Forum Diskusi 7: Manajemen Sumber Daya

Cara meningkatkan kualiats SDM

Cara meningkatkan kualiats SDM

by Estetika Hasna Nurhaliza -
Number of replies: 71

Menurut kalian, bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas SDM?

In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by ERFINA AYU WULANDARI -
Menurut saya dalam meningkatkan kulitas SDM yaitu dengan mengadakan berbagai pelatihan yang menunjang softskil para anggota masyarakat sehingga nantinya dapat diperoleh kemampuan yang memadai dalam menyelesaikan masalah. Selain itu kita juga dapat membangun efektifitas superteam seperti yang telah dijelaskan oleh bapak Triyanto dari Astra bahwasannya efektifitas super tim adalah sejumlah individu yang berbeda beda yang menyatu dan bekerjasama secara efektif untuk mencapai tujuan yang sama. Diharapkan dengan adanya efektifitas super tim ini dapat membantu dalam pemberdayaan SDM karena dalam efektive supertim ini kita dapat mengetahui peran masing2 dalam tim sehingga lebih mudah dalam pemberdayaan SDM nya.
In reply to ERFINA AYU WULANDARI

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by DARMAN DARMAN -
In reply to DARMAN DARMAN

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by VENANSIA ROULINA M -
memberi pelatihan, motivasi dan peluang
In reply to ERFINA AYU WULANDARI

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by DEVANIA HELENA KHARISMA TRIAJI -
saya sangat setuju dengan pendapat ini, selain diberikan pelatihan, workshop, dan pengetahuan kita juga perlu memberikan peluang entah itu pekerjaan atau hal lain untuk mengaplikasikan pengetahuan dan softskill yang dapat. Selain itu perlu juga diberikan penghargaan agar seseorang yang telah mengikuti pelatihan tersebut merasa dihargai usaha dan effort yang telah dilakukan. Selain itu, juga perlu di bandingkan dengan yang lain agar merasa terus kurang dan keinginan untuk mengembangkan softskill dan keahlian meningkat. Sehingga SDM juga akan meningkat.
In reply to ERFINA AYU WULANDARI

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by NURJANAH NURJANAH -
dengan memperbanyak pelatihan untuk melatih masyarakat dalam menemukan potensi dan skill mereka
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by AHMAD NUR SYAHID -
Pelatihan atau Training
Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pekerja atau karyawan di perusahaan perlu dilatih atau diikutkan training. Tujuannya adalah untuk mengembangkan individu dalam hal meningkatkan keterampilan, kemampuan, serta sikap yang dimiliki. Perusahaan akan tidak mudah untuk berkembang ketika karyawannya tidak memiliki minat atau tidak mempunyai keterampilan secara khusus. Melalui pelatihan atau training yang diadakan, perusahaan dapat menggali potensi karyawannya. Setiap perusahaan biasanya akan menerapkan suatu pelatihan atau training khusus, dengan tujuan agar kualitas karyawannya meningkat.

Pendidikan
Edukasi atau pendidikan juga merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Tujuannya adalah untuk peningkatan kualitas pekerjaan. Yang artinya suatu pengembangan yang sifatnya formal dan berhubungan langsung dengan karir mereka. Karyawan di suatu perusahaan juga membutuhkan pendidikan. Pendidikan tersebut nantinya akan membantu mereka dalam mengatasi masalah yang terjadi di dalam pekerjaan.

Pembinaan
Sarana yang digunakan selanjutnya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah pembinaan. Cara melakukan pembinaan karyawan di perusahaan dapat dengan mengatur dan membina mereka melalui program penilaian dan perencanaan. Program penilaian dan perencanaan tersebut dapat menjadi salah satu strategi yang tepat, sehingga karyawan yang dihasilkan dari pembinaan akan lebih berkualitas. Pembinaan karyawan di sebuah perusahaan selain bertujuan untuk mengembangkan kemampuan, juga agar karyawan mengerti tentang perusahaan, aturan yang berlaku, dan mengapa perlu mematuhi SOP perusahaan.

Recruitment
Proses rekrutmen merupakan langkah awal untuk menentukan strategi apa yang digunakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia kedepannya. Melakukan rekrutmen dapat dilakukan dengan menyesuaikan klasifikasi kebutuhan perusahaan. Biasanya strategi recruitment dilakukan pada saat perusahaan melakukan penjaringan dengan menilai calon pekerja yang melamar di perusahaan mereka.

