Forum Diskusi Pertemuan Ke-6

Diskusi 6

Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Number of replies: 76

Silakan tuliskan argumen Anda berdasarkan studi kasus berikut. 

Kasus:

Di Sekolah Dasar Bina Cendikia, yang terletak di lingkungan perkotaan, para guru menghadapi tantangan dalam mengembangkan strategi pembelajaran literasi yang efektif untuk siswa kelas 2. Meskipun siswa telah diajarkan dasar-dasar membaca dan menulis, mereka mengalami kesulitan dalam memahami teks dan berinteraksi dengan materi bacaan secara aktif. Contohnya, Ali dan Maya seringkali merasa bosan dan kurang termotivasi saat membaca buku, dan mereka kesulitan dalam menceritakan kembali isi bacaan atau menjawab pertanyaan terkait.

Untuk mengatasi tantangan ini, guru memutuskan untuk menerapkan beberapa strategi baru, termasuk penggunaan buku bergambar yang lebih menarik, aktivitas membaca interaktif seperti membaca berpasangan, dan permainan kata yang melibatkan kosakata baru. Selain itu, guru juga ingin melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran dengan mengadakan sesi membaca bersama di rumah dan melibatkan mereka dalam proyek literasi di kelas.

Pertanyaan:

Apa langkah-langkah konkret yang dapat diambil oleh guru untuk menerapkan strategi pembelajaran literasi yang telah dipilih dalam konteks kelas 2 di Sekolah Dasar Bina Cendikia?
Diskusikan bagaimana guru dapat mengintegrasikan penggunaan buku bergambar, aktivitas membaca interaktif, dan keterlibatan orang tua untuk meningkatkan pemahaman bacaan dan motivasi siswa seperti Ali dan Maya. Sertakan ide kegiatan atau pendekatan yang dapat diimplementasikan untuk mencapai tujuan tersebut.

 

 

In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by WAHYU NUR HERMAWATI -
1. Penggunaan Buku Bergambar: - Pilih buku bergambar yang sesuai dengan minat siswa.
- Gunakan sesi bercerita interaktif di mana siswa menjelaskan gambar.
2. Aktivitas Membaca Interaktif: - Terapkan membaca berpasangan atau dalam kelompok kecil.
- Adakan diskusi kelompok setelah membaca, dengan permainan peran dari karakter cerita.
3. Keterlibatan Orang Tua: - Bagikan jadwal sesi membaca bersama di rumah
- Lakukan proyek literasi keluarga, seperti membuat
In reply to WAHYU NUR HERMAWATI

Re: Diskusi 6

by NUR SITA FEBRIYANTI -
•Membangun kebiasaan membaca: Membiasakan membaca sejak dini dapat membantu siswa memperluas wawasannya.

•Membuat lingkungan belajar yang kondusif: Sekolah dapat mengkondisikan lingkungan fisik yang ramah literasi.


•Mengintegrasikan literasi dalam pembelajaran: Guru dapat memberikan tugas membaca buku dan menuliskan ringkasannya, mengajak siswa berdiskusi, dan menunjukkan contoh yang baik dalam membaca dan menulis.

Mengintegrasikan literasi dengan kegiatan pembelajaran lintas mata •pelajaran: Literasi dapat diintegrasikan dengan kegiatan pembelajaran lintas mata pelajaran.

•Membaca bersama guru dan siswa: Guru dan siswa dapat membaca atau menulis bersama-sama selama 15 menit.

•Membuka perpustakaan: Perpustakaan dapat dibuka secara rutin untuk menarik minat siswa membaca.

•Membatasi penggunaan gadget: Guru dapat menyimpan ponsel siswa di meja guru dan memberikan izin untuk menggunakannya.

•Membawa buku pelajaran ke sekolah: Siswa dapat membawa buku pelajaran ke sekolah dan membacanya saat pembelajaran.
In reply to NUR SITA FEBRIYANTI

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban masih teoretis. Kaitkan dengan contoh kasus dalam soal. Kaitkan jawaban dengan mengintegrasikan penggunaan buku bergambar, aktivitas membaca interaktif, dan keterlibatan orang tua untuk meningkatkan pemahaman bacaan dan motivasi Ali dan Maya. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi.
In reply to WAHYU NUR HERMAWATI

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Analisis bisa diperdalam lagi. Perjelas langkah-langkah konkretnya seperti apa terkait tiga poin tersebut. Bentuk integrasi ketiganya dan ide kegiatan/ pendekatan juga masih belum jelas. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by URSKA SARI BESTINI SIMANJUNTAK -
Untuk meningkatkan pemahaman bacaan dan motivasi siswa kelas 2 di Sekolah Dasar Bina Cendikia, guru dapat menerapkan beberapa langkah konkret. Pertama, penggunaan buku bergambar yang menarik dapat menjadi cara efektif untuk menarik perhatian siswa. Guru dapat memilih buku dengan ilustrasi berwarna-warni dan cerita yang sesuai dengan minat siswa, seperti kisah tentang hewan atau petualangan. Misalnya, sebelum membaca, siswa diminta untuk mengamati gambar dan memprediksi isi cerita, kemudian mendiskusikannya dalam kelompok kecil setelah membaca. Hal ini membantu siswa seperti Ali dan Maya untuk lebih terlibat dalam proses memahami teks.

Kedua, aktivitas membaca interaktif, seperti membaca berpasangan, memungkinkan siswa saling bergantian membaca dan bertanya. Dengan cara ini, siswa belajar berinteraksi dengan materi bacaan secara lebih mendalam. Contohnya, setelah membaca, siswa bisa bermain “tebak kata” menggunakan kosakata baru dari teks, atau melakukan drama sederhana berdasarkan cerita yang mereka baca. Aktivitas seperti ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga membantu siswa memahami karakter dan alur cerita lebih baik.

Ketiga, keterlibatan orang tua dapat memperkuat pembelajaran di rumah. Guru bisa meminta orang tua untuk membaca bersama anak di rumah dan mendiskusikan isi cerita secara sederhana. Misalnya, orang tua bisa bertanya, “Bagian mana dari cerita ini yang paling kamu suka?” atau membantu anak menjelaskan kembali cerita yang telah dibaca. Selain itu, guru dapat mengadakan proyek literasi di mana siswa dan orang tua bersama-sama membuat buku cerita keluarga, yang kemudian dibacakan di kelas. Dengan mengintegrasikan pendekatan-pendekatan ini, guru dapat menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, sekaligus meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa seperti Ali dan Maya dalam membaca.
In reply to URSKA SARI BESTINI SIMANJUNTAK

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Analisis jawaban sudah cukup baik dan jelas. Sebaiknya sertakan pandapat ahli/ sumber terkait pentingnya buku bergambar untuk siswa SD, membaca interaktif, dan ketelibatan orang tua dalam membaca. Pendapat ahli diperlukan untuk memperkuat argumen kamu. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by TITA ALINITA KEYLA -
langkah - langkah yang dapat di ambil adalah guru dapat mengintegreasikan
1. penggunaan buku bergambar, buku gambar yang dapat di integrasikan oleh guru bisa dengan menggunakan buku bergambar ilustrasi kartun yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari anak, dengan menggunakan buku bergambar, gambar-gambar tersebut memberikan pengetahuan latar belakang dan konteks penting untuk kata-kata di halaman yang mengembangkan kosakata, mengajarkan kata-kata baru dan juga Membantu siswa memahami isi cerita, serta membantu siswa mencegah dan membetulkan kesalahan pemahaman
2. aktivitas membaca interaktif membuat aktivitas yang terkait dengan cerita, seperti membuat lukisan, bermain peran, atau membuat buku mini, membaca berpasangan seperti mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam proses bercerita dan mengajak siswa untuk mengajukan pertanyaan
3. keterlibatan orang tua dapat dilakukan seperti menjadi contoh orang tua dapat menjadi contoh yang baik bagi anak dengan membaca buku di depan anak, membaca bersama dengan membacakan buku bersama anak atau mengajak anak untuk membaca bersama, menyediakan pojok baca orang tua dapat menyediakan pojok baca di kamar anak, menumbuhkan kebiasaan membaca sebagai orang tua dapat mendorong anak untuk membaca setiap hari, mendukung program literasi, orang tua juga dapatmemberikan dukungan nyata pada semua program literasi yang dilakukan sekolah maupun masyarakat, memberikan akses sumber daya literasi, orang tua dapat memberikan akses pada sumber daya literasi, menumbuhkan kesadaran literasi kepada anak, orang tua juga harus bisa mendorong anak-anak nya untuk memahami pentingnya berliterasi serta mendorong semangat untuk gemar berliterasi
In reply to TITA ALINITA KEYLA

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban masih agak teoretis. Perjelas dengan contoh/ tahapan-tahapan yang dilakukan. Bentuk integrasi ketiganya dan ide kegiatan/ pendekatan juga masih belum jelas. Sertakan pendapat ahli untuk memperkuat argumen. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by TIA AZZHARA -
Jawaban 1
1. Penggunaan buku bergambar menarik, langkah ini dapat dapat mendukung pemahaman teks, aktivitas membaca interaktif seperti membaca berpasangan bisa menambah interaksi dengan teman sekelas, dapat juga berdiskusi dan kolaborasi, mengadakan sesi membaca bersama di rumah dapat melibatkan orang tua dalam mendukung ketrampilan literasi anak di luar kelas

Jawaban 2
1. Penggunaan Buku Bergambar Kegiatan Setelah membaca sebuah buku bergambar, guru dapat meminta siswa untuk menggambar adegan dari cerita atau membuat versi gambar mereka sendiri dari karakter di buku tersebut. Aktivitas ini melibatkan kreativitas siswa.

2. Aktivitas membaca interaktif seperti membaca Berpasangan atau Kelompok Kecil mendorong kolaborasi dan meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam membaca. Ini juga memberi mereka kesempatan untuk saling membantu memahami teks dengan cara diskusi.

