Forum Diskusi Pertemuan 7

Protokol komunikasi IoT

Protokol komunikasi IoT

by SHAFIRA AUREL AZZAHRA -
Number of replies: 3

Protokol komunikasi IoT adalah peran kunci dalam mendukung konektivitas dan pertukaran data antar perangkat. Beberapa protokol komunikasi IoT umum digunakan MQTT, CoAP, HTTP/HTTPS, DDS, AMQP, BLE, LoRaWAN .

Bagaimana protokol berforma dalam hal keamanan ?

In reply to SHAFIRA AUREL AZZAHRA

Re: Protokol komunikasi IoT

by ANDI WIBOWO -
Protokol Pesan Kontrol Internet (ICMP) adalah rangkaian aturan komunikasi yang digunakan perangkat untuk mengomunikasikan kesalahan transmisi data dalam jaringan. Terkair keamanan
Keamanan jaringan Anda dapat menggunakan ICMP untuk mendeteksi lalu lintas jaringan yang tidak sah dan hanya akan mengizinkan lalu lintas yang sah melalui jaringan. Firewall menggunakan ICMP untuk mengizinkan atau memblokir tipe lalu lintas tertentu. Administrator jaringan juga menggunakan alat pemantauan ICMP untuk melacak status dan konektivitas perangkat jaringan serta mendeteksi perangkat yang tidak dikenal.


Bagaimana cara kerja ICMP?
In reply to ANDI WIBOWO

Re: Protokol komunikasi IoT

by RENDY PAHLEVI RAMADHANI -
Protokol Pesan Kontrol Internet (ICMP) biasanya bekerja bersama protokol jaringan lain seperti TCP/IP atau Protokol Datagram Pengguna (UDP). Host dan router bertukar pesan ICMP atau paket ICMP ketika peristiwa jaringan tertentu terjadi.

Paket ICMP terdiri dari header paket ICMP dan bagian data ICMP.

Header paket ICMP
Header ICMP berisi informasi tentang tipe paket, kodenya, checksum, dan pengidentifikasi. Ketika paket ICMP dikirim, penerima pesan membaca informasi header. Tindakan yang tepat akan dijalankan berdasarkan tipe paket.

Misalnya, jika tipenya adalah permintaan echo, penerima akan mengirimkan balasan echo dengan data yang sama. Jika tipenya adalah tujuan yang tidak dapat dijangkau, penerima akan membalas dengan pesan tujuan yang tidak dapat dijangkau.
In reply to SHAFIRA AUREL AZZAHRA

Re: Protokol komunikasi IoT

by MAYANG SYAFITRI -
Protokol IoT seperti MQTT, CoAP, HTTP/HTTPS, DDS, AMQP, BLE, dan LoRaWAN memiliki keamanan yang berbeda-beda. MQTT, CoAP, dan AMQP adalah protokol yang dirancang untuk mengirim pesan antar perangkat IoT. MQTT dan CoAP menggunakan protokol TCP/IP, sedangkan AMQP menggunakan protokol TCP. MQTT dan CoAP menggunakan enkripsi TLS/SSL untuk mengamankan pesan yang dikirim, sedangkan AMQP menggunakan SASL. HTTP/HTTPS adalah protokol yang digunakan untuk mengakses sumber daya di web. HTTPS menggunakan enkripsi SSL/TLS untuk mengamankan koneksi antara klien dan server. DDS adalah protokol yang dirancang untuk mengirim data secara real-time antar perangkat IoT. DDS menggunakan enkripsi TLS/SSL untuk mengamankan pesan yang dikirim. BLE adalah protokol yang dirancang untuk mengirim data secara nirkabel antar perangkat IoT yang berdekatan. BLE menggunakan enkripsi AES-CCM untuk mengamankan pesan yang dikirim. LoRaWAN adalah protokol yang dirancang untuk mengirim data jarak jauh antar perangkat IoT. LoRaWAN menggunakan enkripsi AES-128 untuk mengamankan pesan yang dikirim.