Kesempatan
Berikan kesempatan pada karyawan untuk menyalurkan ide atau gagasan mereka. Memberikan kesempatan mereka menyalurkan ide ternyata juga dapat menjadi cara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dengan cara tersebut diharapkan karyawan memiliki kontribusi bagi perusahaan. Karyawan juga akan merasa lebih dihargai sekaligus membuat mereka menjadi lebih berkembang.

Penghargaan
Dengan memberikan penghargaan, Anda juga telah berkontribusi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Beri penghargaan pada karyawan yang memiliki prestasi. Hal ini membuat mereka menjadi lebih termotivasi dan dampaknya besar bagi perusahaan.

Dalam mengelola perusahaan agar sukses memang tidak mudah, ada berbagai hal yang harus dilakukan. Sumber daya manusia merupakan bagian penting pada sebuah perusahaan. Dengan memiliki strategi meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang tepat, maka perusahaan dapat berjalan ke arah yang lebih baik.
In reply to AHMAD NUR SYAHID

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by NAUFAL FARIZ HANDOYO -
Saya sangat sepakat karena memang pengembangan SDM merupakan hal yang sangat penting
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by Asep Khoerudin -
Peningkatan kualitas SDM dapat dilakukan dengan memperluas wawasan dari SDMnya itu sendiri, dengan diberikan beberapa materi mengenai Softskill, dan pelatihan-pelatihan lainnya. dapat meningkatkan kualitas SDM itu sendiri
In reply to Asep Khoerudin

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by ISNA KHOIRUNISA ADININGSIH -
Terdapat beberapa hal yang harus menjadi prioritas utama dalam pembangunan kualitas SDM antara lain, yang pertama, adalah sistem pendidikan yang baik dan bermutu. Untuk mencapai hal tersebut, maka diperlukan penataan terhadap sistem pendidikan secara menyeluruh, terutama berkaitan dengan kualitas pendidikan, serta relevansinya dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja. Kedua adalah penguatan peran agama dalam kehidupan sosial bermasyarakat dalam rangka memperkokoh jati diri dan kepribadian bangsa (character building). Ketiga adalah peningkatan kapasitas SDM melalui berbagai Diklat, kompetensi, pembinaan dan lain-lain. Tenaga kerja profesional dan terampil sesuai tuntutan/kebutuhan pasar merupakan faktor keunggulan suatu bangsa dalam menghadapi persaingan global.
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by Shierly Sephiani -
PM160516 - Shierly Sephiani (Universitas Brawijaya)

Untuk meningkatkan kualitas SDM terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan, salah satunya melalui pembekalan baik hardskill maupun softskill, seperti yang kita lakukan saat ini di Pejuang Muda. Dengan berbagai pembekalan yang ada, dapat melatih dan meningkatkan wawasan tiap sdm sebelum terjun langsung ke lapangan.
In reply to Shierly Sephiani

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by FITRIA NUR UTAMI -
betul, saya juga setuju. Dan izin menambahkan, selain itu upaya lainnya adalah dengan memberikan pelatihan-pelatihan lain yang sebelumnya SDM itu belum pernah ketahui sehinga nantinya akan timbul wawasan dan pemahaman yang baru
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by FIRDAUSYA SALMA -
Menurut saya, untuk meningkatkan kualitas SDM adalah dengan terlebih dahulu mengetahui potensi yang ada di tiap-tiap bidang, mengembangkan potensi sesuai bidang dengan pelatihan dan terjun langsung lapangan, dihadapakan pada kasus yang nantinya dapat berkembang menjadi sebuah pengalaman yang dapat dijadikan pembelajaran. Karena menurut saya kualitas dalam SDM adalah sejauh mana SDM tersebut memiliki pengalaman dan pengetahuan. Dengan kolaborasi pengetahuan dengan pelatihan kemudian diterjunkan langsung ke lapangan untuk menyelesaikan kasus yang dihadapan dapat meningkatkan kualitas SDM. (Firdausya Salma PM160508)
In reply to FIRDAUSYA SALMA

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by Dea Oktavia -
Cara meningkatkan SDM
Pelatihan atau Training.
Pendidikan.
Pembinaan.
Recruitment.
Kesempatan.
Penghargaan.
Program Pelatihan Akeyodia
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by Alfia Qumara Arridlo -
Alfia Qumara Arridlo