Kegiatan kedua guru dapat mengatur permainan dialog di mana dua siswa memerankan karakter dari cerita yang mereka baca. Mereka akan bergantian membaca bagian dialog karakter tersebut, menghidupkan cerita dengan ekspresi dan intonasi. Ini meningkatkan keterlibatan mereka dengan teks serta memperkuat pemahaman bacaan.


3. Keterlibatan Orang Tua dalam Membaca kegiatan nya seperti sesi membaca di rumah bersama orang tua untuk terlibat dalam kegiatan membaca di rumah adalah cara yang efektif untuk memperkuat kemampuan literasi siswa. Guru dapat memberikan rekomendasi buku bergambar yang menarik untuk dibaca bersama di rumah.
In reply to TIA AZZHARA

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Analisis bisa diperdalam lagi dan masih teoretis. Perjelas langkah-langkah konkretnya seperti apa terkait tiga poin tersebut. Perjelas integrasi ketiganya disertai dengan ide kegiatan/ pendekatan. Sertakan pendapat ahli untuk memperkuat argumen. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by INTAN RAVICKA SAPUTRI -
Guru bisa mulai dengan memilih buku bergambar yang sesuai minat Ali dan Maya, seperti buku yang penuh warna dan cerita seru. Kemudian, guru bisa mengajak siswa membaca berpasangan supaya mereka bisa saling bantu dalam memahami isi cerita. Bisa juga bikin permainan kata sederhana, seperti tebak kosakata baru yang ada di buku. Supaya lebih efektif, guru bisa minta orang tua ikut baca bareng di rumah dan bikin kegiatan seru, seperti minta anak-anak cerita ulang ke orang tua tentang buku yang dibaca di sekolah. Dengan cara ini, siswa bisa lebih termotivasi dan terlatih untuk memahami bacaan.
In reply to INTAN RAVICKA SAPUTRI

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Analisis bisa diperdalam lagi. Perjelas langkah-langkah konkretnya seperti apa terkait tiga poin tersebut. Bentuk integrasi ketiganya dan ide kegiatan/ pendekatan juga masih belum jelas. Perhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by EGGA CAHYA BEAUTY -
Jawaban 1
Langkah-Langkah konkret untuk Menerapkan Strategi Pembelajaran Literasi :
- Pemilihan Buku Bergambar yang Menarik: Guru harus memilih buku bergambar yang sesuai dengan usia dan minat siswa. Cerita dengan tema-tema yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa dapat lebih menarik perhatian mereka. Contohnya, buku yang mengisahkan petualangan di sekolah, keluarga.
- Permainan Kata untuk Pengembangan Kosakata: Guru dapat merancang permainan kata interaktif seperti "Kartu Kata" atau "Papan Kata." Dalam permainan ini, siswa belajar mengenali kata-kata baru, mengaitkannya dengan gambar, dan menyusunnya menjadi kalimat yang sederhana.

Jawaban 2
1. Penggunaan buku bergambar ini ada 2 jenis yaitu cerita dan diskusi visual, Proyek kolaboratif. contoh kegiatan dari cerita dan diskusi visual yaitu seorang guru bisa meminta ali dan maya untuk menggambarkan cerita yang baru dibaca menggunakan ilustrasi sederhana. dan contoh kegiatan dari proyek kolaboratif yaitu guru bisa mengadakan proyek dimana setiap siswa membuat halaman dari buku bergambar mereka sendiri misalnya ali dan maya bisa memilih cerita pendek atau pengalaman yang ingin mereka ceritakan melalui gambar dan tulisan.
2. Aktivitas membaca interaktif ada 2 jenis yaitu membaca secara bergilir seperti meminta siswa menjawab pertanyaan sederhana setelah membaca paragraf mereka untuk memeriksa pemahaman dan yang kedua teater bacaan seperti membantu siswa mengembangkan keterampilan pemahaman bacaan dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.
3. keterlibatan orang tua ada 2 jenis yaitu sesi membaca bersama dirumah dan proyek literasi keluarga
In reply to EGGA CAHYA BEAUTY

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Analisis bisa diperdalam lagi, khususnya terkait aktivitas membaca interaktif dan keterlibatan orang tua. Perjelas integrasi ketiganya disertai dengan ide kegiatan/ pendekatan. Sertakan pendapat ahli untuk memperkuat argumen. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by NURBAITI NINGRUM -
1. penggunaan buku bergambar yang lebih menarik
2. melibatkan orangtua dalam proses pembelajaran dengan mengadakan sesi membaca bersama dirumah dan melibatkan mereka dalam proyek litrasi di kelas
3. permainan kata yang melibatkan kosakata baru
In reply to NURBAITI NINGRUM

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Analisis bisa diperdalam lagi. Perjelas langkah-langkah konkretnya seperti apa terkait tiga poin tersebut. Bentuk integrasi ketiganya dan ide kegiatan/ pendekatan juga masih belum jelas. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by MARIA THERESA YULIANTI MINGGU -
Langkah-langkah konkret yang dapat di lakukan guru untuk menerapkan strategi pembelajaran literasi yaitu :
1. Penggunaan buku bergambar : Contoh yang dapat di ambil yaitu bacaan bersama, kegiatan ini dapat dilakukan dengan cara bacakan buku yang bergambar dengan keras, sambil mengajak siswa untuk ikut membaca pada bagian-bagian yang menarik dan gunakan ekspresi atau intonasi yang membuat bacaan tersebut lebih hidup.

2. Aktivitas membaca interaktif : Contoh yang dapat di ambil yaitu berbagi cerita, jadi setiap siswa bergantian menceritakan kembali bagian bagian yang baru dibaca di depan kelas, atau bekerja dalam kelompok untuk menceritakan ulang cerita dengan kata-kata mereka sendiri.

3. Permainan kata : Contoh yang dapat diambil yaitu teka-teki silang, seorang guru dapat membuat teka teki silang sedeherna menggunakan kosakata yang baru mereka dengar dan kaitkan dengan cerita yang mereka baca. Kegiatan ini membantu siswa untuk mengingat dan memahami arti kata-kata baru dengan cara yang menyenangkan.

Ide kegiatan dan pendekatakan tambahan yang dapat dilakukan yaitu :
- Koneksi dengan dunia nyata: Guru dapat menghubungkan isi bacaan di buku dengan kehidupan sehari-hari, dengan contoh sederhana yang dapat dilakukan yaitu guru dapat mengajak siswa untuk melakukan kunjungan ke lingkungkan sekitar guna untuk memperkenalkan mereka dengan isi bacaan yang ada dibuku dengan kehidupan sehari-hari yang mereka jalani.
-Menggunakan teknologi: Guru dapat memanfaatkan teknologi seperti e-book, aplikasi membaca dan video animasi lainnya, hal ini guna dapat menarik perhatian siswa untuk bisa lebih fokus ke sesuatu yang mereka lakukan atau kerjakan.
- Membentuk kelompok buku : Guru dapat mengajak siswa untuk bisa membuat kelompok atau bekerja sama dengan teman sekelompok guna untuk berdiskusi dan berpendapat tentang buku yang mereka baca kepada temannya.
In reply to MARIA THERESA YULIANTI MINGGU

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Analisis jawaban sudah cukup baik dan jelas. Sebaiknya sertakan pandapat ahli/ sumber terkait pentingnya buku bergambar untuk siswa SD, membaca interaktif, dan ketelibatan orang tua dalam membaca. Pendapat ahli diperlukan untuk memperkuat argumen kamu. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by MOH ZAINURI TIHURUA -
1. Penggunaan Buku Bergambar
Kegiatan: Membaca Bersama Buku Bergambar
Guru memilih buku bergambar dengan tema menarik (misalnya, petualangan atau fabel).
Guru membaca cerita sambil menunjukkan gambar pada halaman buku dan menjelaskan makna dari ilustrasi.
Kegiatan ini meningkatkan keterampilan menulis dan kreativitas siswa sambil mempraktikkan literasi visual.
2. Aktivitas Membaca Interaktif
Membaca interaktif membuat siswa lebih terlibat dalam pembelajaran. Guru dapat menggunakan beberapa strategi:
Kegiatan: Membaca Bergiliran (Reading Circle)
Siswa bergiliran membaca bagian cerita, lalu berdiskusi tentang tokoh dan alur cerita dengan bimbingan guru.
3. Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran Literasi
Orang tua berperan penting dalam memperkuat kebiasaan literasi di rumah. Berikut cara melibatkan mereka:
Guru mengundang orang tua untuk hadir dalam sesi bercerita di sekolah atau ikut dalam kegiatan “Malam Cerita” di rumah.
Aktivitas ini memperkuat hubungan orang tua-anak dan menumbuhkan kebiasaan literasi.
4. Penilaian dan Evaluasi Keberhasilan
Observasi Perkembangan: Guru mencatat perubahan kemampuan membaca, keterlibatan dalam diskusi, dan motivasi siswa dalam aktivitas literasi.
Umpan Balik dari Orang Tua: Guru meminta laporan tentang perkembangan literasi di rumah.
Dengan mengombinasikan buku bergambar, aktivitas membaca interaktif, dan keterlibatan orang tua, guru dapat menciptakan lingkungan
In reply to MOH ZAINURI TIHURUA

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Perdalam analisis setiap poinnya. Perjelas langkah-langkah konkretnya seperti apa terkait tiga poin tersebut. Bentuk integrasi ketiganya dan ide kegiatan/ pendekatan juga masih belum jelas. Sertakan pendapat ahli untuk memperkuat argumen. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by SYAHLA VIOLA BELLAMY -
1. Penggunaan buku bergambar. hal ini dapat membantu siswa dalam berinteraksi karena dapat Membantu anak mengenali huruf dan kata, Membantu anak memahami alur cerita dan perasaan tokoh, Membantu anak mengembangkan imajinasi, Membantu anak meningkatkan kemampuan mendengar, Membantu anak meningkatkan rasa percaya diri. Dalam langkah ini guru menciptakan karya kreatif yang dihasilkan oleh siswanya.

