Forum Diskusi Pertemuan Ke-1

Diskusi 1

Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Number of replies: 80

Silahkan Tuliskan argumen Anda berdasarkan studi kasus berikut. 

Kasus:
Di Sekolah Dasar Harmoni, seorang guru, Ibu Lisa, memperkenalkan program literasi awal kepada murid-murid kelas 2. Program ini melibatkan aktivitas membaca cerita, menulis cerita pendek, dan diskusi kelompok tentang cerita yang telah dibaca. Ibu Lisa juga menggunakan berbagai alat bantu seperti gambar dan permainan kata untuk mendukung proses belajar.

Pertanyaan:

  1. Bagaimana pendekatan Ibu Lisa dalam program literasi dapat memfasilitasi perkembangan keterampilan membaca dan menulis siswa?
  2. Apa manfaat penggunaan alat bantu seperti gambar dan permainan kata dalam proses belajar literasi untuk siswa kelas 3?
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by DESTIKA PUPUT SAGITA -
1. Pendekatan ibu lisa menggabungkan membaca, menulis, dan diskusi, yang mendukung perkembsngsn keterampilsn siswa secara menyeluruh. Kegiatan ini membantu siswa meningkatkan pemahaman teks kreativitas, dan kemampuan komunikasi
2. Alat bantu seperti gambar dan permainan kata sangat bermanfaat bagi siswa kelas 3. Membantu siswa memahami materi dengan baik dan menjadikan proses belajar lebih menarik, meningkatkan motivasi.
In reply to DESTIKA PUPUT SAGITA

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban bisa dianalisis lebih dalam lagi. Untuk pertanyaan no. 1, analisis jawaban mengacu pada dua poin yang dibahas, yakni membaca dan menulis. Sejauh mana pendekatan yang dilakukan Ibu Lisa dapat memfasilitasi membaca dan menulis siswa. Untuk pertanyaan no. 2, analisis lebih mendalam. Uraikan dengan detail, manfaat gambar itu apa dalam membantu literasi siswa dan manfaat permainan kata itu apa saja. Sertakan contoh atau ilustrasi untuk memperkuat argumen.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by SHERLINE DWININGTHYAS -
1. Pendekatan yang Ibu Lisa lakukan dengan beberapa cara seperti dengan memadukan berbagai aktivitas yang bervariasi seperti membaca dengan berdiskusi, dan menggunakan gambar sebagai pendukung visual.
2. manfaatnya seperti : dapat meningkatkan minat terhadap siswa, dan yang paling penting dapat mempermudah pemahaman siswa dalam proses belajar literasi.
In reply to SHERLINE DWININGTHYAS

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Analisis jawaban bisa lebih mendalam. Uraikan secara jelas setiap kata kunci yang dimaksud dalam soal. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat smile
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by SHERLINE DWININGTHYAS -
Revisi dari jawaban saya
1. Pendekatan yang dapat Ibu Lisa lakukan dengan melibatkan aktivitas membaca, menulis, dan berdiskusi dengan seperti contohnya;
- Membaca {dengan membaca cerita, membaca dongeng, membaca sejarah dapat membuat kemampuan siswa meningkat dalam menganalisis bacaan}.
- Menulis {dengan menulis kesimpulan dari bacaan cerita yang telat di baca dapat mengembangkan kemampuan berbahasa mereka}.
- Diskusi {dengan melakukan kerja kelompok merupakan salah satu bentuk diskusi dalam literasi yang dapat mendorong siswa untuk berinteraksi dan dapat bertukar pikiran dengan siswa lain}.

2. Manfaat penggunaan alat bantu seperti gambar dan permainan kata dalam pembelajaran literasi antara lain;
- Manfaat Gambar: Dapat membuat pembelajaran lebih menarik di mata siswa, dan Dapat mempermudah siswa dalam menangkap pembelajaran yang sedang di pelajari.
- Manfaat Permainan Kata: Dapat menumbuhkan minat baca siswa, dapat mempertajam kosakata pada siswa, dan dapat menumbuhkan kemampuan komunikasi yang bagus pada siswa}.
In reply to SHERLINE DWININGTHYAS

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban sudah cukup baik. Perjelas keterkaitan media dengan jenis literasi yang diajarkan. Sertakan contoh konkretnya. Semoga diskusi selanjutnya lebih maksimal.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by RAHMA RIZKY MEIDINA -
1. Pendekatan yang ibu lisa lakukan mengasah kreativitas siswa belajar mengekspresikan ide mereka dalam bentuk tertulis dan juga meningkatkan kelancaran membaca pada siswa
2. alat bantu visual dan permainan membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan siswa lebih termotivasi untuk berpatisipasi dalam kegiatan literasi
In reply to RAHMA RIZKY MEIDINA

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban masih umum dan analisisnya belum mendalam. Sertakan contoh/ ilustrasi untuk mendukung argumen. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat smile
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by EGGA CAHYA BEAUTY -
1. Pendekatan Ibu Lisa terhadap program literasi yang meliputi kegiatan membaca cerita, menulis cerita pendek, dan diskusi kelompok dapat mengembangkan keterampilan membaca dan menulis siswa.
2. Alat bantu seperti gambar dan permainan kata sangat bermanfaat bagi siswa kelas 3. contoh memakai alat bantu gambar bisa membantu meningkatkan imajinasi siswa dan mempermudah mereka dalam memahami konteks cerita atau kosakata baru. Dan ketika memakai contoh alat bantu permainan kata bisa membantu siswa mengembangkan keterampilan fonetik, mengenali pola kata
In reply to EGGA CAHYA BEAUTY

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban no. 1 dapat dianalisis lebih dalam lagi. Sertakan contoh aktivitasnya. Jawaban no. 2 sudah cukup baik. Jika ditambahkan contoh/ ilustrasi akan lebih mendalam. Semangat smile
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by WAHYU NUR HERMAWATI -
1. Pendekatan yang ibu lisa lakukan mengasah kreativitas siswa belajar mengekspresikan ide mereka dalam bentuk tertulis dan juga meningkatkan kelancaran membaca pada siswa
2. alat bantu visual dan permainan membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan siswa lebih termotivasi untuk berpatisipasi dalam kegiatan literasi
In reply to WAHYU NUR HERMAWATI

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Analisis belum mendalam. Pahami kembali maksud dari setiap kata kunci dalam soal. Sertakan contoh/ ilustrasi untuk mendukung argumen. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat smile
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by MARIA THERESA YULIANTI MINGGU -
1. Pendekatan Ibu Lisa yang melibatkan berbagai aktivitas seperti membaca, menulis, dan diskusi kelompok merupakan strategi yang sangat afektif dalam mengembangkan literasi siswa.
2. Manfaat dari penggunaan alat bantu seperti gambar dan permainan kata yaitu :
a. membuat pembelajaran lebih menyenangkan
b. mempermudah pemahaman konsep
c. meningkatkan daya ingat
d. mengembangkan kreativitas
In reply to MARIA THERESA YULIANTI MINGGU

