Forum Diskusi 2: Komunikasi

Membangun Komunikasi dengan Disabilitas

Membangun Komunikasi dengan Disabilitas

by DINA MILA PRASASTI -
Number of replies: 0

Secara umum, disabilitas adalah ketidakmampuan seseorang untuk melakukan suatu aktivitas tertentu. Seperti Disabilitas Fisik, Disabilitas Sensorik, Disabilitas Intelektual, dan Disabilitas Mental. Dalam forum ini, saya membahas lebih jauh mengenai Disabilitas Fisik.

Disabilitas Fisik, terjadi dimana fungsi gerak anggota tubuh terganggu, seperti gangguan gerak tidak dapat berjalan. Hal tersebut dapat dikarenakan gen, ataupun kondisi" tertentu seperti contohnya kecelakaan. Hal tersebut, membuat penyandang disabilitas fisik memerlukan alat bantu untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Sebagai contohnya Penyandang Disabilitas Lumpuh Kaki, mungkin ia akan memerlukan bantuan Kursi Roda untuk membantu ia dapat melakukan kegiatan sehari-hari.

Membangun Komunikasi dengan Pendandang Disabilitas seperti contoh diatas bukanlah hal yang mudah. Karena mungkin masih ada beberapa orang beranggapan bahwa mereka adalah orang yang berbeda di masyarakat. Padahal kenyataannya,mereka adalah masyarakat juga pada umumnya, yang melakukan aktivitas seperti biasanya, hanya saja memerlukan alat bantu. Salah satu upaya komunikasi dengan penyandang disabilitas tersebut adalah dengan cara pendekatan personal, sehingga kita dapat mengetahui hal-hal yang mungkin ingin mereka ungapkan, dan meminimalisir perkataan kita yang akan membuat mereka kurang nyaman menjalin komunikasi dengan kita.

Mungkin ada upaya lain selain hal tersebut? silahkan temen-temen dapat diskusi di kolom komentar^^