2. Aktivitas membaca interaktif. Hal ini dapat menambah wawasan literasi siswa karena kegiatan membaca yang dirancang untuk membuat siswa lebih tertarik dan terlibat dalam membaca buku. Dalam kegiatan ini, siswa akan berpartisipasi secara lisan dalam tanya jawab, diskusi, dan bermain peran. Pendekatan yang di lakukan adalah membuat tim atau tugas kelompok yang di lakukan siswa.

3. Keterlibatan orang tua. Orang tua penting dalam literasi anak karena orang tua berperan untuk memantau kegiatan menulis dan membaca di rumah, serta mengoreksi kesalahan baca dan tulis yang di latih anaknya, orang tua juga bisa memberikan buku hiburan baca tentang anak - anak agar anak tersebut ingin terus membacanya.
In reply to SYAHLA VIOLA BELLAMY

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban masih agak teoretis. Perjelas dengan contoh/ tahapan-tahapan yang dilakukan. Bentuk integrasi ketiganya dan ide kegiatan/ pendekatan juga masih belum jelas. Sertakan pendapat ahli untuk memperkuat argumen. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by SUNNESTA WIJAYA ADI SUKARDJOHAN -
1). membiasakan peserta didik untuk membaca agar peserta didik dapat terbiasa melihat bacaan dan juga dapat memahami aoa yang telah ia baca

2). sekolah membuat fasilitas perpustakaan yang berisikan buku bergambar, seperti dongeng, cerita rakyat agar siswa lebih tertarik untuk membaca

3). setiap kelas memiliki atau mebuat sedikit sisi ruangab untuk membuat perpustakaan kecil atau mini lalu guru bisa menyuruh siswa untuk membawa buku bacaan yang mereka miliki di rumah untuk dibaca agar bisa di baca bergantian oleh teman kelasnya jika sudah selesai membaca buku nya lakukan oengulasan aoa yang telah siswa tersebut baca

4). keterlibatan orang tua, adakan pertemuan antar guru dan orang rua siswa untuk meberi tahukan agar dirumah melakukan literasi bersama keluarga inti dirumahnya lada saat liburan jadi liburannya di manfaat kan dengan membaca buku bersama keluarga peserta didik pasti akan lebih bersemangat untuk melakukan mebaca, lalu tanyakan kembali pada saat hari berikut nya memulai pembelajaran, buku apa yang telah mereka baca bersama orang tua nya dirumah

5). membaca bersama guru dan siswa : ini bisa di lakukan sebelum topik pembelajaran di mulai seperti guru membuat kelomlok kecil lalu suruh siswa untuk membaca buku menyangkut topik yang akan di bahas pada hari itu setelah membaca diskusikan lalu presentasikan di depan kelas apa yang telah kelompok tersebut baca dan pahami, kegiatan ini agar siswa tidak malas membaca serta memiliki sifat cepat tanggap

6). adakan membuat games seperti teka teki silang menyangkut topik yang akan di bahas agar si siswa lebih tertarik lagi untuk membaca buku, atau mengadakan games berhadiah seperti hadiah kecil kecilan penghapus alat tulis, agar siswa termotivasi dan lebih semangat lagi untuk membaca dan belajar, bisa juga siapa yang bisa men jawab pertanyaan guru tersebut di berikan nilai tambahan berbentuk bintang dari origami

7). mengadakan membuat proyek di kelas seperti membuat melakukan kegiatan kreatif seperti menulis ulasan apa yang telah ia baca dengan cara mengukir tulisannya di hias dengan spidol, pensil warna atau krayon
In reply to SUNNESTA WIJAYA ADI SUKARDJOHAN

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Fokuskan analisis pada tiga poin yang disebutkan dalam soal. Perjelas dengan contoh/ tahapan-tahapan yang dilakukan. Bentuk integrasi ketiganya dan ide kegiatan/ pendekatan juga masih belum jelas. Sertakan pendapat ahli untuk memperkuat argumen. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by VERONIKA FEBIANA -
Langkah-langkah yang konkret dapat diambil guru untuk menerapkan strategi pembelajaran literasi adalah:
1. Guru dapat melakukan pemilihan atau penggunaan buku bergambar yang relevan dan juga menarik sesuai dengan minat dan usia siswa, dengan cerita yang sederhana. Selain itu guru juga mengadakan sesi membaca bersama di kelas sambil menunjuikan gambar dan memberikan pertanyaan sederhana kepada siswa yang telah membaca buku tersebut, hal ini dapat membantu siswa untuk memahami isi cerita di dalam buku tersebut.
2. Adanya keterlibatan orang tua dalam pembelajaran hal ini guru dapat memberikan tugas membaca harian kepada siswa bersama orang tua dengan ini siswa dapat mencatat apa yang dibaca agar orang tua dapat merespon cerita tersebut.
3. Perlu adanya peningkatan motivasi siswa dengan cara sistem penghargaan untuk memotivasi siswa dalam membaca dengan memberi siswa bintang setiap mereka selesai menyelesaikan proyek literasi.
4. Guru dapat melakuikan evaluasi yaitu dengan cara memantau kemajuan siswa dengan dengan cara mencatat kemampuan dalam membaca teks da juga keaktifan mereka dalam kegiatan literasi, selain itu guru juga dapat melakukan refleksi setelah kegiatan literasi untuk mengetahui tentang apa yang mereka pelajari dan hal ini dapat membantu siswa sadar dengan proses belajar mereka.
In reply to VERONIKA FEBIANA

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban masih agak teoretis. Perjelas dengan contoh/ tahapan-tahapan yang dilakukan. Bentuk integrasi ketiganya dan ide kegiatan/ pendekatan juga masih belum jelas. Sertakan pendapat ahli untuk memperkuat argumen. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by FARAHMITHA RAHMADINA -
langkah-langkah konkret yang dapat diambil oleh guru untuk menerapkan strategi pembelajaran literasi yang telah dipilih dalam konteks kelas 2 di Sekolah Dasar Bina Cendikia
1). Penggunaan buku bergambar yang lebih menarik.
- penggunaan buku tersebut juga disertai dengan buku yang diminiati atau yang sesuai dengan siswa, buku yang seperti apa yang sesuai dan diminati (mengenali minat siswa )misal dari segi genre buku, judul buku yang menarik, cover buku yang menarik.
Guru juga dapat menambahkan buku dengan variasi judul yang menarik, guru melakukan pendekatan melalui obrolan atau pembicaraan santai dengan anak tersebut mengenai bagaimana memilih dan menggunakan buku bergambar dengan tepat misal dari cara membaca yang menarik atau Teknik membaca yang tepat.

2). Aktivitas membaca interaktif seperti membaca berpasangan,
- aktivitas ini bisa berupa membaca berpasangan(bergilir membaca dengan pasangan masing-masing atau bisa juga dengan membaca bersama dan bisa menggunaka dua cara tersebut dengan bergantian setiap perharinya atau setiap pertemuannya. Misal hari senin membaca bergantian dan hari selasa membaca bersama),
melakukan simulasi peran atau tokoh(melakukan pembagian peran seolah-olah siswa sebagai tokoh dalam bacaan tersebut atau yang biasa disebut drama),
melakukan diskusi melalui sesi tanya jawab di kelas(membuka sesi bertanya siswa dan menjawab siswa, pada kegiatan ini siswa diharapkan dapat berdikusi tentang bacaan ini dan dapat berinteraksi aktif dengan teman dan guru).

3). Permainan kata yang melibatkan kosakata baru.
- permainan ini bisa berupa teka-teki silang, tebak-tebakan dengan point atau skor, dan penugasan untuk membuat tulisan seperti cerita pendek, puisi, pantun.

4). Melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran dengan mengadakan sesi membaca bersama di rumah dan melibatkan mereka dalam proyek literasi di kelas
-pada metode ini bisa diawali dengan melakukan sosialisasi dengan mengenalkan pembelajaran kolaboratif kepada orang tua diharapkan orang tua dapat meluangkan waktu untuk bisa melakukan kegiatan literasi bersama di rumah antara orang tua dengan siswa.
Selain di rumah guru juga bisa melibatkan orang tua mengikuti proyek literasi di kelas yaitu bisa dengan meminta kepada orang tua membaca bersama anak di kelas, meminta orang tua siswa untuk menceritakan buku tersebut misal buku dongeng di kelas, mengadakan simulasi pemeran tokoh di kelas bisa khusus orang tua dan bisa antara orang tua dengan siswa (jika orang tua bersedia), membuat tugas Kesimpulan kegiaran dan Kesimpulan buku antara orang tua dengan siswa di kelas.
Mengadakan komunikasi rutin kepada orang tua mengenai perkembangan baca anak tersebut, dan tak lupa memberikan pujian dan motivasi.