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban no. 1 masih umum dan kurang mengacu pada kata kunci yang dimaksud. Jawaban no. 2 sebaiknya diperdalam analisinya. Manfaat gambar apa saja dan manfaat permainan kata apa saja. Kaitkan dengan contoh/ ilustrasi. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi smile
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by ALYA NABILA ANGELICA -
1. pendekatan bu lisa Mengajak siswa bekerja dalam kelompok untuk proyek literasi atau membaca bersama, bisa membuat mereka belajar dari satu sama lain dan mengembangkan keterampilan komunikasi serta kerja tim
2.membuat pembelajaran yang di lakukan lebih menyenangkan dan menarik bagi siswa. Ini bisa mengurangi kebosanan di kelas dan membuat mereka lebih termotivasi untuk belajar, karena aktivitasnya terasa seperti bermain, bukan sekadar belajar saja
In reply to ALYA NABILA ANGELICA

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
1. Kaitkan dengan konteks membaca dan menulis. Analisis lebih dalam.
2. Jawaban masih umum. Manfaat dari setiap media yang digunakan belum dijelaskan mendalam. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi smile
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by TIA AZZHARA -
1. cara pendekatan ibu Lisa di literasi ini menggunakan media audio visual, dia juga menerapkan pembelajaran learning in a group dengan adanya diskusi kelompok.
2. alat bantu tersebut dapat membantu siswa memahami pembelajaran. contohnya gambar, berarti visual dengan adanya gambar tersebut dapat membuat siswa lebih paham, dan juga meningkatkan ketertarikan siswa terhadap literasi
In reply to TIA AZZHARA

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban masih umum dan teoretis. Sertakan contoh kasus/ ilustrasi untuk memperdalam argumen. Analisis lebih mendalam terkait kata kunci yang dimaksud. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat smile
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by AULIA NAZWA WURYANTI -
1. Ibu Lisa memperkenalkan program literasi dengan melibatkan aktivitas membaca, menulis cerita pendek dan berdiskusi kelompok dengan menggunakan alat bantu seperti gambar dan permainan yang membantu murid untuk mendukung kelancaran pembelajaran

2. manfaat nya sangat banyak, yaitu :
- membantu siswa memahami makna dari setiap kata-kata baru
- visualisasi juga membantu siswa lebih fokus
- permainan kata juga mendorong siswa untuk berpikir kreatif
- mampu meningkatkan keterampilan komunikasi dan kerja tim dalam permainan kata
In reply to AULIA NAZWA WURYANTI

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban sudah cukup baik. Analisis bisa diperdalam agar jawaban tidak terlihat teoretis/ bersifat umum. Sertakan contoh/ ilustrasi untuk mendukung argumen. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat smile
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by ICHA NATASYA -
1. Pendekatan Ibu Lisa dalam program literasi awal di Sekolah Dasar Harmoni memiliki sejumlah keunggulan yang dapat memfasilitasi perkembangan keterampilan membaca dan menulis siswa.
2. Penggunaan alat bantu seperti gambar dan permainan kata dalam proses belajar literasi untuk siswa kelas 3 memiliki banyak manfaat:
1.Visualisasi Konsep
2.Meningkatkan Motivasi
3.Pengembangan Keterampilan
4.Diferensiasi Pembelajaran
In reply to ICHA NATASYA

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Analisis bisa diperdalam lagi. Kaitkan dengan contoh kasus/ ilustrasi untuk memperkuat argumen. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat smile
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by SUNNESTA WIJAYA ADI SUKARDJOHAN -
1). pendekatan ibu lisa dalam program literasi yaitu : membuat kelompok untuk mengajak siswa berdiskusi bersama-sama, agar siswa tidak jenuh belajar secara individu, menggunakan ide gambar yang unik agar siswa lebih tertarik
2). manfaatnya : membuat siswa tertarik untuk belajar, membuat siswa lebih memahami materi yang di sampaikan, dan lebih memahami apa yang di maksud si guru di serap oleh siswa
In reply to SUNNESTA WIJAYA ADI SUKARDJOHAN

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Analisis jawaban bisa lebih mendalam. Uraikan secara jelas setiap kata kunci yang dimaksud dalam soal. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat smile
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by NUR SITA FEBRIYANTI -
1.meminta peserta didik untuk membaca buku di rumah dan menciptakan beberapa program atau kegiatan di sekolah yang mendukung gerakan literasi
2.memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien.
In reply to NUR SITA FEBRIYANTI

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban terlalu singkat dan analisisnya belum mendalam. Kaitkan dengan contoh/ ilustrasi untuk mendukung argumen. Perhatikan kata kunci yang dimaksud dalam setiap soal. Semogaa diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat smile
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by ULA DHIYAA' BAROKAH -
1. Pendekatan yang Ibu Lisa gunakan dalam program literasi awal kepada murid-murid kelas 2 di Sekolah Dasar Harmoni berperan penting dalam memfasilitasi perkembangan keterampilan membaca dan menulis siswa. melalui aktivitas membaca cerita dapat memperluas kosa kata, memahami struktur kalimat dan dapat memahami isi dalam teks. dan dengan menulis cerita pendek, siswa dilatih untuk mengekspresikan ide yang mereka miliki secara tertulis, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengasah keterampilan dalam menggunakan bahasa dan menyusun sebuah kalimat dengan baik. serta dengan adanya diskusi kelompok yang dilakukan setelah siswa membaca cerita dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis, menyampaikan pendapat dan mendengarkan pandangan dari teman-temannya. sehingga hal ini dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi yang sedang diajarkan atau dibahas.
2. Penggunaan alat bantu seperti gambar dan permainan kata dalam proses belajar literasi untuk siswa kelas 3 memberikan manfaat, yaitu: dapat membantu siswa untuk meningkatkan kreativitas dan imajinasi yang mereka punya serta dapat membantu memberikan bayangan terhadap cerita agar ceritanya tergambar dengan jelas. dengan adanya permainan kata ini juga dapat melatih dalam berpikir kritis. dengan adanya kedua alat bantu tersebut sehingga pembelajaran literasi terasa menjadi lebih menyenangkan
In reply to ULA DHIYAA' BAROKAH

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Analisis sudah cukup baik. Contoh kasus/ ilustrasi dapat disertakan untuk mendukung argumen. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat smile
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by TITA ALINITA KEYLA -
1. Pendekatan yang bisa dilakukan oleh ibu Lisa adalah dapat menciptakan lingkungan beajar yang nyaman dan menyenangkan karena dengan lingkunga belajar yang nyaman dan menyenangkan siswa akan semangat untuk mengikuti program literasi
2. manfaat nya bisa membuat siswa lebih aktif karena alat bantu gambar dan permainan kata dapat memperlancar interaksi antara guru dan siswa sehingga kegiatan belajar, seperti mengamati, melakukan
In reply to TITA ALINITA KEYLA

