Ruang Kolaboratif Materi Pemecahan Masalah Melibatkan Operasi Hitung Bilangan Bulat

Inayati

Inayati

by INAYATI INAYATI -
Number of replies: 0

【Penjelasan】:

Dari pertanyaan, kita tahu bahwa:

Disebutkan bahwa dalam Lomba OSN Matematika SD ada 40 soal pilihan ganda. Bila siswa menjawab soal dengan benar maka akan mendapatkan skor 4. Bila siswa menjawab soal dengan salah maka akan diberikan skor negatif 2 (-2). Bila siswa tidak menjawab maka akan diberikan skor negatif 1 (-1). Seorang peserta disyaratkan lulus jika mendapatkan total nilai minimal 90. Kita perlu menentukan jumlah jawaban (benar, salah, atau tidak dijawab) minimal yang harus diberikan oleh peserta guna meraih nilai minimal 90.

Dari informasi ini, dapat kita buat persamaan di mana setiap jawaban benar Yes bernilai 4, setiap jawaban salah (x) bernilai -2, dan setiap jawaban tidak jawab (z) bernilai -1 serta berjumlah total soal y, x, dan z mencapai 40 soal. Variabel a adalah nilai yang diperoleh, yaitu a <= 40(dikarenakan setiap jawaban bergantung pada presentase keberhasilan

Persamaan yang harus dicari adalah jawaban benar dan jawaban salah (asumsi pertanyaan tidak terjawab tidak akan mempertahankan skor pada 90) membentuk persamaan 4y -2x=90, y + x = =<40 dan y akan bernilai 25.

【Jawaban】:

Untuk mendapatkan total nilai minimal 90, peserta harus menjawab setidaknya 25 soal dengan benar dan sisanya tidak menjawab.