PM152520-UNIVERSITAS JEMBER

mengenali secara perseorangan dengan (1) melihat karakteristik dalam bekerja dengan menyeleksi / rektrutmen yang sesuai dg standar yang dipilih. setelah itu, (2) diberikannya pengarahan terkait penjelasan kerja, (3) melakukan pelatihan sebagai peningkatan penegtahuan, ketrampilan, dan sikap yang baik, (4) pembinaan secara berkala, (5) perubahan sistem / update, (6) memberikan kesempatan kepada SDM untuk berpendapat guna memberikan ide, dan (7)diberikannya penghargaan agar mendaptkan motivasi dan meningkatkan semangat.
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by NADYA YASMINA PUTRI -
Menurut saya dengan mengadakan pelatihan dan penyuluhan kepada masyarakat. Bahkan saat ini banyak course atau pelatihan yang dibuat oleh pemerintah gratis seperti digital talent dari Kominfo. Untuk mempermudah proses pelatihan ini tentu perlu adanya kontribusi dari berbagai stakeholder untuk memumpuni dan memfasilitasi pelatihan yang diadakan. Memberikan penghargaan seperti sertifikat dan pembinaan yang berkelanjutan.
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by ARDIAN RIZKI SERDA GINATA -
Kurang lebih saya setuju dengan pendapat pernyataan sebelumnya. Saya menambahkan bahwa meningkatkan kualitas SDM dapat dilakukan dengan pelatihan dan pendidikan. Pelatihan untuk membangun keterampilan yang dimiliki, sedangkan pendidikan digunakan untuk meningkatkan wawasan ilmu pengetahuan SDM.
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by SAFIRA JUNITA LUNETO -
Cara untuk meningkatkan kualitas SDM adalah dengan menggali dan mengasah potensi diri dengan melakukan pelatihan dan bimbingan, baik softskill maupun hardskill
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by Steven Steven -
1. Melalui pelatihan.
Pelatihan bertujuan untuk mengembangkan individu dalam bentuk peningkatan keterampilan, pengetahuan dan sikap.

2. Pendidikan.
Pengembangan SDM melalui pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerja, dalam arti pengembangan bersifat formal dan berkaitan dengan karir.

3. Pembinaan.
Pembinaan bertujuan untuk mengatur dan membina manusia sebagai sub sistem organisasi melalui program-program perencana dan penilaian, seperti man power planning, performance apparaisal, job analytic, job classification dan lain-lain.

4. Recruitment.
Recruitment ini bertujuan untuk memperoleh SDM sesuai klasifikasi kebutuhan organisasi dan sebagai salah satu alat organisasi dalam pembaharuan dan pengembangan.

5. Melaluui Perubahan sistem.
Perubahan sistem memiliki tujuan untuk menyesuaikan sistem dan prosedur organisasi sebagai jawaban untuk mengantisipasi ancaman dan peluang faktor eksternal.

Dalam pengembangan SDM tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena hal ini menyangkut kualitas SDM untuk sebuah organisasi atau perusahaan. SDM yang berkualitas akan membantu perusahaan untuk dapat lebih berkembang dan mencapai tujuan perusahaan.
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by BRAHMA WICAKSONO -
Izin memberikan tanggapan ka, menurut saya cara untuk meningkatkan kualitas SDM itu dibagi menjadi 2, meningkatkan kualitas SDM dari segi intelektual dan juga meningkatkan kualitas SDM dari segi pengalaman. Segi intelektual bisa diraih dengan menempuh pendidikan di sekolah, memperkaya literasi dan juga kursus tertentu, kemudian untuk segi pengalaman dapat diraih dengan mengikuti berbagai macam pelatihan serta mengaplikasikannya pada kenyataan. Meningkatkan kualitas SDM juga dilakukan agar kita dapat mengalokasikan SDM tersebut dengan efektif dan efisien. Kemudian, setelah kualitas SDM meningkat kita harus memberikan penghargaan kepada mereka yang berhasil meningkatan kualitasnya agar terciptanya rasa persaingan antara SDM sehingga mereka akan berlomba lomba untuk menjadi yang terbaik. Terima kasih ka
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by JUNUS EKHA CHORNELIS NAHAS -
PM191303 / Junus Nahas / UNIVERSITAS NUSA CENDANA

ijin menjawab, menurut saya SDM dapat ditingkatkan dengan penguatan kapasitas masyarakat(capacity building) atau sosialisasi, peningkatan mutu kualitas pendidikan, makanan yang bergizi, dll
In reply to JUNUS EKHA CHORNELIS NAHAS