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban masih teoretis dan umum. Analisis lebih mendalam lagi sesuai dengan kata kunci yang dimaksud soalnya. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat smile
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by FARAHMITHA RAHMADINA -
1). Pendekatan yang Ibu Lisa terapkan dalam program literasi dapat memfasilitasi perkembangan keterampilan membaca dan menulis siswa adalah menggunakan pendekatan yang luas dengan menggunakan pendekatan yang luas yang mencakup :
- Membaca, melakukan kegiatan membaca memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung denga nisi dari buku bacaan, dan dengan aktivitas ini bermanfaat pula dalam memperkaya kosa kata baru yang dapat dipahami.
- Menulis, kegiatan menulis misalnya seperti menulis cerit pendek mengajarkan siswa dalam merangkai kata, dan kalimat .
- Diskusi, kegiatan diskusi kelompok siswa dapat berbagi ide dan melatoh kemampuan berkomunikasi.

2). Manfaat penggunaan alat bantu seperti gambar dan permainan kata dalam proses belajar literasi untuk siswa kelas 3 yaitu manfaat visual atau gambar (membantu siswa supaya lebih mudah diingat dan dipahami), dengan adanya alat bantu siswa dan ide-ide yang interaktif siswa akan terlibat langsung dengan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan (diharapkan dapat meningkatkan minat siswa dalam membaca dan menulis) serta dapat mendorong kreativitas siswa (bereksperimen dengan kata, kalimat)
In reply to FARAHMITHA RAHMADINA

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban sudah cukup baik dan jelas. Analisis pada soal no. 2 bisa difokuskan dari setiap kata kuncinya. Misalnya, manfaat gambar seperti apa dan manfaat permainan kata seperti apa. Contoh kasus/ ilustrasi dapat disertakan untuk mendukung argumen. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat smile
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by INTAN RAVICKA SAPUTRI -
Pendekatan Ibu Lisa dalam program literasi membantu siswa kelas 2 belajar membaca dan menulis dengan lebih seru. Membaca cerita, menulis cerita pendek, dan diskusi kelompok membuat siswa lebih paham bacaan dan berani berpendapat. Alat bantu seperti gambar dan permainan kata bikin belajar lebih menarik, membantu mereka paham kata-kata baru, dan lebih mudah mengingatnya. Dengan cara ini, siswa bisa belajar sambil bermain, jadi mereka lebih semangat dan nggak bosan.
In reply to INTAN RAVICKA SAPUTRI

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban masih teoretis dan umum. Analisis belum mendalam. Pahami kembali setiap kata kunci yang ada pada soalnya. Jawaban bisa juga dikaitkan dengan contoh kasus/ ilustrasi. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat smile
In reply to INTAN RAVICKA SAPUTRI

Re: Diskusi 1

by NURBAITI NINGRUM -
1. Pendekatan ibu lisa memiliki program literasi ingin membantu siswa untuk belajar atau memahami, membaca serta menulis dengan mudah mengerti.
2. Dengan menggunakan alat bantu seperti gambar dan permainan kata, sangat mendukung
In reply to NURBAITI NINGRUM

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban masih teoretis dan umum. Analisis belum mendalam. Pahami kembali setiap kata kunci yang ada pada soalnya. Jawaban bisa juga dikaitkan dengan contoh kasus/ ilustrasi. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by NIA AMELIA P -
1. pendekatan ibu lisa dalam program literasi disekolah dasar harmoni, mengintegrasikan aktivitas membaca cerita, menulis cerita pendek, dan diskusi kelompok untuk perkembangan keterampilan membaca dan menulis siswa.
2. penggunaan alat bantu seperti gambar dan permainan kata memberikan manfaat. gambar membantu pemahaman konteks dan memperkuat secara visual. sedangkan permainan kata membuat belajar lebih menyenangkan dan interaktif, meningkatkan motivasi siswa. secara keseluruhan, mendekatan ibu lisa menciptakan pengalaman belajar yang menyeluruh dan efektif dalam literasi
In reply to NIA AMELIA P

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban masih umum dan teoretis. Sertakan contoh kasus/ ilustrasi untuk memperdalam argumen. Analisis lebih mendalam terkait kata kunci yang dimaksud. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by MITHA NUR RAHMAWATI -
1. menurut saya program literasi Bu Lisa menggabungkan berbagai latihan yang menarik, program ini dapat sangat membantu pertumbuhan kemampuan menulis dan membaca anak-anak. Pemahaman siswa terhadap struktur cerita ditingkatkan dan mereka dapat mengamati struktur kalimat dan kata dengan membaca cerita. Mereka dapat lebih efektif menerapkan pengetahuan tersebut, meningkatkan kemampuan mengorganisasikan pemikiran, dan mengekspresikan diri serta berkreasi ketika menulis cerita pendek. Siswa juga belajar tentang banyak sudut pandang melalui percakapan kelompok sambil mengasah kemampuan berbicara, mendengarkan, dan berpikir kritis. Selain itu, latihan ini mengajarkan siswa bagaimana berkolaborasi satu sama lain dan memiliki kepercayaan diri untuk menyuarakan pemikiran mereka dalam suasana yang lebih informal.
2.Selain itu manfaat juga penggunaan permainan kata dan grafik, khususnya bagi siswa kelas tiga yang masih membutuhkan interaksi langsung dan stimulasi visual. Alat bantu visual meningkatkan pemahaman informasi cerita bagi anak-anak, khususnya mereka yang mungkin tidak mahir membaca. Selain itu, gambar memicu imajinasi dan menambah kenikmatan belajar. Sebaliknya, permainan kata dapat membantu anak dalam mempelajari kosakata baru dan memahami makna kata dalam konteks yang lebih luas. Siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan cara yang menyenangkan, yang pada akhirnya meningkatkan motivasi dan minatnya dalam mengerjakan tugas membaca dan menulis. Secara keseluruhan, metode pengajaran Bu Lisa menggabungkan keterampilan kognitif, sosial, dan emosional semuanya penting untuk perkembangan membaca dini pada anak-anak ke dalam lingkungan belajar yang menarik.
In reply to MITHA NUR RAHMAWATI

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban sudah cukup baik. Perjelas keterkaitan media dengan jenis literasi yang diajarkan. Sertakan contoh konkretnya. Semoga diskusi selanjutnya lebih maksimal.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by SYAHLA VIOLA BELLAMY -
1. Pendekatan ibu Lisa yakni membaca dapat membantu perkembangan literasi pada siswa, mengambangkan pengetahuan,dan dapat menjadikan siswa paham terhadap materi yang diberikan terhadap siswa. Dan untuk menulis memberikan pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan dan kreativitas terhadap siswa terkait menulis cerita dengan tulisan yang rapih
2. Alat bantu yang diberikan dapat menambahkan kreatifitas, melatih siswa berfikir secara baik, dan menjadikan pelajaran tidak terlalu di ambil pusing
In reply to SYAHLA VIOLA BELLAMY