Guru dapat mengintegrasikan penggunaan buku bergambar, aktivitas membaca interaktif, dan keterlibatan orang tua untuk meningkatkan pemahaman bacaan dan motivasi siswa seperti Ali dan Maya.
Langkah-langkah konkret ini, guru bisa mengintegrasikan dengan dua pendekatan yaitu pendekatan kontekstual dan pendekatan berbasis sains dan penelitian dimana guru dapat menghubungkan materi dengan situasi nyata yang ada di kehidupan sehari-hari melaui kegiatan sains dan penilitian.
Contoh kegiatannya :
Guru mengambil materi tentang lingkungan misalnya tentang tumbuhan ( guru dapat merekomendasikan buku bergambar terkait tumbuhan atau tanaman).
Kemudian guru membagi kelompok dan membuka sesi diskusi mengenai materi tersebut dengan yang ada di buku(bisa membahas bentuk tumbuhan, bagaimana tumbuhan itu dapat hidup, bagaiman siklus tumbuhan itu berkembang, manfaat tumbuhan dan sebagainya).
Setelah berdiskusi guru mengajak siswa melakukan pengamatan di sekitar sekolah mengenai tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah (guru memandu dan memberikan informasi terkait tumbuhan yang ada di sekitar dengan materi yang dibahas sebelumnya).
Berikutnya guru memberi tugas yang melibatkan orang tua dengan proyek pengamatan berdasarkan pendekatan berbasis sains dan penilitian. Setiap siswa diberikan tugas mengamati tumbuhan yang ada di lingkungan rumah bersama orang tua (mengenai bentuk dan nama tumbuhan yang ada di sekitar, bagaimana tumbuhan tersebut hidup dan berkembang, manfaat tumbuhan dan cara menjaga tumbuhan cara orang tua dan cara yang ada di buku). Tugas tersebut ditulis dan hasilnya siswa mempresentasikan di kelas atau bisa juga dengan diskusi saja.
In reply to FARAHMITHA RAHMADINA

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Analisis jawaban sudah cukup baik dan jelas. Sebaiknya sertakan pendapat ahli/ sumber terkait pentingnya buku bergambar untuk siswa SD, membaca interaktif, dan ketelibatan orang tua dalam membaca. Pendapat ahli diperlukan untuk memperkuat argumen kamu. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by ULA DHIYAA' BAROKAH -
Berikut langkah-langkah yang dapat diambil untuk menerapkan strategi pembelajaran literasi yang telah dipilih dalam konteks kelas 2 di Sekolah Dasar Bina Cendikia:
1) Guru memilih buku sesuai dengan tema dan memiliki tampilan yang menarik, seperti terdapat sebuah ilustrasi yang dapat menjadi sebuah visual peserta didik dalam membaca, sehingga peserta didik tidak cepat merasa bosan dalam membaca buku tersebut. misalnya buku cerita, atau buku petualangan yang memiliki gambar.
2) sebelum membaca, guru mengajak peserta didik untuk mendiskusikan mengenai gambar yang terdapat pada sampul dan menebak apa saja isi yang akan dibahas di dalam buku tersebut jika dilihat dari sampulnya saja.
3) Guru ataupun siswa melakukan sesi pembacaan berulang. jadi guru melakukan pembacaan berulang, hal ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membantu peserta didik dalam mengingat dan membantu peserta didik dalam memahami bahan bacaan yang sedang dibaca.
4) Setelah membaca, guru dapat meminta peserta didik untuk menuliskan kembali cerita menggunakan bahasanya sendiri ataupun membuat poster mengenai buku yang telah dibaca, hal ini dapat mengetahui peserta didik telah mengetahui dan memahami isi bacaan yang telah mereka baca dan hal ini dapat membantu peserta didik meningkatkan motivasi dalam membaca.
5) Guru mengajak peserta didik untuk membaca berpasangan. terdapat siswa yang membaca dan siswa yang lain mendengarkan, dan setelah selesai mereka dapat mendiskusikan tentang isi bacaan dan mereka dapat bertanya satu sama lain.
6) Guru mengadakan sesi membaca bersama, di mana orang tua diundang ke sekolah untuk membaca bersama anak-anak di sekolah. hal ini dapat dilkukan seminggu sekali sehingga orang tua juga dapat terlibat dan melihat perkembangan sang anak.
7) Guru juga dapat mengadakan proyek literasi di rumah dengan cara memberikan tugas kepada peserta didik untuk membaca buku bersama dengan orang tua dan membuat laporan mengenai buku bacaan yang telah di baca dan meminta paraf orang tua nya sebagai bukti bahwa telah melakukan tugas tersebut bersama orang tua.
In reply to ULA DHIYAA' BAROKAH

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban sudah cukup baik. Perdalam analisis terkait solusi dari masalah yang dihadapi Ali dan Maya. Integrasikan antara penggunaan buku bergambar, aktivitas membaca interaktif, dan keterlibatan orang tua untuk meningkatkan pemahaman bacaan dan motivasi Ali dan Maya. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by RAHMA RIZKY MEIDINA -
Langkah langkah untuk menerapkan strategi pembelajaran literasi dikelas 2 SD Bina Cendikia yaitu
1. Penggunaan Buku Bergambar
Membuat rak buku berwarna-warni yang menarik untuk membaca di kelas, Gunakan sistem kode warna untuk mengkategorikan buku berdasarkan tingkat kesulitan dan, Menggunakan "Preview Buku Minggu Ini" untuk memperkenalkan 1-2 buku baru setiap minggu dan juga pilih buku dengan ilustrasi berwarna cerah dan menarik
2. Aktivitas Membaca Interaktif yaitu membaca berpasangan dengan temen dan juga bisa buat kartu kata dari kosakata dalam yang dibaca
3. Keterlibatan Orang Tua yaitu  a. program membaca dirumah misal sediakan panduan singkat cara mendampingi anak membaca, bisa juga reward sederhana untuk keaktifan membaca dirumah; b. Proyek literasi bersama misal undang orang tua sebagai "guest reader" dikelas dan juga libatkam orang tua dalam proses pembuatan alat peraga literasi

Contoh Implementasi untuk Ali dan Maya:
1. Untuk Ali yang mudah bosan yaituContoh penggunaan Ali dan Maya:
Ali, yang cepat bosan yaitu pilih buku dengan tema yang sesuai dengan minatnya dan pasangkan dengan teman yang lebih antusias dan ambil bagian dalam aktivitas tertentu.
2. Bagi Maya yang mengalami kesulitan untuk memahami yaitu berikan scaffolding lebih kuat dengan menggunakan organizer grafik sederhana dan juga  bergabunglah dalam kelompok kecil untuk berbicara dan beri waktu tambahan untuk proses.
In reply to RAHMA RIZKY MEIDINA

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Analisis jawaban sudah cukup baik. Perdalam analisis tentang keterkaitan antara penggunaan buku bergambar, aktivitas membaca interaktif, dan keterlibatan orang tua untuk meningkatkan pemahaman bacaan dan motivasi Ali dan Maya. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by MERY SEPTIANDARI -
Terdapat beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh guru seperti :

1. Pilih buku bergambar yang sesuai
> Relevansi : Memilih buku bergambar yang temanya dekat dengan kehidupan sehari-hari, seperti keluarga, sekolah, atau bisa juga tentang hewan peliharaan.
> Visual yang menarik : Pastikan ilustrasi dalam buku menarik dan mudah untuk di pahami oleh siswa kelas 2.
> Variasi gendre : Tawarkan berbagai gendre buku, seperti cerita pendek, dongeng, atau buku non fiksi yang sederhana untuk memotofasi minat baca siswa.

2. Aktifitas membaca interaktif yan menyenangkan
> Membaca berpasangan : Ajak siswa membaca berpasanan secara berantian, kegiatan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri dan menambah pemahaman siswa terhadap teks.
> Membuat ilustrasi : Minta siswa membuat gambar ilustrasi berdasarkan cerita yang mereka baca, hal ini dapat membantu siswa untuk memvisualisasikan cerita dan meningkatkan pemahaman mereka.

3. Pemilihan kata yang menarik
> Teka-teki : Membuat teka-teki sederhana yang berkaitan denan kosakata baru yang berkaitan dengan bacaan.
> Binggo kosakata : Buat papan binggo dengan menggunakan kosakata baru. Saat guru menyebutkan kata tertentu, siswa harus menandai kata tersebut pada buku / papan binggo mereka.

4. Keterlibatan oran tua
> Sesi membaca bersama : Adakan pertemuan dengan orang tua siswa untuk menjelaskan pentingnya membaca bersama dirumah dan guru dapat memberikan beberapa tips membacakan buku yang efektif.
> Proyek literasi bersama : Dengan melibatkan orang tua siswa dalam proyek literasi kelas, seperti membaca buku bersama atau sekedar menceritakan tentang buku favorit mereka.
> Komunikasi terbuka : Buat saluran komunikasi yang terbuka dengan orang tua siswa untuk sekedar berbagi informasi tentang perkembangan belajar siswa dan meminta dukungan mereka.
In reply to MERY SEPTIANDARI

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban sudah cukup baik. Perdalam analisis terkait solusi dari masalah yang dihadapi Ali dan Maya. Integrasikan antara penggunaan buku bergambar, aktivitas membaca interaktif, dan keterlibatan orang tua untuk meningkatkan pemahaman bacaan dan motivasi Ali dan Maya. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by PRETI ANGGIYANI -
1. penggunaan buku bergambar, buku gambar yang dapat di integrasikan oleh guru bisa dengan menggunakan buku bergambar ilustrasi kartun yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari anak, dengan menggunakan buku bergambar, gambar-gambar tersebut memberikan pengetahuan latar belakang dan konteks penting untuk kata-kata di halaman yang mengembangkan kosakata, mengajarkan kata-kata baru dan juga Membantu siswa memahami isi cerita membaca dan permainan
2. aktivitas membaca interaktif membuat aktivitas yang terkait dengan cerita, seperti membuat lukisan, bermain peran, atau membuat buku mini, membaca berpasangan seperti mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam proses bercerita dan mengajak siswa untuk mengajukan pertanyaan
3. Keterlibatan Orang Tua Bagikan jadwal sesi membaca bersama di rumah membaca buku di depan anak, membaca bersama dengan membacakan buku bersama anak atau mengajak anak untuk membaca bersama, menyediakan pojok baca orang tua dapat menyediakan pojok baca di kamar anak, menumbuhkan kebiasaan membaca sebagai orang tua dapat mendorong anak untuk membaca setiap hari, mendukung program literasi
In reply to PRETI ANGGIYANI

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban masih teoretis. Kaitkan dengan contoh kasus dalam soal. Kaitkan jawaban dengan mengintegrasikan penggunaan buku bergambar, aktivitas membaca interaktif, dan keterlibatan orang tua untuk meningkatkan pemahaman bacaan dan motivasi Ali dan Maya. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by ICHA NATASYA -
1.penggunaan buku gambar yang menarik
2.aktivitas membaca interaktif
3.keterlibatan orangtua
4.evaluasi dan penyesuaian

guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan mendukung, sehingga siswa seperti Ali dan Maya dapat lebih termotivasi dalam membaca dan memahami teks
In reply to ICHA NATASYA

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Perdalam analisis terkait langkah-langkah konkret yang dapat diambil oleh guru untuk menerapkan strategi pembelajaran literasi di kelas 2, khususnya dari penggunaan buku bergambar, aktivitas membaca interaktif, dan keterlibatan orang tua. Semangat terus.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by SITI MUDRIKAH -
Guru dapat melakukan berbagai tindakan untuk menerapkan strategi pembelajaran literasi yang lebih kreatif dan interaktif. Yang paling pertama adalah penggunaan buku bergambar yang penuh ilustrasi yang berwarna dan menarik bisa digunakan untuk meningkatkan minat siswa seperti Ali dan Maya. Guru sebaiknya memilih buku yang sesuai dengan minat anak, misalnya tentang binatang atau petualangan, guna memicu motivasi mereka dalam membaca. Adapun aktivitas membaca berpasangan dapat dilakukan, di mana satu siswa membaca sementara yang lain merangkum atau mengajukan pertanyaan, sehingga tercipta interaksi lebih aktif dengan teks.

