Forum Diskusi

Pemaparan Kelompok 4

Pemaparan Kelompok 4

by putri aurelia shaquilla -
Number of replies: 2

Selamat malam Pak Edi, saya Putri Aurelia Shaquilla (21025010214) perwakilan dari kelompok 4 izin memaparkan hasil analisis topografi jendela langit

  1. Lokasi jendela langit yang telah kami amati melalui peta kontur memiliki ketinggian paling tinggi 1218 mdpl dan ketinggian paling rendah 1158 mdpl. Terlihat bahwa semakin tinggi ketinggian semakin tidak curam.
  2. Jendela langit memiliki presentase kemiringan sebesar 8% termasuk kedalam kelas kemiringan lereng 1 (datar), kemiringan 15% termasuk kelas kemiringan lereng 2 (landai), kemiringan 25% termasuk dalam kelas kemiringan lereng 3 (sedikit curam), dan kemiringan 45% termasuk ke dalam kelas kemiringan 4 (curam)
  3. Hasil pengamatan dari peta tata guna lahan terlihat bahwa jendela langit memiliki 2 macam tutupan lahan yakni Semak belukar dan ladang

berikut peta saya lampirkan 

 

In reply to putri aurelia shaquilla

Re: Pemaparan Kelompok 4

by putri aurelia shaquilla -

Berikut powerpoint kelompok 4 terkait analisa topografi jendela langit 

In reply to putri aurelia shaquilla

Re: Pemaparan Kelompok 4

by Hidayatul Wafiqah -
Nama : Hidayatul Wafiqah
NPM : 21025010208

Izin menambahkan pemaparan mengenai peta kontur dari Jendela Langit. Seperti yang kita ketahui bahwa peta tersebut menggambarkan relief permukaan bumi. Relief adalah perbedaan tinggi rendahnya permukaan bumi. Dalam peta topografi, relief digambar menggunakan garis kontur elevasi (ketinggian).

Analisis topografi dilakukan untuk memberikan pemahaman umum mengenai areal, bidang lahan dan variasi permukaan lahan (terrain). Nilai ketinggian sesuai tertera pada garis kontur mulai dari terluar sampai terdalam berturut-turut adalah 1158 m, 1161 m, 1164 m, 1167 m, dan 1170 m hingga pada ketinggian paling tinggi 1218 m. Dari nilai tersebut, kita ketahui bahwa beda ketinggian antara dua garis kontur yang berdekatan yakni 3 meter, dengan interval juga dibuat tetap antar garis kontur tersebut yakni 3 meter. Selain itu, garis kontur yang rapat pada peta topografi menunjukkan daerah yang terjal sedangkan garis kontur yang renggang menunjukkan daerah yang landai.