DISKUSIKAN TUGAS KELOMPOK PADA PERTEMUAN KE 9

Pertanyaan kelompok 4 ke kelompok 5 Kelas 3B

Pertanyaan kelompok 4 ke kelompok 5 Kelas 3B

by ARIEL AHMAD ATTARULLAH BRIYANTO -
Number of replies: 2
  1. Ariel Ahmad Attarullah Briyanto (22201032050), Bagaimana pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari nematoda dalam tanah? Di dalam slide hanya tertera untuk pengendaliannya saja tapi tidak dengan pencegahannya. 
  2. Ahmad zainuddin maulana (22201032052), Bagaimana cara mengatasi pathogen yang hidupnya di dalam tanaman yang memiliki iklim cuaca panas atau pun dingin? apakah memiliki perbedaan?
  3. Fathia Alin Ramadhini (22201032054), Apa yang di lakukan agar tanah sehat dan tanah tidak terkena kontaminasi?
In reply to ARIEL AHMAD ATTARULLAH BRIYANTO

Re: Pertanyaan kelompok 4 ke kelompok 5 Kelas 3B

by DISTIA NADHIFA AMALIA -
Saya Distia Nadhifa Amalia NPM 22201032055 akan menjawab pertanyaan dari kelompok 4 yaitu Fathia Alin: Apa yang dilakukan agar tanah sehat dan tanah tidak terkena kontaminasi nematoda puru akar?

Jawaban:

Untuk menjaga tanah tetap sehat dan mencegah kontaminasi nematoda puru akar pada tanaman seledri, beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah dengan:
1. Melakukan rotasi tanaman, melakukan pergantian tanaman seledri dengan jenis tanaman lain untuk mengganggu siklus hidup nematoda puru akar yang mungkin ada di tanah.
2. Menggunakan pupuk organik, pupuk organik seperti kompos digunakan untuk memperkuat tanah karena dapat meningkatkan kesuburan tanah dan membantu tanaman seledri menjadi lebih tahan terhadap serangan nematoda.
3. Memusnahkan sisa tanaman, memastikan untuk selalu membersihkan sisa-sisa tanaman seledri secara menyeluruh setelah panen selesai untuk mengurangi kemungkinan nematoda berkembang biak.
4. Menggunakan tanaman perangkap, menggunakan tanaman perangkap seperti marigold atau kacang-kacangan sebagai tanaman pendamping di sekitar seledri. Tanaman ini bisa menarik nematoda dan membantu mengurangi populasi mereka.
5. Menerapkan praktik kultur jaringan, menerapkan praktik kultur jaringan dengan menggunakan bakteri atau jamur yang bersifat patogenik terhadap nematoda puru akar sehingga dapat membantu mengendalikan populasi nematoda pada tanaman seledri.
6. Mengelola tanah dengan baik, memastikan tanah memiliki drainase yang baik, serta menjaga keseimbangan nutrisi dan pH tanah untuk membantu tanaman seledri menjadi lebih tahan terhadap serangan nematoda.
In reply to ARIEL AHMAD ATTARULLAH BRIYANTO

Re: Pertanyaan kelompok 4 ke kelompok 5 Kelas 3B

by MUHAMMAD IQBAL FIRGIANTO -
Saya Muhammad Iqbal Firgianto (22201032058) akan menjawab pertanyaan nomor 1 dari kelompok 4 yaitu: Bagaimana pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari nematoda di dalam tanah?

Jawaban:
Beberapa langkah pencegahan untuk menghindari nematoda dalam tanah meliputi:

1. Melakukan rotasi tanaman untuk mengurangi kepadatan populasi nematoda di dalam tanah atau memutus siklus hidup nematoda.
2. Secara kultur teknis, serangan nematoda dapat dicegah dengan membuat parit barrier atau penghalang berupa parit, untuk mencegah penyebaran nematoda.
3. Secara Biologi atau hayati dengan memanfaatkan musuh alami nematoda, seperti jamur dan bakteri, untuk mengendalikan populasi nematoda.
4. Secara kimiawi, pencegahan dilakukan dengan menggunakan beberapa nematisida yang disarankan.