Untuk membantu siswa belajar kosakata baru, permainan kata juga dapat diterapkan. Misalnya, guru bisa mengadakan permainan seperti teka-teki silang atau bingo yang berbasis kata-kata dari bacaan yang sudah dipelajari. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga dapat dikatakan bisa membantu memperdalam pemahaman mereka terhadap teks.

Melibatkan orang tua juga bisa menjadi langkah penting dalam mendorong motivasi dan pemahaman siswa. Guru bisa mendorong orang tua untuk mengadakan sesi membaca bersama di rumah sebagai bagian dari tugas literasi, di mana mereka bisa membantu anak membaca dan mendiskusikan cerita. Selain itu, orang tua juga bisa terlibat dalam proyek literasi di sekolah, seperti mendukung anak dalam membuat cerita berdasarkan gambar atau menyusun jurnal bacaan mingguan yang dipresentasikan di kelas.
In reply to SITI MUDRIKAH

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Analisis jawaban sudah cukup baik. Kaitkan dengan karakteristik siswa kelas 2. Perkuat dengan pendapat ahli untuk memperkuat jawaban. Semangat untuk diskusi selanjutnya.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by DESTIKA PUPUT SAGITA -
1. Penggunaan Buku Bergambar
-Pilih buku bergambar yang menarik dan relevan dengan minat siswa.
-Setelah membaca, adakan aktivitas kreatif seperti menggambar atau membuat kolase tentang cerita.
2. Aktivitas Membaca Interaktif
-Terapkan membaca berpasangan untuk mendiskusikan isi bacaan, yang mendorong berpikir kritis.
-Gunakan permainan kosakata, seperti 'Bingo Kosakata', untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan.
3. Keterlibatan Orang Tua
-Ajak orang tua untuk membaca bersama anak di rumah dengan panduan diskusi.
-Libatkan orang tua dalam proyek literasi, seperti membuat buku cerita bersama.
4. Pembelajaran Berbasis Proyek
-Siswa dapat berkolaborasi untuk membuat buku bergambar kelas, meningkatkan rasa keterlibatan.
Dengan strategi ini, diharapkan siswa seperti Ali dan Maya akan lebih termotivasi dan aktif dalam pembelajaran literasi.
In reply to DESTIKA PUPUT SAGITA

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban masih teoretis. Kaitkan dengan contoh kasus dalam soal. Kaitkan jawaban dengan mengintegrasikan penggunaan buku bergambar, aktivitas membaca interaktif, dan keterlibatan orang tua untuk meningkatkan pemahaman bacaan dan motivasi Ali dan Maya. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by AUREL PUTRI HILWANY -
1. Analisis Kebutuhan Siswa:
a) Identifikasi minat baca: Lakukan survei singkat untuk mengetahui jenis buku dan cerita yang disukai siswa.
b) Evaluasi kemampuan baca: Lakukan tes sederhana untuk mengukur pemahaman bacaan siswa.

2. Pemilihan Buku Bergambar yang Relevan:
a) Sesuaikan dengan tema pembelajaran: Pilih buku yang mendukung materi pelajaran yang sedang dibahas.
b) Pertimbangkan tingkat kesulitan: Pilih buku yang sesuai dengan kemampuan baca siswa.

3 Desain Aktivitas Membaca Interaktif:
a) Diskusi kelompok: Bagi siswa menjadi kelompok kecil untuk mendiskusikan isi buku.
b) Role-playing: Ajak siswa memerankan tokoh dalam cerita.

3 Keterlibatan Orang Tua:
a) Buat program membaca bersama: Ajak orang tua untuk meluangkan waktu membaca bersama anak di rumah.
b) Buat lembar kerja: Berikan lembar kerja sederhana untuk dikerjakan bersama orang tua.
c) Selenggarakan pertemuan orang tua: Ajak orang tua untuk berdiskusi tentang pentingnya membaca dan cara mendukung anak di rumah.

Contoh Kegiatan dan Pendekatan:
1. Membaca 15 menit sebelum pelajaran: Buat suasana yang menyenangkan dengan membaca bersama-sama.
2. Pojok baca kelas: Sediakan berbagai jenis buku bacaan yang menarik.
3. Mengundang penulis atau ilustrator buku: Ajak mereka untuk berbagi pengalaman dan menginspirasi siswa.
4. Membuat buku cerita bersama: Libatkan siswa dalam proses pembuatan buku, mulai dari menulis cerita hingga menggambar ilustrasi.
5. Membuat pameran karya siswa: Tampilkan hasil karya siswa dari berbagai aktivitas membaca.
Tujuan yang Ingin Dicapai:
6. Meningkatkan minat baca: Dengan menyediakan buku yang menarik dan aktivitas yang menyenangkan, siswa akan lebih termotivasi untuk membaca.
7. Meningkatkan pemahaman bacaan: Melalui diskusi, role-playing, dan kegiatan menulis, siswa akan lebih memahami isi buku.
8. Mengembangkan keterampilan berbahasa: Aktivitas membaca dan menulis akan membantu siswa meningkatkan kosakata dan kemampuan berbahasa.
9. Membentuk kebiasaan membaca: Dengan melibatkan orang tua, kebiasaan membaca akan tertanam sejak dini.
Penting:
10. Evaluasi secara berkala: Lakukan evaluasi untuk melihat perkembangan minat baca dan pemahaman siswa.
11. Berikan umpan balik yang positif: Apresiasi setiap usaha siswa untuk membaca dan belajar.
In reply to AUREL PUTRI HILWANY

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban masih umum. Kaitkan dengan masalah yang dihadapi Ali dan Maya. Integrasikan antara penggunaan buku bergambar, aktivitas membaca interaktif, dan keterlibatan orang tua untuk meningkatkan pemahaman bacaan dan motivasi Ali dan Maya. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by SHERLINE DWININGTHYAS -
Langkah langkah konkret yang dapat diambil oleh guru untuk menerapkan strategi pembelajaran literasi yang telah dipilih dalam konteks kelas 2 di Sekolah Dasar Bina Cendekia dengan:
1. Penggunaan Buku Bergambar; menurut Nurgiyantoro (2005:152) bahwa “dengan gambar-gambar cerita menarik yang dihadirkan, siswa akan membaca dengan penuh kesungguhan, mengikuti dan mencoba memahami alur gambar aksi yang dilihatnya, gambar tersebut akan menjadi salah satu daya gerak mengembangkan fantasi lewat imajinasi dan logika”.
- Langkah konkret nya pertama; melakukan pemilihan buku yaitu dengan memvariasikan tema pada siswa Sekolah Dasar (seperti, dongeng, sains, sejarah, ataupun cerita sehari hari); Kedua dengan menyesuaikan usia (seperti, 7-8 tahun siswa dapat membaca buku dongeng anak, 9-10 tahun siswa dapat membaca novel anak, komik anak, dan buku nonfiksi untuk anak, 11-12 tahun siswa dapat membaca novel remaja, dan buku sains populer); Ketiga dengan kualitas gambar (seperti visualisasi gambar kue donat dengan warna nya yang coklat serta hiasan di atasnnya berupa springkle warna warni, yang membuat visualisasi warnarnya yang jelas, serta detailnya yg banyak akan membuat gambar tersebut akan terlihat nyata); dan Keempat menggunakan bahasa yang sangat sederhana (seperti bunga mawar berwarna merah) kalimat tersebut pendek, jelas, dan mudah dipahami.
- Bentuk Integritas dengan pertama, sebagai media pembelajaran inti (seperti, matematika: dengan gambar bentuk geometri yang berwarna, diagram, ataupun grafik) dapat membantu siswa memahami konsep matematika; Kedua, sebagai alat bantu mengajar (seperti, poster berwarna dengan tema tema tertentu) di pajang di kelas sebagai informasi atau inspirasi; Ketiga, sebagai Media evaluasi (seperti, lembar kerja dengan gambar berwarna) untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi tersebut.

2. Aktifitas Membaca Interaktif; menurut Anderson 1972 (dalam Abidin, 2012: 24) model membaca interaktif adalah model yang paling tepat untuk diterapkan, karena menurutnya model ini juga merupakan gambaran yang paling baik apa yang terjadi ketika membaca
- Ide Kegiatan; Pertama, diskusi kelompok untuk mendiskusikan cerita yang mereka sukai; Kedua, membuat cerita baru berdasarkan cerita yang sudah dibaca; Ketiga, menulis surat kepada salah satu karakter dalam cerita.