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban terlalu singkat dan analisisnya belum mendalam. Kaitkan dengan contoh/ ilustrasi untuk mendukung argumen. Perhatikan kata kunci yang dimaksud dalam setiap soal. Semogaa diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by MERY SEPTIANDARI -
1. Pendekatan Ibu Lisa dalam program literasi di Sekolah Dasar Harmoni sangatlah komprehensif dan efektif dalam memfasilitasi perkembangan keterampilan membaca dan menulis siswa. Beberapa alasannya adalah:

> Aktivitas yang bervariasi: Dengan memadukan aktivitas membaca, menulis, dan diskusi, Ibu Lisa memberikan pengalaman belajar yang kaya dan menarik bagi siswa. Hal ini membantu siswa untuk tidak merasa bosan dan lebih termotivasi untuk terus belajar.
> Relevansi dengan usia: Program literasi yang dirancang khusus untuk siswa kelas 2 menunjukkan pemahaman Ibu Lisa terhadap tahap perkembangan siswa. Materi dan aktivitas yang sesuai usia akan lebih mudah dipahami dan diingat oleh siswa.
> Penggunaan alat bantu yang efektif: Gambar dan permainan kata adalah alat bantu yang sangat baik untuk memperkenalkan konsep-konsep baru dan meningkatkan pemahaman siswa. Alat bantu visual ini membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif.
> Fokus pada pemahaman: Diskusi kelompok mendorong siswa untuk berpikir kritis, menganalisis cerita, dan berbagi pendapat. Hal ini membantu siswa untuk memahami isi cerita secara lebih mendalam.


2. Penggunaan gambar dan permainan kata dalam proses belajar literasi memiliki banyak manfaat bagi siswa kelas 3, antara lain:

> Meningkatkan minat baca: Gambar yang menarik dan berwarna-warni dapat menarik perhatian siswa dan membuat mereka lebih tertarik untuk membaca.
> Memperkaya kosakata: Permainan kata seperti teka-teki silang atau mencari kata dapat membantu siswa untuk memperluas kosakata mereka.
> Memperkuat pemahaman konsep: Gambar dapat membantu siswa untuk memvisualisasikan konsep-konsep abstrak yang sulit dipahami melalui teks saja.
> Membuat belajar menjadi menyenangkan: Permainan kata dan aktivitas interaktif lainnya dapat membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan.
> Meningkatkan keterampilan berpikir kritis: Beberapa permainan kata dirancang untuk melatih kemampuan berpikir logis dan analitis siswa.

Kesimpulan

Pendekatan Ibu Lisa dalam program literasi sangatlah efektif dalam memfasilitasi perkembangan keterampilan membaca dan menulis siswa. Penggunaan alat bantu seperti gambar dan permainan kata juga memberikan kontribusi yang signifikan dalam proses belajar. Dengan pendekatan yang komprehensif dan menarik, siswa akan lebih mudah memahami materi, meningkatkan minat baca, dan pada akhirnya menjadi pembaca dan penulis yang baik.
In reply to MERY SEPTIANDARI

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban sudah cukup baik. Perjelas keterkaitan media dengan jenis literasi yang diajarkan. Sertakan contoh konkretnya. Semoga diskusi selanjutnya lebih maksimal.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by FARAH APRILIA -
Pendekatan Ibu Lisa dalam Program Literasi
Membaca Cerita: Ketika siswa membaca cerita, mereka mulai mengenali kata-kata dan memahami alur cerita, termasuk karakter dan kejadian yang terjadi. Ini membantu mereka menjadi lebih paham saat membaca.

Menulis Cerita Pendek: Dengan menulis, siswa bisa mengekspresikan ide dan cerita mereka sendiri. Aktivitas ini juga melatih mereka dalam menyusun kalimat dengan baik.

Diskusi Kelompok: Siswa berkesempatan untuk berdiskusi tentang cerita yang mereka baca. Ini melatih mereka untuk mendengarkan dan berbicara, serta memahami sudut pandang teman-teman.

Keterlibatan Aktif: Ibu Lisa menciptakan suasana belajar yang menarik, sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar
Manfaat Penggunaan Alat Bantu seperti Gambar dan Permainan Kata
Visualisasi: Gambar membantu siswa memahami kata-kata dengan lebih mudah. Mereka bisa melihat apa yang sedang dibicarakan, sehingga lebih gampang diingat.

Meningkatkan Keterlibatan: Permainan kata membuat proses belajar jadi lebih menyenangkan. Siswa jadi lebih antusias untuk berpartisipasi dan tidak merasa bosan.

Pengembangan Kosakata: Dengan alat bantu ini, siswa dapat belajar kata-kata baru dengan cara yang menyenangkan.

Mendorong Kerjasama: Permainan juga mengajarkan siswa untuk bekerja sama dengan teman-teman mereka, yang penting untuk keterampilan sosial.
In reply to FARAH APRILIA

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Analisis jawaban bisa lebih mendalam. Uraikan secara jelas setiap kata kunci yang dimaksud dalam soal. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by URSKA SARI BESTINI SIMANJUNTAK -
Jawaban:
1. Pendekatan Ibu Lisa dalam program literasi dapat memfasilitasi perkembangan keterampilan membaca dan menulis siswa dengan memberikan pengalaman belajar yang aktif dan interaktif. Melalui aktivitas membaca cerita, siswa diajak untuk mengembangkan pemahaman teks, memperluas kosa kata, serta melatih kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Menulis cerita pendek membantu mereka mengekspresikan ide secara tertulis, sehingga meningkatkan keterampilan menulis dan pemahaman struktur narasi. Diskusi kelompok memperkuat keterampilan komunikasi dan mendukung pemahaman yang lebih dalam melalui berbagi perspektif.

