DISKUSIKAN TUGAS KELOMPOK PADA PERTEMUAN KE 9

Pwrtanyaan untuk kel. 5 dari kelompok 4

Pwrtanyaan untuk kel. 5 dari kelompok 4

by SILVY PUTRI NUR KARTIKA -
Number of replies: 1

Silvy putri / 22201032053

Bagaimana cara menjaga keseimbangan nutrisi pada tanah agar tidak menyababkan penyakit puru

In reply to SILVY PUTRI NUR KARTIKA

Re: Pwrtanyaan untuk kel. 5 dari kelompok 4

by SOVIA OKTAFIONI -
Saya Sovia Oktafioni (22201032056), menjawab pertanyaan dari Silvy Putri

Ada beberapa cara untuk dapat menjaga keseimbangan nutrisi pada tanah agar tidak menyebabkan munculnya penyakit puru akar pada tanaman seledri, diantaranya yaitu:
1.Melakukan Pemupukan
Dalam hal ini dilakukan dengan cara menambah unsur hara atau mineral yang terkandung di dalam tanah. Dalam melakukan pemupukan sebaiknya menggunakan bahan-bahan yang organik, seperti pupuk kompos maupun pupuk hijau. Selain itu, melakukan pemupukan terhadap tanah juga dapat membantu tanah tersebut dalam memperbaiki struktur tanah, sehingga tanaman yang ditanam dapat tumbuh secara optimal dan meminimalisir munculnya penyakit puru akar pada tanaman seledri.
2. Melakukan Pengolahan Tanah
Pengolahan terhadap tanah menjadi salah satu langkah yang harus dilakukan jika tanah yang ada sudah mulai kehilangan kesuburannya karena sudah lama tidak digunakan dalam kegiatan bercocok tanam. Melakukan pengolahan tanah bisa dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya adalah dengan menggemburkan tanah menggunakan cangkul maupun sekop. Melakukan penggemburan tanah sendiri bertujuan dalam memperbaiki struktur serta tekstur yang dimiliki oleh tanah, agar kondisi tanah bisa digunakan kembali dalam menampung air serta unsur hara secara optimal. Dengan membaiknya struktur tanah maka dapat meminimalisir munculnya penyakit puru akar pada tanaman seledri.
3. Rotasi tanaman
Jika tanah hanya ditanami satu jenis tanaman secara terus menerus, maka tanah tersebut akan mengalami kejenuhan dan kandungan unsur hara atau mineral yang terdapat di dalam tanah tentunya akan terus berkurang. Rotasi tanaman dilakukan untuk dapat mencegah penumpukan patogen tanah yang dapat menyebabkan penyakit puru akar pada tanaman seledri. Sebaiknya dihindari untuk melakukan penanaman seledri di tempat yang sama secara berurutan. Hal ini dilakukan untuk menghindari munculnya penyakit puru akar pada tanaman seledri.