3. Keterlibatan Orang Tua; Keterlibatan orang tua pada proses perkembangan keterampilan literasi anak adalah peran orang tua yang dimainkan dengan mengadaptasi dari inti filosof literasi yang dimulai dan dilakukan oleh masyarakat melek huruf yang diawali dan ditopang dengan pembelajaran keaksaraan yang dilakukan dirumah oleh orang tua dan anak (Close et al, 2001).
- Ide Pengajaran; Pertama, Kolaborasi Guru dan Orang Tua yaitu melakukan Workshop Bersama dengan menciptakan lingkungan membaca yang kondusif di rumah, dan Proyek bersama dengan menugaskan proyek membaca yang dikerjakan bersama orang tua di rumah; Kedua, Memanfaatkan Sumber Daya Orang Tua yaitu meminta orang tua membaca cerita, dan mengajak orang tua menjadi narasumber dengan berbagi pengalaman dengan anaknya; Ketiga, manfaat keterlibatan orang tua yaitu dengan memperkuat ikatan keluarga membaca bersama dapat memperkuat ikatan emosional antara orang tua dan anak, dan meningkatkan minat baca anak dengan orang tua yang gemar membaca dapat meningkatkan motivasi anak.
In reply to SHERLINE DWININGTHYAS

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Analisis jawaban sudah cukup baik. Kaitkan dengan karakteristik siswa kelas 2 untuk dikaitkan dengan kasus Ali dan Maya. Semangat untuk diskusi selanjutnya.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by ASTRID ADELIA SUPANDI -
Untuk mengatasi kesulitan siswa kelas 2 dalam memahami teks dan meningkatkan motivasi membaca, guru dapat menerapkan beberapa strategi inovatif. Penggunaan buku bergambar yang menarik dan relevan dengan minat siswa akan membuat proses membaca lebih menyenangkan. Aktivitas membaca interaktif seperti membaca berpasangan, dramatisasi, dan membuat ilustrasi akan mendorong siswa untuk terlibat aktif dengan teks. Selain itu, permainan kata yang seru akan membantu memperkaya kosakata mereka. Keterlibatan orang tua melalui sesi membaca bersama dan proyek literasi bersama juga sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di rumah.
In reply to ASTRID ADELIA SUPANDI

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Analisis bisa diperdalam lagi. Perjelas langkah-langkah konkretnya seperti apa terkait tiga poin tersebut. Bentuk integrasi ketiganya dan ide kegiatan/ pendekatan juga masih belum jelas. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by AULIA NAZWA WURYANTI -
1. Pemilihan buku gambar yang menarik, cerita yang relavan dengan kehidupan anak, dan penggunaan bahasa yang sederhana, Kegiatan yang dilakukan sebelum membaca bisa dengan berdiskusi, ajak siswa tersebut mendeskripsikan gambar pada sampul buku di setiap halaman depan buku, kemudian meminta siswa untuk memperkirakan apa yang akan terjadi pada cerita tersebut, setelah siswa membaca nya ajak siswa untuk membandingkan isi cerita tersebut dengan gambar yang sebelum nya di diskusikan bersama

2. aktivitas membaca interaktif bisa dengan membuat drama pembacaan, menyuruh siswa memerankan tokoh dalam cerita dan membacakan dialog nya dengan penuh ekspresi, kemudian mengajak siswa untuk menulis ulang cerita tersebut memakai Bahasa mereka sendiri

3. Permainan kata dan kosakata agar lebih menarik, Guru bisa mengajak siswa untuk mencari kata-kata tertentu dalam daftar yang diberikan, permainan ini bisa memakai konsep bingo, dengan seperti ini siswa akan tertarik untuk mengtahui kata apa yang akan ia temukan

4. Melibatkan orang tua bisa dengan berkomunikasi secara rutin, memberi informasi kepada orang tua tentang kegiatan literasi di kelas dan meminta mereka untuk mendukung di lingkungan rumah

5. Pujian. Sangat penting untuk memberikan pujian dan dorongan kepada siswa atas setiap capaian mereka, meskipun begitu Guru juga perlu melakukan evaluasi untuk melihat perkembangan kemampuan belajar siswa, jika masih ada siswa yang mengalami kesulitan, Guru dengan sigap memberikan perhatian khusus dan sesuaikan strategi pembelajaran

Kesimpulan
Dari beberapa Langkah-Langkah konkret diatas, diharapkan Guru mengetahui bahwa setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda. Oleh karena itu, Guru perlu memberikan variasi aktivitas dalam pembelajaran supaya semua siswa terlibat secara aktif mencapai potensi terbaik mereka
In reply to AULIA NAZWA WURYANTI

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban masih teoretis. Kaitkan dengan contoh kasus dalam soal. Kaitkan jawaban dengan mengintegrasikan penggunaan buku bergambar, aktivitas membaca interaktif, dan keterlibatan orang tua untuk meningkatkan pemahaman bacaan dan motivasi Ali dan Maya. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by NADYA JULIANA -
Guru dapat meningkatkan literasi siswa kelas 2 dengan cara kreatif. Langkah pertama adalah menyediakan Pojok Buku Bergambar di kelas, yang berisi buku petualangan atau cerita rakyat yang berbeda setiap bulan. Sebelum membaca, guru dapat mengajak siswa melihat gambar dan menebak isi ceritanya. Setelah membaca, siswa dapat berdiskusi terkait peristiwa dalam cerita. Misalnya, setelah membaca tentang kelinci yang sombong, siswa bisa berbagi pendapat tentang perilaku kelinci yang mebuatnya sombong.

Guru juga bisa menerapkan membaca kelompok kecil, di mana siswa dibagi ke dalam kelompok untuk membaca cerita bersama. Setelah selesai, mereka dapat saling berbagi pendapat atau mengajukan pertanyaan antar-kelompok. Contohnya, setelah membaca cerita si kelinci yang ceroboh, satu kelompok dapat bertanya pada kelompok lain tentang pelajaran yang dapat diambil dari cerita.

Sebagai cara lain untuk melibatkan orang tua, guru bisa menyelenggarakan acara membaca keluarga di mana orang tua diundang untuk hadir dan membaca bersama anak-anak di sekolah. Kegiatan Ini bisa menjadi pengalaman dan menunjukkan pentingnya membaca. Selain itu, guru bisa mengadakan tantangan membaca, di mana orang tua bertanggung jawab untuk memberikan target membaca buku dalam jangka waktu tertentu dan mencatat buku yang telah dibaca anak.
In reply to NADYA JULIANA

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Perdalam analisis terkait solusi dari masalah yang dihadapi Ali dan Maya. Integrasikan antara penggunaan buku bergambar, aktivitas membaca interaktif, dan keterlibatan orang tua untuk meningkatkan pemahaman bacaan dan motivasi Ali dan Maya. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by ALYA NABILA ANGELICA -
langkah langkah untuk meningkatkan pemahaman membacaan dan motivasi siswa:
Dengan kombinasi pendekatan visual, aktivitas interaktif, dan dukungan dari orang tuanya, guru dapat membuat Ali dan Maya memahami bacaan lebih baik dan membangun minat membaca yang kuat

1. Penggunaan buku bergambar yang menarik dapat menjadi cara untuk menarik perhatian siswanya
2.memberikan atau memperkenalkan elemen visual ,mengamati ekspresi karakter,latar cerita,atau warna-warna yang mencerminkan suasana.
3.Guru atau orang tua bisa datang ke sekolah mengenakan kostum karakter dari cerita itu bisa membuat kegiatan membaca menjadi lebih menyenangkan dan menginspirasi siswa
4. Observasi dan Diskusi Gambar memperhatikan gambar sebelum membaca teks. Guru bisa bertanya, “Apa yang menurut kalian sedang terjadi di gambar ini?” atau “Mengapa karakter ini terlihat senang?” Hal ini membantu siswa membangun imajinasi dan memahami konteks cerita.
5. Membaca Bergantian Guru dapat mengajak membaca satu kalimat atau paragraf secara bergantian kepada setiap siswa atau siswa dan guru saja
6. Bermain tebak ebak Peran Guru memilih bagian cerita yang akan dibacakan tanpa menyebutkan nama karakter. Setelah siswa mendengarkan, mereka diminta menebak siapa karakter tersebut dan mengapa mereka berpikir bahwa jawaban dia masuk ke karakter itu
In reply to ALYA NABILA ANGELICA

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Perjelas langkah-langkah konkret yang dilakukan guru untuk meningkatkan literasi Ali dan Maya. Kaitkan dengan karakteristik siswa kelas 2. Perkuat dengan pendapat ahli untuk memperkuat jawaban. Semangat untuk diskusi selanjutnya.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by FARAH APRILIA -
Untuk meningkatkan pemahaman dan minat baca siswa kelas 2 di SD Bina Cendikia, guru bisa mencoba beberapa strategi pembelajaran literasi. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

1. Menggunakan Pendekatan yang Sesuai

Berdasarkan gambar, ada beberapa pendekatan yang bisa dicoba:

Pendekatan Kontekstual: Pilih buku bergambar yang ceritanya berhubungan dengan kehidupan sehari-hari anak, seperti cerita tentang keluarga atau lingkungan sekitar, agar mereka lebih mudah memahami isi cerita.

Pendekatan Bahasa Utuh (Whole Language): Gunakan buku yang memiliki cerita lengkap dan mudah dipahami, sehingga anak bisa memahami hubungan antara gambar dan kata-kata yang dibaca.

Pendekatan Differensiasi: Untuk siswa yang mengalami kesulitan, seperti Ali dan Maya, guru bisa menyediakan buku dengan gambar yang lebih menarik atau memberikan bantuan tambahan agar mereka lebih memahami materi.


2. Menggunakan Metode Interaktif dalam Pembelajaran

Berdasarkan gambar, berikut beberapa metode interaktif yang dapat diterapkan:

Diskusi Kelompok Kecil: Ajak siswa untuk berdiskusi dalam kelompok kecil mengenai gambar di buku. Ini membantu mereka berbagi pemahaman dan belajar dari teman-teman.

