Forum Diskusi 7: Manajemen Sumber Daya

Manfaat utama Manajemen Sumber Daya Manusia adalah...

Manfaat utama Manajemen Sumber Daya Manusia adalah...

by PUTRI NURJANAH -
Number of replies: 2

Manfaat utama Manajemen Sumber Daya Manusia adalah menciptakan lingkungan kerja yang sehat, aman, dan meningkatkan kualitas diri seseorang dengan lebih baik.

In reply to PUTRI NURJANAH

Re: Manfaat utama Manajemen Sumber Daya Manusia adalah...

by NUR'AENI APRILLIA ALFAJRI -
Melakukan usaha manajemen sumber daya manusia (SDM) merupakan hal yang sangat baik dalam suatu lingkungan kerja atau proyek. Usaha manajemen SDM ini sama saja dengan melakukan pengoptimalan pada proyek atau lingkungan kerja yang dilaksanakan. Semakin baik manajemen SDM yang dilakukan. pekerjaan akan semakin optmal untuk dikerjakan, SDM yang memiliki kemampuan dan kualitas yang baik akan menghasilkan hasil pekerjaan yang luar biasa.
In reply to PUTRI NURJANAH

Re: Manfaat utama Manajemen Sumber Daya Manusia adalah...

by GUSTI AYU MADE DWI SAWITRI -
PM170901
Gusti Ayu Made Dwi Sawitri
Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung

Fungsi manajemen sumber daya manusia menurut (Arif Yusuf Hamali 2018, 6) yaitu :
1. Perencanaan
Perencanaan adalah kegiatan memperkirakan tentang keadaan tenaga kerja, agar sesuai dengan kebutuhan organisasi secara efektif dan efisien, dalam membantu terwujudnya tujuan. Perencanaan itu menetapkan program kekaryawanan ini meliputi pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, pengadaan, pengembangan, kompensasi, integrase, pemeliharaan, kedisplinan, dan pemberhentian karyawan.
2. Pengorganisasian
Pengorganisasian adalah kegiatan untuk mengatur karyawan dengan menetapkan pembagian kerja, hubungan kerja, delegasi wewenang, integrasi dan koordinasi dalam bentuk bagan organisasi.
3. Pengarahan
Pengarahan adalah kegiatan memberi petunjuk kepada karyawan, agar mau kerja sama dan bekerja efektif serta efisien dalam membantu
tercapainya tujuan organisasi. Pengarahan dilakukan oleh pemimpin yang dengan kepimimpinannya akan memberi arahan kepada karyawan agar mengerjakan semua tugasnya dengan baik.
4. Pengendalian
Pengendalian merupakan kegiatan mengendalikan karyawan agar mentaati peraturan organisasi dan bekerja sesuai dengan rencana.
5. Pengembangan
Pengembangan merupakan proses peningkatan keterampilan teknis, teoritis, konseptual, dan moral karyawan melalui pendidikan dan pelatihan.