General
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini dirancang agar mahasiswa dapat mengetahui dan memahami media-media yang dapat digunakan oleh praktisi public relation dalam membuat materi publikasi serta hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses pembuatannya. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu berpikir kritis dan kreatif dalam mengkaji fenomena dan penerapan media baru serta menganalisa berbagai studi kasus dalam lingkup penulisan public relation.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
Melalui pembelajaran mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu untuk:
1. Memilah dan membandingkan berbagai macam media public relations.
2. Menjelaskan tentang penulisan public relations, tujuan dan fungsinya dalam kegiatan public relations.
3. Memahami etika dan kaidah yang berlaku dalam berbagai jenis penulisan media public relations.
4. Merencanakan dan membuat berbagai media public relations sesuai dengan tujuan objektif dan audience-nya.
5. Membuat dan mempublikasikan melalui berbagai bentuk media public relations, setelah melalui perencanaan dan analisis situasi serta pemilihan strategi yang tepat, menggunakan teknologi terkini dan memanfaatkan media sosial.
Jenjang : | S1 |
Kredit : | 3 SKS |
Jurusan : | PJJ Ilmu Komunikasi |
Dosen Pengampu
Silvanus Alvin, S.I.Kom., M.A.
silvanus.alvin@umn.ac.id
Silvanus Alvin merupakan dosen di Universitas Multimedia Nusantara (UMN), yang memiliki ketertarikan dalam bidang komunikasi politik. Gelar S1 Ilmu Komunikasi diperoleh pada tahun 2013 di UMN dengan konsentrasi Jurnalistik. Selanjutnya, berbekal rekomendasi studi dari Wakil Presiden Jusuf Kalla dan beasiswa LPDP, gelar S2 di Media and Public Relations dari University of Leicester, Inggris diperoleh Alvin pada tahun 2018. Sebelum menjadi dosen, Silvanus Alvin menimba pengalaman sebagai wartawan di Kompas.com (2010), Detik.com (2012), dan Liputan6.com (2012-2016). Posisi terakhirnya sebagai wartawan istana dan mendapat kesempatan kunjungan kerja bersama Presiden Jokowi ke Korea Selatan dan Rusia.