Drama dan Bermain Peran: Ajak siswa memerankan karakter dalam cerita yang mereka baca. Misalnya, Ali dan Maya bisa memainkan tokoh-tokoh dalam cerita agar mereka lebih memahami isi bacaan.

Membaca Bersama: Guru membaca buku bergambar sambil menunjuk kata-kata dan gambar agar siswa dapat mengikuti dan menikmati pengalaman membaca.

Lingkaran Sastra: Bagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil untuk berdiskusi tentang cerita, gambar, atau karakter dalam buku. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan membuat mereka lebih aktif dalam membaca.


3. Melibatkan Orang Tua

Melibatkan orang tua juga penting, dan sesuai dengan gambar, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

Jurnal Dialog: Guru dapat mengajak orang tua untuk membuat jurnal bersama anak. Setelah membaca cerita, anak dapat menceritakan kembali isi bacaan dalam jurnal yang kemudian dibaca dan diberi tanggapan oleh orang tua.

Kegiatan Mencari Harta Karun Literasi: Buat daftar kata atau benda dari cerita yang bisa dicari anak bersama orang tua di rumah atau lingkungan sekitar. Ini akan membantu anak menghubungkan cerita dengan lingkungan nyata.

Proyek Kolaboratif: Libatkan orang tua dalam proyek literasi kelas, seperti membuat "Cerita Keluarga" bersama anak. Proyek ini bisa menumbuhkan minat anak untuk menulis cerita tentang keseharian mereka.
In reply to FARAH APRILIA

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban masih teoretis. Kaitkan dengan contoh kasus dalam soal. Kaitkan jawaban dengan mengintegrasikan penggunaan buku bergambar, aktivitas membaca interaktif, dan keterlibatan orang tua untuk meningkatkan pemahaman bacaan dan motivasi Ali dan Maya. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by MITHA NUR RAHMAWATI -
Langkah-Langkah konkret untuk Menerapkan Strategi Pembelajaran Literasi :
1. Menggunakan Buku Bergambar:Pilihlah buku anak dengan tema yang menawan. Setelah membaca, siswa dapat mengilustrasikan adegan favoritnya untuk meningkatkan pemahaman.
2. Membaca Bersama:Setiap siswa membacakan dengan lantang kepada temannya secara bergantian. Mereka kemudian memainkan kartu tanya jawab tentang cerita tersebut atau menanggapi pertanyaan dasar.
3. Permainan Kata:Untuk meningkatkan kosakata anak, buatlah permainan kosakata seperti "Word Bingo" berdasarkan buku yang telah mereka baca.
4. Partisipasi Orang Tua:Dorong orang tua untuk membacakan buku untuk anak-anak mereka di rumah sambil memberikan arahan dan pertanyaan yang meningkatkan pemahaman.
5. Proyek Literasi Kelas: Untuk meningkatkan motivasi siswa, libatkan orang tua dalam proyek kelas, seperti memerankan cerita yang telah mereka baca.
In reply to MITHA NUR RAHMAWATI

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Perjelas langkah-langkah konkret yang dilakukan guru untuk meningkatkan literasi Ali dan Maya. Kaitkan dengan karakteristik siswa kelas 2. Perkuat dengan pendapat ahli untuk memperkuat jawaban. Semangat untuk diskusi selanjutnya.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by JIHAN AZZAH NABILA -
1. Penggunaan Buku Bergambar yang Menarik
Menurut Nugrahani (2015), buku bergambar sangat penting dalam pengembangan literasi anak usia dini karena dapat meningkatkan daya imajinasi dan minat baca siswa. Gambar membantu anak-anak memahami teks lebih baik dan menjadikan pengalaman membaca lebih menyenangkan. Buku bergambar juga membantu siswa menghubungkan kata-kata dengan visualisasi, yang penting dalam proses belajar membaca.
Langkah-langkah:
- Guru perlu memilih buku-buku bergambar dengan cerita yang sederhana namun menarik bagi siswa kelas 2. Tema seperti petualangan, persahabatan, atau keluarga biasanya menarik perhatian siswa (Tema yang berkaitan dengan kehidupan siswa). Dan di buku cerita tersebut terdapat gambar yang menarik dan penuh warna agar dapat membantu siswa lebih mudah memahami alur cerita.
- Saat membaca buku bergambar, guru dapat menggunakan berbagai ekspresi wajah dan intonasi suara untuk menggambarkan karakter yang ada dicerita tersebut dan situasi ceritanya. Ini dapat membuat kegiatan membaca lebih hidup dan menarik perhatian siswa.
- Guru dapat meminta siswa untuk melihat gambar terlebih dahulu dan menebak apa yang terjadi di cerita, sebelum mulai membaca teks. Setelah membaca, guru dapat kembali ke gambar dan mendiskusikan apakah prediksi mereka sesuai dengan cerita.

2. Aktivitas Membaca Interaktif
Priyono (2017) menyatakan bahwa membaca interaktif di kelas dapat mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Membaca interaktif juga membantu mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan berbagi ide di antara siswa.
Langkah-langkah:
- Guru dapat membentuk pasangan membaca (Paired Reading) antara siswa yang lebih kuat dengan siswa yang kurang dominan atau memerlukan dukungan tambahan, seperti Ali dan Maya. Dalam kegiatan ini, mereka bergantian membaca satu paragraf atau kalimat, dan pasangannya memberikan masukan atau menjawab pertanyaan terkait teks yang dibaca. Ini akan membantu siswa belajar secara kolaboratif.
- Siswa membaca secara bergiliran satu kalimat atau satu paragraf (Round Robin Reading). Setelah itu, guru bisa bertanya kepada siswa tentang apa yang baru saja dibaca oleh teman mereka, meningkatkan fokus dan keterlibatan semua siswa dalam membaca.
- Guru dapat mengajak siswa untuk bermain permainan kata yang terkait dengan buku yang mereka baca, seperti membuat teka-teki silang sederhana, atau mencari kata-kata baru dalam bacaan dan menggunakan kata-kata tersebut dalam kalimat. Ini membantu memperkaya kosakata siswa sambil mempertahankan unsur menyenangkan.

3. Keterlibatan Orang Tua
Menurut Suyanto (2013), keterlibatan orang tua dalam kegiatan membaca sangat berpengaruh pada perkembangan literasi anak. Ketika orang tua membacakan buku untuk anak di rumah, anak akan merasa lebih termotivasi dan memiliki minat yang lebih tinggi terhadap kegiatan membaca.
Langkah-langkah:
- Guru dapat mendorong orang tua untuk terlibat dalam kegiatan membaca di rumah dengan cara memberi buku bacaan sederhana yang dapat dibaca bersama. Orang tua dan anak bisa membaca satu cerita pendek setiap minggu dan berdiskusi tentang isi cerita. Sebagai pendukung, guru bisa memberikan panduan pertanyaan untuk membantu orang tua menggali pemahaman anak terhadap bacaan.
- Guru dapat mengadakan proyek di mana siswa membuat "Buku Cerita Keluarga" yang berisi cerita tentang pengalaman keluarga mereka, dengan bantuan orang tua. Misalnya, siswa bisa menggambar gambar keluarga dan menulis satu atau dua kalimat sederhana untuk menjelaskan gambar tersebut. Buku ini kemudian bisa dibagikan di kelas untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam berbagi cerita.

4. Aktivitas Kreatif untuk Meningkatkan Pemahaman Bacaan
Langkah-langkah:
- Setelah membaca sebuah cerita, siswa dapat membuat komik yang menceritakan kembali cerita tersebut dengan menggunakan gambar sederhana dan dialog. Ini membantu siswa, terutama Ali dan Maya, menceritakan kembali isi bacaan dengan cara visual yang lebih menarik.
- Setelah membaca, guru dapat membagi siswa dalam kelompok kecil dan meminta mereka untuk mendiskusikan karakter favorit, alur cerita, atau hal yang mereka sukai dari bacaan. Diskusi ini dapat membantu siswa memahami teks lebih dalam dan mendukung kemampuan berpikir kritis.
- Alih-alih meminta siswa langsung menulis ringkasan tertulis, guru dapat meminta mereka menggambar cerita dan menggunakan beberapa kalimat untuk menjelaskan gambar. Ini memudahkan siswa yang mungkin merasa tertekan dengan tugas menulis panjang.