2. Penggunaan alat bantu seperti gambar dan permainan kata sangat bermanfaat bagi siswa kelas 3 karena membantu mereka mengasosiasikan kata dengan visual, yang dapat memperkuat memori dan pemahaman makna. Gambar mempermudah siswa dalam menghubungkan ide abstrak dengan sesuatu yang konkret, sementara permainan kata membuat pembelajaran lebih menyenangkan, memotivasi, dan mengaktifkan keterlibatan siswa secara kognitif. Alat-alat ini juga membantu mengembangkan kreativitas dan keterampilan pemecahan masalah sambil mendukung pencapaian keterampilan literasi dasar.
In reply to URSKA SARI BESTINI SIMANJUNTAK

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban sudah cukup baik. Perjelas keterkaitan media dengan jenis literasi yang diajarkan. Sertakan contoh konkretnya. Semoga diskusi selanjutnya lebih maksimal.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by SITI MUDRIKAH -
1. Pendekatan Ibu Lisa dalam program literasi memperlihatkan bagaimana kegiatan belajar yang terpadu mampu mendukung peningkatan kemampuan membaca dan menulis siswa secara menyeluruh. Dengan mengombinasikan aktivitas seperti membaca cerita, menulis, dan diskusi kelompok, Ibu Lisa memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Membaca cerita memperkenalkan berbagai kosakata baru dan struktur kalimat beragam, yang dapat memperluas pengetahuan bahasa siswa serta meningkatkan pemahaman mereka. Selain itu, kegiatan menulis cerita pendek melatih siswa untuk menyusun ide secara teratur dan mengekspresikan kreativitas mereka. Diskusi kelompok memungkinkan siswa berlatih menyampaikan pendapat, mendengarkan teman-temannya, dan berpikir kritis melalui interaksi tentang isi cerita. Dengan demikian, pendekatan ini menciptakan pengalaman belajar literasi yang lebih dinamis, di mana membaca dan menulis tidak diajarkan secara terpisah, tetapi saling mendukung dan memperkaya satu sama lain.

2. Penggunaan gambar dan permainan kata sebagai alat bantu dalam pembelajaran literasi untuk siswa kelas 3 memberikan banyak keuntungan bagi proses belajar mereka. Gambar-gambar yang digunakan mampu membantu siswa memahami teks dengan lebih baik karena siswa dapat menghubungkan informasi yang dibaca dengan representasi visual yang mendukung, membuat konsep-konsep dalam cerita atau materi menjadi lebih nyata dan mudah dimengerti. Hal ini sangat bermanfaat bagi siswa yang memiliki gaya belajar visual, karena memberikan konteks yang lebih jelas dan membantu memperkuat ingatan mereka. Sementara itu, permainan kata tidak hanya menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan interaktif, tetapi juga berperan penting dalam memperluas kosakata serta memperkuat kesadaran fonemik siswa. Melalui aktivitas seperti mencocokkan kata, menemukan kata tersembunyi, atau membentuk kata-kata baru, siswa diajak untuk mengeksplorasi bahasa dan mengenali pola-pola kata, seperti rima atau pengelompokan suku kata, yang akan sangat berguna bagi kemampuan literasi mereka di masa depan. Alat bantu ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik, tetapi juga mendukung perkembangan kognitif siswa secara keseluruhan.
In reply to SITI MUDRIKAH

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Analisis cukup mendalam dan contoh yang diberikan jelas. Tambahkan pendapat ahli/ sumber rujukan untuk memperkuat argumen. Semangat terus. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by JIHAN AZZAH NABILA -
1. Pendekatan Ibu Lisa dalam program literasi awal untuk siswa kelas 2 di Sekolah Dasar Harmoni efektif dalam mengembangkan keterampilan membaca dan menulis siswa. Dengan kegiatan membaca cerita, menulis cerita pendek, dan diskusi kelompok, siswa tidak hanya belajar mengenali kata, tetapi juga memahami struktur cerita, berpikir kritis, dan kemampuan berkomunikasi siswa. Dalam hal ini, pendekatan Ibu Lisa dapat memfasilitasi perkembangan keterampilan membaca dan menulis siswa dengan cara yang holistik dan menyeluruh, agar memperkaya pemahaman mereka terhadap teks dan membantu mereka mengembangkan keterampilan menulis secara kreatif.

2. Penggunaan alat bantu seperti gambar dan permainan kata memiliki manfaat besar dalam mendukung proses belajar literasi. Karena gambar membantu siswa mengaitkan kata dengan konteks visual, memudahkan pemahaman, dan memperkaya imajinasi mereka tentang apa yang mereka lihat. Permainan kata memperkenalkan kosakata baru dengan cara yang menyenangkan dan interaktif, serta meningkatkan kemampuan mengeja dan membaca.

Contoh pengaplikasian:
Ibu Lisa dapat memilih cerita sederhana tentang pasar. Setelah membaca, siswa diminta menggambar pasar dan aktivitas yang terjadi di sana, kemudian menulis cerita pendek tentang pengalaman mereka sendiri saat pergi ke pasar. Gambar membantu mereka memahami cerita, dan permainan kata seperti mencocokkan kata dengan gambar memperkuat kosakata yang baru dipelajari. Ini menghubungkan pengalaman nyata dengan literasi secara menyeluruh.
In reply to JIHAN AZZAH NABILA

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban sudah cukup baik. Perjelas keterkaitan media dengan jenis literasi yang diajarkan. Sertakan contoh konkretnya. Semoga diskusi selanjutnya lebih maksimal.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by PRETI ANGGIYANI -
Aktivitas yang bervariasi: Dengan memadukan membaca cerita, menulis cerita pendek, dan diskusi kelompok, Ibu Lisa memberikan pengalaman belajar yang beragam kepada siswa. Hal ini membantu siswa untuk tidak hanya pasif menerima informasi, tetapi juga aktif terlibat dalam proses pembelajaran.
Penggunaan alat bantu yang menarik: Gambar dan permainan kata membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa. Alat bantu visual ini membantu siswa untuk membayangkan cerita, mengingat kosakata baru, dan menghubungkan ide-ide yang berbeda.
Fokus pada pemahaman: Diskusi kelompok mendorong siswa untuk berbagi pendapat, mengajukan pertanyaan, dan berinteraksi dengan teman sebayanya. Hal ini membantu siswa untuk memahami cerita dengan lebih mendalam dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis.
Manfaat Penggunaan Alat Bantu Seperti Gambar dan Permainan Kata

Penggunaan gambar dan permainan kata dalam proses belajar literasi memiliki banyak manfaat bagi siswa kelas 2, antara lain:

Meningkatkan minat baca: Gambar yang menarik dan berwarna-warni dapat membuat siswa tertarik untuk membaca cerita. Permainan kata juga dapat membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan.
Memperkaya kosakata: Gambar dapat membantu siswa untuk menghubungkan kata-kata dengan makna yang konkret. Permainan kata juga dapat membantu siswa untuk belajar kata-kata baru dengan cara yang kreatif dan menyenangkan.
Memperkuat pemahaman: Dengan menggunakan gambar, siswa dapat memvisualisasikan cerita dan lebih mudah memahami alur cerita. Permainan kata juga dapat membantu siswa untuk memperdalam pemahaman mereka tentang konsep-konsep yang terdapat dalam cerita.
Mengembangkan keterampilan berpikir: Permainan kata seperti teka-teki atau anagram dapat merangsang siswa untuk berpikir kreatif dan memecahkan masalah.
Meningkatkan kepercayaan diri: Ketika siswa berhasil menyelesaikan tugas-tugas yang melibatkan gambar dan permainan kata, mereka akan merasa lebih percaya diri dalam kemampuan membaca dan menulisnya.
Kesimpulan

Pendekatan Ibu Lisa dalam program literasi awal sangat efektif dalam memfasilitasi perkembangan keterampilan membaca dan menulis siswa. Dengan memadukan berbagai aktivitas, menggunakan alat bantu yang menarik, dan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, Ibu Lisa telah berhasil menciptakan dasar yang kuat bagi siswa untuk menjadi pembaca dan penulis yang baik.

