Diskusi 10

Transpransi, akuntabilitas dalam monitoring penyelanggaraan pelayanan publik di birokrasi pemerintah

Transpransi, akuntabilitas dalam monitoring penyelanggaraan pelayanan publik di birokrasi pemerintah

by SALSABILA RAHMADINA -
Number of replies: 0

Untuk menganalisis transparansi dan akuntabuilitas dalam monitoring penyelenggaraan pelayan publik dibirokrasi pemerintah ada beberapa poin yang perlu dipertimbakngkan :

1. Keterbukaan Informasi : transparansi dapat terwujud dengan memastikan bahwa informasi mengenai penyelengaraan pelayanan publik termasuk prosedur, kriteria dan evaluasi kinerjanya tersedia dan mudah diakses oleh masyarakat secara luas.

2. Partisipasi Publik : meningkatkan partisipasi publik dalam proses pengambilan keputusan dan monitoring dapat meningkatkan akutanbilitas.

3. Mekanisme Pengaduan : Penting untuk memiliki mekanisme yang jelas bagi masyarakat untuk mengajukan pengaduan terkait pelayanan publik yang tidak memenuhi standar dan kualitas yang diharapkan.

4. Evaluasi Kinerja : Proses monitoring dan evaluasi secara rutin secara perlu dilakukan untuk menilai kinerja penyelenggaran pelayan publik. 

5. Saksi dan Insentif : untuk meningkatkan akutanbilitas diperlukan mekanisme saksi dan insentif yang mempengaruhi perilaku penyelenggaraan  layanan publik.

Dengan menerapkan langkah-langkah diatas dapat diharapkan terwujudnya transparansi dan akuntabilitas yang lebih baik dalam monitoring penyenggaraan pelayanan publik dibirokrasi pemerintah.