Forum Diskusi Pertemuan 13
THERESIA ARIANI - 2022041143
Meskipun media cetak terus mengalami penurunan dalam konsumsi setiap tahunnya, saya rasa PR tidak akan benar-benar berhenti menggunakan media cetak dalam waktu dekat, meskipun peranannya mungkin akan semakin berkurang. Hal ini dilakukan untuk menjaga audiens yang tetap setia di segmen audiens tertentu, seperti kalangan profesional, senior, atau mereka yang tinggal di daerah dengan keterbatasan akses internet, yang masih mengandalkan media cetak. Selain itu, media cetak sering kali dipandang lebih kredibel oleh beberapa kalangan, karena reputasi jangka panjang dari banyak surat kabar dan majalah. Di beberapa negara atau wilayah yang belum sepenuhnya terhubung dengan internet, media cetak masih menjadi sumber utama informasi. Maka dari itu PR tidak akan benar-benar berhenti menggunakan media cetak sebagai instrumen penyampaian informasi
Meskipun media cetak terus mengalami penurunan dalam konsumsi setiap tahunnya, saya rasa PR tidak akan benar-benar berhenti menggunakan media cetak dalam waktu dekat, meskipun peranannya mungkin akan semakin berkurang. Hal ini dilakukan untuk menjaga audiens yang tetap setia di segmen audiens tertentu, seperti kalangan profesional, senior, atau mereka yang tinggal di daerah dengan keterbatasan akses internet, yang masih mengandalkan media cetak. Selain itu, media cetak sering kali dipandang lebih kredibel oleh beberapa kalangan, karena reputasi jangka panjang dari banyak surat kabar dan majalah. Di beberapa negara atau wilayah yang belum sepenuhnya terhubung dengan internet, media cetak masih menjadi sumber utama informasi. Maka dari itu PR tidak akan benar-benar berhenti menggunakan media cetak sebagai instrumen penyampaian informasi
Menurut saya, tidak. Walaupun jika ditanya lewat survei atau kuesioner dan jawabannya adalah masyarakat-masyarakat di perkotaan besar akan lebih membaca atau mengonsumsi konten PR lewat digital, tapi tidak dengan masyarakat yang ada di daerah-daerah di mana tidak semua terjangkau internet dan belum semua teredeukasi paparan media digital. Masyarakat Indonesia terlepas di manapun tempat tinggalnya pasti setidaknya pernah menjadi target PR atau produk /merek. Sehingga, untuk menjangkau masyarakat-masyarakat yang ada di daerah atau pedalaman, akan lebih efektif menggunakan media cetak.