Forum Diskusi 2: Komunikasi

komunikasi adalah

komunikasi adalah

by MASRUROH MASRUROH -
Number of replies: 3

Menurut Richard L. Weafer II, komunikasi merupakan setiap proses pertukaran informasi, gagasan, dan perasaan. Komunikasi merupakan hubungan antar manusia satu sama lainnya yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dimanapun berada, seperti di dalam rumah tangga, ditempat kerja dan dimanapun manusia berada. Komunikasi memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, baik secara individu maupun kelompok.

Komunikasi merupakan sifat alami manusia sebagai makhluk sosial dan dapat terpenuhi. Ketika terdapat dua orang yang sedang melakukan interaksi dan kemudian melakukan tindakan aksi dan reaksi, maka tindakan tersebut dapat dikatakan sebagai tindakan komunikasi. Dengan melakukan komunikasi, seseorang dapat memenuhi kebutuhan emosionalnya dan dapat meningkatkan kesehatan mental, dalam berkomunikasi kita dapat belajar mengenai rasa, mengenai makna cinta, kasih sayang, rasa simpati, dan hal lainnya yang kita dapat dari lawan bicara kita.

In reply to MASRUROH MASRUROH

Re: komunikasi adalah

by JOSEPH CHRISTOPER .H -
Jika dari Wikipedia
Komunikasi adalah "suatu proses ketika seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain".[1] Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.[butuh rujukan] Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik tubuh atau menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, dan mengangkat bahu.[butuh rujukan] Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal. Komunikasi menurut para ahli di antaranya seperti yang disebutkan oleh Anwar Arifin. Menurutnya arti komunikasi adalah jenis proses sosial yang erat kaitannya dengan aktivitas manusia serta sarat akan pesan maupun perilaku.
In reply to MASRUROH MASRUROH

Re: komunikasi adalah

by DIAN WIDDYASTUTIK -
Komunikasi adalah pemberitahuan sesuatu (pesan) dari satu pihak ke pihak lain dengan menggunakan suatu media. Komunikasi dilakukan oleh pihak yang memberitahukan (komunikator) kepada pihak penerima (komunikan). Komunikasi efektif tejadi apabila sesuatu (pesan) yang diberitahukan komunikator dapat diterima dengan baik atau sama oleh komunikan, sehingga tidak terjadi salah persepsi.
In reply to MASRUROH MASRUROH

Re: komunikasi adalah

by ISNAINI ROHMAH ADININGSIH -
Izin menambahkan, komunikasi adalah penyampaian informasi, gagasan atau pesan dari satu tempat ke tempat lain dengan tujuan untuk menjalin komunikasi dengan baik. Komunikasi itu suatu transaksi, proses simbolik yang menghendaki orang-orang mengatur lingkungan, membangun hubungan antar sesama manusia, melalui pertukaran informasi untuk menguatkan sikap dan tingkah laku orang lain serta berusaha mengubah sikap orang lain.