Forum Diskusi

Pemaparan Kelompok 2

Pemaparan Kelompok 2

by FRYAN KRISNAYA GUMILANG -
Number of replies: 7

Bentang lahan Wisata Jendela Langit yang berada di kaki Gunung Arjuno di daerah Kecamatan Prigen, Pasuruan mencakup ragam elemen geografis dan ekologis yang menarik. Wilayah ini terletak di lereng gunung yang memuncak pada ketinggian sekitar 3.339 Mdpl. Dengan topografi yang beragam, terdapat dataran rendah, bukit, dan lembah yang menyajikan panorama alam yang menakjubkan.

In reply to FRYAN KRISNAYA GUMILANG

Re: Pemaparan Kelompok 2

by AULIA RIZKA SEPTYANTI -
Nama : Aulia Rizka Septyanti
NPM : 21025010069
Geomorfologi adalah ilmu yang mempelajari karakteristik dan pembentukan bentuk-bentuk daratan serta mengamati bagaimana proses-proses alam memengaruhi penciptaan bentuk tersebut. Untuk melakukan analisis yang tepat terhadap morfologi suatu wilayah, pendekatan yang cocok adalah dengan mempertimbangkan variasi bentuk daratan, sehingga klasifikasi bentang alam akan lebih efektif jika didasarkan pada komponen-komponen bentuk daratan yang membangunnya.

Prigen, sebagai bagian dari Kabupaten Pasuruan, memiliki pasokan air yang melimpah. Wilayah ini terletak di lereng Gunung Welirang dan Gunung Arjuno, dengan variasi tingkat kemiringan lahan yang bervariasi dari bergelombang (4 -15 derajat) hingga sangat curam (> 40 derajat).
In reply to AULIA RIZKA SEPTYANTI

Re: Pemaparan Kelompok 2

by GIDEON VICTORIO FIRDAUS -
Nama : Gideon Victorio Firdaus
NPM : 21025010028

Topik yang akan kami bahas yaitu menganalisis ragam bentang alam dari suatu wilayah yang terletak di lereng pegunungan, yaitu Jendela Langit di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, mengidentifikasi pola aliran sungai yang ada, serta mengevaluasi topografi berdasarkan informasi yang tersedia dalam peta yang telah disusun. Sehingga hasil yang akan didapatkan berupa hasil analisis bentang alam, jenis pola aliran sungai, analisis topografi dikawasan Jendela Langit
In reply to GIDEON VICTORIO FIRDAUS

Re: Pemaparan Kelompok 2

by Amanda Nur Fitria Ningrum -
Nama: Amanda Nur Fitria Ningrum
NPM: 21025010071
Lahan di Jendela Langit yang berada di ketinggian 1.200 Mdpl Hidrosfer di daerah Jendela Langit mencakup sungai-sungai kecil, mata air, dan hutan yang menjaga keseimbangan ekosistem air. Biosfer di lereng Gunung Arjuno menampilkan keanekaragaman hayati yang tinggi. Hutan tropis menyediakan habitat bagi berbagai spesies tumbuhan dan hewan, termasuk beberapa yang endemik. Dapat diketahui dari peta topografi bahwa kawasan Jendela Langit terbagi menjadi 5 daerah dengan kelerangan yang berbeda, yaitu datar, landai, agak curam, dan curam. Hal ini karena daerah Jendela Langit terletak di lereng Gunung Arjuno.
In reply to Amanda Nur Fitria Ningrum

Re: Pemaparan Kelompok 2

by ZUMROTUN YOGI NOVIANA -
Nama: Zumrotun Yogi Noviana
NPM: 21025010087

Pola aliran sungai di Daerah Aliran Sungai (DAS) di Jendela Langit, Prigen dapat dikategorikan sebagai pola corak bulu burung. Istilah "bulu burung" dipakai karena tata letak cabang-cabang sungainya menyerupai struktur tulang-tulang dari bulu burung. Anak sungai langsung mengalir ke sungai utama. Ketika terjadi curah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi, debit air dari sungai menyebabkan wilayah-wilayah di daerah Jendela Langit, Prigen mengalami genangan yang signifikan.
In reply to ZUMROTUN YOGI NOVIANA

Re: Pemaparan Kelompok 2

by NOFIA WAHYU PUSPITA -
Nama : Nofia Wahyu Puspita
NPM : 21025010097

Dari Interpretasi peta dapat diketahui bahwa Pola aliran sungai Jendela Langit daerah Kecamatan Prigen relatif tetap dengan pola aliran sungai didominasi oleh pola aliran dendritik yaitu sungai dan anak sungai utama saling tegak lurus bermuara pada sungai-sungai utama atau langsung bermuara ke laut. Bentuk rangkaian aliran sungainya mirip ranting pohon dimana anak sungai yang bentuknya tidak teratur atau melengkung akhirnya menyatu pada sungai utama dengan sudut yang tajam dan searah dengan alirannya. Pola aliran ini mencerminkan kondisi fisik daerahnya berupa material kedap air dan teksturnya relatif halus. Adapun pola aliran sungai Prigen disajikan pada gambar peta DAS Prigen.
In reply to NOFIA WAHYU PUSPITA

Re: Pemaparan Kelompok 2

by RAHMAT HIDAYAT -
Rahmat Hidayat (21025010015)

Kesimpulan dari kelompok kami yaitu Bentang lahan Wisata Jendela Langit yang berada di kaki Gunung Arjuno di daerah Kecamatan Prigen, Pasuruan mencakup ragam elemen geografis dan ekologis yang menarik. Wilayah ini terletak di lereng
gunung yang memuncak pada ketinggian sekitar 3.339 Mdpl. Dengan
topografi yang beragam, terdapat dataran rendah, bukit, dan lembah
yang menyajikan panorama alam yang menakjubkan. Prigen merupakan
salah satu kecamatan di Kabupaten Pasuruan yang memiliki sumber air
melimpah. Pola aliran Sungai Jendela Langit daerah Kecamatan Prigen
relatif tetap dengan pola aliran sungai didominasi oleh pola aliran
dendritik yaitu sungai dan anak sungai utama saling tegak lurus
bermuara pada sungai-sungai utama atau langsung bermuara ke laut.