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by MUH. ILHAM ISMAIL -
Banyak hal yang dapat meningkatkan SDM salah satunya adalah merefleksikan kekurangan yang kemudian diberikan solusi degan cara memberikan pelatihan atau kelas tertentu yang mampu meningkatkan SDM di suatu daerah
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by BUSTAMI ABDUL GANI -
Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dilakukan dengan kegiatan seperti Pelatihan atau traning yang bersifat hardskill maupun softskill. kegiatan hardskill sangat di butuhkan untuk mengembangkan kemampuan wirausaha atau pun usaha yang akan mereka lakukan, sedangkan softskill sangat dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan sifat dari manusia tersebut.
namun untuk menunjang sumber daya manusia tergantung bagaimana manusia tersebut ingin memperbaiki kualitas dirinya.
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by FRAHMI KUSUMA DEWI -
PM220304
FRAHMI KUSUMA DEWI
UNIVERSITAS PASUNDAN

cara meningkatkan suatu kualitas SDM adalah dengan cara penyampaian dan pembawaan seorang leader yang baik, akan sangat mempengaruhi kualitas dalam SDM tersbut, selain itu juga ada faktor pendukung lainnya seperti bahan bahan kebutuhan yang memadai
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by IZZA MILENIA ARIYATI -
cara meningkatkan kualitas SDM yaitu dapat melakukan training pada sdm, pendidikan, pembinaan dan penghargaan terhadap SDM. dengan begitu, kualitas yang dimiliki oleh sdm akan meningkat
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by Ike Wika Santi -
meningkatkan kualitias SDM dapat dilakukan dengan mengadakan berbagai macam ketermapilan yang dapat menunjang minat bakat yang dimiliki masyarakat. Selain itu masyarakat dapat ditunjang dengan adanya kegiatan penyuluhan secara berkala.
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by ENDAH FITRI ANA RAHAYU -
Menurut saya cara meningkatan kualitas SDM yaitu dengan terus mengasah kemampuan dan keterampilan pada diri individu baik hardskill maupun softskill. Bisa juga melalui pembinaan dan pelatihan.
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by Apriana Dwi Arifin -
Dalam meningkatkan kulitas SDM yaitu dengan mengadakan berbagai pelatihan yang menunjang softskil maupun skill lainnya bagi para anggota masyarakat sehingga nantinya dapat diperoleh kemampuan yang memadai dalam menyelesaikan masalah.
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by NURFIKRI MUHARRAM -
saya rasa satu-satunya jalan agar kualitas SDM di sebuah wilayah bisa meningkat adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikan mereka. tidak ada jalan lain selain itu
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by SITI MAS'ULAH -
kalau menurut saya salah satu cara dalam meningkatkan kualitas SDM yaitu dengan melalui peningkatan skill dan keahlian setiap masyarakat. yaitu dapat berupa pemberian workshop maupun pelatihan - pelatihan langsung kepada masyarakat. karena dengan berbekal skill dan keahlian tersebut masyarakat akan terdorong untuk mengembangkan kewirausahaan sosial berdasarkan skill masing - masing yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakt individu maupun kelompok.
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by HAFIDZHA AL-FAISA MANDHAPUTRI -
meningkatkan kualitas SDM bisa dilakukan berbagai cara, seperti dari pendidikan, pelatihan, pengembangan individu, memberikan penghargaan, memberikan kesempatan, dan tidak lupa juga fasilitas yang memadai untujk menunjang peningkatan kuliatas SDM itu sendiri
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by Audrey Yuza Azzahra -
Menurut saya dengan mengadakan suatu pelatihan yang dibutuhkan oleh masyarakat tersebut
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by DZAKIYATUL FIKRIYYAH -
Saya setuju dengan pendapat teman-teman yang sudah dipaparkan, bahwasannya memang dengan mengadakan pelatihan dan penyuluhan kepada masyarakat. Bahkan saat ini banyak course atau pelatihan yang dibuat oleh pemerintah gratis seperti digital talent dari Kominfo. Untuk mempermudah proses pelatihan ini tentu perlu adanya kontribusi dari berbagai stakeholder untuk memumpuni dan memfasilitasi pelatihan yang diadakan. Memberikan penghargaan seperti sertifikat dan pembinaan yang berkelanjutan.
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by SITI NUR HALIMAH -
Cara meningkatkan kualitas SDM yaitu mengadakan beragam pelatihan guna mengasah skill nya, membangun kerja sama tim yang baik dll
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by LAILA NUR SAFITRI -
Melakukan pelatihan dan pemberdayaan masyarakat intinya sperti itu
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by Eka Yunita -
Eka Yunita
PM050402
Institut Pertanian Bogor (IPB)