5. Evaluasi dan Umpan Balik Berkelanjutan
Langkah-langkah:
- Guru dapat menilai pemahaman siswa dengan menggunakan tugas kreatif, seperti menceritakan kembali cerita dalam bentuk gambar atau memainkan adegan dari buku yang telah dibaca. Kegiatan seperti ini bisa membantu Ali dan Maya yang cenderung merasa bosan dengan tes pemahaman teks yang konvensional.
- Guru bisa memberikan umpan balik positif secara langsung kepada siswa setelah mereka menyelesaikan tugas membaca atau menceritakan kembali cerita. Untuk siswa yang memiliki tantangan dalam literasi, seperti Ali dan Maya, guru perlu memberikan pujian pada usaha mereka dan dorongan untuk terus mencoba.
In reply to JIHAN AZZAH NABILA

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Analisis jawaban sudah cukup baik. Kaitkan dengan karakteristik siswa kelas 2, khususnya dari penggunaan buku bergambar, aktivitas membaca interaktif, dan keterlibatan orang tua. Semangat terus.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by CAHYANING ADRISTI HUTAMI -
Langkah-langkah konkret yang dapat diambil oleh guru untuk menerapkan strategi pembelajaran literasi (termasuk penggunaan buku bergambar, membaca interaktif, & keterlibatan orang tua) adalah sebagai berikut :
1. Guru dapat menggunakan buku bergambar sebagai bahan yang bersifat visual untuk menarik minat dan perhatian siswa. Contoh kegiatan = guru dapat menggunakan pojok baca dan menaruh buku bacaan bergambar agar siswa dapat mencari buku bergambar. Kemudian, guru dapat mengajak siswa untuk memilih buku bergambar (mis: buku cerita fabel/hewan) & meminta siswa untuk menggambar tokoh utama atau tokoh favorit siswa. Kemudian, guru juga dapat melakukan aktivitas permainan kata bergambar untuk melatih kosakata siswa.
2. Kemudian, untuk membaca interaktif, guru dapat mengajak siswa untuk membaca buku bersama-sama. Contoh kegiatan = guru dapat meminta siswa untuk membaca buku bersama-sama, dapat dimulai dari guru atau salah satu siswa yang membaca terlebih dahulu kemudian siswa mendengarkan.
3. Guru juga dapat berkolaborasi bersama orang tua untuk meningkatkan literasi siswa, karena peran orang tua sangat penting bagi anak (untuk meningkatkan motivasi anak terlebih dalam membaca).
4. Kemudian, di sekolah guru dapat mengajak siswa untuk membuat “Pohon Literasi” yang di tempel di dinding kelas yang berisikan ulasan atau judul buku bergambar yang sudah dibaca.
In reply to CAHYANING ADRISTI HUTAMI

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Perdalam analisis tentang keterkaitan antara penggunaan buku bergambar, aktivitas membaca interaktif, dan keterlibatan orang Kaitkan dengan contoh kasus dalam soal. Kaitkan jawaban dengan mengintegrasikan penggunaan buku bergambar, aktivitas membaca interaktif, dan keterlibatan orang tua untuk meningkatkan pemahaman bacaan dan motivasi Ali dan Maya. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by NIA AMELIA P -
1. penggunaan buku bergambar yang menarik: pilih buku bergambar dengan ilustrasi yang menarik.
2. aktivitas membaca interaktif: terapkan metode membaca berpasangan dimana siswa dapat saling membantu
3. permainan kata dan kosakata baru: integrasikan permainan yang berfokus pada yang ditemukan dalam teks
4. keterlibatan orang tua: libatkan orang tua dalam proses pembelajaran dengan memberikan panduan dan alat untuk mendukung aktivitas membaca dirumah.
5. evaluasi dan umpan balik: lakukan evaluasi berkala untuk memantau kemajuan siswa dalam memahami bacaan.

dengan menerapkan langkah-langkah dan kegiatan ini, guru disekolah dasar bina cendikia dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan interaktif bagi siswa kelas 2.
In reply to NIA AMELIA P

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Perjelas langkah-langkah konkret yang dilakukan guru untuk meningkatkan literasi Ali dan Maya. Kaitkan dengan karakteristik siswa kelas 2. Perkuat dengan pendapat ahli untuk memperkuat jawaban. Semangat untuk diskusi selanjutnya.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by RAMADAN NOOR MANDIRI -

Untuk meningkatkan literasi siswa kelas 2 di SD Bina Cendikia, guru dapat menggunakan langkah-langkah berikut:

 

1. Buku Bergambar yang Menarik

 

Pemilihan Buku: Pilih buku yang sesuai minat anak, seperti cerita hewan atau petualangan.

 

Picture Walk: Ajarkan siswa memprediksi cerita dari gambar.

 

Diskusi Gambar: Diskusikan isi gambar untuk meningkatkan pemahaman.

 

 

2. Aktivitas Membaca Interaktif

 

Membaca Berpasangan: Siswa membaca bergantian dengan teman untuk saling membantu.

 

Permainan Kata: Gunakan bingo atau teka-teki silang untuk mengenalkan kosakata baru.

 

Drama Sederhana: Siswa memerankan tokoh dari cerita untuk mendalami alur cerita.

 

 

3. Keterlibatan Orang Tua

 

Sesi Membaca di Rumah: Orang tua membaca bersama anak dan berdiskusi.

 

Proyek Literasi Keluarga: Orang tua dan siswa membuat buku cerita bersama.

 

Reading Log: Siswa mencatat buku yang dibaca di rumah dan membagikannya di kelas.

 

 

Evaluasi dan Observasi

 

Pemahaman Bacaan: Guru mengecek pemahaman dengan tanya jawab dan menceritakan kembali.

 

Diskusi dengan Orang Tua: Pertemuan rutin untuk meninjau perkembangan anak di rumah.

 

 

Dengan pendekatan ini, siswa seperti Ali dan Maya diharapkan lebih termotivasi untuk membaca

dan memahami teks dengan lebih baik.

 

In reply to RAMADAN NOOR MANDIRI

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban masih teoretis. Kaitkan dengan contoh kasus dalam soal. Kaitkan jawaban dengan mengintegrasikan penggunaan buku bergambar, aktivitas membaca interaktif, dan keterlibatan orang tua untuk meningkatkan pemahaman bacaan dan motivasi Ali dan Maya. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by AISCHA FAYRANA -
Guru dapat memulai dengan memilih buku bergambar yang menarik dan sesuai usia untuk memperkenalkan cerita-cerita singkat kepada siswa. Setelah itu, guru bisa mengatur sesi membaca berpasangan di mana siswa bergantian membaca dengan teman. Melibatkan orang tua dengan meminta mereka membaca cerita di rumah setiap malam juga akan memperkuat motivasi baca siswa.
In reply to AISCHA FAYRANA

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban masih teoretis. Kaitkan dengan contoh kasus dalam soal. Kaitkan jawaban dengan mengintegrasikan penggunaan buku bergambar, aktivitas membaca interaktif, dan keterlibatan orang tua untuk meningkatkan pemahaman bacaan dan motivasi Ali dan Maya. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by YUNDHA APRI YANTI -
Guru dapat menggunakan buku bergambar dengan ilustrasi yang menarik agar siswa lebih terhubung dengan cerita. Membaca berpasangan bisa membantu Ali dan Maya mengatasi rasa bosan saat membaca. Melibatkan orang tua dalam proyek membuat cerita pendek di rumah akan membuat pengalaman membaca lebih menyenangkan.
In reply to YUNDHA APRI YANTI

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Perjelas langkah-langkah konkret yang dilakukan guru untuk meningkatkan literasi Ali dan Maya. Kaitkan dengan karakteristik siswa kelas 2. Perkuat dengan pendapat ahli untuk memperkuat jawaban. Semangat untuk diskusi selanjutnya.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by RANI JULIANI -
Penggunaan buku bergambar yang penuh warna dapat membuat cerita lebih hidup dan menarik bagi siswa. Sesi membaca interaktif seperti diskusi kelompok dapat membantu mereka memahami alur cerita dengan baik. Guru juga bisa mengundang orang tua untuk menghadiri “sesi membaca bersama” di sekolah, yang bisa mempererat ikatan literasi antara siswa dan keluarga.
In reply to RANI JULIANI

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Analisis bisa diperdalam lagi. Perjelas langkah-langkah konkretnya seperti apa terkait tiga poin tersebut. Bentuk integrasi ketiganya dan ide kegiatan/ pendekatan juga masih belum jelas. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi. Semangat.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by WESTHY UTAMI -
Guru dapat memilih buku yang menyajikan ilustrasi menarik serta kisah singkat yang relevan dengan kehidupan anak-anak. Membaca berpasangan dapat membuat Ali dan Maya lebih nyaman dan termotivasi untuk berbagi bacaan. Orang tua juga bisa diberi panduan aktivitas sederhana yang bisa dilakukan di rumah untuk memperkuat pemahaman anak.
In reply to WESTHY UTAMI

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Perjelas langkah-langkah konkret yang dilakukan guru untuk meningkatkan literasi Ali dan Maya. Kaitkan dengan karakteristik siswa kelas 2. Perkuat dengan pendapat ahli untuk memperkuat jawaban. Semangat untuk diskusi selanjutnya.
In reply to KHUSNUL FATONAH

Re: Diskusi 6

by SAFFANA AYATIKA -
Untuk menerapkan strategi pembelajaran literasi yang efektif, guru dapat memulai dengan memilih buku bergambar yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa, memiliki ilustrasi menarik, dan cerita yang relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka. Guru dapat merancang aktivitas membaca berbasis buku bergambar, seperti meminta siswa untuk menggambarkan kembali adegan favorit mereka atau berdiskusi tentang karakter dalam cerita. Aktivitas membaca berpasangan juga dapat diterapkan, di mana siswa membaca bersama teman mereka dan saling membantu memahami isi bacaan. Dalam proses ini, guru dapat memberikan panduan berupa pertanyaan pemantik sederhana, seperti "Apa yang terjadi di awal cerita?" untuk membantu siswa seperti Ali dan Maya lebih aktif berinteraksi dengan teks.

Untuk melibatkan orang tua, guru dapat mengadakan sesi pelatihan singkat tentang cara mendampingi anak dalam membaca di rumah. Orang tua bisa diberikan daftar buku bergambar yang direkomendasikan, serta panduan aktivitas seperti bermain permainan kata berdasarkan isi bacaan atau membuat cerita bersama. Guru juga bisa melibatkan orang tua dalam proyek literasi kelas, misalnya membantu anak-anak membuat buku mini yang berisi cerita sederhana. Dengan kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua, pemahaman bacaan dan motivasi siswa dapat meningkat, karena pembelajaran menjadi lebih menarik, interaktif, dan melibatkan peran penting dari lingkungan keluarga.
In reply to SAFFANA AYATIKA

Re: Diskusi 6

by KHUSNUL FATONAH -
Jawaban sudah cukup baik. Perdalam analisis tentang masalah yang dihadapi Ali dan Maya. Integrasikan antara penggunaan buku bergambar, aktivitas membaca interaktif, dan keterlibatan orang tua untuk meningkatkan pemahaman bacaan dan motivasi Ali dan Maya. Semoga diskusi selanjutnya lebih baik lagi.