Forum Diskusi 2: Komunikasi

Pertanyaan tentang gaya berkomunikasi

Pertanyaan tentang gaya berkomunikasi

by AULIA RAHMAWATI -
Number of replies: 2

Jika kita sedang berkomunikasi setiap orang mempunyai gaya berbicara yang berbeda beda. kadang ada orang yang berbicara dengan nada tinggi padahal orang yang berbicara tersebut bukan bermasud memarahi atau memaki maki karena memang gaya berbicaranya seperti itu. Nah untuk lawan berbicaranya agar tidak merasa tersinggung apa yang harus sipembicara lakukan? 

In reply to AULIA RAHMAWATI

Re: Pertanyaan tentang gaya berkomunikasi

by NAZIFPRI ETRARIADI -
Gaya berbicara seseorang, dipengaruhi oleh berbagai faktor, contohnya adalah faktor keluarga, masyarakat, religiusitas, adat istiadat, dll.

Di Indonesia, adat istiadat menjadi salah satu faktor yang berpengaruh besar dalam berkomunikasi.
Dari saya, kita harus memahami terlebih dahulu latar belakang lawan bicara, dengan mengetahui latar belakangnya, meskipun kita berbicara dengan lawan bicara dengan nada yang keras, kita hanya menghindari kalimat-kalimat yang harus dihindari atau kata-kata kasar yang tidak diperbolehkan dalam berkomunikasi.

Saya rasa, hal ini bisa meminimalisir ketersinggungan dengan lawan bicara, meski nada bicaranya tinggi.
In reply to AULIA RAHMAWATI

Re: Pertanyaan tentang gaya berkomunikasi

by Shierly Sephiani -
PM160516 - Shierly Sephiani (Universitas Brawijaya)

Benar, setiap orang memiliki gaya bicara yang berbeda, terutama dari segi intonasi. Hal tersebut tidak dapat terelakkan karena memang bawaan secara alamiah seperti keturunan, budaya, dsb sehingga kita harus menghargai perbedaan tersebut. Meskipun demikian, kita sebagai pembicara juga harus menyesuaikan dengan lingkungan kita berada. Gunakan bahasa dan nada bicara yang sopan agar tidak menyinggung lawan bicara. Hal ini karena seharusnya kita bisa mengontrol apa yang akan kita keluarkan dari mulut kita. Dengan demikian, kita sebagai pembicara memegang peranan penting dalam berkomunikasi yang baik dan benar.