Forum Diskusi 2: Komunikasi

Komunikasi

Komunikasi

by RISMA RAHATUNINGTYAS -
Number of replies: 1

Salah satu dari ciri komunikasi adalah konsep hubungan. 1. Komunikasi Antar Pribadi (Interpersonal Communication) merupakan komunikasi yang dilakukan antara orangorang secara langsung atau tatap muka. 2. Komunikasi Lintas Budaya (Intercultural / Cross-Cultural Communication) merupakan komunikasi dimana komunikatornya memiliki perbedaan latar belakang. 3. Komunikasi Bisnis (Business Communication) komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi yang memiliki tujuan tertentu. Dalam berkomunikasi diperlukan proses pertukaran pikiran dan makna antara orangorang berbeda yang tujuannya adalah untuk menyesuaikan latar belakang dari komunikator menjadi setara dengan lawan bicara. Penggunaan komunikasi yang efektif memiliki beberapa manfaat diantaranya:
1. Pemecahan masalah menjadi lebih cepat
2. Keputusan yang diambil lebih kuat
3. Meningkatkan produktifitas
4. Hubungan bisnis menjadi lebih kuat
5. Arus kerja lebih siap dan efektif
6. Meningkatkan citra professional
7. Materi lebih jelas
8. Meningkatkan tanggapan stakeholders

In reply to RISMA RAHATUNINGTYAS

Re: Komunikasi

by Nuria Dwi Anggarwati -
Berdasarkan media penyampaiannya, komunikasi dibedakan menjadi komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal. Berikut penjelasannya:

Komunikasi verbal
Komunikasi verbal adalah komunikasi yang menggunakan bahasa dalam bentuk lisan untuk bertukar informasi. Contoh komunikasi verbal adalah berbincang tatap muka, berbincang melalui telepon, pengumaman menggunakan pengeras suara, hingga pidato.

Komunikasi nonverbal
Komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang menggunakan bahasa dalam bentuk bukan lisan. Contoh komunikasi nonverbal adalah komunikasi melalui tulisan seperti surat-menyurat, membaca buku, koran, juga website.

Bahasa isyarat juga merupakan bentuk komunikasi nonverbal karena tidak menggunakan lisan melainkan isyarat tubuh.