Rekomendasi Tambahan

Untuk lebih meningkatkan efektivitas program literasi, berikut beberapa rekomendasi tambahan:

Kolaborasi dengan orang tua: Libatkan orang tua dalam kegiatan literasi di rumah, misalnya dengan mengajak anak membaca bersama atau menceritakan kembali cerita yang telah dibaca di sekolah.
Memanfaatkan teknologi: Gunakan teknologi seperti e-book, aplikasi belajar, atau video untuk memperkaya materi pembelajaran.
Menyesuaikan materi dengan minat siswa: Pilih cerita dan permainan kata yang sesuai dengan minat dan usia siswa.
Memberikan umpan balik yang konstruktif: Berikan umpan balik yang positif dan spesifik kepada siswa untuk meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri mereka.
Dengan menerapkan rekomendasi-rekomendasi di atas, diharapkan program literasi di Sekolah Dasar Harmoni dapat terus berkembang dan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan membaca dan menulis yang baik.
In reply to PRETI ANGGIYANI

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban sudah cukup baik. Perjelas keterkaitan media dengan jenis literasi yang diajarkan. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by ASTRID ADELIA SUPANDI -
Pendekatan Ibu Lisa dalam program literasi awal untuk kelas 2 dapat memfasilitasi perkembangan keterampilan membaca dan menulis siswa melalui beberapa cara:

- Membaca cerita secara rutin membantu siswa memahami alur narasi, memperkaya kosa kata, dan mengembangkan kemampuan pemahaman bacaan. Siswa belajar mengenali kata-kata, makna, dan tata bahasa dalam konteks cerita yang mereka baca, sehingga meningkatkan kemampuan membaca mereka.
- Menulis cerita pendek memberi siswa kesempatan untuk mengekspresikan ide dan mengaplikasikan kosa kata serta struktur kalimat yang telah mereka pelajari. Kegiatan ini membantu memperkuat hubungan antara membaca dan menulis, mendorong kreativitas, serta mengembangkan keterampilan menulis yang lebih baik.
- Diskusi kelompok setelah membaca cerita memungkinkan siswa berinteraksi dan berbagi pemahaman mereka. Melalui diskusi, siswa belajar berpikir kritis, menganalisis cerita, serta memperkuat keterampilan berbicara dan mendengarkan. Diskusi juga memberikan kesempatan untuk mendalami pemahaman teks dan membangun rasa percaya diri dalam berkomunikasi.

* Manfaat penggunaan alat bantu seperti gambar dan permainan kata dalam proses belajar literasi, terutama untuk siswa kelas 3, adalah:
- Gambar membantu siswa menghubungkan teks dengan visual, yang memfasilitasi pemahaman cerita. Visualisasi ini sangat membantu bagi siswa yang lebih suka belajar secara visual dan bagi mereka yang masih mengembangkan kemampuan literasi dasar.
- Permainan kata meningkatkan keterampilan kosa kata, pemahaman struktur bahasa, dan mengasah kemampuan berpikir analitis. Aktivitas yang menyenangkan seperti permainan kata juga dapat meningkatkan motivasi belajar, membantu siswa mengingat kata-kata baru dengan lebih mudah, dan membuat pengalaman belajar lebih interaktif.

Dengan menggabungkan pendekatan ini, Ibu Lisa berhasil menciptakan suasana belajar yang menarik, interaktif, dan mendukung perkembangan literasi siswa secara holistik.
In reply to ASTRID ADELIA SUPANDI

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban sudah cukup baik. Perjelas keterkaitan media dengan jenis literasi yang diajarkan. Sertakan contoh konkretnya. Semoga diskusi selanjutnya lebih maksimal.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by CAHYANING ADRISTI HUTAMI -
1. Pendekatan yang dapat Ibu Lisa lakukan adalah Ibu Lisa dapat membantu keterampilan membaca dan menulis siswa dengan memperkenalkan program literasi atau konsep bahasa terlebih dahulu melalui membaca dan menulis cerita pendek, diskusi kelompok dan permainan kata sebagai alat bantu. Kemudian, Ibu lisa dapat menggunakan gambar sebagai alat bantu lainnya. Penggunaan gambar bertujuan untuk menjaga minat siswa dan membuat pembelajaran jauh lebih menyenangkan. Contoh sederhananya, Ibu Lisa dapat memperkenalkan program literasi kepada siswa dengan mengajak siswa untuk membaca cerita pendek sesuai dengan minat mereka, lalu mengajak mereka untuk menulis cerita pendek. Kemudian, Ibu Lisa dapat membentuk siswa menjadi beberapa kelompok kecil untuk berdiskusi tentang cerita yang sudah dibaca. Di sini Ibu Lisa dapat menggunakan alat bantu seperti permainan kata dan gambar. Ibu Lisa dapat menggunakan permainan kata untuk memperkenalkan struktur kalimat kepada siswa. Kemudian, Ibu Lisa juga dapat menggunakan gambar yang saling berkaitan dengan cerita yang dibaca agar tercipta suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan.

2. Manfaat penggunaan alat bantu seperti gambar dan permainan kata dalam proses belajar literasi untuk siswa kelas 3 adalah dapat membantu siswa memahami kosakata dan struktur kalimat secara interaktif dan menyenangkan. Kemudian, alat bantu juga dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menarik, menyenangkan, serta memperkuat pemahaman dan daya ingat siswa.
In reply to CAHYANING ADRISTI HUTAMI

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban sudah cukup baik dan jelas. Analisis pada soal no. 2 bisa difokuskan dari setiap kata kuncinya. Misalnya, manfaat gambar seperti apa dan manfaat permainan kata seperti apa. Contoh kasus/ ilustrasi dapat disertakan untuk mendukung argumen. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by NADYA JULIANA -
Pendekatan Ibu Lisa dalam program literasi membantu siswa mengembangkan keterampilan membaca dan menulis dengan cara-cara berikut:
• Ibu Lisa memperkenalkan berbagai cerita untuk dibaca oleh siswa. Aktivitas ini membantu mereka mengenali kata-kata baru, memahami bagaimana cerita disusun, dan melatih pemahaman mereka. Ketertarikan emosional terhadap cerita juga membuat siswa lebih bersemangat untuk membaca.
• Ibu Lisa juga memberikan siswa kesempatan untuk menulis cerita pendek. Dengan cara ini, siswa diajak untuk berlatih mmenyusun ide dan kalimat. Aktivitas ini tidak hanya melatih kreativitas, tetapi juga memberikan cara penggunaaan tata bahasa dan ejaan yang tepat.
• Diskusi setelah membaca memungkinkan siswa berbagi pemikiran dan pemahaman tentang cerita yang telah mereka baca. Ini membantu mereka belajar untuk mendengarkan pandangan orang lain dan mengungkapkan pendapat mereka sendiri.

