Forum Diskusi 5: Pemahaman Manajemen Resiko

definisi manajemen resiko

definisi manajemen resiko

by ROBBY JUAN RUMOPA -
Number of replies: 8

Manajemen risiko adalah suatu pendekatan terstruktur/metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman; suatu rangkaian aktivitas manusia termasuk: Penilaian risiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya dan mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan/pengelolaan sumberdaya

In reply to ROBBY JUAN RUMOPA

Re: definisi manajemen resiko

by ATIKA SHINTA NAQIRIZIYANI -
atika shinta naqiriziyani
Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Manajemen risiko adalah segala proses kegiatan yang dilakukan semata untuk meminimalkan bahkan mencegah terjadinya risiko perusahaan. Di dalamnya ada kegiatan identifikasi, perencanaan, strategi, tindakan, pengawasan dan evaluasi terhadap hal-hal negatif yang kemungkinan akan menimpa usaha.
In reply to ATIKA SHINTA NAQIRIZIYANI

Re: definisi manajemen resiko

by SAOKI FIRDAUS -
izin menambahkan, Risiko diklasifikasikan menjadi dua oleh Mamduh Hanafi (2009), yaitu: risiko murni dan risiko spekulatif. Pure risks atau biasa disebut risiko murni merupakan risiko di mana kemungkinan kerugian ada tetapi kemungkinan keuntungan tidak ada. Contoh: kebakaran, kecelakaan, kebanjiran, dan lain-lain. Sedangkan risiko spekulatif merupakan risiko di mana kita mengharapkan terjadinya kerugian dan juga keuntungan. Contoh: membeli saham, usaha bisnis, dan lain lain.
In reply to ROBBY JUAN RUMOPA

Re: definisi manajemen resiko

by PEBRIYANSAH SAPUTRA -
Manajemen risiko adalah proses mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi, mengendalikan, dan berusaha menghindari, meminimalkan, atau bahkan menghilangkan risiko yang tidak dapat diterima.
In reply to ROBBY JUAN RUMOPA

Re: definisi manajemen resiko

by Ahmad Ghozali -
Secara sederhana manajemen resiko adalah segala upaya yang dilakukan untuk meminimalisir terjadinya resiko dalam kegiatan.
In reply to ROBBY JUAN RUMOPA

Re: definisi manajemen resiko

by SITI ARIFAH -
izin menanggapi, Manajemen risiko adalah proses kegiatan dalam menganalisa segala bentuk risiko dan meminimalisir untuk melindungi perusahaan dari ancaman risiko yang dapat membahayakan dan merugikan perusahaan. Manajemen risiko juga dapat membantu pembuatan kerangka kerja sehingga misi-misi perusahaan dapat berjalan dengan baik.
In reply to SITI ARIFAH

Re: definisi manajemen resiko

by NURUL ANNISA -
Nurul Annisa
Poltekesos Bandung

Manajemen risiko adalah suatu bentuk kegiatan menganalisa berbgai bentuk risiko-risiko yang akan muncul dalam suatu perusahaan, manajemen risiko ini juga sebagai bentuk kegiatan meminimalisir risiko sehingga perusahaan dapat mencapai tujuan yang diinginkan. maka perlu melihat kembali langkah-langkah dalam pencapaian tujuan, agar kiranya risiko yang muncul dapat ditangani dengan baik .
In reply to NURUL ANNISA

Re: definisi manajemen resiko

by ILMU ARUM ISTIKOMAH -
Ilmu Arum Istikomah
Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung
PM130503

Manajemen Resiko adalah sebuah proses yang ditujukan untuk menganalisa dan membentuk sebuah rencana agar dapat terhindar dari sebuah situasi tidak terduga. Manajemen resiko dapat dilakukan diawal proses kegiatan, sehingga dapat meminimalisir adanya hal-hal yang tidak diinginkan dan dapat membuat perencanaan lebih dari 1, sehingga hasilnya akan maksimal.