berlainan tanda
In reply to WILDANUS SHOLIHAH

Re: Diskusi dan Tanya Jawab Pertemuan ke-11

by SEPTI DARIYATUL AINI -
iya benar wilda, sesuai permintaan soal, dan dalam pembuatan setiap tabel berhenti setelah menemukan f(x) berlainan tanda, karena pada x yang memiliki f(x) berlainan tanda pasti ada akar di antara x tersebut