cara untuk meningkatkan kualitas SDM agar berkualitas dan berdaya saing antara lain melalui jalur pendidikan, pelatihan, dan pengembangan karier.
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by SITI ARIFAH -
upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat juga dilakukan dengan cara yang lain, yaitu :
1. Meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia
2. Menambah lapangan kerja yang memadai
3. Peningkatan perekonomian Indonesia
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by NOVIYARTI NOVIYARTI -
dengan cara mencari pemebelajaran baik di dalam maupun diluar instansi pendidikan
In reply to NOVIYARTI NOVIYARTI

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by MUHAMAD ZAKARIA -
Cara meningkatkan kualitas SDM menurut saya bisa dimulai dengan mengidentifikasi potensi dan kelebihan yang ada pada individu. Selanjutnya dapat diarahkan dan diberi pelatihan untuk mengembangkan kualitas SDM tersebut. Dengan meningkatnya kualitas SDM sangat berpengaruh dalam kemajuan suatu bangsa.
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by SALSABILA DWISTIKA LESTARI -
Tingkat pendidikan tentunya akan berpengaruh kepada kualitas SDM. Artinya jika kualitas pendidikan itu semakin baik maka akan menghasilkan SDM yang berkualitas, begitu juga sebaliknya.
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by AFIFAH RIZKI ADILIA -
Cara untuk meningkatkan kualitas SDM bisa dengan pelatihan softskill dan hardskill
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by RAYHAN PRIMARRESTU SUPRIYONO -
hal yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas sdm adalah dengan pendidikan. pendidikan adalah tolak ukur kemajuan sebuah bangsa. menurut saya, dengan pendidikan yang baik dan kerjasama stake holder yang ada, kemajuan sdm bisa dicapai
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by GREVITA WINDYANA -
Menurut saya sumber daya manusia adalah suatu proses mendayagunakan manusia sebagai tenaga kerja secara manusiawi, agar potensi fisik dan psikis yang dimilikinya berfungsi maksimal bagi pencapaian tujuan organisasi. Sumber daya manusia yang berkualitas sangat dibutuhkan dalam mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya.
Dalam upaya peningkatan sumber daya manusia, segala sesuatunya dapat dimulai dari diri sendiri, sebagai generasi muda hanya bisa melakukan kewajiban sekaligus hak kita untuk belajar. Peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia juga sangat berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia. Untuk itu upaya peningkatan kualitas pendidikan harus dilakukan sebagai langkah menuju terciptanya generasi emas sebagai sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan itu dapat meningkatkan taraf sumber daya manusia Indonesia didalam kompetisi tenaga kerja di masa globalisasi sekarang ini. Selain itu, kita juga harus bersikap lebih peduli dan kritis terhadap segala sesuatu yang terjadi pada dunia sekitar kita.
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by ENDANG SANTI HASIBUAN -
Dimulai dari diri sendiri, pahami kekurangan dan kelebihan yang ada dalam diri sendiri Dan mampu menyesuaikan posisi Kita dimana pun Kita berada
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by ALFIAN EKY PRAMESTA -
Pelatihan atau Training
Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pekerja atau karyawan di perusahaan perlu dilatih atau diikutkan training. Tujuannya adalah untuk mengembangkan individu dalam hal meningkatkan keterampilan, kemampuan, serta sikap yang dimiliki. Perusahaan akan tidak mudah untuk berkembang ketika karyawannya tidak memiliki minat atau tidak mempunyai keterampilan secara khusus. Melalui pelatihan atau training yang diadakan, perusahaan dapat menggali potensi karyawannya. Setiap perusahaan biasanya akan menerapkan suatu pelatihan atau training khusus, dengan tujuan agar kualitas karyawannya meningkat.
In reply to Estetika Hasna Nurhaliza

Re: Cara meningkatkan kualiats SDM

by ARIEF AIDIL FIKRI -
Menurut saya, meningkatkan kualitas SDM ada berbagai cara yang dapat dilakukan, misalnya melakukan pelatihan dan edukasi kepada masyarakat dalam menghadapi permasalahan permasalahan yang dihadapi mereka guna masyarakat memiliki kemampuan untuk menganalisis nya agar mencapai tujuannya.