Manfaat penggunaan alat bantu seperti gambar dan permainan kata dalam proses belajar literasi untuk siswa kelas 3 yaitu:
• Gambar membantu siswa lebih mudah memahami cerita atau informasi. Ketika mereka melihat gambar, mereka bisa mengaitkannya dengan teks yang dibaca, sehingga makna cerita menjadi lebih jelas.
• Permainan kata juga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menarik, sehingga meningkatkan minat siswa untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran
In reply to NADYA JULIANA

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban sudah cukup baik. Perjelas keterkaitan media dengan jenis literasi yang diajarkan. Sertakan contoh konkretnya. Semoga diskusi selanjutnya lebih maksimal.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by TITA ALINITA KEYLA -
1. pendekatan yang dilakukan ibu Lisa bisa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang beragam melakukan gaya belajar seperti siswa yakni fleksibel dan terbuka terhadap perubahan, memberi ruang bereksperimen
2. manfaatnya siswa jadi lebih bersemangat terhadap program literasi, meningkatkan pengalaman belajar siswa dan mempermudah siswa memahami kata atau konsep yang rumit dengan baik dengan memecahkan bagian-bagian yang lebih sederhana
In reply to TITA ALINITA KEYLA

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban masih teoretis dan umum. Analisis belum mendalam. Pahami kembali setiap kata kunci yang ada pada soalnya. Jawaban bisa juga dikaitkan dengan contoh kasus/ ilustrasi. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by MOH ZAINURI TIHURUA -
Jawaban:

1.
Misalnya, ia dapat menerapkan metode membaca bersama (shared reading), di mana siswa membaca buku atau teks secara kolektif, dan menulis terpandu (guided writing) untuk membimbing mereka dalam mengekspresikan ide.
2.
Meningkatkan pemahaman konsep: Gambar membantu siswa mengaitkan teks dengan makna visual, sehingga mereka lebih mudah memahami materi.
In reply to MOH ZAINURI TIHURUA

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban masih teoretis dan umum. Analisis lebih mendalam lagi sesuai dengan kata kunci yang dimaksud soalnya. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by RAMADAN NOOR MANDIRI -
1.MEMBACA CERITA: Kegiatan membaca cerita memperkaya kosakata siswa dan membantu mereka mengenali struktur,teks, termasuk alur cerita, karakter,dan setting.membaca cerita juga dapat meningkatkan pemahaman bacaan dan kemampuan inferensi,yang sangat penting dalam keterampilan membaca.

MENULIS CERITA PENDEK: Dengan menulis cerita, siswa dilatih untuk mengekspresikan ide mereka secara tertulis untuk memperkuat kemampuan siswa dalam menulis dan menyusun kalimat dengan baik.aktivitas ini melatih siswa untuk berpikir kritis dan kreatif,yang penting dalam pengembangan literasi

2.GAMBAR SEBAGAI VISUALISASI: gambar dapat membantu siswa mengaitkan kata atau teks dengan representasi visual.ini sangat penting karena anak anak usia dini cenderung memiliki kemampuan berpikir yang masih bersifat konkret.Gambar dapat membantu mereka memahami makna cerita dan membentuk hubungan antara teks dan dunia nyata

PERMAINAN KATA UNTUK PENGAYAAN KOSAKATA: Permainan kata memungkinkan siswa mempelajari kata kata baru dalam konteks yang menyenangkan.Dengan berpartisipasi dalam permainan, mereka bisa lebih mudah mengingat kata kata baru serta memperkuat keterampilan mengeja dan mengidentifikasi pola bahasa.
In reply to RAMADAN NOOR MANDIRI

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban sudah cukup baik. Perjelas keterkaitan media dengan jenis literasi yang diajarkan. Sertakan contoh konkretnya. Semoga diskusi selanjutnya lebih maksimal.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by AUREL PUTRI HILWANY -
2. Meningkatkan minat baca: Gambar yang menarik dan berwarna-warni dapat menarik perhatian siswa dan membuat mereka lebih tertarik untuk membaca.
Mempermudah pemahaman: Gambar dapat membantu siswa memvisualisasikan cerita atau konsep yang sulit dipahami.
Memperkaya kosakata: Permainan kata seperti teka-teki, pantun, atau akrostik dapat membantu siswa belajar kosakata baru dengan cara yang menyenangkan.
Meningkatkan kemampuan berpikir kritis: Kegiatan seperti menganalisis gambar atau memecahkan teka-teki dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa.
Membuat pembelajaran lebih interaktif: Penggunaan alat bantu visual dan permainan dapat membuat pembelajaran lebih interaktif dan tidak membosankan.
In reply to AUREL PUTRI HILWANY

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban masih teoretis dan umum. Analisis belum mendalam. Pahami kembali setiap kata kunci yang ada pada soalnya. Jawaban bisa juga dikaitkan dengan contoh kasus/ ilustrasi. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by AISCHA FAYRANA -
1. Pendekatan Ibu Lisa memungkinkan siswa untuk terlibat aktif dalam memahami isi cerita, bukan hanya sebagai pendengar pasif tetapi sebagai peserta yang aktif bertanya dan berdiskusi. Melalui kegiatan membaca, siswa dapat menyelami alur cerita, memahami karakter, dan menangkap pesan yang ingin disampaikan. Diskusi yang dilakukan setelah membaca mendorong siswa untuk mengeksplorasi sudut pandang berbeda, mengungkapkan pendapat, dan mendengarkan teman-teman mereka, yang memperkaya pemahaman mereka tentang cerita. Hal ini juga memperkuat kemampuan berpikir kritis siswa, karena mereka diajak untuk menganalisis cerita lebih dalam dan mengaitkannya dengan pengalaman atau pengetahuan mereka sendiri.
2. Gambar memberikan konteks visual yang membantu siswa membayangkan alur dan karakter dalam cerita dengan lebih jelas. Dengan melihat gambar, siswa dapat menghubungkan kata-kata dalam cerita dengan objek nyata, sehingga pemahaman mereka terhadap isi cerita menjadi lebih baik. Selain itu, gambar menarik perhatian siswa dan membuat mereka lebih antusias mengikuti cerita dari awal hingga akhir.
In reply to AISCHA FAYRANA

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Analisis bisa diperdalam lagi, misalnya dengan menyertakan karakteristik siswa kelas 2 dan 3. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat smile
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by YUNDHA APRI YANTI -
1. IIbu Lisa menggunakan pendekatan menyeluruh yang membantu siswa memahami cerita dengan lebih baik. Melalui diskusi, mereka mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Aktivitas ini juga melatih siswa mengekspresikan ide dalam tulisan.
2. Penggunaan gambar membuat pembelajaran lebih menarik dan konkret bagi siswa. Permainan kata membantu mengingat kosa kata baru. Alat bantu ini efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa.
In reply to YUNDHA APRI YANTI

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Perdalam analisis jawaban. Perjelas alasan dari pentingnya pendekatan yang digunakan Ibu Lisa. Tambahkan conton permainan kata yang digunakan agar jawaban lebih konkret. Kaitkan dengan teori dari para ahli untuk memperkuat argumen. Semangat terus smile
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by RANI JULIANI -
1. Program Ibu Lisa memfasilitasi keterampilan membaca melalui pembiasaan dan pemahaman cerita. Diskusi kelompok mengajarkan siswa untuk memahami dan menginterpretasikan teks. Latihan menulis membuat mereka lebih lancar menyusun cerita.
2. Gambar memberikan konteks visual yang memperjelas cerita bagi siswa. Permainan kata menambah unsur interaktif dan menyenangkan. Dengan alat bantu ini, pembelajaran literasi jadi lebih variatif.
In reply to RANI JULIANI

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban bisa diperdalam lagi. Perjelas konsep pendekatan yang digunakan dan alasan pemilihan gambar sebagai media pembelajaran. Sertakan sumber/ pendapat ahli untuk memperkuat argumen. Semangat smile
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by WESTHY UTAMI -
1. Ibu Lisa menciptakan suasana belajar yang aktif, sehingga siswa tidak hanya membaca, tapi juga memahami isi cerita. Diskusi kelompok memperkuat daya ingat dan analisis siswa. Kegiatan menulis melatih mereka menyusun kalimat yang baik.
2. Alat bantu gambar memudahkan siswa mengaitkan cerita dengan pengalaman visual mereka. Permainan kata mendorong eksplorasi bahasa secara menyenangkan. Keduanya membuat proses belajar lebih hidup.
In reply to WESTHY UTAMI

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Analisis bisa diperdalam lagi dengan menyertakan ilustrasi dan pendapat ahli/ sumber rujukan. Perjelas alasan pendekatan yang digunakan dan manfaat alat bantu gambarnya. Kaitkan dengan karakteristik siswa kelas 2 dan 3. Semangat smile
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by SAFFANA AYATIKA -
1. Pendekatan yang digunakan Ibu Lisa menekankan pembelajaran berbasis aktivitas yang menyeluruh dan integratif. Beberapa aspek penting dari pendekatan ini adalah:

Membaca Cerita
Kegiatan membaca cerita memberikan fondasi keterampilan membaca dengan meningkatkan kemampuan siswa mengenali kosakata, memahami alur cerita, dan menganalisis informasi dari teks. Selain itu, kegiatan ini menumbuhkan minat baca pada anak melalui cerita yang relevan dan menarik.

Menulis Cerita Pendek
Aktivitas menulis melatih kemampuan berpikir kritis, imajinasi, dan penyusunan ide menjadi struktur yang logis. Menulis juga membantu siswa memahami hubungan antara bunyi, kata, dan struktur kalimat, yang penting dalam penguasaan literasi.

Diskusi Kelompok
Diskusi tentang cerita yang telah dibaca mengembangkan keterampilan komunikasi verbal, berpikir kritis, dan analisis. Siswa diajak untuk memahami isi cerita, mengekspresikan pendapat, dan mendengar sudut pandang teman-temannya, yang mendukung keterampilan literasi secara holistik.

2. Penggunaan alat bantu seperti gambar dan permainan kata menambahkan elemen interaktif dalam pembelajaran literasi.
-Gambar membantu siswa memvisualisasikan cerita, yang sangat penting untuk anak usia dini yang masih berkembang kemampuan abstraksinya.
-Gambar menarik perhatian siswa dan membuat mereka lebih terlibat dalam aktivitas membaca dan menulis.
-Melalui gambar, siswa dapat menghubungkan kata-kata dengan objek nyata, memperkuat pemahaman dan ingatan kosakata baru.

Permainan Kata
-Permainan seperti mencocokkan kata atau menyusun kata dari huruf tertentu melatih siswa memahami hubungan antara bunyi dan huruf.
-Permainan kata memberikan siswa peluang untuk belajar kosakata baru dalam suasana yang menyenangkan.
Mendorong Kolaborasi: Banyak permainan kata dilakukan dalam kelompok, yang mendukung pembelajaran sosial dan interaktif.

Relevansi untuk Kelas 3
Untuk siswa kelas 3, pendekatan ini tetap relevan tetapi dapat ditingkatkan dengan memperkenalkan cerita yang lebih kompleks, menulis cerita dengan alur yang lebih terstruktur, dan diskusi yang melibatkan interpretasi nilai moral cerita. Gambar dan permainan kata tetap penting, tetapi dapat digantikan atau dilengkapi dengan media lain seperti video pendek atau teka-teki kata untuk menjaga minat siswa yang lebih matang.
In reply to SAFFANA AYATIKA

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Analisis sudah mendalam dan contoh/ ilustrasi yang digunakan jelas. Tambahkan sumber rujukan/ pendapat ahli untuk memperkuat argumen. Semoga diskusi selanjutnya lebiih baik lagi. Semangat smile
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 1

by WAHYUDI ALMADANI -
Pendekatan Ibu Lisa dalam program literasi memfasilitasi perkembangan keterampilan membaca dan menulis siswa dengan memberikan kesempatan beragam aktivitas yang melibatkan membaca, menulis, dan berdiskusi. Membaca cerita memperkaya kosa kata dan pemahaman siswa, menulis cerita pendek melatih kreativitas dan kemampuan menyusun kalimat, serta diskusi kelompok membantu siswa mengembangkan kemampuan berbicara, berpikir kritis, dan memahami perspektif teman-temannya.

Manfaat penggunaan alat bantu seperti gambar dan permainan kata sangat penting untuk siswa kelas 3 karena alat ini membuat proses belajar menjadi lebih menarik dan interaktif. Gambar membantu siswa memahami cerita dengan lebih baik melalui visualisasi, sementara permainan kata memperkaya kosa kata dan meningkatkan kemampuan berbahasa siswa secara menyenangkan, sehingga membuat mereka lebih tertarik dalam pembelajaran literasi.
In reply to WAHYUDI ALMADANI

Re: Diskusi 1

by KHUSNUL FATONAH -
Alasan terkait pendekatan yang digunakan bisa diperdalam lagi sisi kepraktisannya. Analisis tentang manfaat alat bantu gambar sudah cukup baik. Semangat terus untuk diskusi selanjutnya smile